- Beranda
- Komunitas
- Tech
- Home Appliance
Ketahui Apa Modus Penipuan Tukang Service AC Yang Sering Terjadi


TS
gjzsbnbvw2jl92p
Ketahui Apa Modus Penipuan Tukang Service AC Yang Sering Terjadi
Bagi Anda yang menggunakan AC sebagai pendingin rumah maupun kantor, tentu akrab dengan jasa Service AC. Berbagai keluhan yang dialami akan terselesaikan oleh teknisinya. Namun berdasarkan pengalaman dan keluhan dari pelanggan terkait layanan service ini menimbulkan kecurigaan atas kecurangan teknisi AC.
Berikut kecurangan teknisi AC yang wajib anda waspadai, agar tagihan service AC tidak membengkak, antara lain:
Berikut kecurangan teknisi AC yang wajib anda waspadai, agar tagihan service AC tidak membengkak, antara lain:
Sengaja Menyebabkan Freon Bocor
Biasanya modus awal dilakukan dengan service cuci normal seperti pada umumnya, namun anda perlu waspada jika setelah pencucian teknisi menginformasikan bahwa ada freon yang habis dan perlu ditambah.
Pertama perlu diketahui bahwa freon tidak akan habis jika tidak terjadi kebocoran, karena Freon menggunakan sistem tertutup. Mengecek Freon juga harus menggunakan alat pengecek tekanan yaitu analyzer atau manifold gauge, tidak hanya asal tebak.
Dalam praktik kecurangannya teknisi dapat dengan sengaja mengendorkan saluran Freon agar terjadi kebocoran. Kebocoran ini akan menyebabkan Freon kosong dan anda harus menggantinya.
Atau teknisi akan sedikit mengendorkan saluran Freon, yangmana kebocoran halus ini sulit dideteksi. Alhasil, freon AC akan habis 2-3 bulan kemudian bahkan lebih. Dengan harapan teknisi tersebut akan dipanggil kembali karena AC mulai tidak dingin.
Sebagai pelanggan perlu mengurangi risiko, jangan memanggil tukang servis yang anda tidak paham agennya. Pilihlah teknisi dari agen yang sudah terpercaya, hindari nomor-nomor yang ditempel di jalan raya, tembok dan tiang listrik yang menawarkan jasa servis cuci AC yang tidak jelas badan usahanya.
Tidak Mengakui Telah Merusak AC dengan Sengaja
Ketika melakukan servis cuci, selalu diharuskan menggunakan cover penutup plastik yang memiliki dua fungsi, yaitu untuk mencegah air keluar membasahi ruangan atau barang-barang, dan mencegah bagian AC yang tidak anti air tersiram dengan semprotan air.
Ada beberapa teknisi AC yang menghemat biaya service sehingga tidak mau keluar modal untuk membeli penutup cover plastik baru. Padahal ini dapat menyebabkan air semprotan yang digunakan pada saat pencucian indoor menyemprot sparepart elektronik pada AC yang tidak anti air.
Dalam kondisi basah, maka pada saat testing setelah pencucian dilakukan terjadilah konsleting pada AC. AC menjadi mati total tidak bisa dinyalakan, karena komponennya rusak. Teknisi yang ketakutan kemudian mulai menyalahkan bahwa unitnya sudah rusak dari sebelum pencucian, dan tidak mengakui kesalahannya.
Melewatkan Proses Vakum
Proses pemvakuman AC termasuk proses yang wajib dilakukan. Namun sebenarnya ada satu teknik pemvakuman menggunakan sistem air purging menggunakan freon yang ada di dalam AC. Bedanya jika proses pemvakuman yang benar menggunakan pompa vakum maka efektvitasnya 99%, namun dengan menggunakan air purging hanya 80-85%.
Teknisi sering berbohong dengan mengatakan telah melakukan vakum, padahal sekedar melakukan air pugging saja. Ini sering terjadi karena menggunakan pompa vakum membutuhkan waktu cukup lama.
Menukar Pipa Dengan Kualitas Lebih Jelek
Komponen pipa adalah salah satu komponen AC yang terpenting dalam menjamin daya tahan dan kualitas AC selama pemakaian ke depannya. Mungkin anda paham jika pipa berkualitas baik adalah pipa yang tebal, dan memiliki kualitas tembaga murni.
Dalam beberapa kasus, bisa terjadi pipa yang ternyata dibeli dengan yang dipasang itu berbeda merk dan kualitasnya.
Melebihkan Biaya Pemakaian Material dan Jasa
Banyak pelanggan yang tidak mengecek pekerjaan teknisi dalam melakukan service AC. Peluang inilah yang diambil oleh mereka untuk melebihkan biaya pemakaian material dan jasa. Misalnya, penambahan pipa hanya membutuhkan 3 meter namun teknisi membebankan biaya pipa sebanyak 10 meter.
Hal ini dapat anda cegah dengan selalu menggunakan jasa service ac terdekatdan meminta invoice resmi atas biaya material dan jasa yang dibebankan.
Informasi lengkap di atas dapat menjadi edukasi untuk konsumen AC agar semakin cerdas, sehingga sedikit celah yang dapat dilakukan teknisi AC untuk melakukan kecurangan. Dengan demikian, jumlah praktik curang para teknisi akan berkurang dan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap jasa ini akan kembali meningkat. Penting bagi anda untuk menentukan dan menggunakan jasa service ac terpercayadi dekat lokasi anda tinggal.
0
2K
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan