KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Scooter Matic /
Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ae205c27a4fc74cb7bc45b/langka-skutik-2-tak-yang-diburu-kolektor

Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor

Jarang yang Tau, Motor Matic 2-Tak Ini Langka dan Sedang Diburu Kolektor

Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
Honda Dio (Front look)

Jarang yang tau gansis, ternyata motor matic 2-tak ini langka dan sedang diburu kolektor motor. Sembari motor matic sudah jadi kendaraan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Namun kini, kebanyakan pabrikan mengusung mesin 4-tak yang lebih bandel dan irit yang menjadi kunci kesuksesan motor matic di Tanah Air.

Kini ada motor matic yang diburu kolektor. Bukan motor matic sembarangan, melainkan motor matic 2-tak yang sempat mengaspal di Indonesia awal tahun 2000-an yang harganya sekitar ± Rp.13 jutaan. Cukup mengagumkan, namun pamornya ketutup motor bebek saat itu, seperti Honda Astrea Supra.

Motor matic 2-tak yang lagi gencar diburu kolektor adalah produk Sanex atau Kymco. Namun kalau mau lebih detail, ternyata enggak cuman kedua merk itu gansis. Pabrikan besar seperti Honda, Piaggio, atau Italjet juga punya motor matic 2-tak. Karena kelangkaannya itulah, sekarang peminat motor 2-tak berlomba-lomba mencari motor matic 2-tak untuk dikoleksi.

Ada alasan khusus karena bentuknya unik atau nyeleneh, agak beda daripada skutik sekarang, dan larinya juga kencang. Ya namanya mesin 2-tak ya kan?

Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
Honda Dio (Left side)

Honda Dio adalah salah Skutik paling terjangkau dan sangat ekonomis. Skuter ini mendapat mesin silinder tunggal 109 cc tanpa teknologi mewah nan glamour.

Meski begitu, mesin ini sangat mengandalkan pasokan udara untuk untuk menjaga suhu tetap rendah. Karburatornya pun belum sempurna seperti yang kita lihat pada sepeda motor baru saat ini.

Tetapi Honda harus mengambil beberapa langkah untuk memastikan skuter ini bisa dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau dan berhasil meski dengan konsekuensi penurunan spesifikasi.

Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
Honda Dio (Back view)

Setidaknya Honda sudah memasang Dio dengan starter elektrik yang disandingkan dengan kick-starter untuk memudahkan penggunaan jika baterai kehabisan daya.

Honda Dio memang menjadi paket skuter yang paling hemat anggaran yang bisa dibayangkan. Fitur-fitur yang ditawarkan juga sangat sederhana.

Sistem pengereman terdiri dari rem tromol depan dan belakang, dan skuter diperkuat dengan suspensi dasar yang terdiri dari garpu teleskopik di depan dan shockbreaker ganda di belakang.

Barangkali fitur terbaik yang ditawarkan Dio adalah klaimnya soal konsumsi bahan bakar yang bisa menempuh 58 kilometer untuk setiap liternya. Ini tentunya memiliki makna yang sangat dalam bagi para komuter yang sangat terbatas anggarannya.

Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
Enhanced Smart Power (ESP)

Seperti Honda Dio, pastinya ada harga yang harus dibayar mahal jika aganista tertarik untuk merestorasi, merawat, dan mengoleksi motor matic 2-tak langka ini.

Menurut Rian, pemilik Tole Motorworks yang berhasil merestorasi Honda Dio AF28, sudah pasti kendalanya adalah ketersediaan sparepart.

"Wah kalau itu sih jangan ditanya mas susahnya gimana. Kendala utama ya pasti nyari sparepartnya susah banget," tutur Rian.

"Apalagi skutik 2-tak yang langka itu kan motor CBU ya, nah ya kita harus cari partnya dari luar negeri mau ngga mau," sambungnya.

Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
Tole Motorworks, Custom Cycle Repair

Nah makanya, efeknya ke biaya restorasinya yang bisa seharga motor baru loh gansis. Karena termasuk motor langka dan sparepartnya juga langka, biaya restorasinya lumayan mahal dan memakan waktu yang lama untuk membangunnya. Tapi kalau sudah kelar bakal beda dari yang lain.

"Kalau ditanya kisaran harga sih ya bisa sampai Rp.25 jutaan mas," kata Rian yang juga mengerjakan motor-motor custom di workshop miliknya sendiri.




Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
Inspired by: PMS Lounge
#ForumKaskus via @KASKUS

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 8 lainnya memberi reputasi
Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 3140411 memberi reputasi
Langka, Skutik 2-Tak Yang Diburu Kolektor saya Reserved
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 3140411 memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
Bijimane dg italjet Dragster??
profile-picture
profile-picture
ariemail dan rapsodia memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Hadir duluemoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rapsodia dan 3 lainnya memberi reputasi
Sanex & Kymco dulu muncul pada awal² Indonesia krisis setau ane.
Awalnya orang hanya tau merk H, Y, S & K ehh ada dari luar Jepang masuk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariemail dan 3 lainnya memberi reputasi
2 tak? Ttp nsr sp kesayangan ah
profile-picture
profile-picture
ariemail dan Rainbow555 memberi reputasi
Blm pernah liat tuh motor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariemail dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Baru tau kalau ada Honda Dio, tampilannya simple alias seperti motor bebek lainnya yang gak banyak fitur, irit BBM juga, cuman terkendala dengan ketersediaan sparepart ajahhemoticon-Smilie
profile-picture
ariemail memberi reputasi
Gandooss joosss ! emoticon-2 Jempol
profile-picture
ariemail memberi reputasi
Makin langka makin dicari biasanya
profile-picture
ariemail memberi reputasi
Saking langkanya sampe gak pernah lihat dijalanan
Honda dio emang pernah dijual resmi dimari ?
profile-picture
jokoariyanto memberi reputasi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di