KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dulu Kaya Raya, Kini Warga Kampung Miliarder di Tuban Mengaku Menyesal Jual Tanahnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ef5ec9773b0d035d1062ed/dulu-kaya-raya-kini-warga-kampung-miliarder-di-tuban-mengaku-menyesal-jual-tanahnya

Dulu Kaya Raya, Kini Warga Kampung Miliarder di Tuban Mengaku Menyesal Jual Tanahnya

Dulu Kaya Raya, Kini Warga Kampung Miliarder di Tuban Mengaku Menyesal Jual Tanahnya

TUBAN, KOMPAS.com - Sejumlah warga di sekitar proyek strategis nasional pembangunan kilang minyak yang dulu dikenal dengan kampung miliarder di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengaku menyesal telah menjual lahannya.

Seperti yang dialami seorang warga Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur bernama Musanam (60).

Musanam bahkan ikut berunjuk rasa di kantor PT Pertamina Grass Root Revenery (GRR) Tuban, Senin (24/1/2022).

Jual sapi untuk bertahan hidup

Musanam mengaku kala itu dirinya terbuai dengan janji PT. Pertamina Grass Root Revenery (GRR) Tuban yang akan memberikan pekerjaan dalam proyek pembangunan kilang minyak tersebut.

Tak seperti dulu, kini Musanam harus kehilangan penghasilan tetapnya sebagai petani.

Sebab, lahan pertanian dan rumahnya telah dijual untuk kepentingan proyek nasional pembangunan kilang minyak.

Bahkan, dirinya terpaksa menjual beberapa ekor hewan peliharaannya demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari.

"Dulu punya enam ekor sapi mas, sudah tak jual tiga untuk hidup sehari-hari dan kini tersisa tiga ekor saja," kata Musanam, kepada Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Nasib serupa juga dialami oleh Mugi (59), perempuan yang tinggal di kampung miliarder ini juga nyaris tak memiliki pekerjaan setelah lahan pertaniannya seluas 2,4 hektare dijual ke PT Pertamina.

"Ya nyesel, dulu lahan saya ditanami jagung dan cabai setiap kali panen bisa menghasilkan Rp 40 juta, tapi sejak tak jual saya tidak ada penghasilan," tutur Mugi, di sela-sela aksi unjuk rasa.

Mugi menceritakan, dahulu lahan pertanian seluas 2,4 hektar itu dibeli pihak Pertamina dengan harga Rp 2,5 miliar lebih.

Uang hasil penjualan tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan sisanya ditabung.


Mugi saat itu sebetulnya tidak ingin menjual lahan pertaniannya, tetapi dirinya seringkali didatangi perwakilan dari pihak Pertamina saat berada di sawah.

"Setiap saya di kebun, saya didatangi dan dirayu-rayu mas, mau diberikan pekerjaan anak-anak saya pokoknya dijanjikan enak-enak, tapi sekarang mana enggak ada," jelasnya.

Lantaran kecewa dengan perusahaan yang mereka nilai memberikan harapan palsu tersebut, ratusan warga sekitar lokasi proyek nasional pembangunan kilang minyak PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) berunjuk rasa.

Mereka menagih janji PT Pertamina GRR Tuban yang akan memprioritaskan warga lokal sebagai pekerja sebagaimana yang dijanjikan saat proses pembebasan lahan.

Suwarno, koordinator warga menyampaikan, pihak perusahaan mensyaratkan pekerja dari warga lokal harus di bawah usia 50 tahun.

"Ada pembatasan persyaratan usia yang dilakukan pihak perusahaan di atas 50 tahun tidak diperbolehkan," kata Suwarno, kepada Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Padahal, janjinya pada saat proses pembebasan lahan saat itu perusahaan tidak menyampaikan adanya persyaratan yang mempersulit warga.

"Ini gimana pekerja kasar aja tidak diperbolehkan, Tapi, kenyataannya ada pekerja dari luar ring 1 yang usianya di atas batas umur yang ada," ujarnya.

Solikhin, perwakilan PT Pertamina GRR yang berada di lokasi mengatakan akan menyampaikan tuntutan warga ke pihak manajemen di pusat.

Solikhin mengaku tidak berhak memberikan keterangan kepada publik terkait permasalahan tersebut.

