KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/622804f49a7ad27cb0146ec3/mengenal-berbagai-personalitas-mbti-raburandom

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom


Apa itu MBTI?

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator, merupakan sebuah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi dasar murni psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Secara garis besar, psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang.

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

MBTI didasarkan dari teori tipologi yang diusulkan oleh Carl Gustav Jung dalam bukunya yang berjudul "Psychological Type" yang diterbitkan pada tahun 1921. Dalam bukunya, Jung berteori bahwa ada empat fungsi psikologis utama yang digunakan manusia dalam menjalani kehidupan, yaitu sensasi (sensation), intuisi (intuition), perasaan (feeling), dan pemikiran (thinking).

MBTI kemudian dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan puterinya, Isabel Briggs Myers sejak Perang Dunia II (1939-1945). Mereka percaya bahwa pengetahuan akan kepribadian dapat membantu perempuan yang akan memasuki dunia kerja di bidang industri. Setelah mengalami pengembangan, akhirnya tes MBTI ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1962.

Dalam mengembangkan MBTI, Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers membahas dua tujuan terkait dalam perkembangan dan penerapan instrumen MBTI, yaitu identifikasi dari dasar preferensi yang tersirat dalam teori Carl Gustav Jung, serta identifikasi dan deskripsi dari 16 tipe kepribadian yang merupakan hasil dari interaksi dan preferensi.

Dalam tes MBTI, ada empat dimensi kecenderungan sifat dasar manusia, yaitu :

1. Dimensi pemusatan perhatian :
Introversion/Introvert (I) vs. Extroversion/Extrovert (E)

2. Dimensi memahami informasi dari luar :
Sensing (S) vs. Intuition (In)

3. Dimensi menarik kesimpulan dan keputusan :
Thinking (T) vs. Feeling (F)

4. Dimensi pola hidup :
Judging (J) vs. Perceiving (P)

Kombinasi dari keempat dimensi dasar tersebut menghasilkan 16 tipe kepribadian, yaitu ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, dan ENTJ.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Perencana yang baik

ISTJ umumnya adalah sosok yang sangat teliti, terorganisir, dan terstruktur. Oleh sebab itu, ISTJ sangat suka membuat rencana untuk setiap hal dalam hidupnya. Namun, karena terlalu teroganisir ISTJ cenderung akan kesulitan untuk menerima perubahan jika terdapat hal yang berbeda dari rencananya. Dan hal tersebut akan bisa membuatnya stres.

2. Bertanggung jawab

ISTJ selalu bekerja keras untuk menyelesaikan tugas atau kewajiban yang diberikan kepadanya. Dia juga selalu berusaha untuk menepati setiap perkataan atau janji yang ia utarakan kepada orang lain. Oleh sebab itu, dia dikenal sebagai sosok yang dapat diandalkan dan dipercaya oleh orang-orang di sekelilingnya.

3. Logis

ISTJ merupakan sosok yang sangat logis. Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya untuk mengambil keputusan, ISTJ mampu mengesampingkan perasaannya, sehingga dia bisa memutuskan dengan sangat objektif dan realistis. Jika ISTJ mendapat pengalaman atau informasi baru, dia akan membandingkan hal tersebut dengan apa yang sudah dia ketahui sebelumnya. Dengan begitu, dia bisa membuat prediksi dan rencana yang lebih baik untuk masa depannya.

4. Kaku dan keras kepala

ISTJ dikenal sebagai sosok yang kaku dan keras kepala. Dia cenderung memiliki kesulitan untuk menerima ide baru yang tidak sesuai dengan fakta yang diketahuinya. Akibat sifatnya tersebut, dia dapat melewatkan berbagai hal atau ide baru yang mungkin sebenarnya baik untuk dirinya.

Quote:

- Realistis
- Objektif
- Rasional
- Logis
- Tertib
- Terorganisir
- Sangat detail

Quote:

- Kaku
- Tidak peka
- Keras kepala
- Sulit menerima perubahan
- Cenderung judgemental

Quote:

ISTJ umumnya bisa bekerja dengan sangat baik pada pekerjaan yang memiliki jadwal, rutinitas, dan tugas yang jelas. ISTJ cocok untuk pekerjaan yang melibatkan struktur, perencanaan, dan perhatian terhadap berbagai detail penting. ISTJ juga lebih suka bekerja dalam lingkungan kerja yang stabil dan individualis.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ISTJ adalah :
Polisi, Tentara, Detektif, Dokter, Akuntan, Programmer, Pustakawan, Pengacara, Pilot, Hakim, dan Ahli statistik.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Terstruktur

ISFJ adalah orang yang sangat rapi, terstruktur, dan tertib pada setiap hal dalam kehidupannya. Dia juga pribadi yang teliti, serius, bertanggung jawab, dan suka bekerja keras. Berkat karakternya ini, ISFJ sangat pandai dalam membuat rencana untuk masa depan. Ketika dia mendapatkan informasi dan pengalaman baru, dia akan mencari koneksi dan kesamaan antara satu informasi dengan informasi lainnya, untuk menemukan pola-pola baru. Karena dia sangat suka melihat segala sesuatu dengan gambaran besar yang menyeluruh.

2. Peka terhadap perasaan orang lain

Meski cenderung pendiam, ISFJ adalah sosok pengamat yang baik. Dia juga pandai mengingat detail-detail penting yang ada pada orang lain. Hal tersebut membuat ISFJ sangat peka terhadap emosi dan perasaan orang lain. ISFJ umumnya selalu berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan orang lain, walau terkadang dia harus mengorbankan keinginannya sendiri demi memastikan orang lain bahagia.

3. Cenderung tertutup

Kendati sangat peka terhadap perasaan orang lain, ISFJ kerap kali kesulitan untuk mengekspresikan perasaannya sendiri. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, ISFJ akan cenderung memendam emosi dan masalahnya daripada harus menceritakannya kepada orang lain, karena dia tidak ingin membebani orang lain dengan masalah yang sedang dihadapinya.

4. Menyukai fakta

ISFJ umumnya lebih menyukai fakta yang konkret daripada teori yang abstrak. Artinya, dia akan percaya pada suatu hal jika sudah pernah melakukan atau mengalaminya sendiri. Ketika ISFJ dihadapkan pada suatu situasi yang mengharuskannya untuk membuat keputusan, dia akan menggunakan informasi berdasarkan pengalamannya dimasa lalu untuk mencanangkan sebuah tindakan, serta memprediksi hasil dan akibat dari pilihan tersebut.

5. Sulit menerima perubahan

ISFJ adalah individu yang sangat terstruktur. Hal tersebut membuatnya sulit untuk menerima perubahan ketika ada suatu hal yang berbeda dari rencananya. Namun, bukan berarti ISFJ tidak bisa berubah sama sekali. Dia hanya perlu waktu lebih banyak untuk berpikir, bersiap, dan beradaptasi pada perubahan tersebut.

Quote:

- Peka
- Detail
- Setia
- Suportif
- Kooperatif
- Pekerja keras
- Dapat diandalkan
- Memiliki empati yang tinggi

Quote:

- Kaku
- Pemalu
- Menghindari konfrontasi
- Tidak suka perubahan
- Kurang berani mengambil resiko
- Terlalu mementingkan perasaan orang lain

Quote:

ISFJ cocok untuk pekerjaan yang melibatkan perencanaan jangka panjang, struktur, dan perhatian terhadap detail-detail penting. ISFJ suka berada pada lingkungan kerja yang stabil dengan rekan kerja yang saling peduli dan mendukung satu sama lain. ISFJ umumnya dihargai di tempatnya bekerja, karena ISFJ memiliki keterampilan, kemampuan, dan komitmen yang tinggi dalam pekerjaannya.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ISFJ adalah :
Pekerja sosial, Konselor, Psikolog, Perawat, Manajer, Administrator, Guru, Bankir, dan Akuntan.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Idealis

Idealis adalah salah satu karakteristik INFJ yang paling menonjol. Umumnya dia memiliki keyakinan atau kepercayaan yang benar-benar dia pegang dengan teguh. Selain itu, dia biasanya juga memiliki mimpi untuk mengubah dunia menjadi apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan idealismenya. INFJ umumnya pandai mengkomunikasikan dan mampu mewujudkan idealismenya menjadi suatu tindakan yang nyata.

2. Berempati tinggi

INFJ biasanya juga memiliki empati yang sangat tinggi. Pasalnya, dia memiliki intuisi yang kuat dan kemampuan untuk melihat inti permasalahan dari banyak hal yang ditemuinya. Maka dari itu, dia sangat pandai memahami motivasi, perasaan, dan kebutuhan orang lain, walaupun orang tersebut tidak mengatakan hal yang sebenarnya.

3. Suka menolong

INFJ umumnya sangat senang menolong orang lain. Menurutnya, menolong orang lain adalah salah satu cara yang bisa dia lakukan untuk mencapai idealismenya, yakni membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang. Selain itu, membantu orang lain juga dia lakukan untuk membentuk hubungan yang kuat dan bermakna dengan orang-orang di sekitarnya.
Namun, INFJ tetap membutuhkan waktu untuk dia mengisi kembali energinya, karena pada dasarnya, INFJ adalah seorang yang introvert.

4. Terorganisir

Sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu, INFJ sangat suka membuat perencanaan, agar semua hal dalam hidupnya bisa berjalan sesuai dengan keinginan dan harapannya. Namun, karena terlalu terorganisir, INFJ cenderung kaku dan tidak menyukai perubahan, apalagi perubahan yang terjadi didetik-detik akhir perencanaannya.

5. Cenderung tertutup

Walaupun memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memahami perasaan orang lain, INFJ biasanya cenderung tertutup dan tidak suka membicarakan perasaannya sendiri. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, INFJ biasanya akan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, karena dia tidak ingin membebani orang lain. Padahal hal tersebut justru bisa membuatnya kewalahan dan menimbulkan jarak antara dirinya dengan orang-orang di sekitarnya.

Quote:

- Artistik
- Kreatif
- Setia
- Pendengar yabg baik
- Berorientasi pada masa depan
- Peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain
- Senang membangun hubungan yang dekat dan mendalam
- Senang memikirkan arti hidup

Quote:

- Cenderung tertutup
- Kaku
- Keras kepala
- Sangat sensitif
- Sangat perfeksionis
- Tidak suka konfrontasi

Quote:

INFJ adalah orang yang sangat kreatif dengan kemampuan komunikasi yang sangat kuat, baik lisan dan tertulis. Dia juga mau terus belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manusia dan seni. INFJ akan bekerja dengan maksimal di lingkungan yang positif, ramah, dan fleksibel. Dia sangat cocok berkarir dibidang dimana dia bisa mengekspresikan dan mengeksplor kreatifitasnya, sekaligus mencapai idealismenya untuk membuat perubahan yang berarti di dunia.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk INFJ adalah :
Seniman, Penulis, Aktor, Pengusaha, Pemusik, Fotografer, Konselor, Psikolog, Sukarelawan, Guru, Desainer, Arsitek, dan Pemuka agama.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Penyendiri

INTJ adalah seorang introvert, dia lebih senang menghabiskan waktu seorang diri daripada bersama orang lain. Kendati demikian, bukan berarti INTJ tidak suka bersosialisasi sama sekali. Hanya saja, dia lebih suka berinteraksi dengan keluarga atau teman-teman terdekatnya.

2. Ahli dalam perencanaan

INTJ biasanya adalah orang yang sangat senang memikirkan masa depan dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang ada. Maka dari itu, biasanya INTJ sangat ahli dalam perencanaan jangka panjang dan pembangunan sebuah sistem.

3. Logis

INTJ biasanya memiliki pola pikir sebab-akibat. Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya mengambil keputusan, dia bisa sangat logis dan objektif. Dia juga sangat pandai mengambil hikmah atau makna tersembunyi dari setiap hal yang terjadi di dalam kehidupannya.

4. Rasional

INTJ juga sangat rasional dan mengesampingkan emosi. Bagi INTJ, hampir semua situasi dalam hidupnya bisa dijadikan peluang untuk memperluas pengetahuan dan mengasah kemampuan berpikirnya. Berkat pola pikirnya yang rasional, INTJ mampu menciptakan berbagai solusi inovatif untuk setiap masalah yang dihadapinya.

5. Ambisius

INTJ umumnya merupakan orang yang ambisius dan sangat berorientasi pada tujuan. Biasanya dia memiliki tujuan dan visi yang jelas tentang masa depannya. Tidak hanya itu, dia juga memiliki rencana yang jelas untuk mencapai tujuan dan visinya tersebut.

Quote:

- Objektif
- Logis
- Rasional
- Percaya diri
- Pekerja keras
- Pendengar yang baik
- Berorientasi pada masa depan
- Bisa menerima kritik dengan baik

Quote:

- Kaku
- Kurang sensitif
- Perfeksionis
- Tidak suka membicarakan perasaan

Quote:

INTJ adalah orang yang sangat analitis dan logis. Dia pandai mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk mencapai wawasan-wawasan baru. Dia sangat cocok berkarir dibidang yang membutuhkan kemampuan untuk menafsirkan informasi kompleks, seperti pada bidang-bidang keilmiahan atau teknis.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk INTJ adalah :
Ilmuwan, Matematikawan, Arsitek, Insinyur, Dokter, Guru, Hakim, Programmer, dan Pengacara.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Pendiam

ISTP biasanya tidak terlalu suka mengekspresikan dirinya kepada orang lain secara verbal. Sebaliknya, dia lebih senang memikirkan dan mencerna informasi dalam pikirannya sendiri. Kendati memang pendiam, tetapi ISTP biasanya juga merupakan sosok yang santai dan baik terhadap orang lain.

2. Praktis

ISTP merupakan orang yang praktis. Dia cenderung lebih suka mempelajari sesuatu dengan cara terlibat langsung ke dalam permasalahan yang ada. Selain itu, ISTP biasanya juga sangat energik dan suka mencoba berbagai hal baru yang berisiko atau memacu adrenalin, misalnya mencoba berbagai macam olahraga ekstrem.

3. Logis

ISTP umumnya juga merupakan sosok yang sangat logis dan rasional. Hal ini biasanya terlihat ketika ISTP dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya untuk mengambil sebuah keputusan. Dia cenderung akan mengesampingkan perasaan dan emosi, baik miliknya maupun orang lain. Sebaliknya, dia akan mengambil keputusan berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada, seobjektif mungkin.

4. Pandai memecahkan masalah

Berkat pemikirannya yang logis dan rasional, ISTP umumnya juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memecahkan masalah secara efektif.
Ketika dihadapkan pada suatu masalah, ISTP biasanya akan berusaha sebaik mungkin untuk mencari penyebab dari masalah yang ada, sehingga dia bisa dengan cepat menentukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

5. Fleksibel

ISTP biasanya juga merupakan sosok yang fleksibel. Dia memiliki kemampuan untuk mengubah sikap dan pola pikirnya sesuai dengan situasi yang ada, sehingga dia bisa dengan mudah beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi di dalam hidupnya.

Quote:

- Logis
- Objektif
- Fleksibel
- Realistis
- Mandiri
- Percaya diri
- Suka mencoba hal baru

Quote:

- Tidak peka
- Keras kepala
- Mudah bosan
- Sulit untuk berkomitmen
- Sulit untuk didekati

Quote:

ISTP cocok untuk berkarir pada perkerjaan yang melibatkan penalaran dan pengalaman langsung. Karena ISTP merupakan sosok yang praktis, realistis, dan memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menerapkan pola pikir sebab-akibat. ISTP biasanya paling suka bekerja di lingkungan yang fleksibel, individualis, tidak banyak aturan, sekaligus memungkinkannya untuk menggunakan keterampilan pemecahan masalahnya yang luar biasa.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ISTP adalah :
Teknisi, Mekanik, Ahli forensik, Programmer, Ilmuwan, Pilot, Pengacara, Hakim, Pemadam kebakaran, atau Fotografer.


***************************************************

bersambung ke #2..

Sekian, dan terimakasih.

*
*
*
*
*

sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5, sumber 6, sumber 7, sumber 8, sumber 9, sumber 10, sumber 11, sumber 12, sumber 13, sumber 14, sumber 15, sumber 16, sumber 17

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nisathewande683 dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4

**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Suka menyendiri

ISFP merupakan seorang introvert, dia akan mendapatkan energi ketika dia seorang diri. Dia akan menyediakan waktunya untuk menyendiri, terlebih jika sebelumnya sudah menghabiskan waktu di tengah kelompok besar. ISFP lebih nyaman berinteraksi di kelompok kecil, keluarga, atau orang-orang terdekat. Jika berada disebuah lingkungan yang belum mereka kenal, ISFP akan memilih untuk diam, sehingga terkesan pendiam

2. Cinta damai

Kendati cenderung pendiam dan suka menyendiri, ISFP merupakan sosok yang perhatian, memiliki kepedulian tinggi, peka terhadap kebutuhan orang lain, dan tidak suka mencari masalah dengan orang lain. Oleh sebab itu, ISFP kerap dikenal sebagai orang yang cinta damai.

3. Menyukai fakta

ISFP cenderung lebih suka memfokuskan perhatiannya pada fakta yang konkret atau kenyataan yang ada, daripada memikirkan hal yang teoritis dan abstrak. ISFP biasanya lebih senang mempelajari sesuatu dengan cara terlibat langsung ke dalam permasalahan yang ada.

4. Artistik

ISFP merupakan seseorang yang imajinatif dan kreatif. Dia juga memiliki kemampuan untuk mewujudkan kreativitas dan bakat seninya ke dalam bentuk yang nyata, misalnya dengan menulis lagu, menulis puisi, melukis, bahkan sekadar membuat bahan presentasi yang menarik.

5. Tidak menyukai rencana

ISFP merupakan sosok yang tidak menyukai komitmen dan rencana jangka panjang, karena dia menganggap kedua hal tersebut hanya akan mempersempit pilihannya. ISFP lebih suka jika dia memiliki banyak pilihan akan suatu hal. Namun, hal tersebut kerap membuat ISFP menunda-nunda ketika harus mengambil sebuah keputusan.

Quote:

- Kreatif
- Artistik
- Fleksibel
- Cinta damai
- Peka akan lingkungan sekitar
- Suka mempelajari hal baru
- Sangat setiap pada nilai-nilai yang dipegangnya

Quote:

- Mudah tertekan
- Kompetitif
- Cenderung terlalu mandiri
- Tidak suka berargumen
- Tidak mudah berkomitmen

Quote:

ISFP adalah orang yang imajinatif dan kreatif, serta berbakat dalam menciptakan hal-hal yang bernilai seni. ISFP biasanya juga akan sangat senang mendengarkan orang lain dan menyediakan apa yang dibutuhkan orang-orang di sekitarnya. ISFP akan sangat cocok berkarir dalam pekerjaan dimana dia bisa membantu orang lain sekaligus mengembangkan bakat seninya. Dia akan bekerja dengan sangat baik di lingkungan yang fleksibel, dinamis, dan tidak memiliki banyak aturan.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ISFP adalah :
Seniman, Musisi, Koki, Perancang busana, Perawat, Psikolog, Pekerja sosial, Arkeolog, Pemadam kebakaran, Guru, Dokter anak, dan Dokter hewan.


*************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Cenderung pendiam

INFP cenderung dikenal pendiam, tapi bukan berarti mereka pemalu dan tidak mau bergaul. Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman dekatnya atau menyendiri, karena interaksi sosial dapat membuatnya merasa lelah.

2. Mengabaikan hal yang detail

Ketika mengerjakan sesuatu, INFP cenderung mengandalkan intuisinya daripada melihat fakta yang ada dan lebih fokus terhadap gambaran besar daripada hal-hal detail. Namun, mereka bisa sangat teliti saat mengerjakan sesuatu yang sangat penting bagi mereka.

3. Mengutamakan perasaan

Setiap mempertimbangkan suatu keputusan, INFP lebih mengutamakan perasaan yang terlibat pada keputusan tersebut ketimbang memikirkan hal-hal yang bersifat objektif.

4. Pandai menjadi mediator

INFP paling tidak suka dengan konflik dan sebisa mungkin berusaha menghindari hal itu terjadi. Namun, ketika orang lain yang terlibat dalam konflik, INFP akan menjadi mediator, karena dia mampu menyadari dan mengungkapkan perasaan yang tidak bisa diungkapkan oleh orang lain dalam konflik tersebut.

Quote:

- Setia
- Sensitif terhadap perasaan
- Peduli terhadap orang lain
- Menghargai persahabatan
- Mandiri
- Visioner

Quote:

- Cenderung terlalu idealis
- Bisa terlalu altruistik
- Mudah terbawa perasaan atau tersinggung
- Sulit untuk dimengerti
- Terkadang melupakan hal-hal detail

Quote:

INFP memang cenderung idealis. Namun, mereka tertarik untuk belajar lebih banyak tentang orang lain dan bersedia mendengarkan suatu masalah dari berbagai sisi. INFP pandai mengekspresikan perasaan, tetapi mereka lebih suka mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka melalui tulisan daripada berbicara.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk INFP adalah :
Artis, Konselor, Perancang grafis, Pustakawan, Psikolog, Fisioterapis, Pekerja sosial, dan Penulis.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Suka menyendiri

Sebagai seorang introvert, INTP sangat suka menghabiskan waktunya seorang diri. Dia lebih suka memusatkan perhatiannya pada pikirannya sendiri daripada dunia luar, terutama ketika dia sedang tertekan. INTP juga biasanya tidak memiliki lingkaran pertemanan yang luas. Dia cenderung tidak percaya diri bila berada dalam lingkungan yang baru dan lebih suka bersosialisasi dengan sekelompok kecil orang-orang terdekatnya yang memiliki minat dan kesenangan yang sama dengannya.

2. Pemikir

INTP adalah seorang pemikir, dan sangat menyukai teori dan ide-ide abstrak. INTP biasanya ingin memiliki pemahaman yang lengkap terhadap segala hal. INTP juga selalu sibuk memikirkan bagaimana segala hal bisa terjadi, dan mereka juga selalu mencoba untuk menemukan berbagai solusi inovatif bagi setiap masalah yang ada.

3. Analitis

INTP juga merupakan orang yang sangat analitis. Ketika sedang dihadapkan dengan situasi yang mengharuskannya membuat keputusan, INTP cenderung mengesampingkan perasaan serta mengutamakan sifat logis dan objektif. Ketika INTP mendapatkan informasi dan pengalaman baru, dia akan membandingkannya dengan apa yang sudah diketahui sebelumnya untuk mencari pola dan membuat prediksi mengenai apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

4. Fleksibel

INTP sangat suka jika dia memiliki banyak pilihan terhadap suatu hal. Oleh karena itu, biasanya dia tidak menyukai aturan dan perencanaan, karena kedua hal tersebut dianggap bisa mengekang kebebasannya.

5. Jujur

INTP merupakan pribadi yang sangat jujur dan apa adanya. Dia percaya bahwa kebenaran adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, INTP tidak akan segan untuk mengatakan kebenaran, walaupun mungkin akibatnya dapat melukai perasaan orang lain. Dan karena INTP sangat analitis, dia akan mudah sekali mengetahui ketika seseorang sedang tidak berkata jujur.

Quote:

- Logis
- Objektif
- Pemikir
- Independen
- Setia
- Jujur
- Rasional

Quote:

- Sulit dimengerti
- Tidak peka
- Tidak menyukai aturan
- Sulit mengungkapkan perasaan atau emosi

Quote:

INTP sangat cocok untuk karir yang berhubungan dengan sains karena mereka adalah pribadi yang sangat logis, memiliki nalar yang sangat kuat, dan juga mampu berpikir kreatif. Dia lebih suka bekerja di lingkungan yang fleksibel ketimbang di lingkungan kerja yang memiliki banyak aturan.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk INTP adalah :
Ahli kimia, Fisikawan, Programmer, Insinyur, Ahli matematika, Apoteker, Ahli geologi, dan Ilmuwan forensik.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Suka bersosialisasi

ESTP adalah seorang extrovert. Dia sangat senang bersosialisasi dan menghabiskan waktu bersama orang lain, karena ESTP merupakan sosok yang ramah dan antusias. Dia juga cenderung mudah bergaul dan diterima oleh orang-orang di sekelilingnya. ESTP juga memiliki kemampuan untuk mengukur situasi dan bertindak sesuai dengan situasi tersebut.

2. Persuasif

Tidak hanya mudah diterima oleh lingkungan sekitar, ESTP juga sangat terampil dalam mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Kemampuan persuasif atau mempengaruhi orang lain tersebut bisa dimiliki oleh ESTP karena dia sangat jeli dan mampu menangkap detail-detail kecil yang ada pada orang lain. Dia juga pandai memahami dan menafsirkan berbagai bentuk komunikasi nonverbal dari lawan bicaranya.

3. Tegas

Ketika dihadapkan pada suatu masalah, orang dengan tipe kepribadian ESTP yang merupakan seorang pemikir yang cerdas, biasanya akan segera mencari solusi dari permasalahan tersebut, kemudian membuat keputusan dengan cepat dan tegas. Namun, ESTP kerap kali bertindak impulsif tanpa memikirkan risiko dari keputusan yang dibuatnya. Hal tersebut kemudian berpotensi membuat dia mengatakan atau melakukan hal-hal yang bisa dia sesali dikemudian hari.

4. Tidak peka

ESTP adalah orang yang sangat logis. Dia sangat mengedepankan logika untuk memutuskan segala sesuatu dalam hidupnya, dibandingkan perasaan dan emosi. Oleh karena itu, terkadang ESTP bisa dianggap sebagai orang yang tidak peka terhadap perasaan, emosi, dan kebutuhan orang lain.

Quote:

- Ramah
- Enerjik
- Persuasif
- Objektif
- Logis
- Fleksibel
- Mudah beradaptasi

Quote:

- Impulsif
- Kompetitif
- Mudah bosan
- Tidak peka

Quote:

ESTP cocok untuk berkarir pada pekerjaan yang melibatkan keterampilan menjual atau memasarkan. Karena ESTP merupakan orang yang cekatan, tegas, persuasif, dan cenderung mudah bosan. Dia menyukai pekerjaan yang banyak melibatkan hubungan dan interaksi dengan orang lain. Dan ESTP paling suka bekerja di lingkungan yang serba cepat, dinamis, dan tidak memerlukan banyak tugas rutin yang terperinci.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ESTP adalah :
Pengusaha, Agen pemasaran, Koki, Detektif, Musisi, Seniman, dan Polisi.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Suka bersosialisasi

Sebagai seorang extrovert, ESFP sangat suka bersosialisasi dan menghabiskan waktunya dengan orang lain. Bagi ESFP, kebahagiaannya berasal dari waktu yang dia habiskan bersama dengan orang-orang yang dia sayangi. Sementara bagi orang-orang di sekitarnya, ESFP adalah orang yang sangat menyenangkan, jenaka, dan selalu memiliki topik pembicaraan untuk didiskusikan.

2. Optimis

ESFP merupakan orang yang sangat optimis dan berani. Dia sangat suka mencoba berbagai hal baru dan tidak takut untuk keluar dari zona nyamannya. Dia lebih suka belajar dari pengalamannya secara langsung daripada belajar melalui buku atau diskusi teoritis.

3. Spontan

ESFP biasanya tidak suka membuat rencana jangka panjang untuk masa depannya. Sebaliknya, dia lebih suka melakukan segala sesuatu secara langsung atau dengan perencanaan seminimal mungkin.

4. Perhatian

ESFP merupakan pribadi yang penyayang, hangat, dan perhatian terhadap orang-orang di sekitarnya. ESFP juga memiliki kemampuan yang kuat untuk merasakan apa yang orang lain rasakan, sekaligus tahu bagaimana cara menghadapinya.

5. Tidak suka dikritik

Walaupun ESFP adalah orang yang sangat mudah bergaul, tetapi mereka biasanya tidak suka dikritik oleh orang lain. Karena ESFP adalah orang yang sangat sensitif dan emosional. ESFP juga kerap menganggap kritik dari orang lain adalah cara orang tersebut untuk menyudutkannya atau menghakiminya.

Quote:

- Optimis
- Berani
- Spontan
- Enerjik
- Terbuka
- Kooperatif
- Empati tinggi
- Mudah berteman dengan semua orang

Quote:

- Impulsif
- Mudah bosan
- Tidak suka teori
- Tidak suka perencanaan
- Tidak suka dikritik

Quote:

ESFP tidak cocok berkarir di lingkungan yang tradisional, kaku, dan memiliki banyak aturan. Sebaliknya, ESFP akan mampu mengembangkan dirinya dengan maksimal di lingkungan pekerjaan yang fleksibel dan dinamis. ESFP cocok berkarir pada pekerjaan yang mengharuskannya untuk berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lain.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ESFP adalah :
Seniman, Aktor, Musisi, Pembawa berita, Sekretaris, Psikolog, Konselor, Polisi, Pekerja sosial, dan Perancang busana.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Berjiwa pemimpin

ENFP biasanya memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik, baik lisan maupun tulisan. Dia memiliki kekuatan untuk mendorong dan membantu orang lain dalam merealisasikan ide-ide yang positif. Hal inilah yang membuatnya sangat ideal untuk menjadi seorang pemimpin.

2. Memiliki kepedulian yang tinggi

ENFP memiliki kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan oleh orang lain dengan cepat. Dia juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Hal inilah yang membuatnya sangat suka menolong orang lain.

3. Mengutamakan perasaan

Ketika seseorang dengan tipe kepribadian ENFP dihadapkan pada pilihan, dia akan lebih cenderung mengikuti perasaannya dalam membuat keputusan tersebut, ketimbang logika atau hal-hal yang bersifat objektif.

4. Suka bersosialisasi

ENFP adalah seorang extrovert, dia sangat suka menghabiskan waktu dengan orang lain. Bagi ENFP, bersosialisi adalah sumber energi dan cara yang tepat untuk meningkatkan semangat. Walaupun sangat suka berada pada situasi sosial, dia tetap membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, yang biasanya digunakan untuk berpikir dan merenung.

5. Fleksibel

ENFP cenderung lebih suka jika memiliki banyak opsi terhadap suatu hal. Selain itu, orang dengan tipe kepribadian ENFP umumnya spontan dan mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam hidupnya.

Quote:

- Hangat
- Antusias
- Fleksibel
- Spontan
- Kreatif
- Menyenangkan
- Memiliki empati yang tinggi
- Memiliki keterampilan komunikasi yang baik

Quote:

- Emosional
- Tidak terorganisir
- Cenderung mudah stres
- Sulit mengikuti aturan
- Sering overthinking
- Membutuhkan pengakuan dari orang lain

Quote:

ENFP akan cocok dengan pekerjaan yang tidak dibatasi oleh jadwal ketat dan tugas-tugas rutin yang mendetail. ENFP menyukai pekerjaan yang menantang dengan lingkungan kerja yang fleksibel. Dengan begitu, dia bisa melihat peluang-peluang baru untuk dijadikan inovasi dimasa depan.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ENFP adalah :
Psikolog, Wartawan, Aktor, Penyiar TV, Perawat, Pekerja sosial, Politikus, dan Konselor.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Suka bersosialisasi

Sebagai seorang extrovert, ENTP senang berkomunikasi dan kurang nyaman jika sendirian dalam waktu lama. Tidak mengherankan jika mereka mudah bersosialisasi dan berinteraksi dalam berbagai lingkup sosial, seperti teman, keluarga, dan kolega kerja. Inilah yang membuat jejaring pertemanan mereka sangat luas.

2. Suka berdebat

ENTP dijuluki sebagai pendebat, terutama soal isu-isu terkini. Hal tersebut membuat gaya komunikasi mereka sering kali menantang lawan bicara, sehingga dapat memicu konflik jika mereka mendapat lawan bicara yang mudah tersinggung atau tidak tertarik untuk beradu argumen.

3. Kreatif

Orang dengan kepribadian ENTP juga sering kali memiliki ide-ide yang hebat dan kreatif. Namun sayangnya, ide-ide tersebut sering kali tidak disertai dengan tindakan nyata. Hal ini membuat mereka terlihat menggebu-gebu diawal, tetapi tidak menyelesaikan ide-ide tersebut hingga akhir.

5. Penyayang

Dalam hal hubungan asmara, ENTP terkenal sebagai pribadi yang mandiri. Mereka juga seorang penyayang, perhatian, hangat, dan mengerti keinginan pasangannya. Namun, ENTP cenderung impulsif, termasuk saat membuat keputusan penting.

Quote:

- Enerjik
- Komunikatif
- Berpikiran terbuka
- Stratejik
- Berorientasi masa depan
- Objektif
- Rasional
- Logis
- Fleksibel
- Keingintahuan yang tinggi
- Informal
- Inovatif
- Kreatif

Quote:

- Tidak menyukai rutinitas yang terjadwal
- Tidak suka berada di bawah kendali orang lain
- Sering merasa khawatir berlebihan
- Perubahan emosi yang terkesan ekstrem

Quote:

ENTP menyukai lingkungan kerja yang memberikan tantangan dan kebebasan berpikir. Mereka senang jika harus memberikan solusi atau ide kepada orang lain. ENTP lebih menyukai teori dan hal-hal abstrak karena adanya unsur intuitif pada kepribadian mereka.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ENTP adalah :
Pebisnis, Pengacara, Jurnalis, dan Psikolog.


**************************************************

bersambung ke #3..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
shast777 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13

**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Disiplin

ESTJ adalah orang yang sangat disiplin dan tegas, serta menjunjung tinggi tradisi dan aturan. Maka dari itu, ESTJ biasanya sangat pandai membuat keputusan dengan cepat. Namun, hal ini terkadang membuat ESTJ cenderung terburu-buru dalam membuat penilaian dan keputusan, padahal mungkin dia belum mempertimbangkan semua informasi dengan matang.

2. Berjiwa pemimpin

Dedikasi, komitmen, dan rasa tanggung jawabnya yang tinggi membuat ESTJ menjadi sosok yang sangat ideal menjadi pemimpin. ESTJ juga tidak segan untuk mendistribusikan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain secara adil dan objektif.

3. Logis

ESTJ selalu mengandalkan informasi dan logika untuk membuat suatu keputusan yang objektif, rasional, dan tidak memihak. ESTJ juga sangat pandai melihat berbagai potensi masalah yang mungkin terlewatkan oleh orang lain.

4. Suka bersosialisasi

ESTJ adalah seorang extrovert, yang berarti dia sangat suka menghabiskan waktu bersama orang lain dan juga sangat menikmati ketika dirinya menjadi pusat perhatian. Walaupun terkesan tegas dan kaku, ESTJ bisa sangat lucu dan menyenangkan dalam situasi sosial.

