KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6281a54fe9972b34a111188e/mengejar-malaysia-airlines-mh370-seninmisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri


Pada tanggal 8 Maret 2014, pesawat maskapai penerbangan Malaysia Airlines MH370, dinyatakan hilang ketika melakukan perjalanan dari bandara internasional Kuala Lumpur, Malaysia, menuju ke bandara internasional Beijing, China.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Pesawat berjenis Boeing 777-200ER itu membawa 227 orang penumpang, 10 orang awak pesawat, dan 2 orang pilot, yang kesemuanya dinyatakan dead in absentia.

Mereka terdiri dari :

- 6 orang warga negara Australia,
- 2 orang warga begara Kanada,
- 153 orang warga negara China,
- 4 orang warga negara Prancis,
- 5 orang warga negara India,
- 7 orang warga negara Indonesia,
- 2 orang warga negara Iran,
- 50 orang warga negara Malaysia,
- 1 orang warga negara Belanda,
- 2 orang warga negara New Zealand,
- 1 orang warga negara Rusia,
- 1 orang warga negara Taiwan,
- 2 orang warga negara Ukraina, dan
- 3 orang warga negara Amerika.

Selain itu, pesawat tersebut juga membawa muatan seberat 14.296 kg, dan bahan bakar jet seberat 49.100 kg. Beban berat bahan bakar tersebut juga sudah termasuk bahan bakar untuk cadangan yang cukup dipakai untuk mengalihkan penerbangan ke bandara alternatif lain.

Dan durasi penerbangan yang dilakukan diperkirakan berlangsung selama 5 jam 34 menit, yang dijadwalkan berangkat jam 00.35 waktu setempat, dan tiba di tempat tujuan jam 06.30 waktu setempat.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Pada jam 00.42 waktu setempat, MH370 melakukan lepas landas melalui jalur 32R dan diperintahkan oleh Air Traffic Control (ATC) untuk menempuh level 180 yang tingginya diperkirakan sekitar 18.000 kaki.

Analisa suara yang sempat dilakukan saat investigasi memastikan bahwa saat pesawat masih berada di landasan, co-pilot melakukan komunikasi dengan ATC. Dan setelah pesawat lepas landas, komunikasi dilakukan antara pilot dengan ATC.

Sesaat setelahnya, komunikasi MH370 dilakukan dengan Lumpur Radar yang kemudian memerintahkan MH370 untuk menempuh level 350 yang tingginya diperkirakan sekitar 35.000 kaki. Hal tersebut dilakukan pada jam 00.46. Lima belas menit kemudian yaitu pada jam 01.01, awak pesawat melaporkan pada Lumpur Radar bahwa mereka sudah menempuh level 350. Dan pada jam 01.08, mereka kembali melaporkan hal yang sama.

Dengan menggunakan protokol Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS), laporan posisi dan transmisi terakhir sempat diterima pada jam 01.06. Dan diantara data yang diterima, juga didapat informasi bahwa bahan bakar yang tersisa sekitar seberat 43.800 kg.

Kapten Shah sempat melakukan komunikasi verbal terakhir dengan Lumpur Radar pada jam 01.19 sebelum pada akhirnya komunikasi tersebut dipindahkan pada Ho Chi Minh ACC.

Quote:


Ketika MH370 melewati wilayah udara Vietnam, kedua pilot diharapkan untuk menghubungi ATC di kota HoChi Minh. Bahkan pilot pesawat lain sempat ikut berusaha menghubungi pilot MH370 dengan menggunakan International Distress Frequency untuk menyampaikan pesan dari ATC Vietnam, meminta MH370 untuk segera menghubungi mereka. Pilot pesawat lain tersebut mengaku sempat membangun komunikasi dengan pilot MH370, namun yang dia dengar hanya gumaman.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Pada jam 01.20.31, MH370 masih sempat terlihat oleh radar di Kuala Lumpur ACC ketika melewati titik navigasi IGARI di Teluk Thailand, namun lima detik kemudian simbol Mode-S menghilang dari layar radar. Kemudian pada jam 01.21.13, MH370 menghilang dari layar radar ACC Kuala Lumpur. Dan diwaktu yang bersamaan juga menghilang dari layar radar ACC Ho Chi Minh.

Dari data transponder terakhir mengindikasikan bahwa MH370 terbang pada level 350 seperti yang diperintahkan dan dengan kecepatan 471 knots. Saat itu dinyatakan hanya ada beberapa awan dan tidak ada hujan ataupun petir yang muncul. Dan menurut analisa yang dilakukan, MH370 diperkirakan masih mempunyai sisa bahan bakar seberat 41.500 kg sebelum pada akhirnya menghilang dari radar kedua.

Saat itu ketika transponder berhenti berfungsi, radar militer sempat menunjukkan bahwa MH370 berbelok ke kanan kemudian mulai berbelok ke kiri ke arah barat daya. Sejak jam 01.30.35 hingga jam 01.35, radar militer menunjukkan MH370 terbang pada ketinggian 35.700 kaki dan dengan kecepatan 496 knots.

Kemudian MH370 terlihat melewati Malaysia Peninsula dengan ketinggian fluktuatif antara 31.000-33.000 kaki. Bahkan sebuah radar sipil utama di bandara Sultan Ismail Petra, menemukan empat kali deteksi dari pesawat yang tidak diketahui antara jam 01.30.37 hingga jam 01.52.35. Jejak dari pesawat yang tidak diketahui tersebut sama persis dengan data yang dimiliki oleh militer.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Pada jam 01.52, MH370 diketahui melewati sebelah selatan pulau Penang. Dari sana, MH370 kemudian menyebrangi Selat Malaka, melewati VAMPI dan Pulau Perak pada jam 02.03, setelah terbang di sepanjang rute udara N571 menuju titik MEKAR, NILAM, dan kemungkinan IGOGU.

Lokasi terakhir yang diketahui dari dan dekat batas radar militer Malaysia pada jam 02.20 adalah, 439 km dari Penang dan 458 km dari barat laut bandara Penang, dengan ketinggian 29.500 kaki.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

The Kuala Lumpur Aeronautical Rescue Coordination Centre (ARCC) secara resmi diaktifkan pada jam 05.30, empat jam setelah MH370 dinyatakan hilang. Dan upaya pencarian dimulai dari Teluk Thailand dan Laut China Selatan. Dihari kedua pencarian, pihak Malaysia mengatakan bahwa rekaman radar mengindikasikan bahwa MH370 sempat berbalik arah. Oleh karena itu, lokasi pencarian diperluas hingga ke bagian Selat Malaka.

Kemudian pada tanggal 12 Maret, Royal Malaysian Air Force mengumumkan bahwa pesawat yang tidak diketahui yang diduga merupakan MH370, telah melakukan perjalanan melintasi Malaysia Peninsula dan terakhir terlihat oleh radar Malaysia 370 km dari barat laut Pulau Penang. Dengan begitu upaya pencarian ditingkatkan hingga ke Laut Andaman dan Pantai Bengal.

Rekaman sinyal yang dikirim oleh MH370 dan satelit komunikasi mengungkapkan bahwa MH370 masih melanjutkan penerbangan selama 6 jam kemudian setelah terlihat terakhir kali pada radar milik militer Malaysia. Analisa awal dari komunikasi ini menentukan bahwa MH370 terbang di sepanjang salah satu dari dua lengkungan, dimana sinyal terakhir dikirim.

Kemudian pada tanggal 15 Maret pihak berwajib mengumumkan akan meninggalkan upaya pencarian yang dilakukan di Laut China Selatan, Teluk Thailand, dan Selat Malaka. Mereka akan meneruskan pencarian didua koridor. Lengkungan sebelah utara, yaitu dari sebelah utara Thailand menuju Kazakhstan.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Dua hari kemudian yaitu tanggal 17 Maret, Australia setuju untuk memimpin upaya pencarian yang dilakukan dari lokasi sebelah selatan Sumatera hingga ke Laut Hindia Selatan. Pencarian awal yang dilakukan dari tanggal 18 hingga 27 Maret tersebut difokuskan pada lokasi yang terletak 2.600 km sebelah barat daya kota Perth, yang luasnya sekitar 305.000 km persegi.

