KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f0956e41269e2a7c4df8a4/inilah-alasan-parkir-mundur-lebih-baik-saat-di-mall-dan-keramaian

Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian

Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian

Memarkirkan kendaraan motor atau mobil memang membutuhkan cara dan teknik yang benar agar hasilnya aman, tertib, dan rapih. Berbeda dengan motor yang mungkin tinggal menarik behel kalau kurang lurus, kendaraan lebih besar seperti mobil apalagi truk butuh waktu, skill, dan pembiasaan.

Kita pasti sering melihat bagaimana mobil parkir di mall, perkantoran, dan ditempat keramaian umumnya menggunakan teknik mundur bukan parkir dengan cara kepala masuk duluan, rupanya ini beralasan dan kata teman saya ini membedakan si pemula dan profesional.

Masuk parkir dengan cara kepala masuk duluan atau parkir maju memang praktis dan lebih mudah dilakukan itulah mengapa cara ini banyak digunakan orang yang belum terbiasa atau masih pemula, tapi cara ini sebetulnya memiliki kekurangan besar seperti membutuhkan waktu lebih banyak saat akan keluar, blind spot lebih besar terutama diposisi belakang mobil (meski mungkin ada kamera), posisi parkir maju cenderung miring tidak lurus rapih, jika parkiran sempit akan rawan senggolan dengan mobil parkir di sebelah kanan atau kirinya, jika bagasi penuh maka blind spot semakin besar lagi.

Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian
Kelemahan parkir mundur juga tidak sigap jika ada kendaraan lain yang bergerak cepat, ada hewan, atau anak kecil dibelakang yang tidak terpantau kaca spion atau kamera belakang.

Meski memang tidak ada peraturan khusus yang dikeluarkan oleh dinas perhubungan ataupun undang-undang lalulintas tapi parkir mundur memang banyak memiliki kelebihan. Untuk itu bagi pemula dibutuhkan pembiasaan agar mendapatkan manfaat lebih besar.

Teknik parkir mundur memang dibutuhkan skill, ketepatan mengambil posisi dan sudut putaran tapi masih lebih mudah dibanding teknik parkir paralel, beruntung parkir paralel sangat jarang ditemukan di mall atau keramaian karena akan memakan ruang lebih luas, butuh waktu lebih lagi banyak bagi yang belum terbiasa.

Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian

Nih, gan keuntungan yang didapat ketika mobil parkir dengan cara mundur: akan lebih aman membuka bagasi dari pencurian (barang belanjaan?) karena umumnya terdapat dinding belakang, saat akan keluar jadi lebih mudah mengawasi keadaan sekitar baik dari sisi kiri dan kanan terutama bagian depan, lebih mudah dan cepat mengambil ancang-ancang ketika kita ingin bergegas atau di kondisi darurat, dan pengemudi juga lebih cepat mengambil haluan mobil yang tepat ketika berada di parkiran yang ruangnya sempit.

Uniknya meski cara parkir mundur ini sering dilakukan menurut sumber yang saya baca cara ini umumnya hanya ditemukan di negara asia atau negara berkembang yang penduduknya lebih padat daripada negara Eropa, Amerika, dan Australia.

Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian
Parkir maju bisa dilakukan bila layout parkir mendukung dan area lebih luas.

Jadi meskipun tidak aturan yang mewajibkan parkir harus mundur ditempat keramaian maka demi kenyamanan bersama, keselamatan berkendara lebih baik tetap membiasakan diri untuk parkir mundur saja, kecuali memang lahan parkir luas seperti dinegara-negara eropah akan bebas melakukannya, mau maju atau mundur tapi tetap harus tertib dan rapih.

Dan ketika semua parkir terlihat seragam, tidak terlihat amatiran, tentu juga akan lebih rapih dan seragam, dan mudah juga mengetahui letak mobil kita ada dimana.


Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian

Sebuah opini
Rer. tkp
Img. Gugel


Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian
Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alphajoe. dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Inilah Alasan Parkir Mundur Lebih Baik Saat Di Mall Dan Keramaian

profile-picture
profile-picture
profile-picture
alphajoe. dan 3 lainnya memberi reputasi
Enaknya parkir mundur kalo keluar nggak pake lamaemoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Up....
profile-picture
iskrim memberi reputasi
hanya yang sudah biasa dan terampil yang bisa melakukannya dengan mudah. butuh waktu dan proses untuk bisa seperti itu.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
goodybrag dan iskrim memberi reputasi
Rata rata kalo parkirnya di kawasan bandara emang harus parkir mundur gan..
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
nais inpoh gan..iya enak parkir mundur, ketika keluarnya nti lebih mudah dan aman
profile-picture
profile-picture
goodybrag dan iskrim memberi reputasi
Dan harus jago parkir paralel, biar ga bikin macet, max 3 kali puter setir.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan goodybrag memberi reputasi
biar ketawan yg simnya nembak apa kaga emoticon-Hammer2
Enaknya parkir mundur, pulangnya bisa langsung gas pollll.
Yang paling penting juga posisi parkir harus pas dengan garisnya.
Jangan sampe posisi parkir melebihi garis, harusnya cukup buat 2 mobil jadi cuma 1 mobil emoticon-Mewek
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Quote:

Ane kadang 3.5x gan emoticon-Leh Uga

Quote:


Kok sedihh? emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
davecchio dan black.robo memberi reputasi
eh kl ane emng ngerasa lbh gampang mundur buat nyari lurus ketimbang maju
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Enakan parkir mundur, tar klo mo pake lagi tinggal serrrr ..emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Quote:


Quote:


Jan lupa bayar parkir nya emoticon-Leh Uga
Ane pake teknik ini buat ngehindari parkir. Terutama motor, bisa langsung kabur. emoticon-Malu
Post ini telah dihapus
bs dcoba nih
Oh pantesan dulu pas belajar nyetir disuruh parkir mundur di mall.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di