5. Suka fakta konkret

ESTJ sangat menyukai fakta konkret dan suka mempelajari hal-hal yang bisa langsung digunakan dan diterapkan ke dalam kehidupan sehari-harinya. Sebaliknya, orang dengan tipe kepribadian ESTJ tidak menyukai hal-hal yang bersifat abstrak atau teoritis.

Quote:

- Jujur
- Setia
- Realistis
- Percaya diri
- Pekerja keras
- Bisa memimpin
- Berdedikasi tinggi
- Dapat diandalkan

Quote:

- Tidak peka
- Keras kepala
- Argumentatif
- Suka memerintah
- Tidak suka curhat
- Tidak pandai mengungkapkan perasaan

Quote:

ESTJ umumnya sangat cocok dengan karir yang berhubungan dengan pengawasan dan manajemen. Pasalnya, ESTJ adalah pribadi yang sangat tertib, patuh, terorganisir, teliti, dan selalu berusaha untuk mengikuti seluruh arahan dan peraturan yang ada pada tempatnya bekerja. ESTJ paling suka bekerja dalam lingkungan yang stabil dengan peran dan tanggung jawab yang jelas.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ESTJ adalah :
Polisi, Tentara, Hakim, Politikus, Pengacara, Guru, Manajer, Akuntan, Auditor, dan Bankir.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Berhati lembut

ESFJ biasa dikenal sebagai sosok yang sensitif dan berhati lembut. Pada umumnya dia sangat peduli dengan perasaan orang lain, sehingga dia selalu berusaha agar ucapan dan tindakannya tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang-orang di sekitarnya. ESFJ bahkan kerap kali mengabaikan atau sulit mempercayai hal-hal buruk yang ada pada orang-orang terdekatnya.

2. Suka menolong

ESFJ merupakan orang yang sangat peduli akan kesejahteraan orang-orang di sekitarnya. Hal inilah yang membuat ESFJ sangat suka membantu orang lain. Dia juga memiliki caranya sendiri untuk mendorong orang-orang di sekitarnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Dapat diandalkan

ESFJ merupakan seseorang yang dapat diandalkan oleh orang-orang di sekelilingnya, karena dia selalu berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi setiap kewajiban dan menyelesaikan semua tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

4. Suka menghabiskan waktu bersama orang lain

Sebagai seorang extrovert, ESFJ sangat suka bersosialisasi dan menghabiskan waktunya bersama orang lain, karena bisa membantunya merasa lebih berenergi. Sosoknya yang hangat, setia, perhatian, dan berhati lembut, membuat ESFJ sangat disukai dan mudah diterima oleh orang-orang di lingkungan sekitarnya.

5. Tidak suka dikritik

ESFJ adalah sosok yang tidak suka dikritik, karena dia memiliki perasaan yang sensitif. Dia bisa menjadi sangat defensif atau bahkan terluka, jika orang lain, terutama orang-orang terdekatnya, mengkritik kebiasaan atau kepercayaannya. Hal ini pada akhirnya membuat ESFJ sangat menghindari konflik.

Quote:

- Baik hati
- Setia
- Ramah
- Teliti
- Terorganisir
- Dapat diandalkan
- Suka membantu orang lain

Quote:

- Kaku
- Suka diapresiasi dan terkesan haus pujian
- Suka mengatur
- Sering bergantung pada orang lain
- Tidak suka dikritik

Quote:

Orang dengan kepribadian ESFJ memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya sangat cocok untuk karir-karir tertentu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pribadi ESFJ umumnya merupakan sosok yang sangat perhatian, berhati lembut, dan senang membantu banyak orang.
Oleh sebab itu, pribadi ESFJ cocok untuk pekerjaan yang melibatkan kemampuannya untuk memperhatikan dan memenuhi kebutuhan orang lain. Selain itu, individu dengan kepribadian ESFJ juga mahir dalam mengomunikasikan kegunaan suatu produk atau layanan.
Pribadi ESFJ juga paling suka berkarir di lingkungan kerja yang suportif, kooperatif, dan memiliki struktur yang jelas. Jadi, beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk orang dengan tipe kepribadian ESFJ adalah dokter, perawat, guru, pekerja sosial, sekretaris, resepsionis, dan manajer.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Suka bersosialisasi

Individu ENFJ merupakan seorang extrovert sejati. Ini artinya, ia sangat suka bersosialisasi dan menghabiskan waktunya bersama orang lain. Berada di lingkungan sosial bahkan bisa membantunya merasa lebih berenergi.
Pribadi ENFJ juga bisa dengan mudah masuk ke dalam lingkungan pergaulan mana pun, karena ia adalah orang yang hangat, penyayang, ramah, dan suportif. Oleh sebab itulah, individu ENFJ biasanya memiliki lingkup pertemanan yang sangat luas.

2. Memiliki empati tinggi

Memiliki empati tinggi adalah salah satu kekuatan terbesar pribadi ENFJ. Ia sangat pandai memahami perasaan dan kebutuhan orang lain. Pribadi ENFJ biasanya juga sangat suka membantu orang lain.
Ia bahkan mendapatkan kepuasan batin jika berhasil mendorong dan membantu orang lain mencapai tujuan mereka. Namun, akibat terlalu senang membantu orang lain, pribadi ENFJ kerap mengorbakan diri sendiri dan terkesan overprotective.

3. Berjiwa pemimpin

Individu ENFJ umumnya memiliki keterampilan berkomunikasi yang bagus, baik secara lisan maupun tulisan. Biasanya, pribadi ENFJ juga memiliki kemampuan untuk menginspirasi, meyakinkan, dan membawa semangat bagi orang-orang di sekitarnya.
Nah, berkat kemampuannya tersebut, seseorang dengan kepribadian ENFJ bisa menjadi pemimpin yang luar biasa.