Penggambaran satelit dari daerah tersebut sempat dianalisa, beberapa objek dan kemungkinan dua potongan puing sempat tertangkap selama upaya pencarian yang dilakukan dari tanggal 16 hingga 26 Maret. Namun tidak ada satupun dari objek atau kemungkinan puing tersebut ditemukan oleh pesawat atau kapal pencari.

Berdasarkan jejak terakhir MH370 yang sempat tertangkap radar dan berdasarkan informasi terakhir perihal bahan bakar yang tersisa, pada tanggal 28 Maret pencarian kemuduan dilakukan di 1.100 km timur laut dari lokasi sebelumnya.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Antara tanggal 2-17 April, pencarian dilakukan untuk mendeteksi underwater locator beacons atau ULB yang terhubung pada rekaman penerbangan MH370, dimana baterainya diperkirakan akan kadaluarsa pada tanggal 7 April. ADV Ocean Shield milik Australia yang dilengkapi dengan towed pinger locator, Haixun 01 milik China yang dilengkapi dengan handheld hydrophone, dan HMS Echo milik Malaysia yang dilengkapi dengan hull-mounted hydrophone, ketiganya melakukan pencarian tersebut.

Pencarian sonar kemudian dilakukan di dasar laut di dekat lokasi pendeteksian pada tanggal 14 April hingga 28 Mei, tanpa ada sedikitpun tanda-tanda keberadaan MH370. Dalam laporan yang dipublikasikan pada bulan Maret 2015, terungkap bahwa baterai ULB yang terhubung pada rekaman penerbangan MH370, sudah mengalami masa kadaluarsa sejak 2012 dan tidak dapat digunakan.

Akhir Juni 2014, detail dari fase upaya pencarian selanjutnya diumumkan. Pihak resmi menyebutnya sebagai underwater search, kendati sebelumnya telah dilakukan survey sonar di dasar laut. Area pencarian diproritaskan menjangkau ke daerah selatan dan fase upaya pencarian ini dimulai tanggal 6 Oktober.

Pemerintah Malaysia, China, dan Australia setuju untuk melakukan pencarian di dasar laut seluas 120.000 km persegi secara penuh. Dan mereka menggunakan tiga buah kapal yang dilengkapi dengan towed deep-water vehicles, yang menggunakan side-scan sonar, multi beam echo sounders, dan kamera video untuk penglokasian dan mengidentifikasi puing-puing MH370.

Kapal keempat yang dilengkapi dengan autonomous underwater vehicle, juga ikut serta melakukan upaya pencarian sejak bulan Januari hingga Maret 2015. Kapal keempat ini diturunkan untuk melakukan pencarian di daerah yang tidak dapat dijangkau secara efektif oleh alat yang dimiliki ketiga kapal sebelumnya.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Pada tanggal 17 Januari 2017, pemerintah Malaysia bersama dengan pemerintah China dan Australia, ketiganya sepakat mengumumkan untuk menghentikan pencarian terhadap MH370. Namun tepat sembilan bulan kemudian, pemerintah Malaysia menerima pengajuan dari tiga perusahaan kapal pencari. Fugro yang merupakan perusahaan milik Belanda, Ocean Infinity yang merupakan perusahaan milik Amerika, dan perusahaan ketiga yang tidak diketahui identitasnya, untuk melanjutkan upaya pencarian terhadap MH370.

Kemudian, puing-puing yang diduga merupakan bagian dari 9M-MRO yang telah ditemukan, dikumpulkan. Diantaranya bagian flaperon sebelah kanan yang ditemukan pada akhir Juli 2015 di pantai Saint-André, Réunion, sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Laut Hindia.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Pada akhir Februari 2016, sebuah objek dengan tulisan "NO STEP" ditemukan di pantai Mozambique. Penemunya adalah seorang pemburu rongsokan yang bernama David Blaine Gibson, dia juga mengaku sudah menemukan lebih dari 20 keping potongan pesawat MH370. Hal ini membuatnya percaya bahwa MH370 pada akhirnya akan ditemukan.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Gibson juga mengatakan bahwa hasil penemuannya di Madagaskar membuktikan bahwa selama ini pihak berwajib sudah mencari ditempat yang salah. Dan fakta bahwa tidak ada puing-puing yang ditemukan di Australia dan Tasmania membuktikan bahwa lokasi kecelakaan berada di 36° sebelah utara dari sebelah selatan utara dimana mereka sebelumnya melakukan pencarian.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Selain itu sejumlah puing yang ditemukan selama Gibson melakukan pencarian, menyangkal salah satu teori yang menyebutkan bahwa pilot secara sengaja melakukan bunuh diri. Kemudian melenyapkan pesawat yang dia kendalikan dengan menenggelamkannya secara utuh, dan menciptakan misteri yang besar.

Menurut Gibson, teori tersebut dengan mudah bisa disangkal. Buktinya, kabin utama tidak secara utuh berada didalam air, tapi hancur karena dampak yang disebabkan oleh sesuatu. Selain itu sayapnya cenderung ditarik kembali, tidak dibentangkan. Dan hal ini sudah diperiksa oleh pihak Boeing dan pihak ATSB, dan mereka menyimpulkan bahwa saat itu mereka berada diposisi setengah terbang dengan sayap ditarik, bukan berada diposisi mendarat. Jadi meluncur dengan sengaja dikendalikan atau tenggelam secara utuh sama sekali adalah hal yang benar-benar tidak terjadi.

Pada bulan Desember 2015, Liam Lotter mengatakan tentang penemuannya yang berupa puing berwarna abu setelah dia melihat berita tentang penemuan yang didapat oleh Blaine Gibson. Dugaan puing-puing MH370 juga ditemukan dipulau Réunion pada tanggal 7 Maret 2016.

Kemudian pada tanggal 21 Maret 2016, seorang arkeologis Afrika Selatan yang bernama Neels Krueger menemukan puing berwarna abu di dekat pantai Mossel, Afrika Selatan. Pada puing tersebut terdapat logo Rolls Royce yang merupakan produsen mesin MH370.

Puing lainnya yang diduga merupakan bagian interior pesawat juga ditemukan di pantai Rodriguez, Mauritius, sekitar akhir Maret, dan kemudian diperiksa oleh pihak berwajib. Dan pada tanggal 11 Mei 2016, mereka memastikan bahwa puing tersebut berasal dari MH370.

Pada tanggal 9 Juni 2016, harian The Sydney Morning Herald melaporkan bahwa seorang pria telah menemukan puing pesawat yang lokasinya berada dipulau Kangguru, sebelah selatan Australia. Kementrian Transportasi Australia juga melaporkan penemuan puing pesawat dipulau Pemba, di luar pantai Tasmania. Dan pada tanggal 20 Juli, pemerintah Australia merilis sebuah foto yang merupakan puing yang berasal dari bagian sayap pesawat MH370.


bersambung ke post #2..

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Sekian, dan terimakasih.

*
*
*
*
*

sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5, sumber 6, sumber 7, sumber 8, sumber 9

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nantasukma771 dan 7 lainnya memberi reputasi
Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Hilangnya MH370 yang secara tiba-tiba tentu saja membuat masyarakat dunia bertanya-tanya, apa yang sebenarnya terjadi pada MH370. Berbagai teori dan spekulasi pun bermunculan, mulai dari teori yang memang benar-benar masuk akal, hingga teori yang dianggap gila.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Sejak tahun 1976, diperkirakan sudah terjadi 9 kasus kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh pilot yang memang secara sengaja melakukan bunuh diri. Jadi teori ini bisa juga terjadi pada MH370.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Kapten Simon Hardy sempat melakukan analisa terhadap MH370, dia mengatakan bahwa pilot yang berpengalaman mengendalikan pesawat Boeing 777 selama kurang lebih 17 tahun, pastinya mengetahui dengan persis rute penerbangan di Asia.

Hardy yakin bahwa tidak ada seorang pun yang ingin berpikir bahwa faktanya, pilot Zaharie Ahmad Shah dengan sengaja menyembunyikan MH370 dari jangkauan radar dan menerbangkannya ribuan mil keluar dari rute yang seharusnya, sebelum pada akhirnya pesawat tersebut jatuh dilautan.

Hardy juga mengatakan bahwa petunjuknya terdapat pada rute yang diambil pesawat itu sendiri setelah menghilang dari pantauan Air Traffic Control (ATC). Pesawat tersebut berbalik sendiri dan terbang di sepanjang perbatasan Malaysia dan Thailand. Kemudian terbang keluar masuk kedua negara tersebut sebanyak 8 kali. Jadi hal ini bukan merupakan sebuah kebetulan, tapi memang penerbangan yang terbilang akurat.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Selain itu, ATC yang terdapat di kedua negara tersebut mungkin sama-sama berpikir bahwa MH370 sedang berada di luar wilayah yuridiksi mereka. Oleh karena itu mereka tidak memperhatikan hal tersebut.

Namun teori bunuh diri ini dibantah oleh Sylvia Spruck Wigley yang merupakan seorang Aviation Writer. Menurutnya, yang terjadi pada MH370 bukan merupakan upaya bunuh diri seperti yang ramai diberitakan dan menjadi kontroversi.

Jika MH370 memang secara sengaja melakukan bunuh diri, seharusnya hal tersebut dilakukan secara cepat. Caranya cukup dengan mengarahkan pesawat ke tanah dan kemudian menabrakkannya. Bukan seperti yang dilakukan MH370 yang masih melakukan penerbangan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Norman Davies, yang merupakan seorang sejarawan Eropa dan penulis, mengklaim bahwa MH370 mengalami pembajakan dari jarak jauh. Davies juga mengatakan bahwa sistem The Boeing Honeywell Un-interruptible Autopilot (TBHUA), sebuah sistem yang membolehkan pesawat dikontrol dari jarak jauh agar pihak berwajib dengan mudah menghadang peristiwa pembajakan, bisa jadi diambil alih oleh pembajak.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Secara kebetulan menurut Davies, MH370 memang jenis pesawat yang cocok untuk dipasangi sistem TBHUA tersebut. Dengan kata lain, kemungkinan MH370 mengalami pembajakan yang dilakukan dari jarak jauh.

Selain itu Davies juga mengatakan bahwa dalam barang-barang muatan yang diangkut MH370 tersebut, kemungkinan salah satunya merupakan materi yang sensitif. Hal tersebut bisa saja membuat pembajak enggan pergi menuju China.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Dan hal terakhir yang diungkapkan Davies adalah, kemungkinan MH370 meluncur selama beberapa jam dan mendarat di Antartika. Yang pada akhirnya membuat MH370 tersebut terkubur oleh es.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Sebuah fakta menyebutkan bahwa MH370 membawa muatan barang berupa baterai Lithium. The Lithium Battery Guidance Document yang dikeluarkan oleh International Air Transport Association, mengidentifikasi bahwa jenis baterai tersebut merupakan jenis baterai yang sama seperti digunakan oleh konsumen barang elektronik.

Hal ini memunculkan teori bahwa MH370 mengalami kebakaran dibagian penyimpanan muatan yang disebabkan oleh ledakan dari muatan baterai Lithium tersebut. Dan membuat pilot terpaksa mengalihkan haluan ke arah barat mencari bandara terdekat untuk mendarat.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Namun teori ini dengan cepat dibantah oleh para ahli keamanan penerbangan dan mengatakan bahwa Boeing 777 memiliki sistem penekanan dibagian tempat penyimpanan muatan barang yang akan aktif secara otomatis jika dibagian tersebut muncul kobaran api secara tiba-tiba.