Ya, nanti pihak coorporate yang akan menjawab semuanya melalui lembaran press release," kata Solikhin, kepada Kompas.com, Senin (24/1/2022.

https://surabaya.kompas.com/read/202...page=all#page4

Duit gusurannya udah d habisin.. Trus demo.. emoticon-Malu (S)

Dulu Kaya Raya, Kini Warga Kampung Miliarder di Tuban Mengaku Menyesal Jual Tanahnya

Btw.. Yg d janjikan pekerjaan itu anak2nya.. Masa d kasih batas umur maks 50 tahun.. Masih protes juga??.. emoticon-Malu (S)




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
go.gone dan 83 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 17


Jadi terhura..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 17 lainnya memberi reputasi
gile 2,5 m kok bisa bingung cari makan wong 1 m saja di masukan sukuk atau ori dah bisa ongkang2 kaki perbulan 4,900
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 42 lainnya memberi reputasi
Lihat 63 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 63 balasan
Dah dibayar kan?
Dah menikmati kan?

Bukan salah pemerintah dong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngampasnism dan 51 lainnya memberi reputasi
Itu kata warga yg diganti rugi yg "goblok" Yg sukses dr ganti rugi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dekil.pesek dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Aku yang dulu bukanlah yang sekarang
emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 8 lainnya memberi reputasi
Ya dikasih duit jg gede pak, buat modal bisnis harusnya...kalo ada lebihan boleh lah beli yg tersier
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dekil.pesek dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cirik khas orang kita ga heran,,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Warga yang mengeluh adalah warga pemalas yang berfoya2 dari uang hasil penjualan tanah dan terus berharap bisa terus "mengemis uang sumbangan" dari perusahaan dengan kedok minta pekerjaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dekil.pesek dan 23 lainnya memberi reputasi
Manajemen uang yang payah sekali..

Tapi penderitaannya seolah dilebih-lebihkan, iya memang anda kehilangan pekerjaan tetap, lahan sawah, sapi dan lainnya tapi setidaknya anda ini sempat mengalami surga dunia berupa foya-foya dan kebahagiaan material,
tetaplah bersyukur dan ajarkan anak-anak anda untuk bekerja keras seperti anda dulu saat masih jadi petani emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 20 lainnya memberi reputasi
Masa iya kerja di pertamina harus jual tanah dulu. . emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 12 lainnya memberi reputasi
knp dulu uang yg banyak itu gak dibelikan tanah lagi pak emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Michaelwise dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Punya duit segitu,invest,kemarin juga ada yg beli tanah lagi kan,nah kenapa bukan yg itu coba ditanya,gimana nasibnya skrng.

Dijanjikan pekerjaan? Usia mendekati 50 berharap dikasih kerjaan? Kecuali punya skill di korporasi atau management,pasti bakal dipertimbangkan utk masuk, kalau pas2an, yah ,mending cari tenaga yg lbh muda.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 14 lainnya memberi reputasi
Udah biasa di jawa rumah 2 lantai tapi interior kopong gak ada isinya
Yang penting pamer dulu urusan perut mah bisa puasa sunnah emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Berapa warga yg demo?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dasar goblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 6 lainnya memberi reputasi
Pernah baca, rame2 beli mobil,dan rame2 pula mobil pada penyok
Dulu Kaya Raya, Kini Warga Kampung Miliarder di Tuban Mengaku Menyesal Jual Tanahnya

Dapet duit milyaran, kepengennya dihabisin dalam sekejap........

Hebat bener warga situ yak.....

Padahal duit segitu bisa dipake buat hidup nganggur sampe belasan tahun, ini setahun aja udah ludes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dewars12yo
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Banyak kejadian seperti ini.

Karena Basic mereka bukan orang yg bisa "memutar/memainkan" duit.

Mereka gak tau harus di gimanain duitnya,akhirnya hanya utk hal2 konsumtif.

mau berapapun duitnya,selama mulut masih bisa mengunyah,yaaa bakalan habis...wassalam

Contoh:Bokap sohib ai,dapat duit... usaha ini gagal,coba itu gagal,coba ini itu malah bonyok .akhirnya?ya jual ini itu...

Ai kira perlu adanya solusi laen selain duit untuk hal2 seperti ini.

emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
99tata99 dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
2.4 Hektar dijual seharga 2.5M lebih

Penyakit goblog silau harta ya gini....ente beli tanah lagi 2.4 Hektar pake duit 2.5M itu kan bisa...malah masih ada sisanya buat ditabung atau ngembangin usaha kebun/sawah

Intinya ente silau ama duit milyaran....ente udah kebelet beli mobil beli ini beli itu....giliran abis duitnya mewek

botol emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Lah? 2M kan bisa buka bisnis baru atau beli tanah lagi.
emoticon-Big Grin

Udah pada beli mobil kan?
Yo wis jadi sopir taxol.
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daddydaddydoo
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
mau ngakak tapi takut dosa

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Halaman 1 dari 17


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di