KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / ... / Pengetahuan Islam /
7 Manfaat & Keutamaan Sedekah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627d38af26fc1053af51eb55/7-manfaat-amp-keutamaan-sedekah

7 Manfaat & Keutamaan Sedekah

7 Manfaat & Keutamaan Sedekah
Ilustrasi: Freepik

Sobat Kaskusers, sedekah merupakan amalan sunnah yang mengandung banyak kebaikan bagi siapapun yang mengerjakannya. Bahkan terdapat penelitian yang dilakukan oleh Prof. David M Clelland yang menyatakan bahwa dengan melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain seperti bersedekah, hal itu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu senada dengan sebuah hadits yang menyatakan bahwa, "Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah." (HR. Abu Dawud, dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahihul Jami').

Lantas apa saja manfaat dan keutamaan tersebut? Silahkan simak dengan tuntas uraian berikut ini. Baca basmallah dulu gansis! emoticon-Smilie

1. Berbuah Amal Baik
Di dalam QS. An-Nahl [16] ayat 96 Allah berfirman sebagai berikut.

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللهِ بَاق وَلَنَجْزِيَن الذِيْنَ صَبَرُوا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ


"Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."

Ayat di atas menjelaskan kalau segala fasilitas yang Allah berikan selama kita hidup di bumi-Nya tidak lain adalah pemberian-Nya. Oleh karena itu, kita tidak boleh menimbun-nimbun harya kekayaan hanya untuk kesenangan/kepentingan pribadi semata. Karena di dalam harta yang kita punya terdapat hak-hak orang lain untuk ditolong. Karena hukum sedekah bisa berubah menjadi wajib apabila kita berkelebihan harta sedangkan di depan mata kita terlihat ada orang yang sedang kelaparan/meminta bantuan. Hal ini bisa kita contohkan seperti keadaan darurat di Palestina, Suriah, Afrika dan seterusnya.

2. Sedekah Dapat Menghapus Dosa
Rasulullah Saw. bersabda, "Bersedekahlah kalian walaupun hanya sebiji kurma, sebab sedekah mampu memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api." (HR. Ahmad).

Sebaiknya apabila kita belum bisa bersedekah, setidaknya jaga ucapan kita (diam). Terkadang warga +62 seringkali mencibir terhadap orang yang bersedekah hanya karena sedekah yang diberikan berjumlah sedikit. Padahal seharusnya mendoakan dan berterimakasih semoga yang bersangkutan bisa istiqomah dan Allah balas dengan karunia-Nya.

Hadits di atas juga mengingatkan kita untuk semangat dalam bersedekah. Bisa jadi harta yang pernah kita sedekahkan menjadi penolong di akhirat nanti. Karena akan sia-sia apabila kita hanya menumpuk kekayaan tapi dikeluarkan di jalan keharaman dan harta itu tidak akan kita bawa saat berada di alam kubur. Hanya amal saja yang dapat menemani kita.

3. Allah Sediakan Rumah di Surga
Semua orang pasti mendambakan kelak akhir hidupnya berada di surga. Dan sedekah dapat membawa kita ke arah sana. Hal itu dijelaskan dalam suatu hadits sebagai berikut.

"Barang siapa yang membangun masjid dengan ikhlas karena Allah, maka Allah akan membangun baginya sebuah rumah di surga." (HR. Ibnu Majah).

Ingat sobat, banyak sekali amalan sunnah yang dijanjikan dapat membawa kita kepada surga. Namun jangan sekali-kali melupakan dan meninggalkan amal wajib. Jika amalan wajib diibaratkan sebuah bangunan, maka amalan sunnah adalah hiasan di dalamnya. Akankah hati kita rela jika memiliki sebuah rumah namun tidak ada isi apapun di dalamnya? Maka semangatlah dalam bersedekah sebagai bagian dari amal sunnah yang banyak kebaikan di dalamnya.

4. Bertambahnya Rezeki
Pernahkah kita berfikir kalau kita sedekah maka harta kita otomatis akan berkurang? Apabila demikian, maka mulailah ubah cara berfikir yang seperti itu. Di dalam Islam justru dengan bersedekah rezeki kita akan bertambah sebagaimana sabda Rasulullah Saw. berikut.

"Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian."

Karena amalan sedekah yakni amalan yang dapat menolong orang tanpa pamrih, maka jelas hal ini dicintai oleh Allah Ta'ala. Apabila dihitung secara logika maka harta yang kita sedekahkan akan berkurang. Tapi itu sudut pandang duniawi yang sifatnya fana. Itulah mengapa sedekah disebut-sebut sebagai bagian dari iman, karena kita harus percaya kepada Allah kelak akan mendapat balasan yang setimpal bahkan lebih baik lagi karena Allah Maha Melihat dan tidak pernah tidur.

5. Bertambahnya Rasa Keimanan
Imam Ja'far Shadiq berkata, "Tidaklah sempurna keimanan seorang hamba, sehingga ia melakukan empat hal, yaitu berakhlak baik, bersikap dermawan, menahan karunia dengan ucapan, dan mengeluarkan karunia dari hartanya."

Sobat Kaskusers, sedekah tidak akan membuat kita rugi. Sebaliknya akan membuat kita puas tatkala orang yang ditolong merasakan kebahagiaan yang kita rasakan. Merasakan kebahagiaan terhadap apa yang kita makan, pakai, dan seterusnya. Dengan bersedekah berarti kita juga sedang menumbuhkan akhlaqul karimah melalui harta yang kita punya. Hal itu juga akan menumbuhkan sikap dermawan kepada kita agar bijak dalam mengelola harta.

6. Penjagaan Allah Sepanjang Hari
Imam Ja'far Shadiq berkata, "Awali pagi harimu dengan sedekah dan gemarlah bersedekah. Tidak ada seorang mukmin pun yang bersedekah, karena mengharapkan apa yang ada di sisi Allah untuk menolak keburukan yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu, kecuali Allah menjaganya dari keburukan apa yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu."

Terkait poin keenam ini saya teringat dua buah berita. Pertama, pada masa pandemi Covid-19 terdapat seseorang yang terhindar dari ancaman virus tersebut karena sebelumnya ia gemar bersedekah. Kedua, terdapat suatu tragedi di Balikpapan atas mobil angkutan besar yang mengalami rem blong dan memakan banyak korban jiwa pada saat itu. Namun ada kejadian unik yakni pengendara motor yang hanya mengalami lecet karena serpihan kaca saja padahal di sampingnya banyak korban yang mengalami cedera parah. Ternyata ia diketahui rajin bersedekah dan kala itu ia juga sedang mengantarkan sebuah kue untuk disedekahkan. Bahkan regu penyelamat saat itu berada di lokasi pun terheran-heran, sampai-sampai kuenya pun masih dalam keadaan utuh tanpa rusak sedikit pun!

7. Mengubah Takdir
Poin ini mungkin ada keterkaitan dengan poin sebelumnya. Dalam hal ini Rasulullah Saw. pernah berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib, "Wahai Ali , sedekah itu dapat menolak takdir mubram (yang telah ditetapkan), silaturahmi dapat menambah umur. Wahai Ali, tidak ada kebaikan dalam ucapan, kecuali disertai perbuatan dan tidak ada sedekah, kecuali dengan niat (karena Allah)."

Masya Allah sobat, betapa indahnya balasan Allah bagi mereka yang bersedekah. Apalagi mereka yang telah menjalaninya sejak jauh-jauh hari sehingga sudah menjadi kebiasaan. Mari bersemangat dalam menjalani amalan sunnah ini. Jangan pernah anggap remeh walaupun dihukumi sunnah karena disebut sebuah kemaksiatan apabila kita meremehkan amalan sunnah padahal itu jelas-jelas dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Poin penting terakhir dalam bersedekah ialah dilakukan diwaktu lapang maupun sempit. Jadi, jangan sampai kita rajin bersedekah ketika banyak uang saja karena ada kalanya situasi dengan sulit harta tapi kita tuntut diri untuk terus bersedekah. Hal itu juga dicontohkan oleh Ali bin Abi Thalib yang bisa sahabat simak kisahnya di buku-buku sejarah.

Referensi
Idaini, Mohammad Wifaqul. (2017). Rahasia Amalan Suami Istri Pembawa Rezeki Kiat Menjadi Pasangan Bahagia dan Berlimpah Kekayaan. Yogyakarta: Araska.


Spoiler for Artikel Lainnya:


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
ebureg memberi reputasi
Diubah oleh gunturmustanir
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di