KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gaji Guru Honorer, Udah Tahu Bikin Pedih tapi Kok Maksa, kan Bisa Pindah Kerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62840cdef7610152105d196c/gaji-guru-honorer-udah-tahu-bikin-pedih-tapi-kok-maksa-kan-bisa-pindah-kerja

Gaji Guru Honorer, Udah Tahu Bikin Pedih tapi Kok Maksa, kan Bisa Pindah Kerja

Gaji Guru Honorer, Udah Tahu Bikin Pedih tapi Kok Maksa, kan Bisa Pindah Kerja

Beberapa hari ini beredar berita cukup viral, sebenernya ini juga sudah pernah viral juga yaitu terkait soal gaji guru horoner sangat kecil, malah bisa di katakan sangat prihatin. Bayangkan saja selama sebulan kerja mereka di gaji tak lebih dari 500 ribu. Sebagai seorang netizen ane juga cukup prihatin akan hal tersebut, tapi disisi lain juga timbul pertanyaan-pertanyaan.

Tapi sebelum jauh pembahasan nya, ane apresiasi jika seorang memiliki jiwa yang terpanggil jadi seorang guru, dimana mereka bertangung jawab atas kecerdasan bangsa ini, itu tidak bisa di nilai dari angka dan nominal sih kalau menurut ane. Tapi mohon maaf kalau dengan gaji seorang guru honorer tidak bisa menghidupi hidup, dimana semua hal di dunia ini  penyelesaian nya adalah uang, menurut ane itu bunuh diri sih.

Gak usah ngomongin birokarsi tentang gaji dah, kita dah tahu bagaimana sistem pemerintahan di negri isekai ini memang cukup absurd dan perpihak( itu dah termasuk hal yang tidak bisa di control oleh diri dendiri). Nah yang jadi pertanyaan nya adalah orang(guru honorer) sewaktu mereka melamar kerja jadi guru honorer, sudah pasti tahu berapa penghasilan nya perbulan berapa, bagaimana hitungan gaji nya perjam berapa. ketika mereka melamar.

Gak mungkin juga kan kena tipu kayak lowongan koran donk, kerja nya di perusahaan besar tahu nya jadi sales keliling.
Dan aneh nya ketika mereka menyetujuhi kententuan-kententuan tersebut, yang mana dari awal mereka sudah tahu kalau gaji sebagai guru honorer itu memang minim, itu kan aneh. udah tahu dapat gaji dikit terus protes di media sosial.

Sebagai seorang manusia pada umum nya, jika mereka bekerja dan mendapat gaji dikit atau dengan gaji tersebut tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pilihan yang pasti ada di kepala mereka adalah pindah kerja dengan gaji yang lebih besar sehingga bisa mencukupi kebutuhan hidup.
logika manusia normal nya seperti itu.

{thread_title}

Dan ane yakin, orang-orang yang mengungah video di atas sampai saat ini masih jadi guru honorer. gimana ya. kan dari awal udah tahu dapat gaji demikian, aneh aja sih. terlebih lagi manusia itu punya yang namanya free will. Dan jika alasan nya adalah mereka bertahan dengan gaji kecil adalah sulit cari kerja, kayak nya alasan tersebut sulit di terima dah. Dimana jaman sekarang ini dengan live aja bisa dapat duit.

Ternyata eh ternyata ada  fakta dan informasi, ini ane dapat dari temen ane yang jadi guru honorer. dimana jika orang yang jadi guru honorer memenuhi persyaratan dan dalam jangka waktu tertentu akan di angkat jadi pegawai tetap dan berubah jadi  status nya jadi ASN (Aparatur Sipil Negara).

Dan fakta di lapangan tidak semua guru honorer itu bisa beralih status jadi ASN,kecuali sudah memenuhi syarat dan ketentuan, pasti nya kenal orang dalam. Dan miris nya banyak fakta dilapangan dimana orang yang gagal jadi PNS mereka lari nya jadi guru honorer, untuk mendapatkan beberapa privilege sebagai pegawai tetap di negri isekai.

mereka kebanyakan bukan murni untuk mendidik tapi lebih tergiur dapat privilege tunjangan-tunjangan tersebut. dampak buruk ini juga bakal mempengaruhi apa yang namanya kualitas mengajar dan para murid yang di didik. Bayangkan saja dengan gaji Cuma ratusan ribu, apa yang di harap dari kualitas tersebut.

Ane juga percaya jadi guru itu adalah panggilan bukan kebutuhan, jika nilai itu di geser jadi nya ya guru-guru yang nybelin aja di kelas. Entah Cuma ngasih catatan atau tak bertangung jawab. Ane justru lebih mendukung guru yang ada di pedalaman, dimana mereka sampai ke hutan-hutan atau desa-desa hanya untuk mengajar anak-anak. itu sih harus di apresiasi sangat, karena mereka dari awal sudah mengabdi jadi seorang guru, bukan jadi guru Karena mengejar jadi pegawai tetap.

Gaji Guru Honorer, Udah Tahu Bikin Pedih tapi Kok Maksa, kan Bisa Pindah Kerja

penulis: millenie

sumberlink


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faisalactive dan 54 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh millenie
Halaman 1 dari 11
udah tahu gaji dikit, bukan pindah kerjaemoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
mengejar jadi ASNemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan gigbuupz memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pas kerja kan udah di kasih tahu penghasilan nya berapa
profile-picture
anggrekbulan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ada alasan kenapa mereka bertahan dengan gaji demikianemoticon-Salah Kamar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
13460 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
hidup itu pilihan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
nyimak emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo jadi honorer yg ngari itu iming-imingnya dikasih apa klo mau bertahan/diperbudak.

Klo punya orang dalam ya harus jadi honorer dulu beberapa tahun baru bisa diangkat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Intinya spy bisa jadi pns kelak, tp ternyata aturan berubah dan ga bisa diangkat langsung ky dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slarkkk dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
karena sekolah swastanya terbatas, kalau sekolah negeri gak bakal tembus honor kalau gak ada pegangan pejabat di disdiknya.. istri saya gaji cuma 750 ribu perbulan, padahal umr 2,7 jt.. itu juga digaji baru bulan januari aja, sampai skrg blm ada di gaji lg.. sdh nyoba daftar disekolah swasta lain tapi belum ada panggilan jg..

lapangan kerjanya terbatas, sarjana guru yg nganggur banyak, apalagi dengan tidak adanya PNS guru, makin susah aja lowongan kerja.. PPPK wajib dapodik, dikira masuk dapodik gampang apalagi bagi yang gak punya kerabat/keluarga pejabat.. ini aja gak tau kapan dimasukkan dapodik, gaji jg gak jelas, kadang saya bilang kerja kaya romusha, pimpinan yayasan kaya daendles aja

masalah lainnya untuk nyari kerja yang gak sesuai sama background pendidikan juga susah, dari orangnya sendiri yg gak mau, lapangan kerjanya susah karena jarang ada perusahaan swasta besar, kebanyakan cuma kerja umkm itu juga underwage, gak mungkin juga dapat umr, dan jam kerjanya bisa lebih 12 jam kerja sehari.... kalau mau lamar honor pemda kembali lagi harus ada berkeluarga sama minmal pejabat eselon 2/3nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuz1toro dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Mereka memaksa kan diri tetap mau menjadi guru honorer, karena berharap semoga beberapa tahun lagi penghasilannya akan berubah menjadi lebih baik, tapi nyata nya malah dari tahun ke tahun tetap begitu aja, hingga usia nya masuk kategori expired, alhasil ya begini lah ceritanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ananursyifa dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebenernya kasian gan.
Kerjaannya sama bahkan lebih capek drpd yg udah diangkat jd PNS.
Sodara gw di daerah ada yg masih honorer, tp udah dikasih baju seragam guru.
Ibu gw sampe simpulin sendiri, kalau dia udah diangkat pns muda. Dasar emak2 memang kemakan dari apa yg dia lihat. Jadi lah sumber bahan buat banding2in..hahaha.
Tp orgnya ngaku klo dia msh honorer kok. Gaji ga sampe 700rb sebulan, itu jg sudah ternasuk uang saku dari dompet kepsek nya.
Tapi karena orgtuanya berada, dia jalanin aja. Disupport full ama ortu, karena suatu saat nanti jg diangkat tp entah kapan. Sekarang sudah tahun ke-5 , dan orgnya jg sudah berkeluarga dgn penghasilan dia dari honorer udah pasti gak cukup untuk hidup sekeluarga sih.
Sodara gw udah mapan sbg anak org berada, udh dikasih rumah dan mobil..bukan karena dia pegawai honorer ya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DiaryBodoh dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Ngeri juga gaji segitu..
Ngajarnya bisa jadi gak semangat nih
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
yaa rata-rata nih, ber-api-api di awal mau mencerdaskan bangsalah, mengikuti jejak ortulah, memang ingin ngajarlah...namun pada akhirnya gaji2 juga yang diributkan, lalu mogok karena gaji honorer belum dibayarkan, atau terlalu kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
horde31 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo guru di kota besar masih bisa memilih guru honorer swasta,nasional plus ataupun international tp kalo di kota2 yg kecil, pedesaan, ane rasa honorer negeri yang paling banyak. Sekolah swasta paling beberapa aja. Gaji honorer swasta contoh nya ane udah dapat diatas UMR sedikit kok, cuma ane pribadi agak sedih dan miris aja liat teman2 guru sejawat yg honorer, gaji nya terkadang ga nyampe 1juta. Sehat terus bapak ibu guru.
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
abang ane lulus s1 ngajar di tempat les masuk perguruan tinggi, gaji ga sampe 1jt tahun 2009-2010an..
2015 dosen honorer di univ negeri, lebih parah lg dapetnya. tp dia seneng dengan pekerjaannya, ane aja gerah lihat penghasilannya.

suatu saat berkat doa dan usaha, dia diterima sbg asn dosen univ negeri di purwokerto tahun 2018.
intinya apa? nikmati apapun pekerjaanmu, jgn byk ngedumel, bekerja adl ibadah.. emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
banting setir aja jadi ucuber dan totoker.. makan nggak makan yg penting viral
emoticon-Cool
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mindset orang2 kebanyakan kalok bukan pegawai negeri hidupnya g terjamin..
Padahal jadi honorer bisa puluhan tahun baru d angkat... Udah tua banget baru jadi pegawai negeri... Rugi g tuh...?
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mereka mau menjalani itu cuma ngarep bisa diangkat pns di kemudian hari. Biasanya yg macam itu ngga cuma guru, tenaga kesehatan juga hampir sama. Karena di dua tempat itu rekrutmen pns jalur khusus (dr pegawai honor, tetep ada seleksinya) bisa dilakukan.
Mereka2 ini biasanya yg tadinya rajin pas jadi honorer ntar kalau udah pns turun kinerjanya. Seringnya begitu.
profile-picture
profile-picture
rapvy dan millenie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi Guru Honorer karena ingin diangkat menjadi ASN dengan jalur pengabdian. Padahal tidak seperti itu dilapangan, jalurnya ya tetep orang dalam dan uang.
Solusi sih ya jangan hanya ngajar di satu sekolah dan usahakan punya sampingan, kalau memang gajinya kecil.
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ketika gaji Gamer lebih gede dari Guru honorer emoticon-Ngakak
profile-picture
millenie memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 11


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di