KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62883022ba6c1e0635222322/bikin-kacang-bawang-sendiri-yuk-dijamin-gurih-abis

Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!


Cemilan di saat santai
Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!


Assalamualaikum

Apa kabar sahabat Kaskus semuanya di manapun berada, semoga senantiasa sehat dan dalam keadaan yang baik-baik saja.

Jumpa kembali dengan Thread saya yang kali ini ingin ngajakin Agan Sista semuanya, sahabat Kaskus di manapun berada untuk membuat cemilan sendiri yang rasanya dinamin gurih nagih.
Yaitu cemilan kacang bawang, sebenarnya kacang bawang ini mau aku bikin sebelum lebaran kemarin, tapu nggak sempat bikinnya, lagian jajanan yang lain juga sudah banyak, mending buat sehabis lebaran saja.

Banyak aneka jenis olahan dari kacang-kacangan yang tentunya menjadi favorit buat teman ngemil agan sista semuanya, mulai dari kacang asin, kacang disko, kacang bawang, kacang pilus, atau pilus kacang, juga ada kacang telur dan masih banyak lagi olahan kacang. Di sini saya ingin membuat olahan kacang bawang yang simpel tapi juga gurih nagih.

Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kacang bawang:

500 gram kacang tanah (saya beli yang sudah tidak ada kulitnya)
3 siung bawang putih (saya pilih bawang putih kating yang pedasnya atau rasanya lebih kuat)
1 sendok teh ketumbar halus
2 sendok makan santan kara
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

*Bisa juga menggunakan kacang kulit, sebelum dibuat kacang bawang putih berarti hilangkan dulu kulitnya, bisa dengan merebus setengah matang kemudian bersihkan kulitnya.

Cara membuat kacang bawang adalah sebagai berikut:

Pertama-tama cuci kacang bawang.
Kemudian haluskan bawang putih, ketumbar dan garam.
Taruh dalam wadah baskom atau nampan. Kemudian tambahkan santan kara, aduk-aduk rata.
Tunggu beberapa saat sampai bumbu meresap.
Sesudah itu siapkan wajan dan juga minyak. Tunggu sampai minyak panas, kemudian masukan kacang, goreng dengan api sedang, angkat sebelum kacang matang.
*Catatan untuk menggoreng kacang bawang tidak boleh sampai kekuningan karena nanti terasa gosong, karena kacang bawang akan kriuk atau matang sendiri ketika sudah diangkat dan didiamkan.
Jangan lupa untuk memberi alas tempat menaruh kacang bawang dengan tissue.
Tissue ini berguna untuk menyerap minyak, biar kacang bawang kering tidak banyak minyak.
Tunggu kacang bawang benar-benar dingin, baru masukan ke toples dan tutup dengan rapat biar awet dan tetap renyah.

Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!


Kacang bawang siap menemani santai Agan Sista dan keluarga tercinta. Teman ngemil yang nggak kerasa tiba -tiba sudah habis setengah toples hehehehe.

Okey deh Agan sista semuanya, sampai di sini Thread dari saya semoga bermanfaat, sampai jumpa di Thread selanjutnya.
Tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta
Bye ... bye ...

Bikin Kacang Bawang Sendiri Yuk, Dijamin Gurih Abis!


Opini pribadi
Sumber gambar dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 34 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
cemilan favorit ane nih
camilan kacang bawang mantap....sambil lihat acara televisi.
saya lebih suka kacang bali emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan romeo.jakarta memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dikasih santan biar tambah gurih dan empuk kah sist?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kenape semua komen lo bales bambang... emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Top dah
Quote:


Nggak lah
Post ini telah dihapus
Juga buat jualan....kalau rasanya bisa bersaing pasti laku.....irisan bawangnya juga menarik.....enak .
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice thread
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Teman ngemil dikala gabut gan emoticon-Embarrassment
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mending beli dah.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Takut asam urat kalo kebanyakan makan kacangemoticon-Frown
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantabs ini

Kesukaan kacang plintis ini nama daerahku emoticon-Angkat Beer
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cemilan favorit gue nih... bikin badan gembrot.
emoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
hwoogh... kacang kesukaankuwh
.. segala macem kacang, mau direbus, goreng, oven emoticon-Angkat Beer
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
minyak gan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu pas kecil suka bikin bareng ibu, mana bikinnya banyak 1½kg kacang yg masih berkulit

Wiz seko awan tekan bengi ra rampung2 sek mlocoti, sek ngenteke ra ono sedino 🤣🤣🤣
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ini makanan nyandu banget, susah nyetopnya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kapan2 bikin, terima kasih resepnya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
point ptenting. jangan pake kacang tanah import (yg besar2), gunakan kacang tanah lokal karena lebih gurih👍🏻
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di