KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Singapura Tersinggung Kewenangan Tolak UAS Dipertanyakan RI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62846e71ad053017b80aa99e/singapura-tersinggung-kewenangan-tolak-uas-dipertanyakan-ri

Singapura Tersinggung Kewenangan Tolak UAS Dipertanyakan RI

Jakarta, IDN Guru Besar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menduga Singapura tersinggung dengan cara pemerintah RI merespons penolakan masuk penceramah Abdul Somad Batubara.

Singapura Tersinggung Kewenangan Tolak UAS Dipertanyakan RI

Hikmahanto mengatakan sudah menjadi kewenangan Singapura menerima atau menolak masuk warga asing. Mereka pun tidak berkewajiban memberi tahu alasan menolak masuk penceramah Ustaz Abdul Somad (UAS).

"Jangankan UAS, Ustaz Solmed pernah tertahan selama 10 jam di Bandara Changi dengan alasan yang sama. Tapi sampai sekarang, oleh otoritas Singapura tak diberi tahu apa alasannya," ungkap Hikmahanto ketika dihubungi IDN Times melalui telepon, Rabu (18/5/2022).

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani itu menduga Singapura mulai kesal lantaran pemerintah RI melalui Duta Besar Indonesia di negeri jiran itu melayangkan nota diplomatik kepada otoritas di sana. Padahal, alasan penolakan itu sepenuhnya menjadi kewenangan Singapura.

"Akhirnya, mungkin karena Singapura kesal, mereka jabarkan lah dengan detail alasan seperti yang ada di situs resmi Kementerian Dalam Negeri mereka," katanya.

Hikmahanto menyebutkan apa yang dilakukan Singapura semata-mata untuk mencegah agar tidak ada potensi keributan di dalam negaranya sendiri. Dia kembali menegaskan menolak masuk suatu negara merupakan hal kedaulatan suatu negara. Sifatnya tidak bisa diganggu gugat.

"Tidak ada kesempatan banding bagi orang yang ditolak masuk. Petugas imigrasi itu kan memang diberi kewenangan untuk menerima atau menolak seseorang atas diskresinya," tutur dia.

Meski demikian, menurut Hikmahanto, UAS tidak dimasukkan ke dalam daftar hitam oleh otoritas Singapura. Artinya, pencekalan masuk itu bisa jadi tidak bersifat permanen.

Lantas, apa alasan Singapura menolak masuk UAS ketika hendak berlibur pada 16 Mei 2022?

1. Somad dianggap penceramah ekstremis yang dapat membahayakan masyarakat Singapura

2. Setiap warga asing yang berkunjung ke Singapura tetap kena skrining

3. Fraksi PAN desak Pemerintah Singapura meminta maaf

Sumber:
https://www.idntimes.com/news/indone...pertanyakan-ri


Singapura Tersinggung Kewenangan Tolak UAS Dipertanyakan RI

Ya sebagai Tuan Rumah memang berhak menerima dan menolak tamu, Layaknya Restaurant berhak menolak Customer
Tapi kurang etis dan memalukan bagi yang tertolak, apalagi melihat WNI yang mudah tersinggung.
Bagaimana menurut anda?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh manumangoqty
Halaman 1 dari 7
+1 simpan buat komentar terbaik

-----------------------------------

{thread_title}


Ternyata ini khotbah nya

-----------------------------------

Sebagai tambahan.. UAS ini Ustad Abdul Somad ya.. Bukan Ujian Akhir Semester, soalnya ada beberapa kaskuser yang salah kaprah.
Tidak baca isi langsung komentar

Kamu Tim Indonesia atau Tim Singapura?

🇮🇩 ~ 🇸🇬

Koment di bawah 👇
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh manumangoqty
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Sebnarnya pemerintah lakuin gini supaya kelompok yg ngaku Islam gak tll ngamuk aja emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
astagfirullah, singapor melakukan penjoliman thd ustadz dan para praktisi jihad bom bunuh diri, singapur komunis antek PKI dan islamopombob emoticon-Marah

Singapura Tersinggung Kewenangan Tolak UAS Dipertanyakan RI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zhengweijian
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hahaha pemerintah INDON lemah dengan Ekstremis yang jelas-jelas uda bacod kekerasan itu HALAL dalam ajarannya

tapi ya apa boleh buat ya , mayoritas disini munafik semuanya emoticon-Ngakak (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhoesoek_thenan dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Singapura Tersinggung Kewenangan Tolak UAS Dipertanyakan RI

flashback to when si somad di-reject masuk HK. HK same like S'pore either, no elucidate or eksplainasyon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
udah kismin sampah, blangsak pula.
kaum seenak jidat kudis.
haji kampang kang ribut masuk hotel mewah ya gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kelthuzad.lich dan 11 lainnya memberi reputasi
Itulah alasan kenapa kita sejak SD sudah d ajarkan IPA tentang (bayangan) cermin.. Biar orang indo itu terbiasa NGACA sejak kecil.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kelthuzad.lich dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gini gan, Singapura ntu negara kota yang multi-ras dengan banyak kepercayaan, yang kalo terjadi pergolakan, mereka gak punya zona buffer. Tahun 2013 pernah terjadi kasus kerusuhan yg berbau etnis disana antara orang2 Asia selatan, nah mereka gak mau kecolongan lagi. Bukan cuma agamawan, tapi politikus juga ada yg kena dilarang masuk kesana. FYI, saya pernah masuk Singapura tanpa rencana karena ada trouble di pesawat saat transit dari Istanbul, Sehingga harus menginap masuk kedalam negaranya 2 hari satu malam, dibayarin sama turkish air. Gak ada masalah kok. Dilayani dengan baik. Di paspor kami hanya dikasi stiker tulisan special services. Dan kyknya ribuan orang Indonesia pulang pergi kesana ga ada masalah sih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kelabang.Hitam
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
tindakan singapura bisa diterima, alasannya juga jelas dan masuk akal emoticon-Big Grin

penjahat diperlakukan sebagaimana mestinya penjahat kok malah g terima
lebih baik introspeksi diri dan bercermin siapa tau ini azab dari langit emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 18 lainnya memberi reputasi
radikal makin muncul kepermukaan ya
harus terima kasih sama politisi kita
demi mendapat dukungan
mereka rela mendukung kaum radikal
supaya pemerintah di "judge" sebagai anti islam

pemerintah sendiri ketakutan dengan sebutan2 seperti itu
lebih tepatnya
PARTAI dibelakang pemerintah takut di cap buruk
sehingga suara pemilu bisa turun drastis

ya akhirnya
radikal trus menerus di biarkan tumbuh subur di akar rumput
selama tidak menggoyang pemerintahan macam rizieq maupun HTI
negara akan trus diam membiarkan radikal bergerak leluasa
dilain pihak oposisi trus memberikan "PUPUK" yang mereka butuhkan

emoticon-DP emoticon-DP emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taikucingloh dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emang tolol kedutaan indo, bajingan tengik provokator ditolak masuk kok protes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kl ada org asing yg dianggp berbhaya oleh indo ditolak oleh pemerintah indo..disini pada seneng wkwkw bangga dan pasti blg kl kedaulatan bla bla bla
Prett...
Namanya tuan rumah tersrah lah mw terima tamu atau gk.
Lagian alasaany ada bukti,coba instropeksi dl bener gk kotbah begituan..biar apa gtu bgtuan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Deleted

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asurizal dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh combustor
mampus lo mat, di dalam negeri indon lo bisa dianggap ulamak besar etc, di negara lain lo cuma teroris terdaftar di blacklist, ini bukan satu kali si somat dilarang masuk negara orang, kemarin di Swiss, Belanda dan Jepang juga gak boleh masuk sama imigrasi sana nih orang satu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 11 lainnya memberi reputasi
ya ngapain juga ya pemerintah menanyakan masalah ini ke singapur?
urusan imigrasi ini ya urusan dalam negri mereka mo nerima siapa mo nolak siapa ya suka2 yg punya negara

demikian juga indonesia mo nerima siapa no nolak siapa juga suka2 kita kan? kecuali si somad ini anggota korps diplomatik tentu kita perlu menanyakan knapa utusan resmi negara kita ditolak mereka
somad cuman mo berlibur gada urusannya sama kepentingan negara jadi pemerintah gak perlu repot2 ngurusin yg remeh temeh ginian lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Oh iy mat itu singapur negara kafir.
Kl mw liburan napa gk ke arab mat timteng..palestina sekalian..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
1 orang
Semoga ga bikin banyak puyeng orang atau bahkan negara
Ribet bener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan 4 lainnya memberi reputasi
Yang ngutang lebih galak dari yang ngasi utang itu benar apa adanya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
necromongers dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Alasan masuk ke singapore " Seolah olah kunjungan Sosial"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Halaman 1 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di