KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Heboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62901de3f5ed3142cf12d631/heboh-wisudawan-ungkap-unsrat-masih-banyak-pungli-pro-kontra-masyarakat-bermunculan

Heboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan

Heboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan
Beredar viral video seorang wisudawan ungkap Unsrat masih banyak pungli, muncul pro kontra di tengah masyarakat


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video seorang wisudawan yang mengungkap bahwa di Unsrat masih banyak pungli.

Seorang wisudawan dengan sangat berani menunjukkan sebuah kertas bertuliskan "Unsrat masih banyak PUNGLI" ke kamera saat momen wisuda tengah berlangsung online dan offline.

Bukan hanya menunjukkan sebuah kertas ke kamera, mahasiswa yang belum diketahui identitasnya tersebut juga meletakkan sebuah kertas bertuliskan narasi yang sama di depan rektor Prof. Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, yang tengah bertugas di prosesi wisuda Unsrat.

Kejadian tersebut terjadi pada wisuda Unsrat hari Rabu, 25 Mei 2022 yang lalu.


Heboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan


Dilansir dari Tribun Manado, rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) sangat menyayangkan tindakan dari mahasiswa tersebut. Bukan tidak menerima kritik, namun protes yang dilakukan oleh mahasiswa Unsrat itu dinilai kurang tepat jika dilakukan saat momen wisuda yang merupakan acara sakral bagi para mahasiswa.

Sampai saat ini pihak Unsrat masih berdiskusi untuk mencari jalan keluar terbaik melihat memang Universitas Sam Ratulangi memiliki semboyan menjadi perguruan tinggi yang bersih dan menjunjung kejujuran.

Pihak Unsrat juga menjelaskan bahwa jika sampai ada oknum yang melakukan tindak pungli mereka akan secara tegas memberikan hukuman dan sanksi.

Seperti yang diketahui bersama, Unsrat adalah Universitas yang mendapatkan predikat unggul satu-satunya di Indonesia Timur. Universitas Unsrat tidak mungkin bisa mendapatkan predikat tersebut jika tidak ada integritas.


Heboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan


Beredar viralnya video tersebut mendapatkan sorotan langsung dari masyarakat Indonesia. Pro kontra masyarakat muncul memberikan tanggapan terhadap mahasiswa yang dengan berani melakukan kritik langsung di depan umum di momen kelulusan.

Masyarakat yang pro menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut sudah sangat tepat, saat menyampaikan sesuatu di momen yang dihadiri oleh banyak orang penting dan semua pihak bisa melihat secara langsung karena viral, maka kasus tersebut akan diusut tuntas.

Berbeda situasi ketika mahasiswa tersebut menyampaikan kritik di forum yang memang sudah disediakan dan bisa digunakan untuk menyampaikan kritik, akan selalu ada penolakan atau abaian yang didapatkan karena satu dan lain hal.

Adapun yang kontra terhadap apa yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut mereka juga memiliki penilaian, bahwasannya wisudawan tersebut kurang sopan dan bisa membuat nama Unsrat tercemar karena faktanya juga belum tentu ada pungli di universitas terkait.


Heboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan


Akankah wisudawan yang telah membuat heboh dengan kritikan pungli tersebut akan dipanggil secara langsung oleh pihak Unsrat untuk membicarakan duduk perkara dan kebenarannya?

Publik masih menunggu berita selanjutnya dan melihat sejauh mana urusan pungli di universitas dapat diusut tuntas.

Tidak menutup kemungkinan saat ada tindakan pungli di salah satu universitas di Indonesia, ada pungli-pungli lain di universitas yang berbeda GanSis.


Heboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Referensi
disini dan disini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Matabelo kira-kira apa langkah yang akan diambil oleh Unsrat
profile-picture
trac0ne memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
emoticon-Cape d... anda bisa disebut gagah dan pemberani

Spoiler for Kejadian:
Lebih aman kritik ketika udah lulus.. Krn ga bisa di sanksi oleh kampus nya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Cari rejeki kayak gitu bangetHeboh Wisudawan Ungkap Unsrat Masih Banyak Pungli, Pro Kontra Masyarakat Bermunculan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ah elah kayak ginia di negri wakanda di dinas apapun masihbasa breh
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Berdasar pengalaman. memang beda kampus ya, Tapi kata "banyak" disitu ada benarnya. Dari berbagai lapisan ntah itu paling bawah hingga yang teratas. Mau negri ataupun swasta. Sy sendiri pernah ngalamin, mulai hadiah juara yg ga turun. sertifikat yg jadi syarat lulus yg ga keluar, yg ujung2nya keluar duit lagi buat bikin dan banyak hal lainnya.

Dan ini orang gimana ya? Bisa jd proses ambil ijazah di persulit nih gara2 gini wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kuliah itu murah yg mahal biaya hidup.
Uang saku plus kos Rp 1 juta/bulan.
Kalau 4: Thn lulus hampir Rp 50 juta.telat 1 tahun nambah Rp 12 juta.
Kuliah di universitas terbuka murah nggak pakai uang saku Dan ngekos.
Seandainya lulus masih nganggur atau pegawai honorer.nggak rugi
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yakin bisa diungkap kalau dengan cara biasa2?ini indonesia bung,semua hal busuk bisa ditindak kalau sudah viral.kalau gak viral?mimpilah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dian.loro dan 2 lainnya memberi reputasi
Bukan tidak menerima kritik, namun protes yang dilakukan oleh mahasiswa Unsrat itu dinilai kurang tepat jika dilakukan saat momen wisuda yang merupakan acara sakral bagi para mahasiswa.

sejujurnya ga bakal ada momen yg "tepat" untuk ngungkap borok kecuali dari universitasnya yg kasih jalur spesial buat lapor emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
autumnfairy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, sulit diproses kalau gak viral

Quote:

emoticon-Matabelo bener banget gan
maen nya cantik lahhh
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Mayoritas kampus d sini kynya emg gtu dah wkwk
profile-picture
profile-picture
mrfanya dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantab ... emang harus ada percikan untuk memulai

KLo si rektor kecewa krn disampaikan di pas wisuda, apa kabarnya para Mahasiswa yg udh mengalami pungli tp ga tau kemana tempat mengadu
profile-picture
profile-picture
mrfanya dan masnukho memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Udah wisuda jadi udah aman gak takud nilai nya di jelekin sama oknum pelakuemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mrfanya dan masnukho memberi reputasi
Auto gak dapet ijasah emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mrfanya dan 3 lainnya memberi reputasi
Punglinya apaan aja ya?
Terkait biaya wisuda? Atau fakultas minta duit buat kegiatan yg gak jelas rimbanya?
profile-picture
profile-picture
mrfanya dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo itu main cantik ya?

Quote:

emoticon-Matabelo bisa jadi gan

Quote:

emoticon-Cape d... iya, cuma bisa diem bae

Quote:

emoticon-Ngakak gitu ya gan

Quote:

emoticon-Matabelo malah bakal lebih bermasalah lagi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
soal pungli saya pikir tidak hanya ada di satu kampus saja, tapi di hampir seluruh kampus yang ada di indonesia (masih asumsi). hanya saja sedikit orang yg berani speak-up.
profile-picture
profile-picture
mrfanya dan masnukho memberi reputasi
Kira2 ijazahnya ditahan ga ya gan?emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sudah sering terjadi di kota2 besaremoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
mrfanya dan masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di