KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sedekah Atau Investasi (Samar Makna)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6289d681f47b6f3a7d276b35/sedekah-atau-investasi-samar-makna

Sedekah Atau Investasi (Samar Makna)

Sedekah Atau Investasi (Samar Makna)


SAHABATKASKUS -Kali ini thread saya akan membahas mengenai hal sensitif dimasyarakat, sebenarnya hal yang akan disampaikan ini bukanlah hal yang baru sebab dari jaman lampaupun hal ini lumrah dilakukan, hanya saja saat ini hal seperti ini seolah-olah menjadi hal yang istimewa atau utama, penyebabnya adalah seorang pria yang dikagumi banyak orang, bernama Yusuf Mansur, kalau sudah menyebut nama tersebut tentu kaskuser sekalian sudah paham topik apa yang akan di sampaikan, ya benar sekali topik tentang sedekah.

Perbuatan sedekah bersifat universal, karena siapapun manusia yang masih memiliki rasa sosial yang tinggi pasti punya keinginan untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan.
Sedekah dalam banyak bahasa lain juga disebutkan dengan :

Serasa asing ditelinga masyarakat Indonesia, padahal semua kata tersebut merujuk perbuatan untuk berbagi kepada sesama manusia yang membutuhkan.

Diawal saya bilang ini masalah sensitif dikarenakan kalau sudah disebutkan soal sedekah maka saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia rujukannya adalah berbagi harta menurut yusuf mansur, setelah melihat dan baca dalam banyak video dan pemberitaan media saya berpendapat kalau yusuf Mansur itu menarasikan bahwa dengan bersedekah akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, atau akan mendapatkan keinginan baik harta, jabatan, kesehatan dll.
Salah satu videonya bisa disaksikan berikut.



Pendapat saya kalau lihat video tsb, terlebih dahulu coba hilangkan kekaguman kepada Yusuf Mansur, dan turunkan nafsu akan harta duniawi, lalu analisa dengan logika, soal apa yg disampaikan YM di video tersebut, dimana disitu ada nilai modal dan nilai laba (kredit dan debet) bukankah seharusnya itu kegiatan perdagangan antara manusia.
Dalam pandangan saya itu tidaklah berkonsep berbagi kepada sesama manusia. Apalagi kalau saya cermati kalimat Yusuf mansur di video diatas pada menit ke 04:04 "see lihat berapa kontan.... (Tuhan) berikan, ....." adalah menunjukkan arogansi si yusuf mansur, jelas dia yang memberikan kok bawa bawa tuhan, apakah dia yusuf mansur hendak berkata dia tuhan ?, Mungkin kalau ditanya ke Yusuf Mansur ia akan berkilah, tapi kalimat yg diucapkan adalah kalimat ambigu.

Berikutnya kita lihat Menurut kbbi sendiri sedekah itu :
Quote:

Dari kbbi sendiri tidak ada pemaknaan sedekah itu adalah perdagangan antara manusia, yang nilainya dihitung manusia itu sendiri.

Berikutnya kita lihat lagi pemaknaan sedekah menurut Wikipedia Indonesia:
Quote:

Dari wiki Indonesia itu jelas pemaknaannya adalah sukarela dan ikhlas kepada orang lain.

Yusuf Mansur pada kenyataannya banyak menginspirasi masyarakat yang ingin lepas dari himpitan ekonomi maupun permasalahan yang dialaminya, hal ini menunjukkan bagaimana masyarakat menjadi individu yang tidak mau berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak, padahal dalam kehidupan ini sekali berpikir saja pun belum tentu memberikan hasil yang benar, terkadang sudah dipikirkan harus kita pikirkan ulang lalu dipikirkan lagi agar benar benar apa yang kita pikirkan tersebut bukan karena dorongan nafsu atau rasa kekaguman semata.
Namun apapun itu sebaiknya segala sesuatu nya dipelajari terlebih dahulu, agar tidak mudah dipengaruhi atau terhipnotis oleh perkataan orang lain.

Begitulah sedikit pendapat dari sudut pandang saya bagaimana soal sedekah itu bisa merusak tatanan atau pengertian sebenarnya, bila didasarkan kepada nafsu semata, dan thread ini saya buat berdasarkan keresahan saya setelah mendengar curhatan seorang teman, keluarga nya terobsesi dengan Yusuf Mansur. dimana teman saya sakit osteoarthritis, namun oleh keluarganya malah disumpahi harus sedekah ke ibunya, kalau tidak sakitnya tidak sembuh-sembuh.
(Saya jadi teringat THREAD saya ini).



Sedekah Atau Investasi (Samar Makna)
Penulis: sutanjuga
Referensi: satu, dua, tiga, empat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Pekiwan amankan










emoticon-Angkat Beer
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Dulu aku pernah dengar ceramah dari seorang dai yang berkata "ibadah itu untuk akhirat, kalau niatnya mengharap benefit di dunia ya sia sia amal ibadahnya" 😎
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Bukan investasi, gan... Itu namanya "pancing berkat"... emoticon-Peace
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba ngomong gitu ke khayalak luas

Apa gak di demo sama manusia2 simpatis sama gerakan 212.

Inget jangan coba me logiskan dakwah orang islam.

Karena kalau anda menanyakan logisme dalam beragama di Islam, anda akan mendapat cerca dan ancaman.

Karena buat orang islam perkataan sami'na wa ato'na itu kunci keimanan.
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Guruku berkata berbagi tidak akan membuatmu kekurangan
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan lupa cuci tangan yang kotor dengan bersedekah....
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sedekah itu emang bentuk perdagangan. Tp bukan berdagang kpd manusia melainkan kepada ALLAH swt..

Ketika ente bersedekah ente mengharapkan imbal balik yg lebih besar dr tuhan. Itu ya wajar. Sifat manusia tdk mau rugi itu lumrah. Dan tuhan pun emang menjanjikan keuntungan yg berlipat.

Pertanyaan nya... Keuntungan dr tuhan itu bukan sesuatu yg bs ente tentukan. Tp tuhan yg menentukan dlm bentuk apa keuntungannya...

Sesimple itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jalu_79 dan 2 lainnya memberi reputasi
Mau sedekah atau investasi, kuncinya harus iklas bukan dipaksakan, seperti kejadian di ane yang di paksa siang malam dengan berbagai cara untuk SEDEKAH, lebih buruk lagi, harus mendengar doa nya siang malam agar ane mau memberikan SEDEKAH.

Setelah COSPLAYING sebagai IBU ane dipagi hari ini, si Janda DA mulai mengirimkan ane doa doa lagi, tidak jauh dari biasanya, kali ini si Janda DA berdoa mendapatkan rezeki BESAR sebelum bulan Mei berakhir. Rezeki apa itu? ada orang bodoh yang ketipu uangnya oleh si Janda DA ini. Ane hanya bisa terdiam dan berdoa supaya Janda laknat ini cepat meninggal dan di panggil yang Maha Kuasa supaya dunia damai.

Bagi agan agan yang belum tau, Janda DA ini mirip presiden Ch*na yang di pakein wig dan baju wanita gan, sama beha berbusa tebal, mungkin supaya ada sedikit tonjolan di buah dadanya biar lebih mirip wanita. Permasalahannya si Janda DA ini adalah NAFSU nya yang besar dan butuh pelampiasan tapi maunya gratisan karena tidak kuat membayar lagi, dan sepertinya masih ngutang ke om om lain. Akhirnya mentalnya bermasalah dan sering mengganggu dan MENIPU orang orang sekitar, dan akhirnya ane hanya bisa curcol disini karena menerima gangguan terus menerus emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
Kalo Investasi itu ada Divestasi nya.
Tapi juga harus ada cashflow yg harus diliat juga.

Tapi kalo investasi secara umum bahasa ya terserah masing2 tafsir nya.
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waduw ada video ucup tuh........ Minyak aja dulu.
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Beda tujuan ke 2 hal itu gan
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Nice thread gan emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Sedekah itu sebenarnya investasi akhirat.
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
sedekah itu investasi untuk kehidupan di akherat menurut ane, investasi jangka panjaang.
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
blom bisa sedekah secara materi...paling bisa sedekah tenaga diacara kerjabakti mingguan bareng2 pa RT
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Investasi di akhirat
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Sedekah itu buat akhirat, tapi jangan di bikin story juga kalo sedekah emoticon-Cool
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ingat sedekah ingat si itu emoticon-Leh Uga


profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pembahsan nya berat
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di