KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627e74b8de41134a3f3ce511/7-film-horor-indonesia-terbaik-dekade-2010an-menurut-ane-no-1-lebih-seram-dari-kkn

7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN

7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Meski dekade 2010an sudah berakhir sejak tiga tahun yang lalu, namun tidak ada salahnya jika kita membahas tentang perfilman Indonesia di dekade tersebut. Karena pada dekade 2010an ini perfilman nasional mengalami peningkatan baik dari segi jumlah penonton maupun dari kualitas film itu sendiri.

Dari genre horor, juga terdapat peningkatan walaupun masih saja ada yang bapuk namun tidak separah ketika era kegelapan film horor Indonesia yang penuh dengan kemesuman. Semuanya terjadi pasca Pengabdi Setan (2017) ketika para pembuat film disadarkan jika seperti ini lho film horor yang bagus. Para penonton yang semakin kritis dan juga menjadikan peningkatan kualitas film horor lokal.

Nah, ane telah membuat daftar tujuh film horor Indonesia terbaik di dekade 2010an dan ini adalah versi ane, tentunya agan punya versinya sendiri. Ini juga bisa menjadi rekomendasi film horor lokal mana saja yang bagus untuk ditonton.

1. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Pada 2019, Sutradara Joko Anwar merilis dua film sekaligus yaitu Gundala dan Perempuan Tanah Jahanam. Dua-duanya sukses secara komersil, namun Perempuan Tanah Jahanam dianggap lebih sukses dari segi kritik. Film ini bahkan berhasil menggondol enam Piala Citra di FFI 2020 termasuk untuk Film Terbaik dan Sutradara terbaik. Hal itu menjadikan Perempuan Tanah Jahanam menjadi film horor pertama yang memenangkan kategori Film Terbaik di FFI.

Film yang dibintangi oleh Tara Basro ini berkisah tentang seorang wanita miskin bernama Maya yang kemudian menemukan informasi bahwa dia mendapatkan warisan dan harus ke sebuah desa terpencil untuk mengambilnya. Bukannya harta, Maya malah mendapatkan malapetaka dan bencana mengerikan ketika sampai di desa itu.

Film ini berhasil memberikan efek ngeri dan psikis penonton tanpa jump scare murahan. Akting Christine Hakim sebagai antagonis di sini benar-benar bikin ngeri.

2. Pengabdi Setan (2017)
7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Ya, sudah pasti kalau yang satu ini dimasukan ke dalam daftar film horor Indonesia terbaik di dekade 2010an. Perlu diketahui, ketika pekan pertama penayangan, Pengabdi Setan tidak terlalu ramai penontonnya. Namun ketika sudah viral di media sosial, para penonton mendadak ramai ke bioskop dN kehebohan terjadi. Pembicaraan tentang film ini begitu hangat sampai-sampai jumlah penontonnya kencapai 4,2 juta.

Harus diakui memang, film garapan Joko Anwar ini mampu mengubah wajah film horor lokal dan menjadi pemicu meningkatnya kualitas film horor Indonesia.

Secara garis besar, film ini berlatar di era 1980an dan merupakan reboot dari film berjudul sama rilisan tahun 1980. Mengisahkan sebuah keluarga yang diteror oleh kejadian mistis usai sang ibu meninggal dunia setelah menderita penyakit misterius.

3. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Film ini disutradarai oleh Timo Tjahjanto yang terkenal sebagai sutradara yang "haus darah". Dibintangi oleh Chelsea Islan dan Pevita Pearce, film ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Alfi yang hidupnya kelam. Ibunya meninggal ketika masih kecil dan ayahnya meninggal karena penyakit misterius. Alfi yang terpaksa tinggal bersama ibu tiri dan tiga saudara tirinya mendapatkan teror brutal saat mereka berkunjung ke rumah tua milik ayahnya. Rahasia kelam ayahnya pun terungkap dan terjadi kebrutalan.

Adegan demi adegan menegangkan terjadi dan mengingatkan kita pada Evil Dead garapan Sam Raimi. Film ini mendapatkan sekuel yang sayangnya tidak sebagus film pertamanya.


4. Suzzanna Bernapas Dalam Kubur (2018)

7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Film ini merupakan adaptasi lepas film lawas mendian Suzzana yang dikenal sebagai ratu film horor Indonesia di era 1980an. Dalam film ini, Luna Maya yang berperan sebagai Suzzana dianggap sukses dengan aktingnya yang membuat penonton terpesona. Tak heran jika film ini mampu mendatangkan sekitar tiga juta penonton ke bioskop.

Penceritaannya sebenarnya tak terlalu istimewa namun alurnya yang rapih dan cukup pas menjadikannya sebagai salah satu film horor Indonesia terbaik. Mengisahkan Suzzana yang hidup bahagia dengan suaminya namun semua itu harus berakhir saat dirinya tewas terbunuh ketika rumahnya dimasuki para maling yang tak lain adalah para karyawan suaminya. Secara misterius Suzzana bangkit dari kubur dan membalaskan dendamnya.

5. Ratu Ilmu Hitam (2019)
7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Inilah film terakhir yang ane tonton di bioskop sebelum masa pandemi melanda. Film ini disutradarai oleh Kimo Stamboel. Merupakan versi reboot dari film horor lawas yang dibintangi oleh Suzzana. Ratu Ilmu Hitam versi original juga dianggap sebagai salah satu film horor nasionak yang paling ikonik.

Film ini mengisahkan sekelompok mantan penghuni panti asuhan yang kembali ke panti di tempat terpencil. Mereka datang untuk menjenguk sang pemilik panti yang tengah sakit keras. Tiba-tiba mereka diteror oleh berupa santet yang mengerikan yang datang entah dari siapa.

Ada cukup banyak adegan yang bikin ngilu, seperti kelabang yang keluar dari dalam tubuh sampai bibir yang dijahit dengan staples. Kebayangkan gilanya seperti apa?

6. Ghost Writer (2019) )
7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Siapa bilang kalau horor dicampur komedi itu pasti bakalan jelek? Ghost Writer adalah film horor komedi yang berhasil memberikan cerita yang menarik dan eksekusinya yang ciamik. Film disutradarai oleh Bene Dion dan dibintangi oleh Ge Pamungkas.

Bercerita tentang seorang perempuan muda bernama Naya yang bersama adik laki-lakinya, mereka sudah tak punya orang tua. Saat mereka berpindah rumah, Naya menemukan sebuah buku harian tua yang ternyata adalah milik hantu bernama Galih. Persahabatan mereka pun dimulai.

Alur ceritanya memang cukup menarik dan juga komedinya yang begitu mengalir dengan pas. Pada 2019 yang lalu, film ini berhasil menjadi salah satu film yang laris di bioskop.

7. Pelukis Hantu (2020)
7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
Film ini dirilis di masa pandemi dan bahkan hanya ditayangkan di Disney Plus dan bukan di bioskop. Namun bukan berarti film garapan Arie Kriting ini jelek dan justru sebaliknya, walaupun penceritaannya tidak sesolid Ghost Writer. Film ini juga dibintangi oleh Ge Pamungkas namun kali ini giliran dia yang berperan sebagai manusianya dan "berteman" dengan hantu.

Film ini becerita tentang seorang pelulis bernama Tutur yang berjuang mendapatkan uang untuk pengobatan ibunya. Tutur yang menyadari kalau dirinya bisa melihat hantu, lalu mendaftar menjadi pelukis hantu di sebuah acara televisi dan mendapatkan uang dari sana. Namun hal itu membuatnya dalam suatu masalah yang cukup besar.

Nah, gan udah nonton yang mana aja? emoticon-Ngakak (S)

Referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aditmaukemana dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Perjalan hidupku kalu di bikin film juga horor kayaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kkn itu gak serem, yang serem itu sidang skripsi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mariokayz dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Perasaan film nya suzana serem2 semua, ampe jadi ratu horror
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nitawskidd dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
terakhir nonton film horor indo tu yg jelangkung / apa ya mpe lupa tulisannya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Lentera Merah itu tahun berapa ya? Lupa.
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan kakekane.cell memberi reputasi
Keramat lah
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan c2tama memberi reputasi
Ane jadikan hot thread deh biar banyak yang tahu.

profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan bayuimade memberi reputasi
Bayi ajaib
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tinggal bersama mertua yang galak7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan imaginaerum memberi reputasi
Klo buat ane film horor buatan indonesia terserem itu jalangkung. Tak bisa tidur ku dibuatnya. Kebayang suster ngesot 😂😂
profile-picture
profile-picture
bhink dan kakekane.cell memberi reputasi
sereman ini gan,
apalagi dulu pas nonton ortu pada di rumah emoticon-Big Grin

7 Film Horor Indonesia Terbaik Dekade 2010an Menurut Ane, No 1 Lebih Seram dari KKN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sereman gk megang duit emoticon-Wkwkwk

Hantu itu hny psikis aja emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Lebih serem yg suzana gans..
Kekwkkw
Post ini telah dihapus
Nyiyiran mertua sama tetangga lebih horor daripada setan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c2tama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gw ud skeptis bgt sm film horor indonesia...yg katanya pengabdi setan d best hilih kintil gitu doank ploy nya aneh cerita maksa dan terlalu g logis...malah ngilangin unsur serem nya, cb mana bs perjanjian dgn setan dibatalkan gt aja klo keluarga nya g rela...heloooo??? mana ada gt kelg rela kehilangan anggota kelg nya dan emang kontrak setan bs gt aja y dibatalkan sepihak lucu skali

jauh lah kelas kengerian nya dibanding insidious & valak nya conjuring..ampun ngeri bgt plot nya, cerita nya, sm grafis nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nitawskidd dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Pengabdi setan paling ditunggu gan sekuelnya tahun ini
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lebih horor lagi kalo buka dompet isinye tinggal cepek mane gajian masih lama lagi emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane tak terlalu suka nongton, tapi ada 1 film horror yang ane suka judulnya Pulau Hantu, seru tuch pas adegan salah seorang pemain (temannya Ricky Harun) terbunuh di ruang mesin genset, berdarah no sensor emoticon-thumbsup
profile-picture
jerryreality850 memberi reputasi
Diubah oleh Helm.Proyek
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di