KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Benarkah Pisang Kidang Adalah Pisang Pembawa Sial?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/629002d50af3cc023166804a/benarkah-pisang-kidang-adalah-pisang-pembawa-sial

Benarkah Pisang Kidang Adalah Pisang Pembawa Sial?

Benarkah Pisang Kidang Adalah Pisang Pembawa Sial?


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar sahabat Kaskus di seluruh Nusantara, semoga tetap semangat dan tetap sehat dan bahagia.

Jumpa kembali di Thread saya kali ini yang akan membahas satu jenis pisang yang di daerah saya pisang ini dinamakan pisang pembawa sial.
Lho kok bisa dinamakan pisang pembawa sial bagaimana ceritanya?
Langsung saja baca Thread di bawah ini.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis pisang, yang mana pisang itu bisa dimakan langsung, dibuat kolak, dibuat keripik, dibuat bolu, dibuat sale juga bisa dibuat es, tergantung keinginannya mau menjadikan apa pisang tersebut yang penting semua suka.
Karena saking banyaknya macan jenis pisang. Dari mulai pisang kepok, pisang kapas, pisang tanduk, pisang raja, pisang kele atau pisang raja, pisang ambon, pisang mas, pisang endog, pisang blitung, pisang sepet, pisang gembor, pisang kluthuk, pisang ampyang, pisang kepok Australia, dan satu lagi pisang kidang.

Benarkah Pisang Kidang Adalah Pisang Pembawa Sial?


Pisang kidang ini, kalau di daerah saya menjadi pisang sial, padahal dari segi bentuk bagus, warna juga bagus, berwarna maroon, dari segi rasa juga enak tidak ketinggalan rasa manis seperti pisang-pisang yang lainnya.

Kenapa sampai disebut pisang sial? Konon kata cerita orang -orang tua di sekitar daerah saya, kalau ada seorang petani membawa atau menjual pisang kidang ini, alamat esok harinya harga pisang akan anjlok, alias turun, dan banyak pisang yang nggak laku.
Makanya orang yang menjual pisang kidang ini ke pasar akan langsung ditegur sama pembeli, "Kenapa pisang seperti ini dibawa ke pasar?"
Padahal penjual membawa pisangnya ke pasar bermaksud untuk menjual agar mendapatkan uang. Tapi begitu sampai ke pasar mendapatkan sambutan tidak menyenangkan dari pembeli pisangnya.

Heran juga ya kenapa sampai seperti itu, kenapa bisa esok harinya harga pisang jadi anjlok, apa karena habis itu panen pisang jadi berlimpah? Jadi bagaimana petani mau mendapatkan uang dari pisang yang ditanamnya ya.
Mungkin solusinya, selain dibagikan ke tetangga, ya dijual di rumah, atau dijual online saja, kalaupun dijual online, berarti saat menjual pisang dalam keadaan masih mentah jadi tidak busuk saat dikemas. Jadi pisang itu tidak sampai ke pasar dan tidak membawa pengaruh buruk untuk pisang-pisang jenis yang lain. Petani bisa tetap menjual hasil kebunnya juga.

Bagaimana di tempat Agan sista semuanya, adakah pisang yang bernasib sama seperti pisang kidang ini? Membuat pedagang tidak suka dengan kehadirannya, padahal rasa pisang ini tidak kalah dengan pisang yang lain, bahkan dari segi warna juga sangat menarik. Kandungan vitaminnya juga banyak. Lantas salahnya di mana ya? Kenapa ada diskriminasi dengan pisang kidang ini. Walaupun kulit pisang ini berwarna maroon isinya tetap putih kok.

Benarkah Pisang Kidang Adalah Pisang Pembawa Sial?


Okey deh sampai di sini Thread saya kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa di Thread selanjutnya.
Tetap bahagi bersama keluarga dan orang-orang tercinta bye ... bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 5
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 4 lainnya memberi reputasi
Pisang kidang namanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Oww pisang merah ta

Quote:


Mungkin mitos yg muncul karena kekecewaan para pedagang lain. Jika ada pisang kidang orang cenderung lebih milih beli pisang kidang karena unik drpd pisang biasa. Kalau di t4 ane gak pernah denger rumor pisang sial ini. Tp udah pernah makan ini pisang, emang unik beda dr yg lain. Rasa juga lumayan enak. Mungkin kalau dijual dengan harga lebih tinggi tetap akann punya penggemarnya sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nitawskidd dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh l13ska
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Aku blm pernah lihat pisang ini apalagi tau mitosnya. Btw gmn rasanya bun?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
togoggodot dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 171 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 171 balasan
Saya sebagai penyuka buah pisang bahwa pisang ini juga enak di makan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
ah ..mitos kyknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

bener gan bikin sial tuh kalo makan nya selonjor utuh langsung di telen bulat" kagak di kunyah-kunyah mendingan kirim kesini biar saya terima dan saya makan dan ane kunyah-kunyah tuh pisang emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan trifatoyah memberi reputasi
mungkin ada yg trauma karena jatuh gara2 nginjak kulitnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Baru tahu ana namanya pisang kidang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Wkwkwk bisa ae
Quote:


Bisa jadi bisa jadi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Di Maluku didaerah Kei namanya pisang darah... Menurut kami tidak bawa sial atau hal2 negatif tapi konon di daerah maluku tengah, katanya orang ambon seram takut dan ngk mau makan pisang darah krn mikir ada darah manusia (entah karena perang atau gimana gitu) yng tumpah sekitar pohon situ dan itu alasan kenapa pisang jadi merah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Belum pernah nemu pisang ini, yang pasti rasanya samalah kek pisang lainnya, cuman kulit luarnya saja yang membedakan dia dengan jenis pisang lainnyaemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pisang mulu
Apem dong
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Nyimak
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pisang udang kalau di daerah saya namanya, harganya mahal, tapi enak sih, masalah bawa sial atau tidak, masyarakat daerah kampung saya kurang percaya sama hal begituan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini pisang memang bikin sial pedagang lainnya, kalau dibudidayakan maka pisang varietas lain bisa nggak laku = sial buat petani dan pedagang pisangnya, saking enaknya nih pisnag satu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jerryreality850
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ini pisang enak banget... Wajar disebut pisang sial karena begitu ada pisang ini pisang yg lain kalah saing.


Itu aja sebenarnya.

Dan ini pisang cukup sulit si budidaya.
Pohonnya tinggi, daunya lebar warna agak merah.
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah pengen coba. Pisang nya beda dari yg lain
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru tahu kalau ada mitos seabagai pembawa sial.....
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane paling suka pisang ambonemoticon-Malu (S)
pejwanemoticon-Coolemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di