KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627b19849a302e000706c10d/sejarah-sandwich-dan-berbagai-variasinya-raburandom

Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom

Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom


Apa itu sandwich?

Menurut kamus Merriam-Webster, sandwich adalah dua potong roti atau lebih, atau roti gulung dengan isian di antaranya. Sedangkan menurut Wikipedia, sandwich adalah sejenis makanan yang biasanya terdiri dari sayuran, irisan keju atau daging, yang diletakkan di atas atau diantara irisan roti. Atau secara umum, sandwich adalah semua jenis makanan dimana roti berfungsi sebagai wadah atau pembungkus untuk jenis makanan lainnya.

Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom

Istilah sandwich berasal dari gelar seorang bangsawan Inggris abad ke 18 yang bernama John Montagu yang merupakan 4th Earl of Sandwich. Muncul sebuah kabar bahwa John memerintahkan pelayannya untuk membawakannya daging yang diselipkan diantara dua potong roti. John dikatakan menyukai bentuk makanan tersebut agar memungkinkan dia untuk terus bermain kartu sambil mengkonsumsi makanan tanpa perlu menggunakan alat makan, dan tanpa perlu membuat kartu-kartu yang sedang dimainkannya menjadi berminyak karena memakan daging dengan tangan kosong.

Definisi untuk kata sandwich sendiri cukup bervariasi. Dalam bahasa Inggris British, kata sandwich memiliki pengertian yang lebih sempit dimana jenis roti yang harus digunakan adalah jenis roti potong. Sedangkan dalam bahasa Inggris Amerika, kata sandwich memiliki pengertian yang lebih luas, termasuk isian apapun di antara dua potong roti yang digunakan.

Dari pengertian menurut kamus Merriam-Webster dan Wikipedia, sudah bisa dipastikan bahwa sandwich adalah roti dengan isian sayuran, daging, atau keju di dalamnya, atau dengan isian lainnya. Namun, tidak ada penjelasan atau kriteria khusus yang disebutkan tentang jenis roti tertentu yang harus digunakan untuk membuat sandwich. Ini berarti, roti jenis apapun seperti roti tawar, burger bun, baguette, hotdog bun, atau bahkan croissant pun bisa dijadikan sebagai sandwich. Yang menjadi perbedaan hanyalah bentuk dan jenis roti yang digunakannya itu sendiri.

Sepertinya masih banyak orang yang memiliki mindset bahwa sandwich harus menggunakan roti tawar. Jika menggunakan roti jenis lain, maka tidak akan disebut sandwich. Sekarang ini, roti yang digunakan untuk membuat sandwich tidak harus selalu menggunakan jenis roti tawar. Namun, bisa menggunakan jenis roti yang lain, bahkan bisa menggunakan bahan selain roti, seperti nasi, waffle, atau tortilla.

Dan berikut, saya akan membagikan beberapa resep variasi dari sandwich beserta dengan cara membuatnya.

**************************************

Quote:


Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom


Chicken Sandwich pertama dipercaya ditemukan pada tahun 1946. Seorang pemilik restoran di Atlanta yang bernama Truett Cathy, mencoba untuk membuat menu alternatif dari hamburger, dengan meletakkan sepotong ayam fillet di dalam roti, dan memberinya nama Chick-Fil-A. Saat ini, salah satu gerai makanan cepat saji yang terkenal mengklaim bahwa merekalah yang menemukan Chicken Sandwich pertama kali. Namun, klaim tersebut ditolak oleh kebanyakan orang sebagai sebuah taktik pemasaran. Karena Truett Cathy yang merupakan pendiri gerai makanan cepat saji yang bernama Chick-Fil-A, justru dia sendirilah yang pertama kali membuat Chicken Sandwich sebelum salah satu gerai makanan cepat saji yang terkenal tersebut ada.

Walaupun menggunakan burger bun, namun yang paling penting, jenis sandwich ini menggunakan daging ayam tanpa tulang yang pengolahannya seperti dalam video demo ini. Dan bahan-bahan, serta cara pembuatannya adalah dengan sebagai berikut,

Bahan-bahan :

- Burger bun
- Daging paha ayam tanpa tulang
- Cajun bubuk
- Paprika bubuk
- Bawang putih bubuk
- Bawang bombay bubuk
- Merica bubuk
- Garam
- Tepung terigu
- Tepung maizena
- Kaldu bubuk
- Telur
- Susu
- Air lemon
- Mayonaise
- Tomat
- Keju lembaran

Cara pembuatan :

- Marinasi daging ayam paha tanpa tulang dengan cajun bubuk, paprika bubuk, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, merica bubuk, dan garam, selama kurang lebih 30 menit.

- Campur tepung terigu, tepung maizena dan kaldu bubuk, kemudian sisihkan.

- Campur telur, susu, dan air lemon, kemudian sisihkan.

- Balurkan daging ayam yang sudah dimarinasi kedalam campuran tepung, kemudian celupkan kedalam campuran telur, balurkan kembali kedalam campuran tepung, kemudian goreng hingga matang.

- Olesi kedua belah burger bun dengan mayonaise, kemudian susun daun selada, ayam goreng tepung, irisan tomat, keju lembaran, dan kemudian ditutup dengan burger bun bagian atas.

**************************************

Quote:


Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom


Jika memasukkan keyword rice sandwich di situs pencarian, maka yang akan muncul adalah Onigirazu. Berdasarkan definisinya, sandwich memang menggunakan unsur roti sebagai bahan utamanya. Namun, hal yang bernama kreativitas tidak akan muncul terbatas.

Istilah Onigirazu muncul pertama kali dalam sebuah komik Jepang yang populer pada tahun 1990 yang berjudul Cooking Papa. Komik tersebut menceritakan tentang seorang karyawan kantoran yang ternyata adalah tukang masak yang hebat dan sangat menyukai kegiatan memasak makanan untuk dirinya dan keluarga. Papa menciptakan Onigirazu versinya, yang membutuhkan waktu persiapan kurang dari lima menit. Dia meletakkan nasi di atas nori, kemudian dia menumpuk berbagai macam isian, membungkusnya dengan nori yang berada di lapisan paling bawah, dan memotongnya menjadi dua bagian. Sehingga bentuknya terlihat seperti sandwich.

Variasi Onigirazu yang paling mudah bisa dilihat dalam video demo ini. Bahan-bahan dan cara pembuatannya adalah dengan sebagai berikut,

Bahan-bahan :

- Nori
- Nasi
- Spam
- Telur
- Wortel
- Daun selada
- Keju lembaran
- Garam

Cara membuat :

- Potong wortel seukuran korek api, kemudian ditumis hingga matang, dan beri sedikit garam. Sisihkan.

- Ceplok telur, kemudian sisihkan.

- Potong spam secara melebar setebal 1cm, kemudian digoreng dengan menggunakan sedikit minyak hingga matang, dan sisihkan.

- Gelar plastic wrap di atas meja, dan simpan selembar nori di atasnya. Beri nasi yang diratakan dengan bentuk kotak seukuran keju lembaran di bagian tengah nori. Kemudian susun spam, telur ceplok, keju lembaran, daun selada, tumisan wortel, dan ditutup dengan nasi dengan bentuk dan ukuran yang sama seperti nasi di lapisan paling bawah.

- Bungkus isian sandwich tersebut dengan melipat keempat sisi bagian nori, dan kemudian bungkus dengan plastic wrap agar bisa berbentuk kotak sempurna dan tidak berantakan. Kemudian potong di bagian tengahnya menjadi dua bagian.

**************************************

Quote:


Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom


Dari namanya, menu sandwich ini memang menggunakan adonan waffle. Namun, untuk isiannya sendiri justru tidak menggunakan bahan daging kerbau sama sekali.

Pada awalnya, muncul sebuah konsep memasak sayap ayam dengan menggunakan saos yang sangat pedas. Konsep tersebut dilakukan disebuah bar yang bernama Anchor Bar yang terletak di kota Buffalo, New York, pada tahun 1964. Pemiliknya yang bernama Teressa Bellissimo menggoreng sayap ayam dan mencampurkannya dengan saos pedas, serta menyajikannya sebagai cemilan bagi anak laki-lakinya. Keesokan harinya, menu yang diberi nama Buffalo Chicken Wings tersebut masuk ke dalam daftar menu di barnya, dan menjadi menu yang populer diseluruh dunia.

Sedangkan Buffalo Chicken Sandwich sendiri diciptakan sekitar 30 tahun lalu oleh Mike Hoak yang merupakan mantan pemilik Hoak’s Lakeshore Restaurant, dan Mike Buntich yang merupakan mantan tukang masak di restoran tersebut.

Mengapa jenis sandwich ini dinamakan Buffalo Chicken Waffle Sandwich?

Mungkin karena jenis sandwich ini merupakan kombinasi antara konsep ayam fillet yang diolah seperti Buffalo Chicken Wings, yang diletakkan diantara waffle, dan diberi semacam salad di atasnya seperti yang ditunjukkan dalam video demo ini. Dan bahan-bahan, serta cara pembuatannya adalah dengan sebagai berikut,

Bahan-bahan :

- Daging ayam fillet
- Tepung terigu
- Telur
- Tepung roti
- Adonan waffle siap pakai
- Baby carrot
- Batang seledri
- Mayonaise
- Bleu cheese
- Buffalo Wings Sauce
- Daun lokio

Cara pembuatan :

- Taburi daging ayam fillet dengan tepung terigu, celupkan kedalam telur yang dikocok, dan taburi dengan tepung roti. Goreng hingga matang, dan sisihkan.

- Campur bahan adonan waffle siap pakai, dan panggang adonan tersebut dengan alat pemanggang waffle.

- Potong baby carrot dan batang seledri dalam bentuk dadu. Campurkan dengan mayonaise dan bleu cheese, atau bisa menggunakan salad dressing lainnya.

- Siapkan waffle yang sudah dipanggang, letakkan daging ayam goreng tepung yang sudah dicelupkan kedalam Buffalo Wings Sauce sebelumnya di bagian tengah, dan kemudian beri campuran salad baby carrot dan batang seledri di atasnya. Lalu taburi dengan sedikit daun lokio.

**************************************

Quote:


Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom


Tortilla merupakan jenis roti yang berbentuk bulat, tipis, dan pipih, yang dibuat dari jagung dan tidak menggunakan ragi. Makanan khas Meksiko tersebut pertama kali dibuat oleh orang-orang di wilayah Oaxaca di akhir Tahap Villa (1500-500 SM), sedangkan mesin pembuat tortilla itu sendiri ditemukan pada awal abad ke 19. Dari jenis roti tortilla tersebut, bisa dibuat berbagai macam menu makanan Meksiko yang diantaranya adalah Enchiladas, Quesadillas, dan Tacos.

Dan salah satunya bisa dibuat menjadi menu Salad Tortilla Sandwich seperti dalam video demo ini, yang merupakan kreasi di salah satu aplikasi resep kuliner Indonesia. Bahan-bahan dan cara pembuatannya adalah dengan sebagai berikut,

Bahan-bahan :

- Tortilla
- Tomat
- Daun selada
- Keju mozarella
- Smoked beef
- Saos barbeque
- Mentega

Cara membuat :

- Gunting tortilla seperti dalam video demo.

- Tata irisan tomat, daun selada, keju mozarella parut, dan smoked beef, secara melingkar mengikuti bentuk tortilla. Dan olesi smoked beef dengan saos barbeque di atasnya. Kemudian lipat tortilla dan isiannya hingga membentuk segitiga siku-siku.

- Olesi grill pan dengan mentega, kemudian panggang tortilla isi tersebut hingga berwarna kecoklatan.

**************************************

Quote:


Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom


Secara umum, kata bánh mì berarti berbagai jenis roti. Namun secara khusus, kata tersebut merujuk pada roti jenis baguette Vietnam yang cenderung berukuran pendek, dengan lapisan luar yang tipis dan renyah, serta tekstur yang lembut dan berongga di bagian dalam. Atau, kata tersebut juga bisa merujuk pada jenis sandwich yang dibuat dari jenis roti tersebut. Dan roti baguette itu sendiri diperkenalkan oleh orang-orang Prancis pada tahun 1860an ketika mereka memulai bentuk imperialisme mereka di Vietnam.

Jenis Vietnamese Sandwich sendiri muncul ketika orang-orang Vietnam selatan berpikir untuk mengkombinasikan roti baguette Prancis dengan budaya kuliner Vietnam. Termasuk menambahkan daging babi panggang yang berasal dari daratan China yang dinamakan char siu, atau dalam bahasa Vietnam disebut dengan xá xíu. Oleh karena itu, Bánh Mì Xá Xíu merupakan variasi bánh mì yang paling populer. Atau untuk sebagian masyarakat muslim, daging babi panggang bisa diganti dengan daging ayam panggang seperti yang digunakan dalam video demo ini.

Untuk bánh mì ayam panggang, bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya adalah dengan sebagai berikut,

Bahan-bahan :

- Lobak
- Wortel
- Garam
- Gula
- Cuka
- Daging paha ayam tanpa tulang
- Bawang putih
- Chinese five star
- Saos tomat
- Saos hoisin
- Kecap asin
- Madu
- Minyak wijen
- Mayonaise
- Maggie Seasoning Sauce
- Mentimun
- Jalapeno
- Cilantro

Cara membuat :

- Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat acar. Potong lobak dan wortel seukuran jari kelingking, namun lebih kecil. Taburi dengan garam, aduk rata, dan biarkan hingga air keluar dari lobak dan wortel tersebut. Jika lobak dan wortel tidak putus ketika sedikit ditekuk, itu berarti sudah bisa digunakan.

Lobak dan wortel kemudian dicuci bersih. Larutkan gula dalam air matang, dan beri sedikit cuka. Campurkan potongan lobak dan wortel kedalam larutan gula dan cuka tersebut. Kemudian masukkan kedalam toples kaca, dan simpan di dalam kulkas untuk jangka waktu yang lama.

- Langkah kedua adalah membuat ayam char siu dengan menggunakan daging ayam bagian paha tanpa tulang. Daging ayam tersebut harus dipipihkan terlebih dulu. Dan kemudian dimarinasi dengan menggunakan bawang putih cincang, bubuk five star, saos tomat, saos hoisin, kecap asin, madu, dan minyak wijen. Setelah selesai dimarinasi selama kurang lebih 30 menit, daging ayam tersebut kemudian dipanggang hingga matang, dan sisihkan.

- Roti baguette yang akan digunakan dipanggang sebentar, kemudian dipotong dari bagian samping, dan jangan sampai terputus. Olesi bagian dalam roti dengan mayonaise dan beri beberapa tetes Maggie Seasoning Sauce. Kemudian beri daging ayam panggang yang telah diiris tipis di bagian dasar, acar lobak dan wortel, irisan mentimun, irisan jalapeno, dan cilantro.

**************************************

Sekian, terimakasih, dan selamat mencoba.

*
*
*
*
*

sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5, sumber 6, sumber 7, sumber 8, sumber 9, sumber 10, sumber 11, sumber 12

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gunturmustanir dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Quote:
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Numpang lapak gan, untuk kalian yg ingin praktis mengkonsumsi almond, saat ini sudah tersedia produk susu almon beserta produk olahan almond lainnya. Cocok untuk kalian yg sedang melakukan diet, pola hidup sehat, ataupun dijadikan hidangan pelengkap. Dari pada basa-basi klik dibawah ini ya...

Spoiler for Produk Almond:
Vietnamese sandwich emang enak banget, beda dengan sandwich² yg lainnya
Post ini telah dihapus
Sekarang HT pada sepi ya
Ini belum masuk ganSejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karena ane berkecimpung di dunia konstruksi, tentunya ane sangat familiar dengan yang namanya "sandwich" panel, emoticon-Traveller
Gw hampir tiap hari makan sandwich tapi. Sandwich ala belanda sebagai pengantinya nasduk, itu roti, telor mata, lada putih sedikit,smoke beef dan tomat diiris. Kalo ngk telor mata sapi,lada putih,keju kraft ditambah tomat diiris.
Lumayan juga krn gw turun berat badan 3kg..🤣
Mantaap, nice share emoticon-Toast

Yang kek gini oke banget dah. emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Ht pada gak jelas. Bisa sesuka hati saja emoticon-Hammer2Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom
Uuu ini enak banget gan
Sejarah Sandwich dan Berbagai Variasinya #RabuRandom
profile-picture
njir memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sandwich pake waffle? aliran mana lagi ini emoticon-Hammer2
Trit bikin laper emoticon-Hammer2
jarang makan yang model beginian.....bagi saya masih terasa mahal di kantong sih.
ane jadi laper pagi2 baca ginian, nice info gan emoticon-Sundul Up
profile-picture
badbironk memberi reputasi
Pengetahuan baru ini gab. Makasih loh gab. 😁
lebih seneng edisi rabu random...

emoticon-Big Grin
Sandwich isi bacon, maknyussemoticon-Kaskus Radio
Buffalo Chicken Waffle Sandwich ccok ni buat sarapan..
Burger kalo disini
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di