KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Yuk Persiapkan Diri Menuju Hari Tua Tanpa Demensia!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627c9259efc587150e0adb6e/yuk-persiapkan-diri-menuju-hari-tua-tanpa-demensia

Yuk Persiapkan Diri Menuju Hari Tua Tanpa Demensia!

Hai semua!
emoticon-Hai


Selamat datang kembali di thread @serbaserbi.com.

Yuk Persiapkan Diri Menuju Hari Tua Tanpa Demensia!

Menikmati hari tua yang sehat dan sejahtera adalah harapan setiap orang. Hidup tenang bersama pasangan hidup atau anak dan cucu atau teman-teman seangkatan tanpa masalah kesehatan yang berarti. Ya memang, penuaan membuat fisik dan fungsi tubuh kian melemah sehingga manula rentan terhadap penyakit. Namun, jika diantisipasi sejak dini, sejak masih muda dan kuat, kita bisa meminimalisir kemungkinan menderita penyakit serius di kemudian hari. Termasuk Demensia.

Banyak yang mengira bahwa Demensia atau bahasa gampangnya kepikunan-tapi bukan kepikunan- sebagai efek normal dari proses penuaan. Padahal faktanya nggak kayak gitu. Demensia adalah suatu sindrom atau gangguan atau penyakit serius yang sebisanya dihindari banget untuk menyerang di hari tua. Soalnya Demensia bisa berisiko pada terjadinya penyakit atau gangguan-gangguan lain yang serius bila gak ditangani.

Yuk Persiapkan Diri Menuju Hari Tua Tanpa Demensia!

Oke, sekarang aku mau jelasin sedikit tentang apa itu Demensia. Jadi, menurut World Health Organization (WHO) di tahun 2021, Demensia merupakan sindrom-yang biasanya-bersifat kronik yang menyebabkan penurunan fungsi kognitif atau kemampuan untuk memproses pemikiran. Fungsi kognitif itu simpelnya berhubungan dengan memori atau daya ingat, kemampuan berpikir, menganalisa, kalkulasi, berbahasa, pemahaman terhadap suatu fenomena, dan kemampuan belajar.

Pendeknya, orang dengan Demensia akan mengalami penurunan bahkan gak bisa sama sekali terhadap kemampuan-kemampuan yang aku jabarin di atas. Efeknya, hal ini akan mengganggu sekali bagi kehidupan atau aktivitas sehari-hari dan sosial penderita. Sebagai contoh, orang dengan demensia akan memiliki daya ingat yang buruk sehingga ia sering lupa akan berbagai hal. Dalam beberapa kasus yang ringan, si penderita mulai mengalami disorientasi waktu kayak lupa hari, tanggal, dan bulan. Lupa apa aja yang baru ia lakukan.

Kalau gak ditangani, kadar kelupaan ini akan makin tinggi. Si penderita mulai sering menceritakan hal yang sama berulang-ulang dalam waktu yang amat dekat, soalnya dia lupa kalau dia udah pernah nyeritain itu. Dia lupa cara melakukan hal-hal sederhana bahkan hal yang biasa dia lakuin, kayak lupa cara membuka pintu, lupa cara menyetrika pakaian, lupa cara menyalakan televisi. Sampai ke yang paling memperihatinkan, yaitu lupa siapa keluarganya, siapa suami atau istrinya, alamat rumahnya, bahkan ia lupa namanya sendiri.

Separah itu, Kaskuser, dan kelupaan ini bikin si penderita rentan terkena masalah lain.

Almarhum kakek aku dulu sering banget hilang karena dia gak bisa dilarang jalan-jalan ke luar rumah, ngotot banget pengen keluar. Eh, sekalinya keluar rumah, beliau malah nyasar karena lupa jalan pulang. Ada juga dulu mendiang nenek tetangga, yang meninggal dunia karena menghirup asep gara-gara setrikaannya gosong. Karena Demensia, beliau jadi ga bisa memahami situasi-yang kalo sertrikaan gosong harus diapain- dan kalau asap udah menyebar harusnya gimana. Aturannya, kan, mendiang keluar dari ruangan itu karena pintunya ga ke kunci, atau teriak minta tolong. Namun mendiang cuma mondar-mandir panik di kamar sampe akhirnya pingsan, dan keluarganya nyadar pas asap udah mengepul banyak. Btw, aku tau gimana mendiang selama dalam kepulan asap itu, karena aku ikutan ngeliat rekaman CCTV tetangga beberapa hari setelah mendiang dimakamkan.

Jadi kita emang harus aware banget dengan gangguan yang satu ini dan membentengi diri sejak dini biar gak kena. Nah, dari hasil observasi yang udah aku lakuin ke lapangan waktu penelitian beberapa bulan lalu, aku bisa nyimpulin beberapa penyebab atau pemicu Demensia, antara lain:

- Hipertensi
- Stroke
- Cedera atau trauma kepala
- Merokok aktif dan pasif
- Obesitas
- Diabetes
- Penyakit arteri koroner
- Depresi
- Gangguan pola tidur
- Malnutrisi
- Kurangnya latihan otak atau malas berpikir, dalam hal ini juga disebutin kalo seseorang dengen pendidikan rendah juga berisiko terkena Demensia.

Selain penurunan daya ingat, beberapa tanda dan gejala lain yang mungkin muncul pada penderita Demensia adalah:

- Disorientasi waktu
- Gangguan bicara
- Mood atau emosi terganggu
- Halusinasi
- Ketergantungan dalam beraktivitas tinggi karena tidak cakap dalam melakukan apa pun
- Perubahan tingkah laku yang mendadak, kadang ceria, kadang mendadak menarik diri dari lingkungan

Lalu apa yang harus dilakukan agar kita terhindar dari Demensia? Tak lain dan tak bukan adalah dengan menjaga pola hidup sehat, rutin olahraga, dan rangsang otak untuk berpikir minimal dengan rutin membaca buku minimal 10 menit per hari. Menjalani hidup sehat memang terdengar sulit. Bukan aktivitasnya, tapi konsisten dalam pelaksanaannya. Soalnya banyak banget godaan yang bikin kita abai untuk ngelakuin pola hidup sehat. Tapi gapapa, Kaskuser. Pelan-pelan lakuin dari sekarang, hitung-hitung investasi untuk hari tua.

Terus, kalo udah terjangkit Demensia bisa sembuh nggak? Jawabannya, tidak atau belum ditemukan cara penyembuhannya. Yang baru diketahui cuma pencegahan dan peminimalisir gejalanya. Bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan medis seperti pemberian inhibitor kolinesterease dan antagonis reseptor N-methyl-D-aspartate, dan lain sebagainya. Namun yang sering dilakukan adalah penatalaksanaan non-farmakologis, seperti pelaksanaan terapi-terapi kognitif. Banyak banget terapi yang bisa dilakuin. Paling gampang adalah terapi kognitif kayak terapi kenangan, terapi seni, terapi musik, menggambar, mewarnai, bermain puzzle, orientasi realita, dan lain sebagainya.

Yang paling penting adalah, bahwa dalam menghadapi pasien Demensia, kita harus super sabar dan harus dalam pengawasan penuh. Soalnya bahaya banget kalo si penderita ditinggal-tinggal sendiri.

Jadi, itulah sedikit penjelasan aku tentang Demensia, Kaskuser. Semoga bermanfaat.

Yuk Persiapkan Diri Menuju Hari Tua Tanpa Demensia!

Sekian


Referensi:

A, Taufik. Isworo. A. Upoyo, dan AS. Nurina. 2021. Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Lansia Melalui Gerakan Enam Pilar Menuju Masyarakat Bebas Demensia, Kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur. Journal of Community Health Development 2(2): 32-42

Barker, S. dan Michele Board. 2012. Dementia Care Nursing. Edisi 1. Sage Publications. Terjemahan Ristyastuti. I. 2019. Penanganan Demensia dalam Keperawatan. Yogyakarta: Rapha Publising

Muliani. 2019. Tinjauan Literatur: Penyakit Alzheimer. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Bali.

Gambar:

Semua gambar atau foto diunduh secara gratis di Pixabay

emoticon-Malu

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gunturmustanir dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
demensia berarti sama dengan pikun ya ?
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Wadduhh nyokap gw suka menceritakan sesuatu berulang2 tuh, kaya yang lupa padahal kemaren udah diceritain, terus besoknya cerita hal yang sama lagi.. Gejala dimensia ya emoticon-Matabelo
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Temen ane pas ditagih hutang selalu demensia....
profile-picture
c2tama memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mama mertua ane kayanya juga hampir mengalami dimensia gan.. Setahun terakhir ini beliau kena gejala stroke/stroke ringan tapi udah 3 kali serangannya.. tapi alhamdulillah masih bisa jalan dan menggerakkan semua anggota badannya.. Belakangan ini beliau sering berhalusinasi, cerita ke anak2nya kalau ada sodara yang datang, ada temennya yang dateng padahal gak. alhamdulillah masih ingat sholat 5 waktu walaupun solatnya jd cepet banget. Sekarang jd g bs ninggalin beliau, harus ada yang nungguin.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nenek gue dulu sampai usia 89 enggak pikun.
Pas umur 80 masih joging bareng pagi pagi, umur 75 masih suka angkat beban sama sepedaan.
Dapur nya cuma masakan sederhana, cuma denger radio.
Setiap orang beda beda ya. Ada sih tetangga yg doktor universitas udah pensiun belum 10 tahun tapi sering pikun, malah ngakuin sendiri.
profile-picture
profile-picture
c2tama dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tumben banget sepi 😭
profile-picture
awalludin.salam memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ane coba persiapkan dulu.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Quote:



Ane bantu jadikan hot thread ya, biar rame.

emoticon-sundulganoli
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dimensia? Seperti nama prosesor hape....
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yang paling ditakuti kalau berumur panjang, kasihan keluarga dekat...
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kayak yg di film still alice ya.
Beda sama pikun, demensia ini bukan lupa tentang memori, tapi berkurangnya kemampuan berpikir kognitif. Kalo ga kuat tanganin manula yg demensia, lebih baik serahkan ke yg ahli daripada stress.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
keadaan yg lebih buruk dari kematian itu hidup umur panjang tapi dalam kedaan tua tak berdaya, dimensia pula emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
online.addict dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Masih di persiapkan nih...
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Banyakin baca buku, main games, dan olahraga emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
online.addict dan serbaserbi.com memberi reputasi
Kalau lupa bayar cicilan dan kreditan termasuk demensia ?
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane sebelom tidur dan bangun tidur maen sudoku gan..

emoticon-Cool
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
asli gan. gua masih muda juga ngerasa udah banyak lupa banget dah. gmna cara cegahnya ya? emoticon-Bingung
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Olahraganya bukan sekedar olahraga aja Gaan, harus yang berkaitan sama daya ingat, konsentrasi dan koordinasi tubuh seperti ngapalin choreo alias menari Gansist. Beneran deh, ane banyak temen senam udah tua² masi pada tajem ingetan dan berpikirnya gara2 konsisten joged. Kalo lutut dna persendian udah sakit, narinya yang santai aja kayak Line Dance, tapi itu asli susaaah bgt ane yang muda aja kalah sama mereka.

10 Alasan Agan & Aganwati Harus Joged Mulai Sekarang! 💃

Btw heeh bener harus rajin baca (dan menulis), Stephen King bilang ketakutan terbesarnya saat ini karena udah tua adalah demensia dan alzheimer. Untuk itu beliau tetep rajin baca tulis, masi produktif banget bikin 2 buku setaun. Ah keren pokoknya idolaku emoticon-Matabelo
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Diubah oleh online.addict
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu alm. kakek aku suka ngisi tts. dan memang gak pikun sampai meninggal usia 85th
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di