4. Sensitif

Mengingat ambisinya yang sangat tinggi dalam membantu orang lain, pribadi ENFJ mudah merasa kesal, tersinggung, atau tidak dihargai apabila bantuan yang ia berikan tidak dimanfaatkan dan diapresiasi sesuai dengan keinginannya.
Hal ini bisa membuat pribadi ENFJ memaksakan kehendaknya kepada orang lain, sehingga dapat memicu perselisihan atau pertengkaran.


Quote:

- Ramah
- Persuasif
- Terorganisir
- Penuh kasih sayang
- Memiliki empati yang tinggi
- Suka bersosialisasi

Quote:

- Kaku
- Manipulatif
- Sangat sensitif
- Sangat protektif
- Suka mengorbankan diri

Quote:

ENFJ sangat terampil dalam berkomunikasi, membuat strategi, dan mengelola kegiatan, sehingga ia memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin yang hebat. ENFJ sangat menyukai karir di mana ia bisa menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dan menolong orang lain. Dan suka bekerja di lingkungan yang fleksibel dan memungkinkannya untuk mempelajari berbagai hal baru.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ENFJ adalah :
Psikolog, Pekerja sosial, Konselor, Guru, Dosen, Manajer, dan Sukarelawan.


**************************************************

Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom

Quote:

1. Suka bersosialisasi

Sebagai seorang extrovert, ENTJ sangat senang bersosialisasi dan menghabiskan waktunya bersama orang lain. Menurut ENTJ, berinteraksi dengan orang lain dapat membantunya merasa bersemangat dan berenergi. Tidak heran, ENTJ biasanya memiliki lingkup pertemanan yang luas.

2. Visioner

ENTJ adalah seorang visioner. Dia cenderung lebih fokus memikirkan masa depan daripada keadaan saat ini. Oleh karena itu, ENTJ sangat suka membuat rencana jangka panjang, karena baginya, setiap hal yang dia lakukan harus memiliki tujuan yang jelas. Dalam mencapai tujuannya, ENTJ juga memiliki ambisi yang kuat dan tidak mudah menyerah, meski situasi dan keadaan yang dihadapinya mungkin tidaklah mudah.

3. Logis dan rasional

ENTJ dapat menemukan titik masalah dengan tepat dan cepat mengambil keputusan yang logis. Dia mampu mengesampingkan perasaan, baik perasaannya sendiri maupun orang lain, sehingga dia dapat memecahkan setiap masalah dengan efisien. Kemampuannya tersebut membuat ENTJ sangat cocok menjadi seorang pemimpin.

4. Tidak peka

Karena sifatnya yang sangat logis, ENTJ cenderung tidak peka, bahkan cenderung menyembunyikan perasaan dan emosinya sendiri. Menurut ENTJ, perasaan dan emosi adalah dua hal yang bisa membuat seseorang menjadi lemah dan tidak berdaya. Hal tersebut pada akhirnya bisa membuat ENTJ juga menjadi tidak peka terhadap perasaan orang lain.

Quote:

- Tegas
- Logis
- Objektif
- Berjiwa pemimpin
- Terorganisir
- Percaya diri
- Pengambil keputusan yang baik

Quote:

- Agresif
- Intoleran dan terkesan arogan
- Kaku dan dominan
- Keras kepala
- Tidak sabar
- Tidak peka

Quote:

ENTJ sangat cocok menjadi pemimpin atau memegang peran manajerial. ENTJ juga cocok berkarir pada pekerjaan yang memungkinkan dia untuk bisa terus berinteraksi dengan banyak orang, sekaligus memecahkan masalah secara kreatif. Karena ENTJ memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik, sehingga dia mampu mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan atau target pekerjaan yang sudah ditetapkan. Terlebih, dia juga sangat pandai dalam menetapkan tujuan, membuat rencana, dan membagi peran untuk setiap anggota tim.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ENTJ adalah :
Pengusaha, manajer, Manajemen sumber daya manusia (HRD), Pengacara, Ilmuwan, Dosen, dan Akuntan.


**************************************************



profile-picture
profile-picture
profile-picture
shast777 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Gw ISTJ, kalian?? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan zhangdea memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
nyimak dulu..panjang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Myers-Briggs Type Indicator / MBTI is not only for women right?
Soalnya gambarnya cewek semua emoticon-Malu (S)

Kayaknya ane ISFP deh, Artist berarti yak? emoticon-Hammer (S)
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
hmm ane pernah beberapa kali test ini hasilnya beda2 euy, 2x masuk infj, sekali istj, lainnya lupa
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Terakhir test MBTI 4bulan lalu dapet INFJ-A
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
@baguskuning

Makasih batanya, reput gw jadi colorful deh emoticon-Big Grin

Kenapa? Thread yang gw sajikan terlalu bagus tapi ga sesuai dengan kenyataan hidup lu?
Atau thread gw terlalu panjang untuk dibaca sampe bikin mata lu bermasalah?

Coba sini ngobrol, kasih gw alasan pintar lu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan sekeleke memberi reputasi
Mantab threadnya.
Beberapa tahun yg lalu saya akrab dengan MBTI, tapi banyaknya pakai DISC.
emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Simpan dulu, baca nanti. Panjang banget soalnya emoticon-Big Grin
Yg jelas ane termasuk I - introvert emoticon-Ngakak (S)
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
zaman kuliah masih pake DISC, ane masuknya tipe I, influence
ane kira pas nyoba mbti bakal dapet E, taunya I, introvert
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dopost
Diubah oleh ggarama
Panjang bener, ntar malem lanjut bacanyaemoticon-Hammer
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
aye cuman baca ENTP
soalnya aye ENTP

emoticon-Traveller

katanya the debater
tapi ane belum pernah nongol di forum DC

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh daddydaddydoo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane pernah tes dan hasilnya INTJ
95% cocok
emoticon-Traveller
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
STMJ masuk kategori apa ya?
Apa bejanya sama disc
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Lah ane ambivert gmana tuh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
barusan tes di satupersen.net

dapat INTP

cuma ga ngerti pas ditanya orang yang determined itu bahasa indonesia yang tepat apa ya emoticon-Wink
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di