KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Perlukah Membuat Pesta Pernikahan Besar-besaran, Tapi Hasil Ngutang?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627f2f2cdf3c1a2bf00c623c/perlukah-membuat-pesta-pernikahan-besar-besaran-tapi-hasil-ngutang

Perlukah Membuat Pesta Pernikahan Besar-besaran, Tapi Hasil Ngutang?

Perlukah Membuat Pesta Pernikahan Besar-besaran, Tapi Hasil Ngutang?


Menggelar hajatan atau Melangsungkan pernikahan besar-besaran sudah menjadi gaya hidup pada masyarakat sekarang ini. Mirisnya lagi dengan menggunakan uang hasil hutang sana hutang sini. Kalau bisa mengembalikan sesuai jatuh tempo sih nggak apa-apa, lha kalau sampai nggak bisa ngembalikan hutangnya apa nggak kasihan yang memberikan pinjaman.

Hajatan setelah lebaran, wow ternyata di mana-mana banyak sekali yang menggelar hajatan setelah lebaran, sehari kadang sampai double-double kondangan. Ada yang menggelar hajatan pernikahan, khitanan, Mitoni, bahkan ada juga yang menggelar hajatan karena membangun rumah. Iya beneran membangun rumah di daerah saya ada yang membangun rumah sengaja bikin hajatan, ya ada orang-orang kerja, tukang-tukang gitu, berbarengan dengan tuan rumah yang menggelar hajatan.

Kembali ke menggelar hajatan dengan modal hutang, apa iya sampai segitunya pengen menggelar hajatan, dengan maksud biar dapat laba gitu? Bukan karena mengharap keberkahan. Beberapa kasus yang dihadapi pemilik toko, ketika ada hajatan adalah orang belanja tapi membayarnya belakangan, setelah habis menggelar acara baik pernikahan atau khitanan. Kalau orang yang amanah biasanya setelah hajatan selesai langsung menemui pemilik toko untuk membayar hutangnya tersebut. Kalau yang seperti ini menurut saya nggak masalah wong ada niat buat ngebaiin hutangnya.

Akan tetapi orang yang tidak tahu malu, membiarkan hutangnya begitu saja, tanpa mempedulikan perasaan pemilik toko, bagaimana dia akan kembali berbelanja untuk mengisi tokonya kembali. Bahkan ada yang sampai berbulan-bulan dan bertahun-tahun membiarkan hutang tersebut, ketika ditagih sama pemilik toko juga bersikap santai saja. Yang lebih mengesalkan lagi sampai ada yang punya anak, tapi belum lunas juga biaya pernikahannya.

Perlukah Membuat Pesta Pernikahan Besar-besaran, Tapi Hasil Ngutang?


Sebenarnya, perlukah membuat pesta pernikahan besar-besaran tapi hasil ngutang? Kalau menurut pendapat saya sih nggak perlu, kita menggelar pernikahan sesuai dengan kemampuan kantong kita. Tidak perlu ingin mendapatkan sanjungan dari orang lain, supaya dianggap wah. Mendapatkan berbagai macam pujian, dari penata rias yang luar biasa, hidangan yang serba istimewa, semuanya itu nggak perlu kalau akan membuat kecewa orang lain.
Kalau memang mampunya sederhana ya mengapa tidak, bukankah yang penting adalah prosesnya menuju Halal, bukan kemewahannya. Untuk apa bermewah-mewah kalau akhirnya menyakiti orang lain.
Janganlah besar pasak dari pada tiang, pastilah akan ambruk.
Bukankah setiap pasangan yang melangsungkan pernikahan pastilah menginginkan rumah tangga yang bahagia, bagaimana bisa rumah tangga bahagia, bila diawalai dengan menyakiti perasaan orang lain?

Lebih baik sederhana tapi tidak menyakiti orang lain, karena perjalanan dalam mengarungi bahtera rumah tangga masih panjang jalannya.
Bagaimana pendapat Ahan Sista semuanya?

Okey deh Agan Sista semuanya, sampai si sini Thread saya kali ini, semoga bermanfaat, mari berdiskusi santai.

Sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Bye ... bye ...

Perlukah Membuat Pesta Pernikahan Besar-besaran, Tapi Hasil Ngutang?


Opini pribadi
Sumber dok.pri dan google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diekri dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 5
Reserved
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan seojoon memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Boleh diramein kalau ada dananya.. kalau ga ada jangan memaksakan. Gitu ajaemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cherryblossom82 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Perlu beud dongs krn momen menikah itu hanya siklus sekali seumur hidup di usia matang kitaemoticon-Selamatemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ga perlu smp hutang, tp jgn smp ga dirayain jg. Dulu mantanku ngajak nikah tamasya, ok d bye.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Perlu dong... Kalau seminggu habis acara bisa dilunasin.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
G perlu sih sebenarnya....
Kembali lagi ke kemampuan dan kebutuhan.
Jika mampu ya silakan, jika tidak ya g usah dipaksakan.


Itu aja
emoticon-Traveller
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Gak perlu anjay 😗
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Perlu dong biar terlihat mevvah dan gemerlap, urusan hutanf belakangan biar ahli waris yang melunaskan wkwkwk...

Tapi saya dulu cuma abis 30jt sih udah meriah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
03din dan 2 lainnya memberi reputasi
gaperlu
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Gak usah
Gak jamin bahagiaPerlukah Membuat Pesta Pernikahan Besar-besaran, Tapi Hasil Ngutang?
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Tergantung Bunda
Ngutang bikin anu
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dibuat pesta boleh tp jgn sampe maksain. Adik ipar ane br nikah beberapa bulan lalu, ortunya sampe habis2an. Sekarang adik ipar malah pada ribut mau cerai, padahal masalah ga seberapa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 2 lainnya memberi reputasi
Yang penting sah
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Bebas . Cm kalo pribadi ane ya bikin males nikah ribet terlalu banyak dana lebih baik buat nyicil rumah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivansatriani142 dan 2 lainnya memberi reputasi
Masing-masing itu mahemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Satu kata: bodoh.

Gak perlu pamer dalam pesta pernikahan. Seadanya saja sudah cukup. Banyak kalau saya lihat ada beberapa pernikahan muslim sengaja dibesar2kan berharap dapat ampao lebih dari pengeluaran tapi kenyataan hanya dikasih 0-2000 rupiah yang pada akhirnya berujung utangemoticon-Cape d...
wkwk ...insipirasinya pasti "susah senang di tanggung bersama" ...emoticon-Big Grin
pas resepsi senang bersama ...
stelah resepsi susah bersama ...
smoga gak cerai bersama ...emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
71disini dan seojoon memberi reputasi
Absolutely tidak perlu banget...
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Gak perlu sampe ngabisin duit..apalagi sampe ngutanglah... 2minggu kemudian cere emoticon-Hammer2
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Hajatan.

Ngutang, tutup jalan,

Sbaiknya hindari membuat org lain susah ketika melangsungkan hajatan.
Gak dpt berkah malah hujatan dan caci maki.

Bayangkan kita nikah harusnya membaws kebaikan malah jadi peristiwa buruk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sacfron dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di