KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Yang Dilupakan Orang Tentang Aksi Ganjar Pranowo di Rembang - Buka Mata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f0a773fe04ed4fef78a566/yang-dilupakan-orang-tentang-aksi-ganjar-pranowo-di-rembang---buka-mata

Yang Dilupakan Orang Tentang Aksi Ganjar Pranowo di Rembang - Buka Mata



Pengoperasian pabrik dan penambangan bahan baku semen oleh PT Semen Indonesia di Rembang menyebabkan banyak persoalan yang terus terjadi hingga saat ini.

Mulai dari polusi udara, konflik horizontal antar warga hingga hak-hak masyarakat petani yang juga kini terus terancam. Kemenangan warga dan petani di pegunungan kendeng utara terhadap izin lokasi dan izin penambangan juga tak digubris pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Mereka malah mengeluarkan izin baru yang kini menambah panjang konflik pabrik semen di pegunungan Kendeng Utara. Selain kerusakan lingkungan yang kini sudah terjadi di depan mata, pengoperasian pabrik dan ekploitasi bahan baku semen itu juga menjadi ancaman bagi ekosistem karst Cat Watu Putih yang airnya mengaliri hingga empat Kabupaten di Jawa Tengah.

#BukaMata #GanjarPranowo #Rembang #JadiPaham #Narasi

(Narasi)

Tonton juga Buka Mata eps. [Yang Dilupakan Orang tentang Aksi Ganjar Pranowo di Rembang] dan episode lainnya di https://www.narasi.tv

sumber - berita video

negara ngangkangin hukum sendiri, jadi bertanya, sebenernya hukum ini berlaku buat seluruh rakyat, sementara yang lain kebal hukum? emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zerauw dan 2 lainnya memberi reputasi
diam diam kasus juga ni uban
profile-picture
nestdog memberi reputasi
politisi emoticon-Hansip emoticon-Ngakak
pencitraan itu jalan ninjaku
melawan hukum itu pilihan hidupku
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg demo dr luar rembang, dan sponsor lsm bayaran 😂, sekitar pabrik jg tandus tanah ga subur ga ad rumah penduduk, bs dibilang terpencil wakkakakaka
Prestasi Ganjar? emoticon-Leh Uga
1. Semarang banjir bandang pada tahun 2017, 2020, 2021 dan Januari 2022
2. Banjir bandang di puluhan titik di seluruh Jawa Tengah pada tahun 2017 dan 2018
Diubah oleh harakiri02
Up......
profile-picture
mr.fiberglass memberi reputasi
Pengamatan BUMN Said Didu mengatakan, penolakan terhadap keberadaan pabrik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di Rembang (Semen Rembang), Jawa Tengah, dinilai dipaksakan demi kepentingan dan ambisi segelintir orang.

Hal tersebut dikatakan Said menyikapi polemik yang terjadi pada pabrik Semen Rembang. Menurut dia, penolakan tidak lagi murni soal hukum. Dia menganggap ada segelintir orang yang ingin Semen Rembang tutup dan berhenti beroperasi selamanya.

Padahal, itu tidak sesuai putusan MA pada 5 Oktober 2016 mengenai gugatan izin lingkungan Semen Rembang. "Di dalam putusan MA kan tidak ada perintah penutupan pabrik semen. Yang ada pencabutan izin lingkungan. MA kan mempersilakan amdal dan izin lingkungan Semen Rembang kembali diperbaiki," ujar dia dalam rilisnya, Jakarta, Senin (6/3/2017).

Hal itu menunjukkan, ada pihak-pihak dari sekelompok orang yang mencari argumentasi pembenaran agar pabrik Semen Rembang ditutup. Dia juga menilai, ada faktor ekonomi politis yang terjadi di balik penolakan Semen Rembang.

Ada motif agar Semen Rembang nantinya membeli bahan baku dari lahan tambang ilegal di Pegunungan Kendeng. "Ada pihak yang coba menginginkan supaya membeli bahan baku semen dari lahan tambang ilegal di sana kalau tetap ingin beroperasi," katanya.

Di samping itu, dari penolakan Semen Rembang, dugaan adanya kompetisi dengan industri semen asing dapat menjadi penyebabnya. "Kabarnya kan di Pati juga mau berdiri pabrik semen punya asing. Jadi, ini bisa persaingan bisnis juga menyangkut penolakan pabrik Semen Rembang," ungkapnya.

Said menyatakan, akibat berlangsungnya terus menerus penolakan Semen Rembang, berdampak pada kehidupan di lapisan masyarakat. "Menimbulkan dampak di tingkat sosial masyarakat saling terjadi seperti mengadu domba antar warga. Ini yang tidak baik," paparnya.

Dia meminta agar persoalan hukum mengenai polemik pabrik Semen Rembang segera diselesaikan. Apalagi telah jelas tidak ada efek kerusakan lingkungan yang ditimbulkan berdasarkan penelitian para pakar dalam amdal Semen Rembang.

"Tegakkan hukum, jangan aneh. Amdalnya sudah memenuhi syarat kok. Ini persoalan investasi. Jangan hanya ulah segelintir orang jadi mengorbankan banyak orang," kata Said.

Menurutnya, jika sampai terjadi pabrik Semen Rembang gagal beroperasi, maka Jawa Tengah dan Rembang kehilangan keuntungan selamanya. Sebab, Rembang akan gagal menjadi kota modern dan meningkat pendapatan ekonominya.

Pasalnya, setiap wilayah yang memiliki pabrik semen akan menjadi kota modern dan kaya ekonominya. "Pabrik semen pasti tinggalkan kemajuan. Industri pertambangan semen beda dengan pertambangan lainnya. Lagian kan yang ditambang batu kapur yang memang tidak bisa untuk bertani. Semen Rembang nanti juga menghasilkan PAD," ucapnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah belum lama ini kembali menerbitkan izin lingkungan Semen Rembang. Sebelumnya, izin lingkungan lama telah dicabut sesuai ketentuan putusan MA.

Kendati demikian, sekelompok orang penolak Semen Rembang masih terus melakukan aksinya. Bahkan mengecam keputusan penerbitan kembali izin lingkungan dan berencana melakukan gugatan lagi.


https://ekbis.sindonews.com/read/118...ran-1488801099



Entahlah, bau2 nya memang persaingan bisnis dan penuh muatan politis.
Saya jg kurang tau dalem2 nya yg terjadi di lapangan bagaimana, jadi nyimak saja.
nyimak dulu gan
Coba dilengkapi dulu data2nya biar bener2 jelas ini. Dulu bikinnya gimana? Punya siapa ini (share holder)? Ijin gimana? Kronologisnya hukum nya gimana? Dampak lingkungan gimana? Dampak ekonomi gimana? CSR nya gimana? Pemerintah daerah gimana? Pemprov gimana? Tanggepan Corporate (SIG) gimana? Tanggepan BUMN gimana? Tanggepan DPR nya gimana? Tanggepan DPRD nya gimana?
TETEP SALAH WAN ABUD AHH INI MAH emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
PASTI AFILIASI KE KADROON NIH GANJAR emoticon-Leh Uga
wow emoticon-Matabelo


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di