KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6281e1cc54c1ab431b3d0df6/apakah-pertumbuhan-penduduk-harus-dikurangi-atau-malah-harus-digalakkan

Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?

Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?

Di detik artikel ini ditulis, jumlah manusia sudah hampir menyentuh angka delapan milyar. Bayangkan, Delapan milyar manusia memenuhi bumi dan akan terus bertambah, sedangkan Bumi tidak bisa bertambah besar. Lonjakan populasi ini memang manjadi masalah bagi banyak negara sehingga kebijakan-kebijana pun dibuat untuk mengontrol populasi manusia agar tetap dalam kendali.

Kebijakan untuk mengurangi pertumbuhan bisa dibilang tepat jika kita memang ingin menjaga Bumi tidak terlalu padat. Saya juga awalnya berpikir seperti itu, tetapi apa yang Elon Musk katakan memang cukup mengkhawatirkan.

Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?

Elon Musk pernah mengungkap kekhawatirannya akibat menurunnya tingkat pertumbuhan. Kekhawatirannya ini berdasar pada tingkat kesuburan yang benar-benar menurun serta meningkatnya trend-trend seperti childfree, LGBT, sex doll, dan tentunya interaksi antar manusia yang menipis. Elon berpendapat bahwa manusia akan mengalami penyusutan populasi di abad ini dan data-data yang ada mendukung pendapat tersebut, di beberapa negara jumlah bayi yang lahir memang mengalami penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu tingkat kesuburan manusia juga cenderung semakin menurun. Pada tahun 2020 hanya ada 56 kelahiran per seribu wanita usia lima belas hingga empat puluh empat tahun, ini benar-benar catatan yang rendah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Coba gabungkan hal ini menjadi satu. Rata-rata umur menikah yang semakin tinggi, tingkat kesuburan yang menurun, LGBT yang semakin marak, ancaman perang dunia ketiga, wabah hepatisis, serta menurunnya interaksi antar manusia, menurut Anda apakah menggalakkan KB merupakan pilihan yang tepat?

Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?

Jika di masa depan rata-rata satu wanita hanya melahirkan satu anak maka akan lebih baik untuk menggalakkan pertumbuhan populasi saat ini agar ada cukup banyak manusia untuk mengimbangi penurunan kelahiran di masa depan. Meski demikian sumber daya Bumi belum tentu sanggup untuk menannggung lebih banyak manusia. Namun jika jumlah manusia terus dirampingkan, bisa jadi tak akan ada cukup manusia untuk meneruskan keberlangsungan manusia nantinya.

Nah, menurut Anda kita harus apa?

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2

Atau Mending Pake Cara Thanos?

Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?
profile-picture
sinian memberi reputasi
Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?

Apakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?
Kurangi saja
WkwkkwkwApakah Pertumbuhan Penduduk Harus Dikurangi? Atau Malah Harus Digalakkan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Turunkan populasi Gan, itu lebih penting.

Jumlah manusia banyak2 jg ga kepakai, buktinya msh banyak pengangguran di mana2.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Cara mengguranginya gimana? GENOSIDA kah? emoticon-Takut
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pertumbuhan ekonomi yang harus di tingkatkan ygy
Quote:


Meneliti tingkat kesuburan, cuman dilihat angkanya aja ?
Terkait makanan, gaya hidup, obat segala macam, 'nggak turut diperhitungkan ?
Dikehendaki tidaknya kelahiran itu juga tidak diperhatikan ?
Dan angka itu juga cuma merujuk cuma pada tahun 2020 aja ?

emoticon-Ngakak

1 lagi, disebutkan itu rasio 56 per 1000, tapi sekarang jumlah penduduknya sudah 7 milyar, khan ? Bukan cuma 1-2 milyar.
Katakanlah jumlah manusia produktif adalah separuhnya, dan kemudian dibagi 2 (yang hamil khan wanita), kemudian dibagi 1000, itu pertahun sudah dapat berapa ? Kalau tiap tahunnya orangnya beranak terus.
Dimana kemudian jadi pertanyaan tambahan, bila beranak terus setiap tahun, sing bakal ngingoni sopo ? Morotuwo ?
emoticon-Ngakak

profile-picture
jlamp memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
terus penduduk kebanyakan mau lu apain?
amerika bisa ngambil resource sda dari negara lain.
china juga, plus penduduknya jadi living stock buat organ.
indonesia, india, paling cuma bisa rusuh kelaperan.
Mungkin sebaiknya ditingkatkan dulu secepatnya teknologi sumber daya terbarukan dan teknologi pangan baru bisa bicara terkait meningkatkan pertumbuhan penduduk.
ntah gan ane kurang tau, kalo realistis sda tidak cukup untuk menampung ya dikurangi kalo cukup ya ane harap ane jdi orang tajir biar punya anak banyak
sepertinya keputusan segelintir orang untuk childfree cukup membantu,
tp ga kebayang kalo mayoritas orang pada childfree
Klo ane ngeliat dari hal yg kecil, ane sering liat tetangga atau lingkungan yang, maaf, secara ekonomi kurang tapi anaknya banyak lebih dari 3. Klo ane tanya, berharap jika nanti anak besar bisa mendongkrak ekonomi keluarga. Ane tanya, butuh brp lama? Dijawab ya pas gede (15 - 20 tahun lagi). Ini gak logis menurut ane. Klo mereka bisa sabar menunggu 15 - 20 tahub nunggu anaknya besar dan ngebantu, bukannya mereka punya waktu yg sama 15 - 20 tahun buat berubah dan kerja keras memperbaik hidup ??
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jadi apa yang harus saya lakukan ?
emoticon-Matabelo
Kan ada covid macam cerita mission imposibble dan tom hank yg angel n demon...

Tenang aja bentar lagi ada penyakit baru lagi...siap2 aja...bakal di press populasi manusia
Ga mengkhawatirkan kl di indonesia... jalanan msh macet, tanda msh byk manusia emoticon-Big Grin. Cuma emg skrg org2 lbh ssh bereproduksi sih.
Dikala negara2 tertentu ogah beranak... Maka utk mengisi gap kekosongan.. Maka negara lain rajin beranak.

Populasi yg besar adalah kekuatan. Ane mendukung indo perbesar populasi.
Diubah oleh red.mind
jadi bingung......
Kalo ga salah ada teori yang bilang, kalo mahluk hidup ga enak hidupnya maka dia akan berkembang biak, kalo sudah damai dia akan memperpanjang hidupnya. Jadi akan bolak balik gitu terus. Bentar lagi katanya india akan menyusul cina jadi negara paling banyak penduduknya. Nanti kalo udah afrika yang paling banyak dst.
UDAH TAU MISKIN, BIKIN ANAK MULU KERJAAN NYA,

EGOIS SIH MANUSIA JAMAN SEKARANG

(KATA KATA KHUSUS BUAT KAUM MISKIN YE)

1 ANAK CUKUP LAAAAAAAAAAH emoticon-Marah
seleksi alam dimulai gan emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di