

TS
mpfandika099
Perbedaan Management Latter dengan Laporan Audit
Muhammad Putra Fandika
Sri Dewi Wahyundaru
Akuntansi FE Unissula Semarang
Sri Dewi Wahyundaru
Akuntansi FE Unissula Semarang
Perbedaan Management Latter dengan Laporan Audit
MANAGEMENT LATTER
Menurut Meigs,Wittington dan Meigs (1985),Management Latter adalah suatu laaporan kepada menejemen yang di dalam nya berisikan rekomendasi untuk memperbaiki kelemahannya yang diungkapkan ankuntan publik setelah mempelajari dan mengevaluasi pengendalian intern tersebut.
Management latter adalah surat yang dibuat oleh Akuntan Publik dan ditujukan kepada manajemen perusahaan tentang usulan perbaikan atas sitem pengendalian internal perusahaan supaya apabila di kemudian hari terjadi kesalahan atau kecurangan,auditor tidak mengalami tuntutan atas hal tersebut.
Akuntan publik dilarang mengiklankan jasa keuangan karena dianggap telah melanggar kode etik KAP. Agar dapat memperoleh langganan maka auditor harus memberikan pemeriksaan yang terbaik bagi kliennya dengan harapan perusahaan akan merekomendasikan kepada perusahaan lainnya.Oleh karna itu Management letter menjadi upaya bagi akuntan publik untuk mendapatkan klien yang diauditnya.
Manfaat management letter bagi perusahaan dan bagi auditor akan meningkatkan reputasi dari KAP dimata klien. Klien yang puas dengan audit yang dilakukan diharapkan memberitahukan kepada teman-temannya untuk menggunakan jasa kantor akuntan publik yang dapat meningkatkan jumlah klien KAP.
Cara membuat management latter yang baik:
1. Management Latter harus tepat waktu,sehingga perusahaan masih sempat untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengendalian intern.
2. Management Latter harus berisikan saran-saran yang bermanfaat untuk suatu perusahaaan dimasa yang akan datang.
3. Management Latter harus ditulis mengunakan bahasa yang baik,jelas,dan sopan tanpa menyinggung perasaan orang lain.
4. Kelemahan dan saran yang diberikan dapat diurutkan berdasarkan urutan-urutan pos neraca dan laba rugi atau menurut hal-hal yang paling penting yang memerlukan perhatian khusus dari manajemen dan perlu penanganan secepat mungkin.
5.Pada bagian akhir manajemen latter diharapkan untuk mengucapkan terimakasih kepada manajemen dan seluruh staff atas bantuan dan kerja sama yang diberikan mereka selam,a akuntan publik melaksanakan pemeriksaan.
Manfaat Management Latter untuk Klien,Staf,dan KAP
Untuk Klien:
a) Dapat mengetahui kelmahanpengendalian intern diperusahaannya
b) Dalam mengambil tindakan-tindakan perbaikan didasarkan pada saran yang terdapat dalam management latter,sehingga mengurangi kesalahan atau kecurangan yang terjadi di dalam perusahaan.
Untuk KAP:
a) Memberikan nama baik bagi KAP karena meberikan managemen latter yang berisikan saran-saran yang bermanfaat bagi perusahaan.
b) Ketika KAP dapat membuat management latter yang baik bagi kliennya,tentunya klien tersebut akan menyeponsori KAP tersebut kepada klien yang lain
Untuk Staff KAP:
a) Mendapatkan beberapa pengalaman untuk mempelajari kelemahan pengendalian intern diberbagai perusahaan.
b) Mendapatkan kesempatan untuk mempelajari management latter yang baik
LAPORAN AUDIT
Laporan audit adalah hasil akhir dari proses audit,yaitu laporan yang menyatakan pendapat auditor mengenai kelayakan laporan keuangan perusahaan yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip akuntan yang berlaku secara umum.Penyusunan laporan audit berdasarkan dengan standar pelaporan yang ada dalam Standar Profesional Akuntan Publik.Laporan audit diatur dalam psak 1 tahun 2015.
Standar pelaporan audit antara lain:
1. Laporan audit harus membuat laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
2. Pengungkapan informatif dalam laporan keuangan harus memadai,kecuali jika dinyatakan lain dalam laporan audit.
3. Lapoean audit harus menunjukan jika ada ketidaklkonsistenan penerapann prinsip akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan periode terkunu,dibandingkan dengan periode sebelumnya.
4. Laporan audit harus memuat pernyataan pendapat mengenai laporan keuangan secara keseluruhan atau suatu asersi bahwa terdapat pernyataan yang tidak dapat diberikan.Jika pendapat secara keseluruhan tidak dapat diberikan,maka harus disertai dengan alasan.
Fungsi Laporan Audit
Menurut Modul Manajemen Audit BPK-RI berfungsi untuk:
a) Membuat hasil audit agar terhindar dari kesalahan
b) Mmebuat hasil audit sebagai bahan untuk perbaikan institusi terkait
c) Membudahkan tindak lanjut untuk menentukan jika ada tindakan perbaikan yang perlu dilakukan terhadap perusahaan.
