KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bela Edy Mulyadi, Tifatul Sembiring: Tak Ada Hinaan, Udah Jangan Baper
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ee688533665d77cf24330e/bela-edy-mulyadi-tifatul-sembiring-tak-ada-hinaan-udah-jangan-baper

Bela Edy Mulyadi, Tifatul Sembiring: Tak Ada Hinaan, Udah Jangan Baper

Bela Edy Mulyadi, Tifatul Sembiring: Tak Ada Hinaan, Udah Jangan BaperJawaPos.com – Eks caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Edy Mulyadi disebut-sebut telah menghina lokasi ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Dalam sebuah diskusi, Edy menyebut daerah tersebut sebagai tempat ‘jin buang anak’ dengan pangsa pasar kuntilanak dan genderuwo.

Omongan Edy pun memicu amarah suku Dayak di Kalimantan. Mereka lalu menuntut Edy untuk meminta maaf dan datang ke Kalimantan untuk menjalani hukuman secara adat.

Menanggapi hal tersebut, politikus PKS Tifatul Sembiring mengatakan bahwa kejadian ini sebetulnya tak perlu dibesar-besarkan.
Menurut Tifatul, Edy tidak melakukan penghinaan apapun.

“Nggak ada kalimat menghina. Yang menghina yang mana? Nggak ada delik hukumnya juga. SARA juga enggak ada,” ujar Tifatul di sela-sela Pelantikan Dewan Pakar DPP PKS di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (24/1).

Anggota Komisi I DPR ini mengaku sudah bertanya kepada rekan-rekannya yang orang Jakarta atau dari suku Betawi mengenai kalimat ‘tempat jin buang anak’ tersebut. Kata Tifatul, rekan-rekannya tersebut menjawab ‘tempat jin buang anak’ merupakan konotasi dari lokasi yang jauh, sepi, dan seram.

“Tempat sepi, jauh, serem, itu maknanya tiga itu, bukan tempat jorok,” katanya.

“Saya kan tinggal Depok sekarang. Waktu saya pindah ke Depok, kata temen-temen juga bilang ‘lu mau pindah ke tempat jin buang anak?’. Jadi tidak ada konotasi penghinaan,” tambahnya.

Karenanya, Tifatul mengatakan bahwa polemik ini tidak perlu lagi diperpanjang. Terlebih, Edy juga sudah melayangkan permintaan maaf.

“Sudahlah. Kita ini ada 1.342 suku, ada 800 bahasa, ada 17.508 pulau dan ada sekian budaya. Udah, jangan baperan deh, dikit-dikit kesinggung, nanti susah bergaul kita ini. Nanti orang Batak ngomong kenceng, tersinggung. Jadi saling memahamilah. Suku bangsa begitu banyak tapi dikit-dikit kesinggung, kapan nikahnya kita,” ungkapnya.


https://www.jawapos.com/nasional/24/...-jangan-baper/


Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya , artinya: setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda; satu aturan di suatu daerah bisa berbeda dengan aturan di daerah lain.


di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung'. Peribahasa tersebut mengandung arti bahwa seseorang sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat tinggalnya


lu anggap kagak ngehina itu urusan ente.

Klo yg lain anggap ini hinaan itu juga bukan urusan ente.

Manknya kamu siapa bung...

emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
kalo kalimat yang sama digunakan untuk padang dan aceh bagaimana ya? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
twiratmoko dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo yang ngomong bukan beragam islam gimana yah? emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
benamkan PKS...jangan biarkan PKS bercokol di Kalimantan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 6 lainnya memberi reputasi
Suka suka yg laporin dong ...

Wong temen ente ngomong juga suka suka
Takut?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak yaaa pas bilang jangan BAPERRR...

padahalkan golongan situ yang paling sering baper kalo disenggol...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makanya kalo ngomong jgn songgong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pks monyet😑
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
satu persatu mulai kena senjatanya sendiri
yang memulai tren baper2an kan golongan antum padahal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 9 lainnya memberi reputasi
jelas itu menghina

kenakan pasal ujaran kebencian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 4 lainnya memberi reputasi
Anggota Komisi I DPR ini mengaku sudah bertanya kepada rekan-rekannya yang orang Jakarta atau dari suku Betawi mengenai kalimat ‘tempat jin buang anak’ tersebut. Kata Tifatul, rekan-rekannya tersebut menjawab ‘tempat jin buang anak’ merupakan konotasi dari lokasi yang jauh, sepi, dan seram.

Suku betawi yg bacotannya kaga sekolah jangan kaw samakan dengan suku melayu kesultanan atau suku dayak tongemoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tigaporsi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Partai gurem banyak bacot
emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 7 lainnya memberi reputasi
Samain aja perlakuannya kyk si arteria kemaren
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan chevelle16 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lah...yg dihina daerah kalimantan. Nanya "tidak menghina" ama orang betawi. Ini otak nya perlu ditempeleng dulu biar bener posisinya baru ngebacot.

Udalah..punya mulut jgn sok arogan, tiba2 disentil..sibuk cari pembenaran. Gentelmen dikit jadi LAKI!!! Hadapi masalah lu dengan besar bacot lu!!! Jgn malah buru2 "minta maaf"

CEMEN BENER MENTAL PKS!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
twiratmoko dan 9 lainnya memberi reputasi
pul , sekarang tuh depok masih dianggap tempat jin buang anak tidak ??
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada UU ITE buat apa?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
gampang banget ya bilang jangan baper, padahal ga setiap orang itu akan terima dibilang negatif kayak gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
klasik pekashit.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
Ndak usah baper mbong emoticon-Mad
Gitu aja mewek emoticon-Mad


































emoticon-Mad (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


lho.....????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di