KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627dd121521ac0366d0a7b54/almaz-rs-bukti-terbaru-wuling-sukses-kikis-keraguan-terhadap-mobil-cina

Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina



Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina
Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina


Wuling Almaz RS, sebagai kendaraan Lebaran Drive 2022 yang saya pakai mudik, dulu sempat mendapat stempel yang kurang mengenakkan. Ia adalah mobil karya pabrikan asal Cina dan ‘mobil Cina’ waktu itu belum punya sejarah yang kurang bagus di sini. Mereka harus bersaing dengan pabrikan Jepang dan Eropa yang sudah puluhan tahun bermain di pasar domestik.

Wuling Motors selaku APM menghadapi PR berat untuk meyakinkan konsumen Indonesia agar percaya pada produknya. Namun, sejak Wuling masuk ke pasar domestik tahun 2017, mereka berhasil mengikis keraguan-keraguan itu. Pengakuan tak hanya datang lewat beberapa penghargaan dari media tetapi juga dibuktikan lewat angka penjualan.

Menurut data wholesales GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) Tahun lalu Wuling sukses menjual lebih dari 25 ribu unit mobil dan menduduki posisi ke-8 brand mobil terlaris di Indonesia mengalahkan brand asal Jepang seperti Nissan dan Mazda.

Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina

Salah satu kunci sukses mereka, menghadirkan produk yang murah tapi tidak murahan. Contohnya, MPV (Multi Purpose Vehicle) Wuling Cortez berada satu kategori dengan Toyota Kijang Innova dari segi dimensi maupun performa. Namun faktanya harga jualnya justru bersaing dengan Toyota Avanza yang lebih murah dari Innova. Sudah begitu, Wuling masih lagi tambahkan kelebihan fitur, seperti atap dengan electric sunroof hingga mesin turbo.

Tak terkecuali dengan Wuling Almaz dan Almaz RS. SUV ini sejatinya berhadapan dengan Honda CR-V ataupun Nissan X-Trail. Namun harganya yang mulai dari Rp 278,5 jutaan jelas bikin kompetitor dan konsumen Indonesia terpana. Karena SUV yang harganya jauh lebih murah dari kompetitornya ini punya perbekalan yang tak kalah mewah, sebut saja atap panoramic dengan electric sunroof, hingga fitur keselamatan dan bantuan berkendara ADAS (Advanced Driver Safety Assistance).

Fitur ADAS yang tertanam di Wuling Almaz RS pun bukan main-main. Berfungsi sempurna membantu mencegah terjadinya kecelakaan atau mengurangi resiko fatal bila terjadi kecelakaan. Saya sendiri sudah membuktikan sendiri kecanggihannya.

Perjalanan mudik lebaran saya dan keluarga bersama Wuling Almaz RS tahun ini terasa jauh lebih rileks berkat sistem berkendara semi otonom tersebut. Fitur Adaptifve Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assistance (LKAS), Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA) membuat saya serasa disopiri.

Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina

Tetapi harus diakui pekerjaan rumah Wuling Motors bersama produsen mobil asal Cina lainnya di Indonesia, DFSK, Chery dan Morris Garage masih sangat banyak. Entah keluarga saya di Jogja yang udik karena kurang literasi otomotif atau memang sosialisasi Wuling belum menyentuh hingga ke seluruh lapisan masyarakat. Jelasnya, setibanya kami di Yogyakarta dan silaturahmi ke rumah saudara, tanggapan mereka terhadap mobil yang kami kemudikan tidak biasa.

“Ini mobil apa? Mobil Cina ya? Harganya berapa? Bagus gak? Spare partnya gimana?” tanya saudara di kampung halaman. Mereka yang bertanya memang usianya sudah tak muda lagi, kebanyakan lansia. Tanpa pamrih kepada Wuling Motors, saya menjelaskan semuanya kepada mereka. Bisa dimaklumi sepanjang hidup, mungkin yang mereka kenal selama ini mobil-mobil buatan Jepang seperti Toyota, Mitsubishi, Honda dan Suzuki atau beberapa brand asal Eropa maupun Korea Selatan dan Amerika yang sudah lebih dahulu masuk Indonesia.

Celakanya kalau kita pulang kampung, biasanya status kesuksesan hidup kami yang kembali dari perantauan dinilai dari kendaraan yang kami gunakan. Kalau Anda naik Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport atau bahkan Toyota Alphard, dijamin disambut penuh suka-cita. Tak selalu memang, karena pasti ada saja anggota keluarga lain yang tak senang karena merasa kalah bersaing dan tidak disambut secara istimewa.

Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina

Kenyamanan Kabin dan Perintah Suara Berbahasa Indonesia
Makanya, saya ajak beberapa Bude buka puasa bersama naik Wuling Almaz RS. Tentu saja kami yang bayar, bukan hanya sekedar untuk menyenangkan keluarga di kampung halaman, tapi sekaligus menjaga martabat dan harga diri.

Begitu naik ke dalam, asumsi buruk yang terbayang di benak mereka pun perlahan mulai pudar. Duduk di kursi baris kedua yang lega dan sudah dilapisi kulit, pujian mulai dilontarkan.

“Kursinya enak ya. Sandarannya juga nyaman. Kakinya lega,” ujar Bude Yati, anak keempat dari lima bersaudara mendiang Ibu saya.

Tak tahu saja dia, sebelum naik saya lebih dahulu setel posisi duduk dan sandaran ke posisi paling nyaman. Ya, kursi baris kedua Wuling Almaz RS bisa digeser maju mundur dan sandarannya bisa direbahkan.

Sombong, saya buka penutup atap panoramic.

“Wah atapnya kaca ya, Bisa liat awan!” katanya.

Sudah kepalang tanggung, saya buka sekaligus electric sunroof yang di depan. Kesan kekaguman semakin terpancar di wajah mereka.

“Halo Wuling!” ujar anak saya yang paling besar.

“Halo!” jawab WIND (Wuling Indonesian Command).

Ya, sedari awal perjalanan mudik pun Ia dan adiknya sudah sering bermain-main dengan fitur perintah suara berbahasa Indonesia milik Almaz RS ini.

“Tutup sunroof!” perintahnya.

“Oke, menutup sunroof,” jawab WIND dan sunroof pun menutup secara elektronis.

Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina

Setelah itu, perintah demi perintah terus diujarkan kedua anak saya. Jam berapa sekarang, tanggal berapa sekarang, turunkan suhu AC hingga memainkan musik dari bluetooth, semua dijawab dan dilakukan tanpa keluhan oleh WIND. Rasa tinggi hati di dalam diri ini pun semakin menjadi-jadi.

Setelah kenyang buka puasa bersama tepat di malam takbiran sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami antar keluarga kembali ke kediaman mereka. Perjalanan dilewatkan dengan obrolan santai. Mereka mengaku kabin Wuling Almaz RS yang hening dan bantingan suspensinya yang empuk sangat nyaman.

Jujur, saya sendiri yang sudah menguji banyak SUV mengakui karakter pengendaraan mobil ini memang lebih mengutamakan kenyamanan. Wuling Almaz RS memang cocok dipakai untuk mengantar para sesepuh yang sering mengeluh pinggangnya sakit kalau naik mobil yang suspensinya agak keras atau berkarakter sport.

Meski begitu, jarak ground clearance khas SUV yang tinggi menjadi kendala bagi para orang tua. Apalagi buat Bude Mien yang kemana-mana sudah harus dituntun tongkat.

“Wah hebat ya mobilnya, belum pernah saya naik mobil secanggih ini. Layarnya besar sekali, bisa diajak bicara!” testimoni Bude Mien, kakak tertua almarhumah Ibu saya yang usianya hampir 90 tahun.

Almaz RS, Bukti Terbaru Wuling Sukses Kikis Keraguan Terhadap Mobil Cina

“Iya Nenek Mien, tapi ini mobil pinjaman kok bukan punya saya,” saya merendah. Walaupun Bude Mien bukan Nenek saya, tapi sejak kecil saya memanggilnya dengan sebutan Nenek karena beliau yang merawat Ibu saya ketika kecil.

Kami pun kembali ke hotel tempat kami menginap. Sepanjang perjalanan, kami menemui banyak Wuling Almaz lain. Tak sedikit juga yang kembar dengan mobil yang kami kendarai. Bahkan ada dua Wuling Almaz dan satu Wuling Almaz RS yang parkir di parkiran hotel tempat kami menginap. Di jalanan beberapa Wuling Confero dan Cortez pun kami jumpai. Saya pun sempat melihat dua diler resmi Wuling di Jogja yakni di jalan Magelang dan Ring Road Utara. Artinya, Wuling Motors sudah mulai bisa diterima bahkan oleh konsumen di luar Jakarta sekalipun.

Petugas hotel yang menyambut kami di lobby pun bersikap dengan sopan dan memberikan penghargaan yang tinggi, meski mobil yang kami naiki bukan Toyota Fortuner ataupun Mitsubishi Pajero Sport. Saya pun beranggapan, mungkin hanya kedua Bude saya saja yang kurang ‘update’ akan perkembangan otomotif. Toh setelah tabir informasi kecanggihan Wuling Almaz RS saya buka di hadapan mereka, keduanya pun terpana.

Tapi malah jadi timbul pertanyaan lain di benak saya. Jangan-jangan bukan cuma kedua Bude saya saja yang ketinggalan informasi. Jangan-jangan banyak pemilik Wuling lain mengalami hal yang saya alami, dipandang 'sebelah mata' lantaran mengendarai mobil Cina.

Apakah Wuling Motors bisa lepas dari stigma mobil Cina? Biarkan waktu yang menjawabnya.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 32 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Wuling khan perusahaan patungan GM dan SAIC wajar bagus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smartfarhan75 dan 9 lainnya memberi reputasi
1500cc Turbo tapi lemot nya keberatan body
profile-picture
profile-picture
sposolo dan aldebaranlp memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Ane tetep gak mau selama logonya segede gaban n merknya masih wuli kek gada nama yg laenemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Klo wuling bisa memeperbaiki lemot dan boros bisa sih bersaing. Klo ngak bakal jadi bahan buat jatohin. Apalagi kayak dfsk yg ngak bisa nanjak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.phenom dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Mulai banyak di jalan, confero, cortez dan almaz
profile-picture
profile-picture
d.phenom dan shotgunBlues memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bahasa cerita nya marketing banget ya 😜
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 7 lainnya memberi reputasi
Yg jelas, jk pake mobil2 buatan situ, bnyk berdoa ya agar kaisar xi tak invasi militer ke pulau taiwan dlm waktu dekat ini, gan.... Karna jk kejadian, bakal ada embargo besar2 an, eh sanksi ekonomi yg masif thd semua produk2 dr RRT ama dunia internasional......gak jauh beda dgn nasib industri2 besar di dlm rusian empire saat tsar putin lakukan invasi militer ke ukraina slama ini.....

V
V
V

https://www.bbc.com/news/world-europe-60125659

......

What are companies doing?

More than 1,000 international companies have either suspended trading in Russia, or withdrawn altogether - including McDonald's, Coca-Cola and Starbucks.

Food giant Nestle has withdrawn some of its brands including KitKat and Nesquik, but says it will still sell "essential foods".

However, some brands including Marks and Spencer, Burger King, and hotel groups Marriott and Accor say they can't pull out because their businesses in Russia operate under complex franchise deals.

Military goods and mercenaries

A ban on the export of dual-use goods - items with both a civilian and military purpose, such as vehicle parts - has been imposed by the UK, EU and US.

The UK is also imposing sanctions on Russia's Wagner Group - a private military firm thought to function as an arms-length unit of the Russian military.

Flights

All Russian flights have been banned from US, UK, EU and Canadian airspace.

The UK has also banned private jets chartered by Russians.

Luxury goods

The UK and the EU have banned the export of luxury goods to Russia - including vehicles, high-end fashion and art.

The UK has also imposed a 35% tax on some imports from Russia, including vodka.

........

---- > sebagian netizen +62 mmg gak bisa baca bnyk sumber2 brita resmi ya......

Apa kaitan antara kremlin yg invasi militer ke ukraina dgn perusahaan2 swasta nya di dlm rusian empire sendiri.... Ya bnyk kaitan nya..... Bnyk yg kena embargo ekonomi ama dunia internasional.....

Apalg jk perusahaan2 swasta nya tsb berada di negara2 diktator itu sendiri ya, resiko ketergantungan thd pnguasa setempat makin erat bngt kaitan nya, gan....

Dunia internasional ya berani2 saja tuk embargo ekonomi ke tsar putin dkk.... Why not......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 34 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 34 balasan
Yg penting sesuaikan dengan budget dan skill berkendara nya saja gan
Jgn naik SUV tp mental reising 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
july00artha dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Keunggulan wuling itu mirip kek motornya honda : hemat BBM emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan shotgunBlues memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Fitur sih Tooyota kalah abis wkwkwk eh tp orang konoha itu klo beli mobil pertanyaan pertama itu diskon nya brp wkwkwk bkn fitur nya dpt apa makanya Tooyota laris manis di negara konoha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
typicat dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Baca thread nya kaya baca cerpen nih emoticon-Cendol (S)

Secondnya di range harga brp ya? Boljug jg nih
profile-picture
profile-picture
Riotz27 dan shotgunBlues memberi reputasi
Wuling pinter juha masuk Indonesia ane liat SUV ama MPV, ane ga tau produk hatchback maupun sedan.

Menyesuaikan orang Indonesia yakni mobil orang masuk banyak tapi murah
profile-picture
shotgunBlues memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wau promosi sekali emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 11januari memberi reputasi
kalau menurut gw, almaz itu bagus kok karena paman gw pakai itu, cuma jeleknya bagian torsi dan speed aja ... ya wajar sih itu body gede plus builty nya gw akui bagus, tebel anjay itu plat pintu..
profile-picture
shotgunBlues memberi reputasi
FWD dipake di jalan yg ga mulus gmn gan? Apakah tetep aman dan nyaman?
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Jadi inget awal tahun 2000 an ramai serbuan motchin,, era 2020 an now ramai diserbu mobchin,, tp tetap gk ngebuat kita orang jdi buchin 🤣🤣🤣
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Diubah oleh nosmotor
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah canggih.emoticon-Matabelo
Sales menyamar emoticon-Ngakak (S)
PR Wuling bukan cuma banyak tapi sangat banyak terutama kualitas mesinnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
Pabriknya di Indonesia bekas pabrik perakitan Chevrolet... Wajar platnya tebal.... Tp torsi dan tenaga sihh gak menyerupai si Chevrolet...

Tp gw tetep ambil mobil Jepang buat jalanin bisnis... Dan mobil Eropa/amrik, buat keamanan dan kenyamanan keluarga serta buat mengikuti perkembangan teknologi...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Demen dengan Almaz.
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di