KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Bedah Eksistensi Multiverse Dalam Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627a3dc879dd7c784f1f0462/bedah-eksistensi-multiverse-dalam-film-doctor-strange-in-the-multiverse-of-madness

Bedah Eksistensi Multiverse Dalam Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Bedah Eksistensi Multiverse Dalam Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Gambar 01:Poster Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Sumber Gambar:www.sambadenglish.com

Pekan pertama bulan Mei 2022, dunia sedang hype film produksi Marvel Studios yang berjudul “Doctor Strange in the Multiverse of Madness”. Film yang didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures tersebut, diangkat berdasarkan karakter komik Marvel, yakni ‘Doctor Strange’, yang pembangunan cerita dasarnya disesuaikan dengan alur Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini rilis tanggal 5 Mei 2022 di Indonesia dan sehari berikutnya, yakni tanggal 6 Mei 2022, baru rilis di negeri asalnya, Amerika Serikat. Film ini disutradarai oleh Sam Raimi (63 tahun) [yang sebelumnya juga telah sukses menyutradarai trilogi film Spider-Man (2002, 2004 dan 2007)] dan dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Stephen Strange, bersama Elizabeth Olsen (sebagai Wanda Maximoff-Scarlet Witch), Chiwetel Ejiofor (sebagai Baron Mordo), Benedict Wong (sebagai Master Wong), Xochitl Gomez (sebagai America Chavez), Michael Stuhlbarg (sebagai Nicodemus West), dan Rachel McAdams (sebagai Dr. Christine Palmer) [1].

Hebatnya film ini telah berhasil meraup 27,2 juta dolar AS atau Rp 393 miliar pada hari pertama perilisannya secara internasional. Film terbaru dari Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebut telah diputar di 20 negara termasuk Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Korea Selatan pada hari Rabu tanggal 4 Mei 2022. Di antara pasar utama pada tanggal tersebut, Korea Selatan memimpin dengan pemasukan 5,9 juta dolar, diikuti oleh Jepang (3,8 juta dolar), Prancis (3 juta dolar), Italia (2,2 juta dolar), Jerman (1,8 juta dolar), Malaysia (1,6 juta dolar) dan Thailand (1,2 juta dolar) [2]. Pemasukan yang luar biasa tersebut menandakan animo penonton yang tinggi. Walau tak sedikit juga yang kecewa karena durasi waktu, porsi peran tokoh yang tak sebanding dan juga terlalu tingginya ekspetasi penggemar pada film ini.

1. APA ITU MULTISEMESTA/DUNIA PARALEL?

Bedah Eksistensi Multiverse Dalam Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Gambar 02:Ilustrasi Multisemesta atau Dunia Paralel

Sumber Gambar:www.livescience.com

Dalam thread ini, kami tidak akan membahas spoiler atau alur cerita film ini (lagipula sudah banyak yang membahasnya), kami hanya menekankan pembahasan pada satu aspek penting yang disajikan dalam film ini yakni “MULTIVERSE”. Multiverse dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai “MULTISEMESTA” (semesta yang jumlahnya lebih dari satu) atau lebih mudahnya kita terjemahkan saja sebagai “DUNIA PARALEL”.

Dunia paralel adalah dunia yang tercipta saat suatu peristiwa terjadi, dimana dia merupakan lawan dari peristiwa itu. Jadi, berdasarkan teori dunia paralel adalah dunia dimana tidak terbatasnya jagat raya yang memberikan kemungkinan adanya alam semesta lain. Maka, bukan tidak mungkin selain di galaksi yang kita tinggali ada kehidupan yang juga sedang berlangsung. Kita ambil contoh, ketika seseorang, sebut saja Abdi yang sedang dihadapkan pada suatu pilihan dan mengharuskan dia memilih antara A, B, C, D, atau E, maka akan terciptalah Abdi di dunia lain dengan masing-masing pilihan yang berbeda. Pada dunia pertama Abdi memilih A, pada dunia kedua dia memilih B, dan juga seterusnya sampai pilihan E. Selain itu muncul juga dunia dimana Abdi memutuskan untuk tidak memilih apa-apa. Tidak hanya pada Abdi, hal ini juga berlaku untuk setiap manusia maka jumlah dunia paralel yang ada bisa dihitung, yaitu jumlah manusia yang ada di muka bumi dikali jumlah pilihan-pilihan yang ada di tiap detik kehidupan tiap individu [3].

2. TEORI TERJADINYA MULTISEMESTA/DUNIA PARALEL

Bedah Eksistensi Multiverse Dalam Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Gambar 03:Ilustrasi Keberadaan Multisemesta atau Dunia Paralel
Berdasarkan The Bubble Theory

Sumber Gambar:www.sciencenews.org

Keberadaan Multisemesta atau Dunia Paralel, oleh para ahli fisikawan dan kosmolog (salah satunya Alexander Vilenkindari Tufts University, Amerika) dijelaskan dengan “The Bubble Theory” (Teori Gelembung Multisemesta) [4] [5] [6] [7]. Dikatakan bahwa jutaan tahun yang lalu ketika ‘Big Bang’ terjadi dan membentuk alam semesta kita ini, pembentukan itu tidak tunggal tetapi jamak (multi). Alam-alam semesta itu diibaratkan berada pada suatu “gelembung” dan gelembung-gelembung itu pada saat Big Bang terjadi, terus menerus menggandakan dirinya. Jika salah satu gelembung-gelembung itu berhenti berkembang, maka ditempat lainnya, gelembung baru terbentuk kembali dan berkembang lagi.

Antar satu gelembung semesta dengan gelembung semesta lain sulit bertemu, sebab kecepatan pengembangan gelembung itu lebih cepat dari kecepatan cahaya. Sehingga dapat diasumsikan bahwa terdapat jutaan, bakan mungkin miliaran semesta yang terjadi dalam proses itu. Itu artinya beradasarkan teori ini, kita mungkin tinggal di sebuah lautan alam semesta, seperti sebuah gelembung yang mengapung di samudera gelembung. Dan satu gelembung itu saja, terdiri atas banyak semesta (multiverse). Disisi lain, konon satu dunia dengan dunia lainnya, memiliki hukum fisika dan tentu juga hukum-hukum lainnya yang berdiri sendiri-sendiri serta berbeda dengan kita. Tidak heran di salah satu adegan di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, kita bisa melihat bahwa di salah satu universe, terdapat peraturan jika lampu merah pada traffic lampberarti tandanya jalan. Sedangkan lampu hijau berarti berhenti. sangat berbeda dan berkebalikan dengan universe yang saat ini kita tinggali.

3. KEBERADAAN MULTISEMESTA/DUNIA PARALEL

Bedah Eksistensi Multiverse Dalam Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Gambar 04:Ilustrasi Keberadaan Kita di Multisemesta atau Dunia Paralel

Sumber Gambar:www.dictio.id

Pertanyaannya apakah keberadan multisemesta atau dunia paralel itu nyata? Seorang ahli teori Fisika asal Amerika, yakni Profesor Michio Kakudari City University of New York, menjelaskan fenomena multisemesta atau dunia paralel dengan analogi seperti ini: “Bayangkan ikan-ikan yang berenang di kolam dangkal, persis di bawah daun bunga teratai, anggap “alam semesta” mereka hanya dua-dimensi. Dunia tiga-dimensi kita mungkin di luar pengetahuan mereka. Tapi terdapat satu cara agar mereka bisa mendeteksi kehadiran dimensi ketiga. Bila hujan turun, mereka bisa melihat jelas bayangan riak-riak yang menempuh sepanjang permukaan kolam. Demikian halnya, kita tidak bisa melihat dimensi kelima, tapi riak-riak di dimensi kelima terlihat oleh kita sebagai cahaya.” [8]

Artinya, keterbatasan kita baik dari segi teknologi dan kemampuan dirilah yang menjadi penghalang untuk bisa mengamati keberadan multisemesta atau dunia paralel secara empiris. Dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness(2022) beserta film Marvel Studios lainnya yang mengangkat tema “multiverse”, seperti TV series Loki (2021) dan film layar lebar Spider-Man: No Way Home (2021), kita dibantu secara visual untuk memahami multiverse. Digambarkan dalam film-film itu, jika di semesta paralel terdapat diri kita dalam berbagai versi. Misalnya diri kita dalam versi baik, jahat, gender switch (misal, disini kita laki-laki, di dunia paralel kita bergender sebaliknya), hewan, tumbuhan, bahkan ada juga dalam versi kita dalam bentuk benda cair dan versi 2 atau 3 dimensi (seperti film animasi).

Menurut film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, jembatan untuk melihat multisemesta dan dunia paralel dari versi kita yang lain adalah melalui “mimpi”. Seperti yang dikatakan seorang pendeta Katolik Roma Jerman, Paul Leopold Haffner (1887), yang menyebutkan bahwa: “mimpi memiliki keterikatan dengan kesadaran (consciousness) yang dekat sebelumnya” [9]. Itu artinya, mimpi adalah bentuk lain dari ‘kesadaran’ diri kita di dimensi ini, dan boleh jadi ‘kesadaran’ tersebut terhubungan dengan ‘kesadaran’ lain dari diri kita di dimensi lain. Hal ini diperkuat pula oleh pendapat Patrick McNamara, Ph.D.dari Boston University School of Medicine, yang menyebutkan jika kita bermimpi, kita memproyeksikan kesadaran dari diri kita yang lain di dunia paralel, begitu juga sebaliknya kesadaran diri kita di dunia paralel memproyeksikan kesadaran diri kita di dunia ini [10]. Semoga kedepannya, seiring dengan kemajuan IPTEK keberadaan dunia paralel atau multisemesta semakin tersingkap. Semoga !!!

Bedah Eksistensi Multiverse Dalam Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rocket2019
Halaman 1 dari 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di luar debat eksistensi multiverse, kadang ini jadi escape goat buat beberapa orang yang “eksentrik”. Keblinger dengan dunia yang sudah cukup kacau saat ini, manusia dibawa menjelajah dunia paranormal kayak gini. Seperti biasa,pembenaran absolut atas pemikiran diri sendiri.

Emang bener jadinya sih mimpi adalah kunci seperti kata pemusik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oriondesu dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Wah, dunia paralel, rada puyeng ane buat memahaminyaemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Buat yang suka nonton Drakor, inget ga drama Korea yang ada konsep dunia paralel nya salah satu nya The king ethernal monarch, the legend of the blue sea, goblin, hmmm apalagi yaahh.... Hehehe emang dunia paralel ini sangat menarik emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
widiharmo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wallohu a'lam bi showab.......dan Allah subhanahu wa ta'ala yang paling tahu kebenarannya.....jadi disana ada alam manusia, alam jinn, alam malakut, alam ruh, alam kubur, dll yang terdapat di satu alam yakni alam dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elifianita dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
another universe ini bisa memiliki hukum fisika yang sangat berbeda dengan universe yang kita huni.

di universe lain mungkin kita adalah seorang billionaire.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elifianita dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dunia paralel mnurut pakar fisika mmg bs trjd tuk di alama semesta nya planet bumi yg kita huni slama ini, gan.......
profile-picture
profile-picture
elifianita dan rocket2019 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo soal paralel...
...anak elektro udah paham..
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elifianita dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dunia imajinasi orang2 tapir akhirnya berhasil mencuci otak dan keyakinan lalu menghasilkan uang yg banyak

Udah jelas dalam al quran, hidup cuma sekali dan ga ada namanya mesin waktu atau reinkarnasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elifianita dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Di universe lain pasti aku seorang presiden
profile-picture
rocket2019 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Multiverse hanya dihadirkan marvel karena cuan emoticon-Big Grin karena iron man udah mati, cap udah pensiun, ya terus mau bawa siapa lagi emoticon-Big Grin ya gpp sih, namanya hiburan, daripada harus nonton film kkn emoticon-Leh Uga
Berkat multiverse ane bisa lihat tobey jadi spiderman lagi emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngau dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Seandainya multiverse ada dan nyata serta ditemukan cara menjelajahinya, berarti semakin byk manusia yg tak mengikuti agama lagi. Kan agama mengajarkan setelah kematian ada dunia surga dan neraka.
profile-picture
profile-picture
rocket2019 dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
masuk hot tread,,, emoticon-Malu

klo orang luar dah memikirkan multiverse semesta laen, tp klo orang mari mah keknya boro2 de.
profile-picture
profile-picture
rocket2019 dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di dunia marpel
Multipers di buat spy hero2 nya bs di franchise in & kembangin sesuka hati penulisnya / frachiser nya
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocket2019 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bikin musrik percaya beginian emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mending pilih aliran The Matrix aja, lebih simple emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
rocket2019 dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mungkinkah dunia mimpi kita adalah multiverse lain emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
rocket2019 dan candidat.master memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pembahasan yang mendalam
profile-picture
rocket2019 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Berkhayalnya terlalu tinggi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di