Cara membuat Laporan Audit:
1. Membuat judul
2. Membuat alamat laporan yang dituju
3. Membuat paragraf pendahuluan
4. Membuat paragraf ruang lingkup
5. Membuat paragraf pendapat
6. Menyantumkan nama kantor auditor
7. Tanda tangan
8. Tanggal pelaporan
Refrensi:
https://arti-definisi-pengertian.inf...an-management-
http://iaiglobal.or.id/v03/standar-a...pernyataan-sak
[url=https://accurate.id/akuntansi/pengertian-laporan-audit/[/url]
Menurut Meigs,Wittington dan Meigs (1985),Management Latter adalah suatu laaporan kepada menejemen yang di dalam nya berisikan rekomendasi untuk memperbaiki kelemahannya yang diungkapkan ankuntan publik setelah mempelajari dan mengevaluasi pengendalian intern tersebut.
Management latter adalah surat yang dibuat oleh Akuntan Publik dan ditujukan kepada manajemen perusahaan tentang usulan perbaikan atas sitem pengendalian internal perusahaan supaya apabila di kemudian hari terjadi kesalahan atau kecurangan,auditor tidak mengalami tuntutan atas hal tersebut.
Akuntan publik dilarang mengiklankan jasa keuangan karena dianggap telah melanggar kode etik KAP. Agar dapat memperoleh langganan maka auditor harus memberikan pemeriksaan yang terbaik bagi kliennya dengan harapan perusahaan akan merekomendasikan kepada perusahaan lainnya.Oleh karna itu Management letter menjadi upaya bagi akuntan publik untuk mendapatkan klien yang diauditnya.
Manfaat management letter bagi perusahaan dan bagi auditor akan meningkatkan reputasi dari KAP dimata klien. Klien yang puas dengan audit yang dilakukan diharapkan memberitahukan kepada teman-temannya untuk menggunakan jasa kantor akuntan publik yang dapat meningkatkan jumlah klien KAP.
Cara membuat management latter yang baik:
1. Management Latter harus tepat waktu,sehingga perusahaan masih sempat untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengendalian intern.
2. Management Latter harus berisikan saran-saran yang bermanfaat untuk suatu perusahaaan dimasa yang akan datang.
3. Management Latter harus ditulis mengunakan bahasa yang baik,jelas,dan sopan tanpa menyinggung perasaan orang lain.
4. Kelemahan dan saran yang diberikan dapat diurutkan berdasarkan urutan-urutan pos neraca dan laba rugi atau menurut hal-hal yang paling penting yang memerlukan perhatian khusus dari manajemen dan perlu penanganan secepat mungkin.
5.Pada bagian akhir manajemen latter diharapkan untuk mengucapkan terimakasih kepada manajemen dan seluruh staff atas bantuan dan kerja sama yang diberikan mereka selam,a akuntan publik melaksanakan pemeriksaan.
Manfaat Management Latter untuk Klien,Staf,dan KAP
Untuk Klien:
a) Dapat mengetahui kelmahanpengendalian intern diperusahaannya
b) Dalam mengambil tindakan-tindakan perbaikan didasarkan pada saran yang terdapat dalam management latter,sehingga mengurangi kesalahan atau kecurangan yang terjadi di dalam perusahaan.
Untuk KAP:
a) Memberikan nama baik bagi KAP karena meberikan managemen latter yang berisikan saran-saran yang bermanfaat bagi perusahaan.
b) Ketika KAP dapat membuat management latter yang baik bagi kliennya,tentunya klien tersebut akan menyeponsori KAP tersebut kepada klien yang lain
Untuk Staff KAP:
a) Mendapatkan beberapa pengalaman untuk mempelajari kelemahan pengendalian intern diberbagai perusahaan.
b) Mendapatkan kesempatan untuk mempelajari management latter yang baik
LAPORAN AUDIT
Laporan audit adalah hasil akhir dari proses audit,yaitu laporan yang menyatakan pendapat auditor mengenai kelayakan laporan keuangan perusahaan yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip akuntan yang berlaku secara umum.Penyusunan laporan audit berdasarkan dengan standar pelaporan yang ada dalam Standar Profesional Akuntan Publik.Laporan audit diatur dalam psak 1 tahun 2015.
Standar pelaporan audit antara lain:
1. Laporan audit harus membuat laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
2. Pengungkapan informatif dalam laporan keuangan harus memadai,kecuali jika dinyatakan lain dalam laporan audit.
3. Lapoean audit harus menunjukan jika ada ketidaklkonsistenan penerapann prinsip akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan periode terkunu,dibandingkan dengan periode sebelumnya.
4. Laporan audit harus memuat pernyataan pendapat mengenai laporan keuangan secara keseluruhan atau suatu asersi bahwa terdapat pernyataan yang tidak dapat diberikan.Jika pendapat secara keseluruhan tidak dapat diberikan,maka harus disertai dengan alasan.
Fungsi Laporan Audit
Menurut Modul Manajemen Audit BPK-RI berfungsi untuk:
a) Membuat hasil audit agar terhindar dari kesalahan
b) Mmebuat hasil audit sebagai bahan untuk perbaikan institusi terkait
c) Membudahkan tindak lanjut untuk menentukan jika ada tindakan perbaikan yang perlu dilakukan terhadap perusahaan.
Cara membuat Laporan Audit:
1. Membuat judul
2. Membuat alamat laporan yang dituju
3. Membuat paragraf pendahuluan
4. Membuat paragraf ruang lingkup
5. Membuat paragraf pendapat
6. Menyantumkan nama kantor auditor
7. Tanda tangan
8. Tanggal pelaporan
Refrensi:
https://arti-definisi-pengertian.inf...an-management-
http://iaiglobal.or.id/v03/standar-a...pernyataan-sak
[url=https://accurate.id/akuntansi/pengertian-laporan-audit/[/url]
Diubah oleh mpfandika099 08-06-2022 11:17
0
649
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan