c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Terusan Kra Thailand, Bikin Singapura Ketar-Ketir!




Selat Malaka menjadi jalur sibuk kapal-kapal perdagangan, bayangkan disekitar Asia tersebut, negara dengan penduduk yang sangat banyak di dunia ada di sekitar wilayah itu.

Ada, India, Cina dan juga Indonesia maka bila dapat menguasai jalur perdagangan di selat Malaka maka akan menjadi negara yang kaya raya. Hal itu dilakukan oleh Singapura, negara kecil namun banyak pemasukan dari kapal-kapal dagang di seluruh dunia.



Tentunya melihat itu semua, ketika negara kecil dan awalnya miskin hingga dikeluarkan oleh federasi Malaysia kini menjadi negara kaya, sudah pasti Malaysia tidak tinggal diam di tahun tahun 1997, Malaysia membangun pelabuhan khusus kontainer di Tanjung Pelepas, Johor, untuk mengusik Pelabuhan Singapura.

Hasilnya cukup baik, bahkan Maersk Lines perusahaan kontainer terbesar di dunia, di tahun 1999 mulai beralih ke pelabuhan itu. Melihat tetangga yang start lebih cepat Indonesia juga tak mau ketinggalan, disini mereka membangun Batam.

Tapi hasilnya kurang meyakinkan, tidak sanggup bersaing dengan Singapura. Kini Indonesia fokus kepada mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung untuk menangkap pasar di Selat Malaka melalui sinergi dengan PT Perkebunan Nusantara III (Persero)/PTPN III dan PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI.



Hasilnya belum dapat dirasa tapi secara sistem integrasi kawasan pelabuhan dan kawasan industri, dengan jalur kereta akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. Maka tak heran pengerjaan tol trans Sumatra juga terus dikebut.

Melihat Indonesia dan Malaysia mulai membangun pelabuhan Internasionalnya, tentu Thailand tak mau ketinggalan. Thailand ingin membelah daratan menjadi terusan Thailand, dan mereka bekerjasama dengan Cina sebagai investor untuk membangun terusan ini.

Karena ribuan kapal hilir mudik di Selat Malaka, untuk mengantarkan barang diantara negara-negara yang besar populasinya di dunia. Thailand mempunyai ide untuk membuat kanal di daratan Genting Kra, dimana wilayah itu merupakan daratan yang diapit oleh Laut China Selatan dan Laut Andaman.



Bila itu terlaksana maka banyak kapal yang melewati Selat Malaka, bisa melewati terusan Thailand ini untuk mempersingkat waktu. Jadi menghemat bahan bakar juga bila melintasi Selat Malaka, maklum biaya operasional kapal itu lumayan mahal.

Masalahnya Kanal Kra itu masih terjadi polemik di dalamnya, dan juga masih menghitung untung ruginya bila itu dilakukan. Tapi bila itu terjadi dan kanal itu pun dibuat, siapa yang akan dirugikan?

Jelas, Singapura karena mereka sangat tergantung pada perdagangan Selat Malaka. Mereka memiliki pelabuhan yang sangat besar, menampung banyak perusahaan karena wilayahnya sangat strategis.



Namun Singapura menghibur diri dan tidak khawatir dengan adanya terusan Thailand tersebut, karena mereka memiliki bandara terbaik di dunia, pelabuhan terbaik di dunia, dan penyulingan BBM terbaik. Tentu saja itu hanya menghibur diri, jelas bila terusan ini dibuat, maka dampak besar akan terjadi pada mereka.

Karena bila terusan itu jadi tentu akan difasilitasi, oleh Thailand dan Cina dengan infrastruktur yang memadai.

Bagaimana menurut agan terusan Thailand ini, apakah ada dampaknya juga untuk Indonesia?





Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





AraminaEriksaRizkiMSoupAyam
SoupAyam dan 46 lainnya memberi reputasi
47
21K
128
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan