KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627f0ebdf0a97137d949670c/banyak-kisah-mistis-dialami-saat-kkn-kenapa-pengalaman-tersebut-bisa-terjadi

Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?

Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?
Ditengah hebohnya film KKN di desa penari, muncul pengalaman-pengalaman mistis lain yang dialami saat KKN.
Kenapa hal tersebut bisa terjadi?


KKN di Desa Penari, film tersebut tengah menghebohkan media sosial karena baru dirilis dua tahun berselang setelah cerita horror di Twitter viral di 2019 lalu.

Film besutan Manoj Punjabi yang mulai tayang pada 30 April 2022 lalu tersebut telah ditonton 4,5 juta kali dalam waktu kurang dari 14 hari dan mencetak rekor baru sebagai film horror terlaris menggeser film Pengabdi Setan yang telah menduduki film horror terlaris selama 4 tahun.

Sebelum dijadikan sebuah film, kisah KKN di Desa Penari telah ditulis dan viral di media sosial Twitter. Simpleman yang menuliskan kisah nyata perjalanan dan pengalaman KKN tersebut mengaku tidak pernah menyangka bahwa tulisannya dibaca oleh jutaan orang bahkan sampai diadopsi menjadi sebuah film.

Secara garis besar dari kisah KKN di Desa Penari adalah menceritakan tentang 6 mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil di Jawa pada tahun 2009.

Cerita dari KKN di Desa Penari terdapat dalam dua versi, yaitu versi Nur dan Widya yang keduanya adalah mahasiswi dari 6 orang yang mengikuti KKN di desa terpencil yang ada di Jawa Timur.

Di desa terpencil tersebutlah pengalaman mistis dialami oleh keenam mahasiswa mahasiswi yang terlibat dalam kisah KKN di Desa Penari.


Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?


Masih terkait dengan film KKN di Desa Penari. Setelah film tersebut tayang dalam beberapa hari ini, muncul cerita-cerita dan kisah baru tentang pengalaman KKN. Berbagai macam kisah mistis ternyata juga dialami oleh orang-orang yang pernah menjalani KKN semasa kuliah.

Kuliah Kerja Nyata atau KKN sendiri biasanya dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi yang sudah masuk semester 6 keatas. Masa KKN sendiri bisa dalam satu sampai dua bulan tergantung aturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh kampus masing-masing.

Adapun desa atau tempat yang dijadikan tujuan KKN biasanya diambil sesuai dengan program kerja GanSis. Wilayah mana yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat KKN akan disurvei atau observasi terlebih dahulu.

Lalu apa sih alasan banyak orang mengalami hal aneh atau kejadian mistis saat melakukan KKN?
Berikut ini beberapa alasannya GanSis.


Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?
sumber gambar

1. Asing

Berada di tempat yang asing dan baru dikunjungi akan memunculkan perasaan was-was, aneh, dan tidak nyaman.

Perasaan tersebut manusiawi dirasakan oleh semua orang GanSis, karena memang manusia memiliki indera yang harus menyesuaikan saat ada kondisi atau situasi tertentu yang tidak pernah dirasakan atau ditangkap sebelumnya.

2. Terlalu Khawatir

Saat Agan dan Sista ingin ke sebuah tempat yang baru pasti akan ada kekhawatiran yang muncul di awal tentang tempat yang akan dituju.

Seperti apa keadaan, apakah bisa bertahan, bagaimana jika bertemu dengan masyarakat sekitar, sampai kapan disana, adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan membebani pikiran dan akan membuat GanSis merasa penat dan lebih khawatir dengan lingkungan baru.

Perasaan khawatir inilah yang juga menimbulkan rasa was-was, sesuatu yang tidak ada menjadi ada, atau halusinasi.

3. Aturan dan Mitos

Aturan dan mitos juga akan mempengaruhi Agan Sista merasa aneh, mistis, dan tidak nyaman di tempat yang baru.

Uniknya aturan dan mitos yang ada dan dipercaya oleh masyarakat di desa terpencil seringkali akan melahirkan pikiran atau bayangan baru di benak seseorang.

4. Saling Perkenalan

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya makhluk ghaib itu ada GanSis. Saat muncul orang baru di tempat tertentu maka makhluk ghaib juga akan mengajak "berkenalan" orang-orang baru tersebut entah itu dengan menunjukkan perwujudan mereka yang asli atau mengganggu dengan melakukan kejahilan kecil.

Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?
sumber gambar

Itulah GanSis beberapa alasan kenapa seseorang khususnya mahasiswa dan mahasiswi yang sedang KKN di tempat-tempat terpencil merasa ada hal aneh, mistis, dan mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan makhluk ghaib yang ada.

Adapun cara agar tetap aman dan tidak diganggu secara berlebihan oleh penghuni suatu tempat yaitu dengan tetap menjaga adab, tidak melanggar aturan yang ada, mendekatkan diri kepada Tuhan, dan permisi saat melakukan aktivitas di tempat yang baru.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil.


Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HeAVen_DoG dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Matabelo ada yang pernah mengalami kejadian mistis saat KKN?
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
emoticon-Takut belum lihat filmnya baru baca kisahnya
Boleh skeptis asal jangan sompral gitu aja sih emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
cokeith dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Org asing, kenalan dan tahu diri.
Apakah mereka datang sendiri atau dgn "teman" lainnya.
Jika yg datang levelnya kroco, di bully. Yg datang sendiri, biasanya sekedar dikenalin atau malah didiamkan krn gak ada koneksi. Tp kalo yg datang levelnya tinggi, wait and see.

Yg penting jangan urakan dan arogan.

Cewek Hot Korea
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh profesorlucu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gw gak tahu
Tidak perlu tau
Dan gak mau tahu


Enak kan?Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eccomw dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kkn

Kebanyakan kuda nil
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
daripada pengalaman mistis saya KKN malah dapat Istri gan... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
littlevan dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jangan sembrono di tempat baru, gan emoticon-Takut (S)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Intinya jangan sembarang wikwik di tempat asing bray
profile-picture
profile-picture
masnukho dan madjoeki memberi reputasi
Sebenerny mah biasa aja syuting d sana, cuma biar mengebrak nama aja biar banyak yang nntn,
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gak ada yg mistis ya akhi, semua itu hanya sugesti belaka
mahasiswa yg mesum di mesjid aja gak kena azab kok

emoticon-Nyepi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maklum saja sih kalau para pemain/kru film kkn desa penari ada yang kesurupan. yang jelas lokasi shooting memang mistis, dan mereka kru film adalah penduduk baru yang belum mengenal tempat tsb. jadi saran ane dimana pun tempatnya dan bila dikenal mistis banyakin doa aja deh.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
intinya, kalo ke tempat baru harap jaga tata krama. baik ke penduduk yang nampak atau yang tak tampak. mau percaya sama hal mistis atau engga, menjaga tata krama ga ada ruginya 'kan?
profile-picture
profile-picture
darkshadow24 dan masnukho memberi reputasi
Kkn tuh kayak film midsommar kah?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Karena semua ini cuma bualan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Kisah nyata ?


2 kata ini bisa mengubah perekonomian Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?
profile-picture
profile-picture
febrian23 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kuliah Kerja Ngentiaw
profile-picture
profile-picture
badbironk dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kebanyakan emang dari pemikiran sendiri yang berlebihan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Jadi inget dulu gan. Temen ane cewek pas lagi KKN jg ada yg sering kesurupan. Sampe temen ane jadi ustad dadakan. Di doain dll emoticon-Leh Uga
Diubah oleh Lazy.Song
males nnton nya, mending denger ceritanya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di