KOMUNITAS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/621fa73d88b72763ee60e870/7-makanan-khas-bandar-lampung

7 Makanan Khas Bandar Lampung

7 Makanan Khas Bandar Lampung

Seperti yang kita tahu, semua daerah pasti memiliki keaneka ragaman budaya, wilayah dan ciri khas. Nah ciri khas inilah yang biasanya menjadi pembeda antar satu wilayah misalnya dari segi kulinernya.

Lampung selain dikenal memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik, Provinsi ini juga memliki daya Tarik tersendiri dari segi kulinernya apa lagi kalau bukan makanan khas nya.

Makanan khas lampung selain dikenal dengan rasanya yang khas, ternyata dalam proses pembuatannya ada beberapa olahan makanan yang menggabungkan antara rempah-rempah dan buah. Nah mau tahu apa saja makanan khas lampung yang akan membuat kamu tidak sabar untuk segera mencicipinya, berikut ini 10 Manakan Khas Lampung yang Siap Menggoyang Lidahmu

Baca Juga : 7 Makanan Argentina Terbaik

Pindang Patin

Pindang patin juga ada di lampung, sama dengan olahan patin pada umumnya, yaitu ikan patin yang dimasak bersamaan dengan santan dicampur dengan bawang putih, merah, jahe, kunyit, serai dan daun salam hingga belimbing sayur.

Baca Juga : 7 Resep Tradisional India Utara

Tempoyak

Makanan khas Lampung yang berbahan dasar buah durian yang sudah matang dan telah difermentasi ini memang memiliki aroma yang sangat khas serta rasa yang sangat lezat.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, pertama kamu perlu memisahkan buah durian yang telah matang dari bijinya lalu dicampurkan dengan garam dan cabe. Selanjutnya untuk proses permentasinya, diamkan didalam kulkas selama 2 sampai 5 hari dan setelah itu bisa anda aduk atau campurkan dengan ikan (sesuai dengan selera)

Baca Juga : 5 Resep Makanan Khas Mesir Yang Terkenal

Gulai Taboh

Seperti yang kita tahu di kuliner nusantara nama gulai sudah tidak asing lagi bagi masyarakat khusunya di jawa. Namun Lampung juga memiliki masakan khas yaitu Gulai Taboh. Sama dengan gulai pada umumnya, dimana bahan dasarnya menggunakan santan Namun bahan-bahan Gulai Taboh ditambahkan rempah-rempah sebagai bumbunya.

Gulai Taboh biasanya disajikan dalam dua cara yaitu menggunakan ikan laut dan ikan air tawar. Meski begitu, semuanya sangat lezat untuk dinikmati.

Baca Juga : 5 Aneka Resep Masakan Mesir

Seruit

Makanan khas dari Lampung selanjutnya adalah Seruit. Makanan yang berbahan dasar ikan bakar atau ikan goreng ini paling nikmat jika dinikmati bersama dengan sambal terasi, tempoyak dan lalapan. Umumnya masyarakat seringkali menikmati makanan ini secara bersama sama dalam satu acara atau yang lebih dikenal dengan sebutan nyeruit

Baca Juga : 7 Resep Hidangan Italia Terkenal

Gabing

Sudah pernah dengar Gabing? Oke makanan khas lampung ini memang belum begitu familiar di telinga masyarakat, namun makanan ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat.

Gabing sendiri berbahan dasar kelapa muda yang dipotong-potong kecil kemudian dimasak bersamaan dengan santan serta rempah-rempah lainnya. Kebayangkan makan kelapa muda dengan olahan bumbu yang beragam.

Baca Juga : 5 Resep Masakan Negara Belanda

Pisro

Olakan makanan khas lampung yang satu ini berbahan dasar ikan betook dan tembakang. Ikan yang satu ini memang dikenal sebagai ikan yang sangat gurih, itu karena tekstur daging serta ketebalan dagingnya.

Makanan ini biasanya disajikan dengan ikan yang di bakar lalu di campurkan dengan sayur-sayuran dan tidak lupa rasa manis dari makanan ini berasal dari gula aren yang digiling bersamaan dengan bumbu penyedap lainnya.

Baca Juga : 5 Resep Masakan Negara Belanda

Umbu

Mendengar kata rotan yang terbanyang dibenak kamu pastilah sejenis bahan baku furniture rumah tangga yakan. Namun tahu kah kamu kalau rotan bisa diolah menjadi makanan yang nikmat.

Umbu, begitu masyarakat lampung menyebut makanan khas yang berbahan dasar rotan muda ini. Dimana rotan yang masih muda tersebut direbus lalu diolah menjadi makanan baik ditumis atau dioseng dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya.




×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di