KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Education /
7 Negara Terluas Di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/621fa55d99eae1723b384c5f/7-negara-terluas-di-dunia

7 Negara Terluas Di Dunia

7 Negara Terluas Di Dunia

Negara manakah yang memiliki predikat sebagai negara terluas di dunia? Mungkin pertanyaan ini sudah sering kita dengar.

Namun tahukah anda bahwa Rusia yang terletak di Eropa bagian Timur dan memiliki jumlah penduduk atau populasi sekitar 147 juta penduduk ini merupakan negara yang memiliki wilayah terluas di dunia.

Negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin ini menempati posisi teratas untuk wilayah terluas di dunia dengan luas mencapai 17 juta kilometer persegi.

Berikut ini adalah daftar negara-negara terluas di dunia dikutip dari berbagai sumber

Baca Juga : 7 Tambang Terdalam Di Dunia

Rusia (17.075.200 Km2)

Rusia merupakan negara pecahan Uni Soviet yang wilayahnya membentang di sisi utara benua Asia, hampir separuh bagian benua Eropa, memiliki 11 zona waktu, serta beragam jenis lingkungan dan bentang alam.

Selain itu, Rusia juga mempunyai cadangan mineral serta sumber energi terbesar didunia. Cadangan hutan serta danaunya merupakan 1/4 dari jumlah keseluruhan cadangan air tawar dunia. Walau memiliki daerah terluas di dunia, jumlah penduduk Rusia menempati peringkat ke-tujuh di bawah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazil dan Pakistan

Baca Juga : 7 Negara Teluas Yang Ada Di Benua Afrika

Kanada (9.976.140 Km2)

Di posisi kedua adalah Kanada yang menempati sebagian besar bagian dari Amerika Utara. Berbatasan dengan Samudera Atlantik di bagian timur, Samudera Pasifik di bagian barat, Samudra Arktik di bagian utara, serta Amerika Serikat di bagian selatan. Selain wilayahnya yang luas, panjang batas Kanada merupakan yang terpanjang didunia.

Baca Juga : 7 Negara Penghasil Semangka Terbesar Di Dunia

Amerika Serikat (9.639.810 Km2)

Untuk posisi ketiga ditempati negara tetangga Kanada, yakni Amerika Serikat. Negara yang biasa disebut dengan sebutan Paman Sam tersebut berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudera Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudera Atlantik.

Baca Juga : 7 Negara Penghasil Perak Terbesar Di Dunia

Tiongkok (9.596.960 Km2)

Tiongkok menempati posisi keempat sekaligus negara terluas di Asia. Walaupun menempati urutan empat untuk luas negara, untuk populasi penduduk Tiongkok merupakan negara terbesar didunia dengan penduduk mencapai 1,3 miliar jiwa atau sepadan dengan 1/5 dari total seluruh penduduk dunia.

Tiongkok memiliki dua wilayah otonomi khusus yang juga masih bertetangga dengan mereka, yakni Hongkong serta Makau. Dengan luas kurang lebih 9, 6 juta km², Tiongkok mempunyai bermacam bentang alam seperti hutan, stepa, gurun, hutan subtropis, dataran tinggi, pegunungan, dan dataran rendah.

Baca Juga : 7 Negara Pengekspor Daging Sapi Terbesar Di Dunia

Brazil (8.511.965 Km2)

Brazil merupakan negara paling besar dan memiliki penduduk paling banyak di Amerika Selatan. Negara yang terkenal dengan Tarian Samba ini merupakan negara paling timur di benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudera Atlantik.

Baca Juga : 7 Negara Pengekspor Beras Terbesar Di Dunia

Australia (7.686.850 Km2)

Australia merupakan negara tetangga Indonesia yang terletak di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania dan berbagai pulau kecil di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Baca Juga : 7 Jembatan Terpanjang Di Dunia

India (3.287.590 Km2)

Di urutan ketujuh ditempati India. Negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki populasi hampi 1,3 miliar penduduk tersebut terbentang dengan garis pantai sepanjang 7000 km. Penduduk India merupakan terbanyak kedua di dunia setelah Tiongkok. Negara ini membagi perbatasan dengan Pakistan, Tiongkok, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Bhutan dan Afghanistan.




×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di