KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Zoomers Merupakan Generasi yang Kolot?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f247056bda6026b164ce21/apakah-zoomers-merupakan-generasi-yang-kolot

Apakah Zoomers Merupakan Generasi yang Kolot?

Quote:


Hai GanSis! Mohon maaf jika yang merasa Gen Z atau Zoomers tersinggung. Saya juga Gen Z, lebih tepatnya Si Sulung Gen Z.

Konteksnya di thread ini berawal dari satu tweet berikut:



Jadi tweet tersebut menampilkan tangkapan layar Tiktokers yang komplain lawakan komedian senior Komeng. Tweet tersebut diserbu banyak warganet yang menyinggung sifat Gen Z yang terlalu mempermasalahkan segala sesuatu yang notabene bukan suatu masalah yang serius.



Jadi ini itu hanya lawakan klasik dari Komeng. Dari postingan di Tiktok dan video aslinya terlihat sudah berbeda antara kata "bapaknya" diganti menjadi "saya". Dari situ terkesan ada maksud mengiring opini. Ini bukan kata saya, tapi kata netizen yang komen di tweet tersebut.





Dan poinnya disini ialah sifat remaja (Gen Z) yang dinilai terlalu lebay, suka komplain hingga ada yang heran, sebenarnya kondisi ideal versi Gen Z itu yang seperti apa? Karena hampir segalanya diprotes oleh mereka.

Apakah benar Gen Z sekolot itu?

Dulu Boomers dibenci karena mereka kolot. Generasi tua yang seperti kita tahu kalau orang tua memiliki sifat yang keras, kaku dan cerewet, ya, kolot memang erat dengan sifat orang tua.

Namun belakangan sifat ini (kolot) mulai akrab dengan Gen Z. Apakah itu hanya bentuk sifat kritis, idealis atau hanya kebutuhan konten? Boomer 🤝 Zoomer.



Gen Z lahir pada rentang tahun 1996-2010 menurut Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, Penguin (2004) Generasi ini disebut juga generasi 24/7 terkoneksi internet. Generasi pertama yang murni lahir di era digital. Begitu lahir sudah dikenalkan dengan teknologi.

Dari informasi yang saya dapatkan. Gen Z ini memiliki citra negatif di internet. Mereka suka meributkan banyak hal, menyulut permusuhan dengan milenial dan dinilai terlalu lebay. Bahkan soal milenial yang memakai Facebook, menyebar meme 90' dan minum kopi susu di pagi hari menjadi bahan tertawaan Gen Z.

Saya sedikit terkejut juga ternyata cukup banyak artikel yang membahas citra negatif dari Gen Z. Merangkum dari berbagai sumber, Gen Z ini dibenci karena sifatnya yang suka membanding dengan generasi lain, tidak mau disamakan dengan Milenial, terlalu ambisi, serba instan, terlalu bebas dan individualis. Gen Z juga menganggap sikap keras itu keren dan cita-cita ingin mengubah sistem.

Dibenci atau disukai itu memang sifatnya relatif. Silahkan GanSis menilainya sendiri.

Sebagai perbandingan, saya baca di artikel Wikipedia, Gen Z cukup dicitrakan baik. Seperti disebutkan bahwa Gen Z itu mahir dalam teknologi, bahkan bakat itu seolah bawaan lahir. Gen Z juga merupakan generasi yang lebih mandiri, peduli lingkungan, toleran dan jagoan multitasking (bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu).

Sekarang kembali lagi, penilaian apakah Gen Z itu generasi yang kolot atau tidak? Penilaiannya sesuai pendapat kita masing-masing.

Dan menurut saya, karena Gen Z lahir dan besar di era digital, 24/7 terkoneksi internet dan mereka tidak mengenal dunia tanpa media sosial. Maka dari itu saya berpikir bahwa dunia Gen Z memang di internet (seolah menggantungkan hidupnya disana). Jadi jangan terlalu baper, karena sangat mungkin sifat Gen Z yang telah dibahas di atas tadi tak lebih dari sekedar kebutuhan konten. KONTEN.

Rianda Prayoga
Binjai, 27 Januari 2022


Spoiler for sumber & referensi:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riandyoga
Halaman 1 dari 2
disebut kolot juga kayaknya enggak. z itu cuman terlalu bersemangat soal membela kebenaran (di medsos)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh piscerian
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Generasi SJW emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awasadananno dan 6 lainnya memberi reputasi
orang Indonesia yang lahir 1996-2010 kayaknya gak murni lahir di zaman digital, masih peralihan analog ke digital..
Jadi tahun lahir gen z indo sama luar tuh beda.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awasadananno dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Generasi yang gampang diambil hatinya, tapi lebih gampang lagi untuk ditrigger emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awasadananno dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sbnrnya ga ada yg salah dengan lawakannya, toh dia seorang komedian, veteran malah didunia komedi.

emg generasi skarang aja yg udah gasanggup nelan komedinya baik2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ama komeng aja baperan, sensi.. ngobrol ama haji bolot gantung diri kali lu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awasadananno dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bingung juga sih, kalo ane suka merhatiin anak" sekolahan di lingkungan ane kek gimana gitu susah jelasinnya pokoknya intinya aneh aja ngeliatnya dari tingkah mereka, cara berbicara mereka dan juga cara bergaul mereka. Nggak semuanya juga sih, tapi lebih banyak diantara mereka yang seperti itu, jadi ya begitulah emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whizzman dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Setiap generasi punya kecenderungan untuk meremehkan generasi yang lebih muda & menyalahkan generasi yang lebih tua.

Merasa lebih hebat dari generasi yang lebih muda, sekaligus merasa jadi korban karena generasi yang lebih tua.

Ini mungkin ulah ego kita agar dianggap “aku” ada.

untuk mengurangi ego, marilah sejenak kita mengheningkan cipta sembari diiringi lantunan lagu... mengheningkan cipta mulai

Ring ding ding daa baa
Baa aramba baa bom baa barooumba
Wh-wha-what's going on-on?
Ding, ding
This is the Crazy Frog
Ding, ding
Bem bem!
Ring ding ding ding ding ding
Ring ding ding ding bem bem bem
Ring ding ding ding ding ding
Ring ding ding ding baa baa
Ring ding ding ding din
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awasadananno dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tau lah gan pusing wkwk. Mereka suka banget mendramatisir kehidupan haha. Di sosmed kyk org plg bener, di kehidupan nyata ga keliatan.

Ada yg keliatan, tp dibuat konten juga
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan riandyoga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Genzi menurut gue generasi kreatif dan sampah di waktu yg bersamaan. Bahkan dominan cenderung goblok menurut gue. Cengeng, manja, lebay. Eneg liat kelakuan ABG jaman skrg. Bayangin aja lah, gue milenial yg paling bgstt waktu ABG di tahun 90an dulu sampe ngerasa eneg liat kelakuan ABG jaman skrg.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whizzman dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bernardpoohbern
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pansos atau panjat sosial adalah versi bahasa Indonesia dari Social Climber yang berarti cara cara seseorang mulai dari yang biasa sampai yang aneh untuk mendapatkan pengakuan dari khalayak bahwa status sosialnya lebih tinggi.
Di era millenial seperti sekarang yang tak lepas dari hegemoni media sosial banyak orang berlomba-lomba melakukan sesuatu demi mendapat pengakuan.mulai dari anak remaja sampai orang tua,artis sampai orang biasa semua berlomba-lomba agar terlihat paling kaya,paling kece,paling gaul dan paling keren di Instagram dengan cara-cara antara lain:
Posting foto liburan keluar kota sampai luar negeri
Foto makan/nongki di cafe dan restoran mewah
Foto wajah glowing seperti kresek gorengan
Foto dikaca dengan Iphone 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11-20
Membeli followers dan like agar dikira selebgram
Berpakaian selalu up 2 date (hypebeast)
Update Instastory sampai titik titik
Membeli filter editor foto seperti Vsco dan Lightroom agar fotonya estetic
Sementara bagi generasi 90an dimana media sosial belum merajalela metode dalam panjat sosial bisa dibilang sangat simpel dan sederhana serta tidak harus menguras kocek sangat dalam seperti anak zaman sekarang.
curhatan anak 90an bagaimana sederhananya cara mereka panjat sosial dulu yang dirangkum lewat twitter.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Gen Z klo kata gw sih manja. Zaman skrg fasilitas udah memadai tp masih aja cegeng suka ngeluh. Ya wajar aja klo generasi milenial suka nge-under estimated mereka, karena pada saat generasi milenial failitas ga sebaik sekarang tp ga gtu2 amat kayanya.... IMHO

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riecurl
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Generasi sekarang sosialisasinya terlalu banyak dibalik layar

Anda ketemu langsung pun mungkin 60% main hp, 40% ngobrol beneran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo kelahiran 96-97 masih bisa d kondisikan krn masa2 peralihan...tp..liat dah 98 keatas...pengen ngakak gw.. pennya kerja enak n gaji gede, bbrp kali gw temuin pas jd user, d tanya punya skill apa...mencla mencle jawabnya, ada lg pengalaman secuil cmn jd admin 2 taun minta gaji 2 dijit, mana cmn bisa excel basic

tp ga semuanya sih kalo didikan ortunya bagus n lingkungannya bagus ya ada jg yg oke
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh elefana
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gen z kemungkinan rata2 masa kecilnya ga terlalu ngerasain susah kaya generasi sblmnya..cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Yg udah ngerasain awal internet, generasi akhir 80an dan awal 90an, pasti ngerasa bahwa yg tua justru udah gak begitu kolot. Mereka mulai terbuka dgn sosmed meskipun kelakuan mirip anak muda baru puber.
Yg muda, generasi z, merasa jumawa sebab sudah di era digital yg smakin cepar. Mereka beda dgn saya yg kenal facebook dan fs th 2007.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh profesorlucu
Tanda nya loo semakin tua wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu berlebihan mgkn ya gan, haha

______________________

mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Yang diatas cuma sebagian kecil kegunaan dari brainwave.

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
generasi micin mana gan?
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
matcha.tea.1402 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di