KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Harga Meroket, Ternyata Pasar Minyak Goreng RI Dikuasai 4 Produsen Raksasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f07402fc0dda31286bca6e/harga-meroket-ternyata-pasar-minyak-goreng-ri-dikuasai-4-produsen-raksasa

Harga Meroket, Ternyata Pasar Minyak Goreng RI Dikuasai 4 Produsen Raksasa

Harga Meroket, Ternyata Pasar Minyak Goreng RI Dikuasai 4 Produsen Raksasa

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) membeberkan penyebab meroketnya harga minyak goreng (migor) hingga akhirnya pemerintah harus mengambil langkah subsidi guna menekan harga yang melambung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tim KPPU, konsentrasi pasar (CR4) minyak goreng hanya sebesar 46,5% dan dimotori oleh empat produsen besar.

"KPPU melihat bahwa terdapat konsentrasi pasar sebesar 46,5% di pasar minyak goreng. Artinya, hampir setengah pasar dikendalikan oleh empat produsen minyak goreng," kata Komisioner KPPU Ukay Karyadi secara tertulis, dikutip Senin (24/1/2022).

Menurut dia, pelaku usaha terbesar dalam industri minyak goreng juga merupakan pelaku usaha terintegrasi dari perkebunan kelapa sawit, pengolahan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) hingga produsen minyak goreng. Tak hanya itu saja, menurut hasil olah penelitian KPPU, sebaran pabrik minyak goreng di Indonesia tidak merata.

"Sebagian besar pabrik berada di pulau Jawa dan tidak berada di wilayah perkebunan kelapa sawit. Padahal, ketergantungan pabrik minyak goreng akan pasokan CPO menjadi sangat besar," paparnya.

Baca juga: Kisah Nyata, Ibu-ibu Kalap Berburu Minyak Goreng Rp14.000 sampai Bawa Anak Cucu

Ukay menambahkan, wilayah yang memiliki pabrik minyak goreng hanya ada di beberapa titik saja yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, DKI Jakarta. Hal ini menjadi bukti belum meratanya sebaran pabrik minyak goreng di Tanah Air.

Merujuk hasil penelitian tersebut, KPPU menyarankan pemerintah mencabut aturan-aturan yang menghambat pelaku usaha baru untuk masuk di industri minyak goreng, termasuk pelaku usaha lokal dan skala menengah kecil.

"Semakin banyaknya pelaku usaha baru diharapkan akan mengurangi dominasi kelompok usaha yang berintegrasi secara vertical,” tandasnya.

Lebih lanjut, untuk menjamin pasokan CPO, KPPU juga menyarankan perlu kontrak antara produsen minyak goreng dengan CPO guna menjamin harga dan pasokan.

Sebagai catatan, KPPU melakukan penelitian ini sebagai respons atas melonjaknya harga minyak goreng sejak bulan Oktober 2021 hingga mencapai Rp20.000 per liter di penghujung tahun lalu. Selain itu, KPPU juga menduga ada kartel yang membuat harga minyak goreng melambung.

https://ekbis.sindonews.com/read/665...asa-1642996914

Hey kau yang mengaku pembela rakyat kecil, pengawal uang rakyat..
iya kau yg suka bagi2 nasi kotak
mengapa kau diam saja saat harga2 meroket,
kau diam saja saat gaji2 kawanmu naik menggunakan uang rakyat... hey hey.. kawan..

Harga Meroket, Ternyata Pasar Minyak Goreng RI Dikuasai 4 Produsen Raksasa

profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ijin dipermudah, nanti kebun sawit tambah luas. Merusak hutan.

