KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627cc92aea486876522613fd/7-penyebab-runtuhnya-kerajaan-majapahit

7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit

7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Kamis, 12 Mei 2022 13:15 WIB


7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit menyimpan banyak fakta sejarah yang menarik, termasuk pada masa keruntuhannya. Berikut penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit. (iStockphoto/5bf5911a_905)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kerajaan Majapahit menyimpan banyak fakta sejarah yang menarik, termasuk pada masa keruntuhannya. Berikut penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Sebagai kerajaan Hindu terbesar dan terkuat di tanah Jawa, keberadaan Majapahit yang sempat berjaya menjadi bukti sejarah dari puncak kemajuan peradaban masyarakat Jawa kala itu.

Namun, Kerajaan Majapahit yang sempat mengalami masa keemasan di masa pemerintahan Hayam Wuruk dengan Mahapatih Gadjah Mada, pada akhirnya harus meredup.

Runtuhnya Kerajaan Majapahit kemudian menjadi akhir dari kejayaan kerajaan terbesar di Nusantara itu. Adapun keruntuhan Kerajaan Majapahit disebabkan oleh banyak faktor, sebagai berikut.

1. Kematian Hayam Wuruk

7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit
Penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit dimulai setelah meninggalnya Raja Hayam Wuruk (Wacana Nusantara via Wikimedia Commons)

Melemahnya kekuasaan Majapahit dimulai setelah mangkatnya Raja Hayam Wuruk pada 1389 dan Mahapatih Gajah Mada pada 1364.

Selepas pemerintahan raja keempat Majapahit tersebut, situasi kerajaan menjadi semakin tak terkendali akibat perebutan takhta kerajaan dan pergolakan politik.

Takhta kemudian diwariskan pada Wikramawardana yang tak lain adalah menantunya sendiri. Di masa pimpinan Wikramawardhana tercetuslah Perang Regreg atau Perang Paregreg yang menjadi cikal bakal kemunduran Majapahit.

2. Tercetusnya Perang Paregreg

Pengangkatan Wirakramawardhana pada 1389 untuk menggantikan Hayam Wuruk ditentang anak Hayam Wuruk, Bhre Wirabhumi penguasa kerajaan timur Majapahit. Wirabhumi lantas menuntut singgasana Majapahit dari Wirakramawardhana.

Lalu pada sekitar 1404-1405, pecahlah perang saudara yang dikenal dengan Perang Paregreg yang menewaskan Wirabhumi. Kekalahan Wirabumi membuat kerajaan timur bersatu dengan barat.

Akan tetapi, kejayaan Majapahit tetap merosot lantaran melemahnya kendali Majapahit dan lepasnya daerah-daerah taklukan di luar Jawa.

3. Konflik internal Kerajaan Majapahit

Penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit berikutnya adalah adanya intrik politik dan konflik internal yang ada di dalam Kerajaan Majapahit.

Meski perang saudara telah usai, konflik internal kerajaan terus berlangsung sehingga menimbulkan perpecahan. Salah satunya adalah pertentangan dan perebutan kekuasaan yang menyebabkan Kerajaan Majapahit semakin mengalami kemunduran.

4. Pengaruh Dinasti Ming
7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit
Ilustrasi. Salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit adalah munculnya kekuatan Dinasti Ming yang menguasai perdagangan saat itu. (ANTARA FOTO/M. IRFAN ILMIE)

Munculnya kekuatan baru dari Timur, yakni ekspansi Tiongkok di bawah Dinasti Ming, turut melemahkan Kerajaan Majapahit.

Saat itu, perdagangan rempah-rempah yang pesat di daerah kekuasaan Majapahit tidak diimbangi dengan kekuatan pengaruh Kerajaan Majapahit.

Hal ini mendorong Dinasti Ming semakin memperkuat hubungan dagang dan politik dengan orang-orang di pelabuhan Nusantara.

5. Bangkitnya Malaka

Malaka saat itu menjadi jalur perdagangan rempah-rempah dari Maluku ke India dan wilayah lainnya. Namun, seiring hubungannya yang dekat dengan Dinasti Ming, membuat jalur pelayaran Selat Malaka sulut disentuh oleh Majapahit.

6. Kemunculan Kerajaan Demak

Munculnya kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah turut melemahkan pertahanan Majapahit.

Raden Patah merupakan putra dari raja terakhir Majapahit, Brawijaya V dengan selir muslim Tiongkok Siu Ban Ci, yang memilih mendirikan kerajaan bercorak Islam.

Kekuatan perekonomian kala itu dibuktikan dengan berkuasanya Kerajaan Demak di dua pelabuhan besar. Direbutnya bandar dagang yang dimiliki Majapahit itu mengakibatkan perekonomian Majapahit semakin melemah.

Hingga akhirnya pada 1517 di bawah pimpinan Pati Unus, Demak menyerang Majapahit dan mengalahkan kerajaan tersebut sekaligus memantapkan diri sebagai kekuatan baru di tanah Jawa.

7. Penyebaran agama Islam menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit

7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit
Ilustrasi. Salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit adalah masuknya pengaruh agama Islam di Jawa (iStockphoto/cihatatceken)

Pengaruh agama Islam mulai masuk ke dalam lingkungan Kerajaan Majapahit yang berlandaskan Hindu.

Kondisi Majapahit yang telah keropos akibat pertentangan internal kerajaan, membuat pengaruh Islam semakin lebih mudah masuk ke Majapahit dan masyarakat Jawa. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Masuknya pengaruh Islam dan proses lslamisasi di Jawa melalui beberapa cara, antara lain perdagangan dari saudagar Muslim asing, perkimpoian, kepercayaan, hingga kesenian.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...jaan-majapahit


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Swararuri dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Dan dengan masuknya islam,maka gak akan mungkin lagi bisa sebesar majapahit atau sriwijaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lleonelbasti372 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
Dan beberapa peninggalannya masih bisa diliat didaerah aneemoticon-Ayo Indonesia
profile-picture
profile-picture
samsol... dan jerryreality850 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perang agama juga salah satunya

Islam abangan melawan islam putihan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buk4anakuini dan 3 lainnya memberi reputasi
Tapi yang menarik adalah, janji sabdo palon yang katanya ajaran budho kembali ke nusantara setelah 500 tahun walau katanya itu karangan, ternyata beneran terjadi lho...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 28 balasan
kemana keturunan hayam wuruk sekarang?
profile-picture
thebavarian.90 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Baru tau kalo ibu sunan ampel itu dari keturunan muslim tiongkok emoticon-Matabelo

Apa ane yg salah bacaemoticon-Maaf Agan

================

Ternyata ane yg miskom :emoticon-Maaf Agan
Diubah oleh njir
luar biasa gan

jas merah gan!!

emoticon-oliemoticon-oli
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan abau. memberi reputasi
Dinasti ming yng menyebarkan islam
profile-picture
dxbike memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Itu alasan nomor 7 terus kelanjutannya berdiri kerajaan di Bali bukan sih ?
profile-picture
badbironk memberi reputasi
Quote:


Thread yang lucu pada bagian akhirnya, dinarasikan Majapahit runtuh karena di kimpoi hahahahaha.
Sama aja TS bilang selama berdiru Majapahit nggak pernah ada kimpoi... Hahaha...
profile-picture
neucom memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Majapahit runtuh krn daerah taklukan melawan tdk mau jadi budak sudra. Taklukan Majapahit dianggap sudra dan budak. Kerajaan Gowa Tallo bangkit dan menggempur benteng laut Majapahit di Kepulauan Selayar dan membunuh semua prajuritnya. Sisa kerajaan Majapahit masih bisa kita liat di sana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuperABLU dan 5 lainnya memberi reputasi
Waktu itu emang lagi boming2nya ajaran islam..bnyak petingi2 seperti adipati, timenggung dll ikut masuk islam yg diikutin juga dngan rakyatnya, waktu itu pendktan islam emang cmderung soft apalagi dri pemuka agamanya mengharuskan mencari member juga, mklum lagi masih merintis dan bnyak diterima masyrakat

Sdah bnyak member dan besar pengaruh mulai dah satu2 kerajaan yg berbda agama diserang seperti majapahit dan pajajaran yg saat itu emamg lemah untuk memperluas kekuasaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Za3mOn dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh steven.thereds
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Quote:

Oalah strawman strawman emoticon-Cape d... (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karena islam tidak mengenal kasta....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
neucom dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 30 balasan
Tidak ada penerus yg selevel atau bahkan melebihi kemampuan raja yg telah mangkat

Hanya itu klo bentuknya kerajaan
Lagi sekolah dijelaskn kynayaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Majapahit kalo sekarang di daerah Mojokerto, Jawa Timur gak sih
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
Majapahit runtuh di karena kan raja nya bukan keturunan Darah biru majapahit.kalau setelah Hayam Wuruk mangkat(wafat),tahta jatuh ke keturunan 'ASLI' DARAH BIRU MAJAPAHIT,sampai skrg majapahit ga akan prnh runtuh.Timbul nya perang PAREGREG di krn kan tahta jatuh ke (bukan) 'ASLI' DARAH BIRU MAJAPAHIT.kalau tahta jatuh KE 'ASLI' DARAH BIRU MAJAPAHIT ga akan ada perang PAREGREG.yg jd penyebab utama runtuh nya MAJAPAHIT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan 4 lainnya memberi reputasi
anak nyerang bapak ini gimana ceritanya, bukanya di islam juga ada budaya menghormati orang tua agar tidak durhaka kok ini bukan di hormati malah di serang dan direbut kerajaannya padahal kalo bisa lebih sabar mungkin si bapak akan sukarela kerajaannya diwariskan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di