KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Singapura Latihan Militer di Langit Indonesia, Prabowo: Tidak Membahayakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f2b98cd90ff06a710b7410/singapura-latihan-militer-di-langit-indonesia-prabowo-tidak-membahayakan

Singapura Latihan Militer di Langit Indonesia, Prabowo: Tidak Membahayakan

Singapura Boleh Latihan Militer di Langit Indonesia, Prabowo: Sama Sekali Tidak Membahayakan
Singapura Latihan Militer di Langit Indonesia, Prabowo: Tidak Membahayakan
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membenarkan bahwa Singapura diiizinkan untuk latihan militer di atas langit Indonesia, melalui Perjanjian Kerjasama Pertahanan (Defense Cooperation Agreement/DCA) yang sekarang sedang diusulkan untuk diratifikasi DPR RI.

Sebagai informasi, DCA yang sama sebelumnya pernah hampir diratifikasi pula pada 2007, namun saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono urung mengusulkannya ke DPR.

"Boleh (Singapura latihan militer di langit Indonesia), tapi dengan seizin kita," kata Prabowo selepas Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI, Kamis (27/1/2022).

Intinya (DCA saat ini dan DCA 2007) sama, karena memang kita kan, istilahnya, ingin mengaktualisasikannya," tambahnya.

Rapat Kerja tersebut tertutup bagi publik, sehingga wartawan tidak dapat meliput langsung. Prabowo mengeklaim, di dalam rapat, ia menyampaikan kepada anggota Dewan bahwa menurutnya, perjanjian kerja sama pertahanan sudah cukup memiliki pengaman untuk menjaga kepentingan nasional. 

Soal diperbolehkannya Singapura menggunakan langit Indonesia untuk latihan militer, Prabowo menilai tidak ada ancaman soal kedaulatan.

"Sama sekali tidak (membahayakan kedaulatan). Kita sudah latihan dengan banyak negara kok di wilayah kita. Sering kita latihan dengan banyak negara dan, secara tradisional mereka juga butuh latihan di situ," kata Prabowo.

"Kita butuh persahabatan dengan Singapura, dan kita menganggap Singapura negara sahabat kita. Kita punya banyak kepentingan bersama," tutup Ketua Umum Gerindra itu.

https://nasional.kompas.com/read/202...edium=twitter.

Konsekuensi dari perjanjian ekstradisi :Singapura boleh latihan di wilayah Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Singapura Latihan Militer di Langit Indonesia, Prabowo: Tidak Membahayakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Salaman
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
One step closer dg f-35 nih pak wok?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Menunggu SAF bisa latgab dengan TNI, karena alutsista mereka termasuk barang premium emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kenapa nggak bahaya? karena doktrin kedua negara nggak invasif, tapi defensif. malah harusnya saling melindungi sebagai negara bertetangga. lain cerita kalau invasif, tentu harus hindari latihan perang bersama sampai izinkan latihan di wilayah kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
wow
lagi banyak berita singapur akhir2 ini
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kasin izin asal singapura diwajibkan membumihanguskan markas opm…

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
Sleipnir9 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tar sing latihan militer gabungan ama Amrik kelojotan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Singapore inden F35

Indo au ah gelap

Kalo indo yg penting
1. Perbanyak kodam kodim kodom kodem
2. Update status sosmed
3. Bikin spanduk 3M
4. Halu di youtube

profile-picture
profile-picture
profile-picture
localsecurity dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Serangan Singapura ke gawang Indonesia selalu membahayakan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Howitzer. memberi reputasi
Post ini telah dihapus
cuma di jaman jokowi singapura bisa bebas latihan milite di langit indonesia
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Konsep pertahanan kita dengan Singapore berbeda. Pemerintah Singapura dalam membangun postur kekuatan pertahanan, membuat kemampuan militer negeri kecil ini sangat diperhitungkan di regional Asia Tenggara. Bahkan boleh dibilang, Singapura mengoleksi Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) terbaik di Asia Tenggara.Doktrin perang mereka mengadopsi negara Israel yaitu " Pre Emptive Strike" yg artinya sebisa mungkin kekuatan musuh dihancurkan sebelum masuk wilayahnya.

Alutisista negara seupil ini seabrek bahkan tersebar di berbagai negara. Sudah bukan rahasia lagi mereka memiliki pesawat tempur yg tersebar di pangkalan udara Thailand, Australia dan AS.

Kalau dibilang hanya di era ini wilayah udara kita di pake latihan oleh mereka jelas salah, sejak jaman Pak Harto lagi sering kok ruang udara kita dipake oleh mereka, tentunya atas ijin2 dan diplomasi tertentu. Juragan yg tinggal di Batam ane jamin ga bakalan heran, udah biasa kok mereka liat RSAF mondar mandir di ruang udara Batam.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jacquard memberi reputasi
Diubah oleh samuel.tirta
harusnya kasih aja latihan di langit dan laut, kalo mau sewa latihan darat jg boleh tp harus sewa. secara ga langsung sing ini udh jadi protektorat kita, nanti arahin mereka latihan di laut natuna dan minta mereka beli lebih banyak kapal dan pesawat nah kita tinggal dompleng alutsista mereka aja

win" solution emoticon-Cool
Sebagai negara tetangga tetap persahabatan di kedepankan, meskipun begitu kita ga boleh lengah, sbb negara kecil ini sanggup melakukan apa saja jika kepentingannya terganggu terutama ekonomi. Tahukah juragan semua bahwa di tahun 90an, Singapore hampir saja menginvasi wilayah Johor Malaysia hanya karena masalah..... AIR!
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan judogal memberi reputasi
Diubah oleh samuel.tirta
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Latihan di atas laut aj jangan daratan emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya bagus lah gan. kalau kita berkonflik dgn negara lain singapur bakal bantuin. minimal pertahanan udaranya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
masih ada yg simpen foto prabowo duduk seolah membabukan diri depan pm singapore gak?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan dekil.pesek memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di