KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627f5fe6e6b5292352608e4e/mengenang-bioskop-zaman-dulu-yang-sangat-jauh-berbeda-dengan-sekarang

Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang

Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang

Bagi agan sista sekalian mungkin pernah atau bahkan sering ke bioskop dan tentunya bioskop jaman sekarang sudah canggih, nyaman dan dengan berbagai fasilitas yang ada. Mulai dari kursi yang empuk, kualitas audio sampai dengan layar yang besar dan sangat jernih. Ya, itu adalah bioskop jaringan besar seperti Cinema 21, CGV, Cinepolis, atau pun yang lebih kecil seperti New Star Cineplex. Bioskop modern memang semakin canggih saja dengan berbagai pilihan fasilitas seperti tempat duduk yang mewah dan juga layar dan audio yang lebih canggih. Tapi, perkembangan bioskop tidak langsung canggih seperti sekarang.

Quote:


Bioskop tradisional dalam hal ini adalah bioskop yang ada di sekitar tahun 1970an sampai 90an. Sedangkan di era 2000an menjadi transisi menuju bioskop modern . Nah, apa saja yang ada di bioskop jaman dulu?

Fasilitas yang Seadanya
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang

Bioskop jaman dulu biasanya kursinya menggunakan bahan plastik, besi, ataupun kayu seperti kursi sekolah. Tidak seperti sekarang di mana kursi bioskop begitu nyaman diduduki dan bahkan bisa membuat kita tertidur dengan adanya AC. Sedangkan bioskop jaman dulu pendinginnya adalah kipas angin. Bioskop modern jaman sekarang tempatnya dibersihkan oleh petugas setiap selesai pemutaran film dan diberi pengharum ruangan. Sedangkan bioskop jaman dulu, ruagan yang kotor, bau, dan ada tikusnya merupakan hal yang cukup lumrah.

Gambar dan Suara
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang

Ya, bioskop modern menggunakan teknologi mutakhir dan bikin nyaman saat menonton film karena kualitas suaranya yang minimal sudah all arround you alias Dolby dan juga Dolby Atmos. Belum lagi ada bioskop IMAX 2D dan 3D dengan layar raksasa yang memanjakan para penonton.

Bioskop jaman dulu gambarnya seadanya dengan proyektor analog yang terkadang para penonton bisa melihat kotoran di layar. Kualitas suaranya juga jangan ditanya, asal besar tapi bisa membuat telinga budeg kalau volumenya terlalu tinggi.

Pergantian Roll Film
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang
Pemutaran film di jaman digital ini sudah menggunakan Digital Cinema Package (DCP) yang memiliki kapasitas sampai 2TB sehingga bisa menampung satu judul film dengan kualitas gambar yang sangat tinggi. Sehingga tak perlu adanya pergantian roll yang buang-buang waktu.

Sedangkan bioskop jaman dulu, masih menggunakan roll film yang harganya cukup mahal dan ribet. Satu judul film bisa memakan satu sampai tiga roll film, tergantung lama durasi film tersebut. Saat pergantian roll di tengah-tengah pemutaran, biasanya ada jam istirahat agar penonton bisa pergi ke toilet atau pun jajan. Ini juga dimanfaatkan oleh para pedagang asongan untuk menawarkan jajanannya ke penonton.

Tiket Film
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang
Di jaman sekarang, pemesanan tiket bioskop sudah bisa online melalui smartphone dan tak perlu antri, hanya tinggal cepet-cepetan saja. Harga tiket bioskop sekarang memang agak lebih mahal tergantung lokasi bioskop namun harga tersebut masih terbilang terjangkau dibandingkan dengan fasilitas yang didapat.

Bioskop jaman dulu beli tiketnya ya langsung di tempat di sebuah loket yang kalau di luar negeri disebut box office. Namun, harga tiket bioskop jaman dulu untuk film-film lokal cenderung sangat murah.

Film yang Ditayangkan
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang

Bioskop jaman sekarang film yang ditayangkan adalah biasanya film Hollywood dan film Indonesia yang terbaru. Film luar negeri yang ditayangkan juga tanggal penayangannya selalu aktual dan bahkan kerap lebih awal tayang di Indonesia daripada di Amerika Serikat, ini adalah untuk mencegah pembajakan. Dengan demikian, para pecinta film di Indonesia dimanjakan dengan film-film terbaru.

Kalau bioskop jaman dulu, film yang diputar juga bermacam-macam dari film barat, Indonesia, sampai India. Namun perlu waktu yang cukup lama agar film baru dari luar negeri bisa diputar di Indonesia. Menariknya, di era akhir 1980an banyak film esek-esek dan erotis yang ditayangkan di bioskop tanpa adanya pengawasan dan sensor yang ketat. Banyak anak di bawah umur yang bisa menonton film-film tersebut.