Sedangkan para ahli lain berpendapat bahwa, kalopun kobaran api masih bisa dipadamkan, namun baterai Lithium tersebut bisa mengalami kebocoran dan mengeluarkan gas uap mematikan yang mampu melumpuhkan semua penumpang pesawat.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Sebuah koran Rusia yang bernama Moskovsky Komsomolets, mengklaim mendapatkan informasi dari FSB yang merupakan sebuah Agensi Intelijen Rusia, bahwa MH370 dibajak oleh sekelompok teroris yang tidak diketahui identitasnya.

Dan salah satu teroris yang diduga bernama "Hitch", memberikan instruksi kepada pilot untuk menerbangkan MH370 menuju Afganistan. Sebuah lokasi yang tidak jauh dari Kandahar dan dekat dengan perbatasan Pakistan. Dimana kemudian awak pesawat dan para penumpang dijadikan sandera.

Selain itu mereka juga mengklaim bahwa para penumpang dibagi menjadi tujuh grup dan tinggal di gubug yang terbuat dari tanah liat serta tanpa makanan. Dua puluh orang penumpang Asia yang dianggap memiliki keahlian khusus juga dikabarkan disusupkan ke sebuah bunker di Pakistan.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Dan menurut Agensi Intelijen Rusia tersebut, para teroris itu kemungkinan bermaksud untuk melakukan penawaran terhadap pemerintah Amerika ataupun China. Namun perihal penawaran tersebut sampai saat ini tidak dikonfirmasi oleh pihak berwajib Amerika ataupun China.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Salah satu teori yang paling banyak dibicarakan salah satunya adalah bahwa MH370 ditangkap oleh militer Amerika dan dipaksa terbang menuju salah satu basis mereka disebuah atol yang dinamakan Diego Garcia, yang lokasinya berada di The British Indian Ocean Territory (BIOT). Atau MH370 memang mendarat secara langsung di basis militer tersebut. Secara lokasi Diego Garcia tersebut secara geografis memang cukup relevan dengan lokasi dimana MH370 dinyatakan hilang.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Namun seseorang yang bernama Jeff Wise yang sudah beberapa kali mendatangi Diego Garcia sejak awal tahun 1990an, mengungkap beberapa alasan mengapa Diego Garcia sangat mustahil untuk dijadikan sebagai tempat mendarat pesawat sebesar MH370.

Misalnya bahwa, Diego Garcia tidak ada hanggar yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersembunyi untuk pesawat sebesar MH370. Walaupun disana terdapat hanggar portabel yang bisa dipakai untuk menutupi pesawat B-2, tapi tetap tidak bisa dipakai untuk menutupi MH370.

Selain itu, jumlah populasi disana hanya sekitar 2-3 ribu penduduk saja. Jadi mustahil rasanya jika penumpang MH370 mendarat tanpa bisa diketahui. Belum lagi persoalan Bea Cukai dan Imigrasi yang ditanggapi secara sangat serius. Dan berdasarkan pengalaman Wise, dia mengaku bahwa inspeksi Bea Cukai di Diego Garcia merupakan yang paling ketat menurutnya.

Wise juga menambahkan, adalah hal yang sangat tidak mungkin jika sesuatu hal yang sangat besar mampu menyelinap tanpa adanya koordinasi dari pihak BIOT itu sendiri. Kalopun sebuah kelompok teroris mampu menyelinap kesana, Wise yakin ada semacam persetujuan diplomatik yang dilakukan sebelum kelompok teroris berani menginjakkan kaki dipulau tersebut.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

Upaya pencarian MH370 yang dilakukan sejak pesawat tersebut dinyatakan hilang, hingga setidaknya sampai akhir bulan Juni 2017, telah menelan biaya sekitar USD 155 juta. Pemerintah Australia menyumbang sekitar 32%, pemerintah China menyumbang sekitar 10, sedangkan pemerintah Malaysia sendiri menyumbang sekitar 58%.

Sebanyak 33 puing pesawat yang diduga milik MH370 sudah ditemukan, bahkan belakangan beredar berita bahwa seorang insinyur mekanik yang bernama Peter McMahon, mengklaim bahwa dia sudah menemukan MH370 secara utuh melalui Google Earth. Selain itu dia juga mengklaim bahwa badan pesawat dipenuhi dengan lubang peluru.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

McMahon juga mengatakan, reruntuhan tersebut ditemukan di 16 km sebelah selatan pulau Round, atau sekitar 22 km sebelah utara Mauritius, daerah di lautan yang sama sekali belum pernah dilakukan upaya pencarian sebelumnya.

Seiring munculnya berbagai teori, pemerintah Malaysia masih optimis untuk terus melakukan upaya pencarian. Bahkan mereka menawari Ocean Infinity imbalan sejumlah USD 70 juta jika Ocean Infinity mampu menemukan black box maupun MH370 itu sendiri dalam jangka waktu 3 bulan. Dan perjanjian "no cure, no fee" yang dilakukan antara pemerintah Malaysia dengan pihak Ocean Infinity pun sudah ditandatangani.

Jika misi upaya pencarian berhasil dilakukan, maka pembayaran akan dilakukan berdasarkan ukuran dari area pencarian. Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai menjelaskan, pemerintah akan membayar USD 20 juta jika Ocean Infinity sukses melakukan pencarian di area seluas 5.000 km persegi. USD 30 juta jika sukses melakukan pencarian di area seluas 15.000 km persegi. USD 50 juta jika sukses melakukan pencarian di area seluas 25.000 km persegi. Dan USD 70 juta jika sukses menemukan black box atau MH370 itu sendiri.

Kepala Eksekutif Ocean Infinity, Oliver Plunkett sempat mengatakan bahwa, tidak ada jaminan dalam pencarian ini. Meskipun tidak pasti, namun pencarian ini akan menjadi kesempatan terbaik untuk menemukan reruntuhan MH370.

Mengejar Malaysia Airlines MH370 #SeninMisteri

profile-picture
profile-picture
indrag057 dan servesiwi memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
topo555 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Tragisemoticon-Turut Berduka
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lanjut yg malaysian airlines yg dtembak d ukraina tahun berikutny,,,menurutku berhubungan
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Terlalu over power kalau dibajak otomatis oleh intelijen apalagi teroris sampai mendarat dan disandera, pasti melewati banyak negara dan itu sudah kena radar-radar militer negara-negara yg dilewati.

Terlalu mencurigakan kalau pilot bunuh diri, kelamaan bunuh dirinya sampai berputar-putar dulu pesawatnya keluar dari lintasan terbang yg ditentukan.

Kesimpulannya yg logis ya itu cuma jatuh ke laut. Meledak jadi puing kecil, makanya tidak ditemukan bangkainya.

Tapi yg membuat bingung kenapa dia bisa belok arah panjang bener dari lintasan yg ditentukan?

emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sampe sekarang juga belum ketemu, tim SAR akhirnya nyerahemoticon-Mewek
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo ga misteri tentang pembunuhan atau perkosaan,serius deh jiwa nya perlu diperiksa
Diubah oleh reza220
Semoga korbannya masih selamat ya gan....
Diubah oleh provocator3301
salah satu kasus paling misterius, entah dimana selarang keberadaannya, masih mengundang tanda tanya
Setiap kecelakaan pesawat hasil rekaman black box yg sebenarnya tidak pernah diungkap ke dunia!!
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
1. Bundir? kenapa harus repot kucing2an sama radar beberapa negara
2. TBHUA secanggih itu? kenapa ground crew tidak bisa take over keadaan kalau memang iya
3. Teori Cocoklogi emoticon-Big Grin
4. Menarik, tapi masih perlu digali
5. Mirip no 4, dan ane belum tahu response pemerintah US terhadap tunjuk hidung ini, semua bisa terjadi emoticon-Takut
Gw selalu excited soal berita2 MH-370
semoga cepat ketemu..
Nice Thread Sista'..
Diubah oleh Agie
Menarik untuk ditelusuri lebih lanjut
emoticon-Cool
Masih menyisakan sebuah misteri......
menarik banget ya kasus kasus kaya gini
salah satu misteri besar yang tidak akan terpecahkan kayaknya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di