KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62832e8f75b3b372fc336b13/tren-paylater--mudahnya-belanja-online-quotnyicilquot-tapi-pahami-resikonya-ya

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !

PAYLATER , Tren Mudahnya Belanja Online Dengan "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
ilustrasi
pic : google.

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !


Jaman memang sudah berubah, majunya teknologi semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat, termasuk salah satunya dalam hal berbelanja, sekarang ini kita sudah tidak perlu lagi harus ke luar rumah untuk ke warung, toko atau pusat perbelanjaan hanya untuk membeli sesuatu, cukup dengan membuka ponsel saja kita sudah bisa memilih barang yang kita cari lalu duduk manis menunggu barang pesanan kita tiba.

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
ilustrasi
pic : google

Bahkan kemudahan dalam berbelanja di era sekarang pun semakin dimanjakan dengan munculnya fitur yang dinamakan 'PAYLATER', yup sesuai namanya Paylater ini menawarkan kepada masyarakat yang ingin berbelanja online sekarang tapi membayarnya nanti dengan cara dicicil, dan tentu hal ini sangat menggiurkan banyak orang karena dinilai memberikan manfaat besar terutama bagi mereka yang memiliki dana terbatas tapi ingin berbelanja, ditambah juga syarat Paylater ini terbilang cukup mudah, hanya dengan foto KTP, foto selfie dan beberapa syarat lainnya, lalu proses pengajuannya pun hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
ilustrasi
pic : google

Tapi, dibalik tawaran yang menggiurkan serta kemudahan prosesnya dari fitur PAYLATER ini, masyarakat juga harus paham dengan resikonya, lalu apa saja resiko dari fitur ini? yuk kita bahas gan....

1. Bunga Cicilan dan Biaya Layanan

Sebelum kita memilih menggunakan sistem atau fitur paylater ini, ada baiknya kita harus memahami jika barang yang akan kita beli tentu akan menjadi lebih mahal dari harga normalnya, ini dikarenakan bunga cicilan yang harus dibayarkan oleh kita setiap bulannya, dan bunga cicilan tersebut akan berbeda tergantung dari masing-masing kebijakan perusahaan Fintech, termasuk juga yang harus dipertimbangkan adalah biaya layanan, biasanya biaya layanan ini sering terlewatkan oleh pengguna jasa Paylater.

2. Menambah Hutang

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
ilustrasi
pic : google

Yap, Paylater memang terlihat memberikan kemudahan, karena kita bisa membeli barang impian dengan cara membayarnya nanti dan dicicil, tapi Paylater adalah hutang, artinya kita memiliki kewajiban untuk membayarnya sesuai kesepakatan, jadi sebelum memutuskan menggunakan Paylater, kita harus mempertimbangkannya dengan matang dan bijaksana, karena prinsip berhutang atau membayar cicilan adalah jumlahnya tidak boleh lebih dari 30% dari pendapatan kita sebulan.

3. Resiko Denda

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
pic : google

Keadaan finansial seseorang adalah hal yang sulit untuk di prediksi, artinya dalam suatu waktu bisa saja terjadi hal-hal yang diluar perkiraan yang membuat situasi finansial kita tidak stabil, tetapi kewajiban kita terhadap pembayaran cicilan Paylater tetap harus dibayarkan dengan tepat waktu, dan jika terlambat maka resiko denda ini bisa menjadi petaka bagi kita, maka pastikan jika kita menggunakan Paylater pembayaran harus sesuai dengan kesepakatan di awal.

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
ilustrasi
pic : google

Yap, itulah sedikit pembahasan ane terhadap resiko jika kita menggunakan fitur Paylater, artinya jangan terlalu menganggap fitur Paylater ini adalah solusi bagi kita yang hidup pas-pasan untuk bisa memiliki barang impian, karena sebelum memutuskan menggunakannya, tentu butuh pertimbangan yang sangat matang dan bijaksana.

Semoga ini bisa memberikan pencerahan ya gans....





Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !

Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
emoticon-rose Ditunggu Komennya Ya Gansis....emoticon-rose
Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !


Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

"Sebuah tulisan santai,karena hidup terlalu melelahkan"
--------------------------------------
Quote:


emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goeltom25338186 dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Temen2 ane udah mulai banyak yang pake Paylater, kalo ane sih belum tertarik dan mudah2an tidak akan pernah tertarik, mendingan sewajarnya aja emoticon-Big Grin


---------------------------



Tren PAYLATER !, Mudahnya Belanja Online "NYICIL", Tapi Pahami Resikonya Ya !
Dibilangin gak denger, sekarang nyesel kan emoticon-Mad (S)













emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fathur394 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fellgrey
Spaylater nih yang katanya lagi digemari...
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Katanya termasuk RIBA, apa benar?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Daripada PAYLATER lebih enak kartu kredit.sebulan sebelum jatuh tempo belum kena bunga.langsung dilunasi
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
Bebas bunga
Diubah oleh meimeiput
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
kemaren temen nyobain daftar Pinjol di salah satu app ecommerce terkenal, dia pinjem 3 juta dgn cicilan 6bln buat pulang kampung, sebelum daftar ada keterangan jumlah cicilan perbulan termasuk bunga dll, tapi ngga ditulis biaya layanan dan jumlah pinjaman yang dikirim sama pihak fintech, karena cuma liat jumlah cicilan perbulan selama 6 bulan, dan kalo ngga salah selama 6 bulan dari pinjaman awalnya 3juta jadi 3,9juta, dan menurut temen ane ngga apa2 yg penting dapet pinjeman, langsung masuk ke pendaftaran, isi formulir, foto ktp dll, pas di klik 'Daftar' ternyata muncul tambahan keterangan yang bikin kaget, yaitu biaya layanan sebesar 400ribuan dan jumlah total pinjaman yg dikirim ke rekening adalah 2,5juta (padahal kan minjemnya 3juta).

