Sesuai judul, kalau ente sadar di dunia kerja itu gimana, maka beberapa skill kerja secara profesional sangat perlu dikembangkan dan diasah terus-menerus. Supaya apa? Ya supaya ente mampu bertahan di pekerjaan tersebut sampai menghasilkan sesuatu yang diri ente senangi.
Contohnya ane, ketika belum sadar dunia kerja di perkantoran itu seperti apa, ane cenderung gak mengasah skill-skill kerja berikut. Tapi pas udah beberapa tahun ane baru sadar ternyata skill kerja yang profesional itu justru bukan yang monoton kayak bisa segalanya di bidang komputer. Tapi justru kebalikannya. Hah bingung ya? wkwk pokoknya bagi ente yang udah tau pasti setuju dengan opini ane ini.
Disclaimer! Ini gak berlaku di semua pekerjaan dan semua tipe orang. Tapi kebanyakan pekerja kantoran ane yakin punya kesamaan opini dalam hal ini. Oke inilah beberapa skill profesional kerja yang harus diasah.
Let's talk about it.
Quote:
1. Pura-pura gak bisa
Inilah salah satu skill yang ente harus punya dan kalo bisa diasah terus hehe. Soalnya kalo ente kerja kayak di kantoran gitu, dan ente menunjukkan kemampuan yang serba bisa, maka siap-siap akan selalu disuruh atasan. Masih mending cuma disuruh satu kerjaan, lah kalo sampai dimanfaatin dan cuma disuruh-suruh aja nge-babu itu namanya.
Ane rasakan sendiri sih ini. Ketika ane adalah anak baru di sebuah kantor, terus belum tau apa-apa tentang life hack kayak ginian, ane terus menunjukkan kalo ane adalah pegawai yang serba bisa. Alih-alih positif, eh semakin hari ane semakin disuruh-suruh sama atasan. Kadang sampe diluar tugas pokok ane. Mana gak dianggap atau diapresiasi lagi setelahnya. Jadi jangan terlalu menunjukkan ente serba bisa.
Quote:
2. Pura-pura gak tau
Ini berlaku di beberapa momen aja gaes. Kayak misalnya ada momen rapat semua pegawai kantor. Terus ente sangat menyimak rapat dan arahan dari pimpinan. Setelah itu ada atasan yang pasti kayak mengandalkan bawahannya untuk tindak lanjut dari rapat tersebut, dan gak mau terlalu menyimak dapat. Ente pasti bakal dijadikan tumpuan dalam hal itu.
Jangan mau gaes. Kalo ane pura-pura gak tau aja. Apalagi ada suatu peraturan baru tentang kerjaan kantor. Walaupun itu aturan sebenarnya gampang, ane akan pura-pura gak tau aja. Soalnya kalo sok-sokan tau dan paham, pasti pegawai yang lainnya akan memanfaatkan ke-tahuan kita tadi buat jadi istilahnya "agen" atau kasarnya "tumbal". Pura-pura gak tau aja cari aman cari damai hehe.
Quote:
3. Pura-pura gak dengar
Ini hampir sama kayak kasus kedua sih kalo ane bilang. Kita tuh kayak pura-pura gak tau, pura-pura gak denger sama informasi yang ada dikantor. Mending kayak gitu daripada ente punya pendengaran tajam terhadap informasi-informasi. Kalo implikasinya ke kerjaan atau ke karir ente ya kalo bisa jangan gak denger hehe.
Maksud ane disini kayak saat rapat tadi. Atasan akan memberikan informasi yang penting, kurang penting, bahkan informasi yang gak ada kaitannya sama kerjaan. Maka ente jadi karyawan atau pegawai yang agak kurang dengar aja masalah itu. Supaya ente terhindar dari tumpuan informasi atasan ente, dan positif nya ente gak perlu mikirin informasi yang gak penting. Apalagi gosip hadeh pura-pura tuli aja deh wkwk.
Quote:
4. Anti drama
Ini juga salah satu hal yang ane paling pegang sebagai prinsip, dan sebisa mungkin ane tetapkan. Yap hindari drama. Karena di dunia kerja, apalagi yang kantoran gitu kita akan menghadapi orang-orang dan kerjaan yang "itu-itu aja". Nah kalo ente sedari awal udah drama, maksudnya pura-pura baik di depan semua orang maka siap-siaplah ente akan capek secara mental.
Makanya kalo bisa hindari drama. Berlakulah sesuai hati dan pikiran ente. Gak usah pura-pura baik di depan semua orang. Mending tunjukkan apa adanya ente. Kalo emang gak suka sama orang itu ya judes aja atau kalo gak minimal senyum aja. Jangan memaksakan diri ber-acting untuk menyenangkan orang lain. Ngapain. Bikin capek sendiri aja.
Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane saat observasi dunia sosial aja ya. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf ane juga manusia bukan posenya emak-emak wkwk. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.
Referensi: Opini & pengalaman pribadi TS
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022