KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6292c0dff933ec00513f7c19/fakta-tersembunyi-mengenai-mesin-hybrid-vs-bensin-versi-saia-udah-tahu-gan

Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?

Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?

Zaman now lagi ramai teknologi kendaraan khususnya mobil, mulai beralih ke mesin hybrid dan listrik. Sebagai wujud sebuah teknologi modern terbarukan, mesin hybrid dan listrik saat ini digadang mendukung lebih ramah lingkungan dan faktor kenyamanan yang didapatkan lebih baik.

Menjadi warga negara Indonesia yang baik seharusnya kita bangga karena sumber alam Nikel sebagai bahan dasar teknologi baterai kendaraan hybrid dan listrik melimpah dan Indonesia masuk dalam jajaran 5 terbesar di dunia penghasil Nikel.

Jumlah cadangan nikel RI saat ini mencapai 52% dari total cadangan nikel dunia sebesar 139.419.000 ton nikel. Itulah mengapa Elon Musk dan perusahaan lain berlomba-lomba 'ngemis' agar perusahaannya bisa berinvestasi di Indonesia.

Kita yang nasibnya hanyalah sebagai konsumen, pemakai kendaraan jauh sebelum teknologi hybrid dan listrik diciptakan sudah mengenal dengan baik apa itu bahan bakar batubara, solar, dan bensin yakni sebagai sumber tenaga penggerak kendaraan yang diambil dari alam bumi, yang jumlahnya kian terbatas.

Bukan setahun dua tahun kita mengenalnya tapi ibarat sudah mendarah daging nenek moyang dan kita sendiri menggunakan bahan bakar bensin. Kehadiran bensin saat itu dianggap paling ramah lingkungan dibandingkan lainnya, maka banyak produsen kendaraan akhirnya fokus menggunakan teknologi mesin berbahan bakar bensin.

Namun kini era hybrid dan listrik mulai hadir dihadapan kita. Kita (sekali lagi) sebagai konsumen ada baiknya mulai mengenal teknologi hybrid dan listrik ini lebih baik karena manufaktur dan produsen otomotif sudah mulai mempersiapkan untuk kita ke berbagai lapisan masyarakat.

Kita sebagai pengguna kendaraan yang awam sebelum melangkah ke teknologi pure listrik tentu kita juga ingin tahu perbedaan mesin bensin dan hybrid seperti apa. Kalau yang saya pahami dan saya olah dalam pemikiran saya bisa dijelaskan kurang lebihnya adalah sebagai berikut.


Quote:


Quote:


Nah, itulah beberapa point yang bisa kita ketahui tentang perbedaan mendasar keduannya. Kalau saya lihat review dan pendapat konsumen di sosial media memang mesin hybrid lebih nyaman namun bagi yang terbiasa dengan mesin diesel dan bensin mengendarai mobil hybrid dan listrik seperti kehilangan sensasi berkendara, "Seperti naik mobil mainan," katanya.

Ya, menurut saya adalah wajar karena masih menjadi adaptasi berkendara terutama bagi para pengemudi itu sendiri, diperlukan pembiasaan dan kesiapan agar teknologi hybrid dan listrik semakin diterima, memasyarakat, dan terpenting juga adalah: harus murah, pengisian yang cepat, dan minim perawatan!


Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?

Sebuah opini
Img. Gugel


Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?
Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 2
Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



....
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Ts punya mobil afa? emoticon-Malu

Agya hybrid?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
eike fengen alya evemoticon-Embarrassment
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:

Wow Terios cabriolet hybrid twin power turbo v12 7.5 L

emoticon-Matabelo
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pada kendaraan Hybrid ramah lingkungan, itu ada dua PHEV (plug in hybrid vehicle) dan HEV biasa.. perbedaan mendasar pada saat energi baterai habis.

HEV (hybrid biasa) mesin bbm bekerja bergantian atau saling membantu saat kendaraan berjalan.

Sedangkan pada PHEV, mesin bbm akan bekerja saat baterai betul betul habis. PHEV biasanya menggunakan kapasitas baterai yang lebih besar dan dapat di isi ulang di charging station ( SPKLU )

Tapi keduanya sangat irit bbm dan lebih fleksibel (masih bisa ketemu pom bensin) daripada kendaraan elektronik tulen.

Cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jupie_wan dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jlamp
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
bawa mobil hybrid serasa terbang. alus bener suaranya. bahaya untuk pengendara lainemoticon-Xabi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
Harusnya diganti itu mesin menggunakan BBM , klo bensin kaseiha.n yg oake pertamax atau solar
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
Katanya mobil listrik bakal mendunia Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?[Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Sekali punya mobil hybrid tidak ingin lagi mobil bensin. Next tesla, 0-100 km/h 3 detik. Mantap.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
lah akinya berapa AH itu
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Waaah... Gan @iskrim lagi jelong2 ke Yu Es Ei...
emoticon-Goyang
Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buburstroberi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-sundulganoli

Pertamax,,
Saya malah suka nya pake motor konsep lokomotif kereta bro,,
profile-picture
jlamp memberi reputasi
ane jualan bensin emperan pinggir jalan...bakalan siap2 ganti profesi dong...
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang masalah itu harganya gan, setau ane pajak ppnbm buat mobil ini tinggi banget karna mesinnya diitung 2, yaitu mesin bbm sama mesin listrik
Kalo ppnbm nya dikurangin pasti lebih murah
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mesin hybrid udah ada di varian mbl T yg kelas mewahnya.
Masalahnya gak laku.
klo gak dipaksa jg d mbl sejuta umat biasa jg g bakal laku.
Kenapa?
Org d sini pikirnya tar biaya perawatan (baterai mahal banget bikin hrg jual jatuh jg) cuma menang irit dan no polusi???
Belum seworthed pake bbm biasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
Jadi double perawatannya.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Quote:


Quote:


Nice komen, gan emoticon-Recommended Seller
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Ditunggu Fuso hybrid ny gan 😁
profile-picture
profile-picture
jlamp dan iskrim memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di