Ini apa emang begitu kah sistemnya?
ini di ecommerce raksasa padahal, bukan pinjol ilegal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satyagilang dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
pinjaman 1 thn rata2 kena charge 40% (interest 36% + layanan 4%)
yg bunganya rendah biasanya tinggi biaya layanannya (bs sampai 6%)
yg biaya layanannya rendah biasanya tinggi bunganya (bs sampai 3,6%)

hati2 thd tawaran bunga/biaya layanan rendah dgn ketentuan hrs bayar tepat waktu jk tdk mk dendanya selangit <--- krn most likely you will fail
pinjol/paylater adl bisnis, mrk butuh profit
perilaku kalian itu direkam dan diuji dgn algoritma pinjol/paylater
pinjol/paylater tahu kalian bakal membawa profit atau tidak

jd hati2 saja
jgn konsumstif
jgn gelap mata dgn penawaran ini itu


nb: dlm bisnis pinjam meminjam dan kredit para debitur yg selalu tunduk membayar penalti dan apapun yg ditagihkan kpd mrk tanpa perlawanan itu disebut LOOSER
dan kaum LOOSER ini akan mjd tambang emas bg kreditur kurang ajar
jd kalo mmg ada kecurangan mk lawanlah!


extra:
leasing, tukang kredit dan semacamnya memiliki prinsip: jangan biarkan debitur menjadi mandiri debitur hrs terus merasa perlu hutang

bbrp cara yg ane lihat antara lain:
(a) tdk melayani pembiayaan yg sifatnya investasi misal beli emas, beli saham, beli reksadana dll --> bahkan tukang kredit panci tahu betul trik ini, mrk nggak bakal ngasih kredit emas
(b) pinjem duit bunganya lebih besar drpd pembiayaan barang. mrk tdk bs mengontrol kalo duitnya bakal dibelikan apa, jd guna mengantisipasi pembelian investasi bunganya digedein
(c) cara lain yg pd dasarnya scr sistematis membuat pendapatanmu mjd tdk bernilai shg terpaksa terus meminjam, misalnya: 30 hr tanpa bunga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh titoa.ja
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
iya nih paylater lagi marak, kemaren belanja di matahari ada logo paylater cicilan 0%, ke restoran di mall mall juga paylater menjamur bahkan gerai minuman boba pun ada yang pake paylater.
kalau ane sih ngak tertarik pake paylater apalagi kalau cuma buat beli makanan dan baju, yang ada malah hutang tambah banyak, makin pusing nanti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fathur394 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pakai kredivo cuma buat bayar tagihan rumah aja. kayak listrik, air, internet dan halo. biar gk bayar 1 persatu ribet. dibayar otomatis sama kredivo tiap bulan jdi tinggal sekali bayar aja ke kredivo. lebih efisien. cuma beda beberapa ribu rupiah aja biaya admin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taosipudan dan 2 lainnya memberi reputasi
ane cukup pakai gopaylater aja, buat belanja di toped sama jajan di gofud
Post ini telah dihapus
pengen buat cc sekedar punya aje, buat pajangan di pake mah enggak emoticon-Matabelo
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
saya pake paylater cuma buat bisa pake gratis ongkir nya aja. Jadi dikala barang datang. Langsung lunas pada saat itu juga. Males Top Up soalnya emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Ogah,setelah ane pelajari

Masih lebih transparan CC

emoticon-Ngakak biar syarat nya ribet
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo ane prinsipnya kalo bisa dibayar lunas ya lunasin aja langsung di awal. jujur ane orangnya kepikiran kalo ada utang dan juga resiko sampe kelupaan (kan nyesek kalo kena bunga plus denda padahal sebenernya ane bisa lunasin tepat waktu). mungkin didikan ortu juga sih dari dulu ortu ane ngga suka ngutang.

kalo cicilan 0% nah lain cerita ane suka pake tuh, ane inget ada promo blibli boleh kredit kalo belanja minimal 500rb (dulu max 24 bulan), jadi ane ambil deh belanja beras dll bayarnya tiap bulan 22rb hehehe. sekarang udah ngga ada max dikonversi jadi 3 bulan aja.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Uda daftar tapi blm pernah pake, cuma pengen tau limitnya dapet berapa emoticon-Ngakak
mending buy later..

alias jangan kebawa napsu.. emoticon-Kiss (S)
jangan pake otak kadalnya.. emoticon-EEK!
jangan konsumtif, boros, apalagi sampe hedon kayak makhluk2 medsos yg hidupnya keliatannya selalu enak..

jaman lagi susah bosskuh.. dan mungkin akan tambah susah emoticon-Toast:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
laksanardie dan 7 lainnya memberi reputasi
Sepupu saya paylater ke saya banyak banget, sampai pusing mana dulu yang mau saya usir
kalau ane lebih suka bayar kontan, gak pake cicil atau kredit
kecuali harga beli sampe ratusan jt kayak beli kendaraan atau rumah
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Temen kantor ane ada yg limit paylaternya sampe digestun loh emoticon-Cape d... (S)
Konsumtifnya gila-gilaanemoticon-No Hope
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di