KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Mewabah di 12 Negara, Ini Dia Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus Cacar Monyet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/628c2f766bfb2928ae4c1deb/mewabah-di-12-negara-ini-dia-gejala-penularan-dan-pencegahan-virus-cacar-monyet

Mewabah di 12 Negara, Ini Dia Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus Cacar Monyet

Mewabah di 12 Negara, Ini Dia Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus Cacar Monyet
Tengah merebak virus cacar monyet ke banyak negara di dunia, ini dia gejala, penyebaran, dan cara mencegahnya


Virus cacar monyet, mungkin Agan dan Sista baru mendengar nama virus yang satu ini.

Begitupun dengan TS, baru mendengar nama virus yang cukup unik ini karena tengah dibicarakan oleh banyak orang di media sosial.

Virus cacar monyet banyak dibicarakan oleh warganet karena melihat pemberitaan Internasional yang juga tengah membahas penyebaran virus cacar monyet di banyak negara di dunia.

Apa itu cacar monyet dan benarkah dapat menular dari manusia ke manusia?
Mari kita bahas bersama GanSis.


Mewabah di 12 Negara, Ini Dia Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus Cacar Monyet


Dilansir dari jurnal yang telah dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dijelaskan bahwa virus cacar monyet merupakan infeksi virus yang ditandai dengan munculnya bintil-bintil bernanah pada seluruh bagian kulit tubuh. Cacar monyet ini memiliki nama lain yaitu Monkeypoxdan pertama kali ditemukan di Negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

Masih menurut WHO, penyebaran virus cacar monyet sendiri pertama kali disebarkan oleh hewan pengerat seperti tikus, monyet, dan tupai yang terinfeksi virus kepada manusia. Kemudian virus ini ditularkan kembali secara terus menerus dari manusia ke manusia lain melalui cairan tubuh seperti sperma, air liur, urin, keringat, dan benda yang terpapar cairan dari penderita cacar monyet.

Gejala awal yang dapat dirasakan oleh orang-orang yang terpapar virus cacar monyet adalah pusing, demam, menggigil, lemas, nyeri otot pada hampir seluruh anggota tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening di bagian-bagian tertentu seperti ketiak, leher, dan selangkangan.

Setelah kurang lebih tiga hari dari terjadinya gejala awal, kemudian akan tumbuh bintil-bintilan kecil berisi nanah pada seluruh bagian kulit tubuh. Saat bintilan tersebut telah pecah, maka akan timbul kerak atau borok pada kulit.


Mewabah di 12 Negara, Ini Dia Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus Cacar Monyet
sumber gambar

Dikutip dari CNBC Internasional, diberitakan bahwasannya telah terjadi penyebaran virus cacar monyet di 12 negara diantaranya ada Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Belgia, Belanda, Italia, Spanyol, Portugal, Inggris, dan Swedia, dengan jumlah kasus kurang lebih 200 orang terpapar menurut catatan yang telah dikonfirmasi oleh WHO.

Meskipun virus cacar monyet sendiri bukan merupakan infeksi menular seksual namun dari kasus yang ada saat ini data mengungkapkan bahwa kebanyakan orang yang terpapar virus cacar monyet adalah "gay" atau laki-laki penyuka sesama jenis yang melakukan hubungan seksual.

Sampai sejauh ini WHO masih terus melakukan penelitian terhadap virus cacar monyet karena terdapat keanehan dimana virus tersebut menyebar terlalu cepat dan bahkan menjangkiti orang yang belum pernah sekalipun singgah ke Afrika yang merupakan daerah endemik virus cacar monyet.


Mewabah di 12 Negara, Ini Dia Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus Cacar Monyet


Setelah mengetahui gejala dan cara penyebarannya, maka Agan Sista harus mengetahui cara pencegahan virus cacar monyet agar tidak terpapar.

Adapun cara yang dapat dilakukan agar tidak terpapar virus cacar monyet adalah sebagai berikut.


Menghindari kontak langsung dengan orang yang telah mengalami gejala cacar baik itu cacar air atau cacar monyet karena keduanya memiliki kondisi gejala yang mirip.

Menjauhi hewan-hewan pengerat seperti tikus, monyet, tupai, dan sejenisnya yang menjadi penyebar virus cacar monyet.

Tidak melakukan hubungan seksual sesama jenis karena di Eropa dari hampir kebanyakan penderita cacar monyet adalah pasangan gay atau homo.

Hidup bersih dan sehat, penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan hand sanitizer juga dapat mencegah terpapar virus cacar monyet karena cacar monyet tersebar melalui cairan.

Itulah GanSis beberapa cara mencegah terpapar virus cacar monyet yang tengah mewabah di banyak negara di dunia termasuk Eropa.

Agan Sista harus tetap hati-hati dan selalu waspada sebab kita tidak pernah tahu dari siapa virus akan disebarkan atau penyakit akan ditularkan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menjadi himbauan untuk Agan Sista semua.


Mewabah di 12 Negara, Ini Dia Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus Cacar Monyet


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Referensi
disini dan disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kurosakiichigo dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 2
emoticon-Matabelo hampir dari seluruh yang terpapar adalah pasangan sesama jenis
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Cape d... Jerman tempat si Ragiel tinggal juga banyak kasus cacar monyet
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Baru ajah nih topik kelar dibahas sama temen kerja, tetap harus waspada ajahhhemoticon-Smilie

Kemaren aku dan TS bahas Virus Hendra sekarang ada lagi nih wabah cacaremoticon-Cape d... (S)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Matilah semua PLT dimuka bumi ini. penyuka lobang Txx
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan masnukho memberi reputasi
sementara esjewe dan kaum eljibiti pasti denial tereak2 mereka juga korban emoticon-Hammer2 emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan masnukho memberi reputasi
Tidak melakukan hubungan seksual sesama jenis karena di Eropa dari hampir kebanyakan penderita cacar monyet adalah pasangan gay atau homo

Emang harus dibinasakan makhluk makhluk begini

Pengacau tatanan dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Penyakitnya kaum penyuka lobang matahari yah bree..
Mungkinkah ini azab? Serem bener yakz..
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan masnukho memberi reputasi
Saya udah kena cacar gorilla...
Kalau udah kena cacar gorilla bisa kena cacar monyet gak nyet?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Jejak gan emoticon-Traveller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo iya gan

Quote:

emoticon-Ngakak biar kapok

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, semoga aja habis

Quote:

emoticon-Matabelo sepertinya sih adzab gan

Quote:

emoticon-Ngakak coba tanya kambing

Quote:

emoticon-2 Jempol sip gan
Berarti kimpoi beda jenis masih aman apa gimana? emoticon-Bingung
Ini ulah si maho, udah bosen sama manusia, hewan sama jenis juga djadiin pelampiasan. Dah lah... Ga ada kapoknya. Yg masi waras jangan ikut2an, biar si maho musnah dg sendirinya. Dulu pake meteor, sekarang cacar. Hmmm....
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
Diubah oleh AirFie
anjirrr nanah jerawat aja dah jijik gemes pengen mencet apalagi ini seluruh badan lagi hiiihhhhhh arrrgggghhh
Quote:

@gaygene bray ente perlu diamankan dulu bray emoticon-Hansip


emoticon-Ngacir2
Diubah oleh tiarap86
dalaahhh incernya hombreng ajaa emoticon-Mad (S)
Berharap tidak mewabah di mari, karena sangat menakutkan, orang-orang yang terkena virus ini jadi mirip monyet emoticon-Big Grin Kehidupan baru saja mulai bisa bernafas karena corona udah berangsur-angsur menghilang, kenapa juga harus ada virus-virus aneh lagi.
Say no to LGBT
Hih ngeri kali, semoga kita semua dijauhkan dari penyakit ini dan penyakit lainnya
Lah makin menjadi aja ini penyakit gans, makin lama bukannya makins edikit malah makin banyak. Gimana bisa terjadi? mungkin di pola hidup kita juga
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di