Yang benar, hapus itu bahan bakar bio/organik. Kalau mau menurunkan polusi udara banyak caranya. Apa kabar uji emisi dan KIR?
Mobnas listrik kenapa dulu dijegal?
Apa ada efisiensi pembangunan taman kota? (Misalnya vertical garden, rooftop garden, dll)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 3 lainnya memberi reputasi
Sebentar, cari buku putih dulu, lupa naruhnya..
profile-picture
hantupuskom memberi reputasi
minyak goreng di malaysia yang murah minyak goreng subsidi
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
cmiiw yak emoticon-Big Grin





Tuh, bahkan di sono juga sama aja sperti di sini. Banyak yang nakal ngasih syarat macem2 buat beli migor bersubsidi. Bahkan sempet ngomel nuduh susah dicari karna dilundupin ke China/Thailand.

Jadi yang bisa dapet 8rebuan di sana itu migor bersubsidi, bos
Bukan emang harganya segitu.

Lagipula mau diturunin ke harga seperti di Malaysia, ato bahkan lebih rendah harusnya bisa kalo Pempus mau. Tapi nanti mbok Sri Mul diomel2in lagi, dituduh nambah utang mulu ama LizaL LamLi.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di pulau jawa emang ada kebun sawit ya? Kok pabrik pada di sana?
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
indonesia penghasil CPO, tapi jual di negara sendiri pakai harga internasional.

ladang sawit banyak di sumatera, borneo dan sulawesi.

sampai diperkirakan tanah subur nanti jadi gurun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
aneh di negara ini, hutan sawit dimana2 tp harga minyak mahal banget!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
setelah harga turun sekarang mulai langka di pasaran
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Harga murah tetep aja langkah,

Dikasi himbauan mana mempan.
Swalayan juga mana tau?


Masalah lagi.

emoticon-Traveller
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Diubah oleh yunda.me
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:

Kok beda sama pernyataan kemendag

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan kenaikan harga minyak goreng lebih disebabkan harga internasional yang naik cukup tajam. Pasokan minyak goreng di masyarakat saat ini sendiri dalam kondisi aman. Kebutuhan minyak goreng nasional sebesar 5,06 juta ton per tahun, sedangkan produksinya bisa mencapai 8,02 juta ton.

“Meskipun Indonesia adalah produsen CPO terbesar, namun kondisi di lapangan menunjukkan sebagian besar produsen minyak goreng tidak terintegrasi dengan produsen CPO," kata Oke melalui siaran pers yang dikutip Sabtu (6/11/2021).


RI Produsen CPO Terbesar, Kok Harga Minyak Goreng Bisa Naik

profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh widya poetra
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jd ingat kasus pabrik semen cina di Kalimantan yg kena denda krn sengaja jual rugi utk membunuh pabrik semen lokal

Terima kasih darwis emoticon-Imlek

Terima kasih budi hartono emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangtjah dan 4 lainnya memberi reputasi
kalau disubsidi, yang terjadi penyelundupan macam BBM di masa 10 tahun yang sia2. sekarang harga diatur macam beras, awal2 langka karena masih banyak yang beli tapi cuma buat stok, nanti lama2 stabil. dulu pun beras & gula pasir begitu.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ya ampun. emoticon-Mad
Lagi2 pulau Jawa, ada apa dengan pulau kecil ini. Harus menanggung beban yg berat dari menghasilkan beras sampai produk2 manufaktur. Jadi pulau dengan penghuni ter padat sedunia, bahkan melampaui jumlah penduduk banyak negara. Mengapa investor lebih suka bikin pabrik di Jawa. Ada apa dengan pulau2 lainnya. Haruskah orang2 Jawa dipindahkan ke pulau lain agar pulau Itu menjadi menarik bagi investor? St...ssst.... konon yg pabrik gula di Sumatera Itu pegawainya dari yg di perkebunan tebu ampe yg di pabrik awalnya ngambil orang dari Jatim. emoticon-Entahlah
Kasihan pulau Jawa, beban nya berat.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
karna ngurus2 ijin dll di p.jawa jg jd pada bikin disana
emoticon-Hammer2
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
itulah nkri harga mati......harganya pada naek semua....


Padahal mau bikin kue ini!

Minyak goreng nya tidak cukup!
Diubah oleh SunDaimond
Faktanya p. jawa n jawir adalah pendukung utama pembangunan negara bre..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di