KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ancam Murid Nilai Nol, Pengamat: SMA Negeri 1 Banjarbaru Parah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62892358c86c4d684d013ee0/ancam-murid-nilai-nol-pengamat-sma-negeri-1-banjarbaru-parah

Ancam Murid Nilai Nol, Pengamat: SMA Negeri 1 Banjarbaru Parah!

By Tim Redaksi20 Mei 2022, 17.55
Ancam Murid Nilai Nol, Pengamat: SMA Negeri 1 Banjarbaru Parah!
Badrul Ani Sanusi, Pengamat Hukum dan Pendidikan. Foto: teras7.com

TERAS7.COM – Menanggapi pemberitaan yang ramai akhir-akhir ini terkait SMA Negeri 1 Banjarbaru dinilai mengancam murid dengan memberikan nilai 0 apabila tidak berpartisipasi dalam kegiatan, serta dinilai intoleran tidak menghargai Hari Libur Nasional yaitu Hari Raya Waisak pada 16 Mei 2022 lalu, Pengamat Hukum dan Pendidikan angkat bicara.

Kepada teras7.com, Badrul Ain Sanusi Pengamat Hukum dan Pendidikan di Kalimantan selatan menyoroti persoalan tersebut, terlebih tentang ancaman yang dilakukan oleh guru terhadap murid di SMA Negeri 1 Banjarbaru yang diduga melanggar norma pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, ancaman terhadap murid yang dilakukan oleh seorang guru di SMA Negeri 1 Banjarbaru ini tidak bisa dibenarkan, mengingat hari libur merupakan hari tidak wajib belajar. Bahkan dalam konteks hari normal pun ancaman tidak dibolehkan, apalagi di hari libur yang semestinya mereka tidak diwajibkan melakukan aktivitas.

Ancam Murid Nilai Nol, Pengamat: SMA Negeri 1 Banjarbaru Parah!
Pesan Whatsapp seorang guru kepada siswa SMA Negeri 1 Banjarbaru. Foto: ist

“Itu yang bagi saya paling parah, tidak pantas dilakukan oleh seorang pengajar memberikan ancaman apabila tidak hadir maka mendapatkan nilai nol,” tegasnya kepada teras7.com, Jumat (20/05/2022).

Secara prinsip menurut Badrul siswa tidak wajib belajar, tetapi ababila ada upaya pembelajaran atau sebagainya, itu sebuah hal yang bukan keharusan, tetapi diserahkan kepada siswa mau turun atau tidak, karena tidak ada kewajiban.

“Kalau ada ancaman berarti pola didik yang diterapkan SMA Negeri 1 Banjarbaru pola didik yang memang tidak pantas dalam dunia pendidikan,” ia menekankan.

Dalam kontek hukum, menurutnya tidak ada yang mengatur terhadap pengancaman nilai, namun dalam etika kepatutan normatif tentu ancaman ini tidak dibenarkan sebagaimana konsep pendidikan di indonesia.

“Dalam konteks teori dan konsep pendidikan itu sangat tidak dibenarkan walaupun tidak ada klausul yang menjelaskan tentang hal itu,” jelasnya.

Pandangan lain Badrul juga menerangkan, terkait intolerasi terhadap hari raya waisak, menurutnya selama mereka tidak mengganggu aktivitas keagamaan dan atau pihak yang merayakan hari raya waisak tidak merasa terganggu, maka tidak menjadi masalah.

“Kalau terkait nilai toleransi beragama menurut saya tidak begitu sensitif, yang sensitif dalam hal ini yaitu ancaman guru kepada murid,” katanya.
Teras7.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Klw gw jadi muridnya, gw keluar cari swasta yg bagus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
tanggal merah masuk sekolah itu cuma kalo urusan eskul...itupun kalo gak dateng yauda gak masalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
“Kalau terkait nilai toleransi beragama menurut saya tidak begitu sensitif, yang sensitif dalam hal ini yaitu ancaman guru kepada murid,” katanya.

Gw kagak sepakat sama argumen ini.
Mungkin bisa diandaikan bila seorang muslim disuruh kesekolah di hari raya lebaran dan bukan untuk merayakan lebaran tapi buat kegiatan ekskul, kira2 ada yg demo berjilid2 kagak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ancam Murid Nilai Nol, Pengamat: SMA Negeri 1 Banjarbaru Parah!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
penundaan kenaikan pangkat atau pemotongan tunjangan

emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dexvils dan 7 lainnya memberi reputasi
Gw bisa ambil kesimpulan klo khilafah di indonesia, artinya hari besar agama lain tidak dianggap emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
hari raya agama masuk sekolah dan diancam nilai nol
itu gurunya goblok mah
via WA pulak
ada barang buktinya

soal agama mah ga masalah
tapi klo gurunya etnis tionghoa maupun agama kristen/katolik
ancam masuk sekolah saat perayaan suatu agama

pasti ada yang baperan masukin ke pasal penistaan agama
gw jamin itu pasti terjadi

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
puschynksas dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pasti2periode
tolong gurunya dipecat emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makin banyak aja orang kayak gini...
gak heran yang jadi murid begitu keluar sekolah ada yang mewarisi sifat gurunya ini...


terima kasih pak presiden...
terima kasih pak menteri pendidikan...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

Banjarbaru yg di daerah Kalsel ya?

Udah nggak heran, di sana memang daerah kadrun.

Dari sekolah TK, SD, sampai perguruan tinggi negerinya rata2 para pengajarnya ada yg kadrun. Mereka aktif membina anak didiknya dan menularkan paham kekadrunannya.

Nggak jauh2 sama Jabar, Banten, Sumbar, Riau, Sulsel, dan NTB.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DavOldTraff dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ini pengamat kurang piknik ya?
Kita telaah dulu
1. Nilai 0, nilai apanya yang 0 bisa saja nilai kegiatan pameran yang dimaksud. Apakah ada mata pelajaran kegiatan pameran? Tentu tidak ada

2. Bagi yang ijin, sepengetahuan wali kelas dg kepala sekolah. Kan memang sudah tepat itu ga ada yang salah. Kalau ga mau datang ya tinggal ijin saja, selesai perkara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TerlahirJelek dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Jadi yang bener Islamphobia apa kafirphobia ? emoticon-Embarrassment

Udah tua bangka baru sekarang ada kasus kek gini, dulu2 gak pernah ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ya apapun alasannya sekolah harusnya adil. Terlepas ada yg merayakan atau tidak selama itu hari libur keagamaan ya jgn ada kegiatan. Sok urgent banget kayaknya sampe pake ancaman. Gurunya dulu di didik pake ancaman kah?
profile-picture
profile-picture
pilotwaras108 dan gigbuupz memberi reputasi
Banjarmasin dan Banjarbaru emang agak susah seh skrg banyak warga pendatang dr luar Kalimantan yg suka ngadain acara aneh2

Sdh ky di balikpapan dan singkawang

Klo mau belajar yg benar itu di Kota sebelahnya Banjarbaru yaitu MARTAPURA
profile-picture
profile-picture
qavir dan pilotwaras108 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Jelas keliru gurunya nih harusnya cukup nyebut akan diabsen

murid2 bakal ngerti sendiri
meskipun kagak ada kata diwajibkan
cem pemberitahuan dateng ke JIS pas lagi lebaran

Gurunya kagak pandai menata kata nih
pecat aja
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
pilotwaras108 dan kodokuper memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
paling selesai pke meterai neh berita emoticon-Embarrassment
profile-picture
pilotwaras108 memberi reputasi
Diubah oleh gigbuupz
mungkin maksudnya yg ngga hadir tanpa pemberitahuan emoticon-Imlekemoticon-Imlek

itu di kalimat terakhir, yg ijin harus memberitahu pihak sekolah emoticon-Imlekemoticon-Imlek

Sabar, jangan jadi kaum sumbu pendek kalau membaca suatu berita emoticon-Imlekemoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
pilotwaras108 dan pacuan.kuda memberi reputasi
saya duga sudah disusupi oleh antek antek Neo DI/TII/ISIS, copot dan serahkan ke Densus 88 untuk penyelidikan lebih lanjut
profile-picture
profile-picture
qavir dan pilotwaras108 memberi reputasi
Ditempat saya juga pas pagi senin tgl 16 lalu sempat jalan-jalan naik motor liat ada beberapa murid sekolahan pakai baju pramuka turun ke sekolah, mungkinkah sama juga seperti kejadian ini? Kasian mereka jadi budak yellow.
profile-picture
pilotwaras108 memberi reputasi
Ujungnya juga disuruh damai, elah pret emoticon-Tai
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di