Nah, gan gimana ada yang mau nambahin? emoticon-Ngakak (S)

Referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daffy17 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cintadine
Halaman 1 dari 2
Beda abad 20 dan 21Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang
profile-picture
profile-picture
gepyan dan provocator3301 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ane dulu nontonnya layar tancap .. nonton pilm sambil di gigitin nyamuk atau ngga semut Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Kenangan manis yak... emoticon-Ngakak (S)

Ane pernah nonton pilem Saur Sepuh di layar tancep...
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang
Mengenang Bioskop Zaman Dulu yang Sangat Jauh Berbeda dengan Sekarang
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Mantab sekali
Tiket? Apa artinya tiket kl ada orang dalam πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† kbetulan rmh deket bioskop jd yg jaga biasanya tetangga. Jd kl mau nonton stelah smua penonton resmi msk baru sy bole masuk dan duduk di tempat kosong. Kursinya ga kyk jmn skrg dulu keras πŸ˜† tp bahagianua dl pas nonton warkop dki dan film jackie chan
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Quote:


Quote:


misbar pens ...

_________emoticon-Ngacir
profile-picture
doubleself88 memberi reputasi
Diubah oleh 37sanchi
Beda banget, dulu waktu tahun 1990, masih bisa masuk tanpa karcis😁
Harga tiket bioskop paling murah yang pernah ane beli kayaknya Rp 2.750,- waktu film Titanic tahun 1997 gan.emoticon-Malu emoticon-Malu

Itu bioskop di daerah ane ya, bukan jaringan 21 atau XXI.
profile-picture
sadako88 memberi reputasi
waduhh ...sya milih ga mengenang si bre ...
serem ...emoticon-Takut
gada toilet ... emoticon-EEK!
Sebelum subentra grup masuk emoticon-Smilie
bioskop jaman dulu model gedungnya, panjang. terbagi beberapa kelas. Tuh bioskop kalo buat nikahan, bisa nampung 3 kimpoian sekaligus deh emoticon-Ngakak (S)

Bioskop di tempat ane, kelas 1 kursinya empuk ada busanya. kepas 2 kursinya kayu dg sandaran tangan. Kelas 3 kursinya bangku panjang, posisinya paling depan deket layar. jadi nontonnya kepala agak dongak di kelas 3.
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
Nemu aja gambarnya bioskop jadulemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Terakhir ntn di Djakarta Theater (sebelum lapaknya diambil alih ama XXI), cukup bersih dan ok kualitas bioskopnya. Layarnya besar sampai dibuat 2 lantai untuk 1 layar (hanya ada 1 studio)..
terakhir nonton di bioskop lawas 20 thn silam, tiket 5 rb perak

emoticon-Leh Uga
jaman dulu ane nonton digratisin sama rk jarum melulu πŸ˜‚

dan iklannya sebelum maen sering banget si diana peng than .... ya olo .... πŸ˜‚
emoticon-Sundul ga ada sensor2
nais trit gan emoticon-Toast

dikota ane banyak bioskop peninggalan belanda dan salah-satu bioskop pertama di Indonesia ada di kota ane, pernah ada tragedi mematikan disana
Diubah oleh RifanX
Dulu sebelum jaringan 21 berubah ke XXI
Ane sempet icip beberapa gedung bioskop yg biasa jadi sarang tikus
Taon 90-an awal, nonton Casper cuma 1500 perak di gedung begituan

Yg paling ngangenin sih jelas 21 sebelum dicaplok XXI
Design merah & hitam serta neon remang2 interior lobbynya ga pernah terlupakan

Nonton Betmen Kilmer, Titanic, pelem Jeki Cen, Jet Li etc
Awal2 masa dimana hobby nonton mulai jadi kebiasaan yg dilakukan tiap minggu hingga kini emoticon-Big Grin

Sweet memories taon 90an
Pokok nya bersahabat dgn tikus gan 😁
Ane ngerasa bruntung nonton bioskop mulai awal 90an, seingat ane jaman sd diajak bokap nonton Lion King, Batman Return, pilem2 jet li..
Pertengahan 90an uda smp nonton sendiri, Dantes Peak, Volcano, Armageddon, Deep Rising, tiket 1000an kalo ga salah, sayang awal taun 2000 tutup itu bioskop, kalah ama rental vcd yg lg booming..

Btw krna dkota ane bioskop lokal, pilem yg diputer dikota besar, bisa2 baru 6 bulan kmudian keputer ditempat ane, bruntung jmn segitu blm ada spoiler2an..

emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
Β© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di