Kaskus

News

mizzheloAvatar border
TS
mizzhelo
Pengalaman buruk berjualan d etsy
Hai teman2, sebelumnya perkenalkan nama saya helen saya berasal dari semarang indonesia.
Sekitar kurang lebih bulan agustus tahun 2021 saya join/ bergabung di etsy seller dan selama kurun waktu tersebut sudah melakukan 9 kali transaksi penjualan, dan dari 9 transaksi tersebut semuanya aman dan baik baik saja. Barang saya kirim dam etsy telah membayarkan kepada saya 9 transaksi tersebut kepada saya. Dan saya sebenarnya sangat puas dan senang berjualan di etsy. Pertama barang saya bisa sampai ke manca negara kedua harga jual juga bisa relatif lebih tinggi dari harga jual di dalam negeri. Dan permasalah mulai terjadi pada transaksi saya yang ke 10.
Kronologi tepatnya pada tgl 18 April 2022 saya menerima orderan ke 10 saya dari pembeli US
Keesokan harinya yakni tgl 19 April pagi hari saya sudah mengirimkan pesanan tersebut ke expedisi dimana saya menggunakan EMS kantor pos Imdonesia. Resi pengiriman pun sudah saya input di aplikasi etsy seller dan setelah itu pun saya mendapat notifikasi email dari etsy bahwa saya telah melakukan pengiriman barang.
Tamggal 19 April malam saya masih sempat mengakses tracking pengiriman sqya di aplikasi etsy seller.
Keesokan harinya yakni tgl 20 april 2022 saya tidak.bisa masuk dalam account etsy seller saya , saya coba berkali kali baik melalui aplikasi andoid maupun melalui browser. Saya cek email saya tidak ada email apapun dari etsy dan ternyata usut punya usut account saya di suspend. Saya mencoba menghubungi pihak etsy melalui email di etsy support dan menanyakan kenapa saya tidak bisa mengakses account seller saya bla bla bla. Kemudian dijawab oleh pihak etsy bahwa toko saya sudah ditutup karena tidak sesuai dengan kebijakan etsy sehingga etsy menutup toko saya. Saya sendiri tidak tahu kebijakan yg mana yg saya langgar krn selama ini baik baik saja. Saya selalu membayar billing saya setiap bulan tanggal 1 selalu tepat waktu juga. Kemudian saya email kembali untuk mengajukam banding agar membuka account saya agar saya bisa berjualan lagi disana. Tapi tidak ada respon terkait pengajuan banding saya tersebut. Sampai akhirnya saya berusaha ikhlas kalau memang saya tidak bisa berjualan di etsy lagi. Kemudian yang saya permasalahkan adalah transaksi terakir saya tersebut bagaimana nasibnya. Saya puluhan kali email ke etsy menanyakan tentang pembayaran tansaksi terakhir saya.
Nominalnya US$129.66, mungkin untuk sebagian orang nominal yang kecil, tetapi honestly untuk saya sebagai orangtua tunggal (ibu) dari satu anak yang sedang membutuh biaya pengobatan di masa pandemi ini, jumlah tersebut sangat besar dan sangat berarti untuk saya/kami.
Dan tertanggal 20 april 2022 sampai detik ini saya mencoba menghubungi etsy dan tidak aja jawaban yang berarti dari mereka alias menggantung. Bahkan terakir email saya hanya bisa masuk draft alias tidak terkirim, padahal awal awal email saya selalu terkirim.
Lalu kira kira bagaimana dengan hak saya sebagai seller itu karena saya juga membutuhkan uang tersebut. Sedangkan sejak toko saya ditutup saya sama sekali tidak bisa mengakses akun seller saya sama sekali. Dan dari tracking EMS yang saya pantau, paket saya tersebut sudah sudah sampai di US dan diterima oleh pembeli. Tolong sekiranya teman teman disini ada yang punya pengalaman seperti saya kemudian bagaimana solusinya. Mohon pencerahan.
Terimakasih.
yasyah81Avatar border
yasyah81 memberi reputasi
1
3.2K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan