- Beranda
- Komunitas
- Regional
- Bromo
Perjalanan #BikinBanggaIndonesia, Begini Serunya Touring Motor di Lautan Pasir Bromo


TS
amdar07
Perjalanan #BikinBanggaIndonesia, Begini Serunya Touring Motor di Lautan Pasir Bromo
#AmdarGanteng




Halo agan dan sista,
Bromo di Jawa Timur mengundang minat banyak setiap harinya. Traveler bisa touring naik motor melewati lautan pasir di sana. Dijamin, tidak kalah seru dengan naik jeep!Banyak orang bermimpi ingin mengunjungi Bromo.
Banyak juga jasa wisata yang menawarkan paket tur untuk para wisatawan, dari harga yang lumayan terjangkau sampai yang mahal.Namun jika ingin menekan biaya dan merasakan sensasi serunya ke Bromo, Anda bisa coba naik motor dari Surabaya. Inilah pengalaman saya ketika mengunjungi Bromo naik motor.
Keterbatasan dana untuk mencapai Bromo menjadi alasan saya memilih naik motor.Dari Surabaya saya berangkat selepas maghrib menuju Cemoro Lawang yang merupakan pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari arah Probolinggo. Jalurnya adalah Jemursari–Ahmad Yani–Waru–Porong–Gempol-Pasuruan-Probolinggo. Di sini merupakan jalan provinsi d imana truk dan bus ukuran besar melintas, sehingga Anda harus berhati-hati dan senantiasa waspada jika ada kendaraan dari arah belakang yang melaju kencang.Ketika melintas di Jalan Probolinggo, nantinya akan ada papan penunjuk arah ke Wisata Gunung Bromo.
Ambillah jalur kanan lalu melalui jalan kampung, hingga nanti akhirnya sampai di Cemoro Lawang. Kemudian bayar tiket masuk Rp 35 ribu per orangnya.Pada saat saya sampai di Kawasan Bromo, jam menunjukkan pukul 23.00 WIB.

sumber
Rasanya ingin menginap di homestay atau penginapan yang murah, sayangnya jika malam susah mendapatkan hal tersebut.Karena saya tidak menemukan penginapan yang murah, jadinya saya hanya beristirahat di sebuah pos di mana banyak kuli bangunan beristirahat. Saya diperkenankan untuk istirahat di pos itu setelah meminta izin dari salah satu kuli bangunan.
Pukul 02.00 WIB saya terbangun karena bunyi desingan mobil hardtop yang membawa wisatawan menuju Pananjakan. Memang jika ingin melihat Bromo secara keseluruhan, Anda harus menuju ke Pananjakan. Setelah mengumpulkan nyawa saya juga beranjak dari tidur, lalu menyalakan motor dan memanaskannya. Barulah memulai perjalanan menuju Pananjakan. Medan yang akan dialui adalah lautan pasir. Karena saya datang pada musim kemarau, pasir begitu menumpuk dan menenggelamkan ban motor saya. Ini adalah hal yang sangat sulit, sehingga sering kali saya harus turun dari motor dan mendorongnya.Selain hal tersebut, tantangan lainnya adalah kita harus berhadapan dengan mobil–mobil hardtop yang melaju dengan kencang, baik di sisi kanan atau kiri.
Medan pasir bukanlah masalah besar bagi mobil hardtop.Ketika hampir sampai melewati lautan pasir, bensin di tangki motor pun menujukkan akan habis. Tak mau ambil resiko kehabisan bensin di tengah jalan, saya terpaksa membeli bensin yang harganya 2 kali lipat dari harga SPBU. Tapi tetap masih beruntung karena masih ada yang jualan bensin di lautan pasir itu. Selepas lautan pasir kita akan melewati tanjakan berliku yang sangat tajam. Karena saya menggunakan matic, saya harus siap–siap mengambil ancang–ancang ketika akan berhadapan dengan tanjakan.Terkadang motor saya tidak kuat, hingga saya harus turun dan mendorongnya. Yang lebih sial lagi Vbelt motor usinya sudah lama. Karena dipaksa berjalan di lautan pasir dan tanjakan dia menjadi hangus. Bau karet terbakar singgah di hidung saya, sehingga membuat saya harus realistis untuk mendinginkan motor saya terlebih dahulu.Akhirnya setelah melewati rintangan tersebut, sampailah saya di Pananjakan. Walau matahari terbit sudah usai, namun tidak mengecewakan hati ini untuk tetap bersyukur, dapat melihat pemandangan alam Indonesia yang cantik ini.

sumber
Biar makin nyaman jalan-jalan naik motor di Bromo, ane saranin gunakan oli mesin yang dapat menjaga mesin tetap dingin dan nyaman meski digunakan seharian full motornya. Nah semua itu ada di Oli Federal Matic 30 10W-30, karena oli mesin ini mengandung:
+ Active Cleansing Molecule, menjaga kebersihan mesin dan memperpanjang daya tahan mesin.
+ Advanced Active Moly, mengurangi gesekan untuk menjaga mesin tetap stabil.
+ Heat Protection Formulation, menjaga suhu mesin tetap stabil meski dalam kecepatan tinggi.
+ Wear Protection Technology, menjaga keausan mesin agar usia pakai lebih panjang.

Mudah-mudahan thread ane bermanfaat yaaa. Kalau kalian punya pengalaman juga soal Bromo, bagikan aja dikolom komentar.
Thanks and see you next thread GanSist.
0
295
1


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan