KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ee2f52e533d57a624cfacc/apakah-kebohongan-benar-benar-bisa-dideteksi

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?

Untuk agan sista yang suka nonton film atau baca novel pasti pernah lihat atau dengar tentang alat pendeteksi kebohongan. Biasanya jika ada kejahatan yang sulit diungkap karna kekurangan bukti maka alat pendeteksi kebohongan akan dikeluarkan untuk menanyai saksi-saksi.

Namanya sih keren, alat pendeteksi kebohongan atau lebih sering disebut poligraf. Namun sayangnya yang dideteksi oleh alat ini hanyalah tekanan darah, denyut jantung hingga intensitas nafas, bukan kebohongan. Jadi begini, saat seseorang berbohong akan ada beberapa bagian otak yang aktif dan memicu rasa gugup atau tertekan dan pertanda-pertanda inilah yang dideteksi oleh poligraf. Singkat kata jika Anda melakukan seratus push up lalu dipaksa menggunakan poligraf maka kemungkinan besar alat itu akan menganggap Anda berbohong.

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?

Nyatanya sudah ada beberapa kasus dimana seseorang dipenjara karna poligraf menganggapnya berbohong padahal sebenarnya dia berkata jujur dan karna itulah penggunaan alat ini tak lagi bisa menjadi bukti kuat dalam kasus persidangan. Selain itu orang-orang yang bisa berbohong semudah bernafas tak lagi memiliki tanda-tanda keraguan dalam dirinya sehingga pasti bisa melewati deteksi dengan mudah.

Lalu bagaimana dengan para master dalam bidang psikologi? Ilmu yang mempelajari alam bawah sadar manusia ini membuat seseorang bisa menjadi poligraf hidup yang mendeteksi gerakan-gerakan yang kita buat tanpa sadar dan melihat ekspresi-ekspresi micro yang menunjukkan apa yang tengah kita pikirkan. Jika Anda pernah melihat mentalis di film-film beraksi maka Anda pasti mengira mereka bisa membaca pikiran Anda dengan mudah namun itu juga kurang tepat.

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?

Psikologi membuat Anda mengerti kepribadian seseorang dan mengerti apa yang tengah mereka rasakan namun tetap saja tak cukup untuk mendeteksi kebohongan (kecuali bila mereka menebak-nebak dan bereksperimen). Hal-hal seperti hipnotis juga tidak bisa membuat Anda mengakui kebohongan. Logikanya saja, jika ada cara pasti untuk tahu seseorang berbohong atau tidak maka seluruh penjahat di dunia pasti sudah dihukum.

Kesimpulannya, tak ada cara yang benar-benar pasti untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak dan karnanya waspadalah selalu atas apa yang orang lain katakan kepada Anda. Jangan takut untuk meragukan seseorang karna meragukan adalah bukti bahwa Anda ingin mengenal orang tersebut lebih jauh.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wikwikah96 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Andai saja semua orang seperti pinokio, pasti mendeteksi kebohongan menjadi mudah.

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Subtilizer dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
71disini dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Pertanyaan sederhana: kalau pinokio mengatakan "Hidungku akan memanjang" Apakah hidungnya akan memanjang atau tidak?
profile-picture
Subtilizer memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane yaqin TS pasti penikmat channel yutub kok bisa.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau dia sangat amat ahli ya gak bakalan bisa gans. Orang yang sudah sering bohong kelihatan kok, cara bicaranya sering bergonta ganti tidak konsisten
profile-picture
profile-picture
c.awu dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kok ane gk percaya ya sama alat lie detector hihi,
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hanya Tuhan yg tahu pasti emoticon-Angel
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
ini deretan orang2 yg pernah mengalahkan alat pendeteksi kebohongan emoticon-thumbsup

Apakah Kebohongan Benar-Benar Bisa Dideteksi?

yg mau nambahin dipersilahkan ... emoticon-Traveller
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
Berarti lie detector pembohong juga dong emoticon-Cape deeehh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gampang itu, kalo berbohong ya atur detak jantungnya, kalo deg2an ya ketawan sama lie detector

tetap stay cool, detak jantung usahakan ga deg2an saat pake lie detector
Diubah oleh ushirota
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sejujurnya kalau saya boleh kasih pendapat.
Terlepas apakah alat pendeteksi kebohongan itu bisa benar mendeteksi atau tidak.
Menurut pengalaman saya ketika
Dalam aku berkelana
Tiada yang tahu ke mana ‘ku pergi
Tiada yang tahu apa yang kucari
Gunung tinggi ‘kan kudaki
Lautan kuseberangi
Aku tak perduli

Dalam aku berkelana
Tiada yang tahu ke mana ‘ku pergi
Tiada yang tahu apa yang kucari

Tak akan berhenti aku berkelana
Sebelum kudapat apa yang kucari
Walaupun adanya di ujung dunia
Aku ‘kan ke sana ‘tuk mendapatkannya

Mungkin hatimu bertanya
Apakah kiranya yang sedang kucari
Dalam berkelana hai selama ini
Oh baiklah kukatakan
Yang kucari adalah
Cinta yang sejati

Dalam aku berkelana
Tiada yang tahu ke mana ‘ku pergi
Tiada yang tahu apa yang kucari


Begitulah kira kira yang bisa saya sampaikan untuk saat ini.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih...
Diubah oleh mangdodog
Kalo orang nya halusinasi mungkin enggak kena tu.. Pernah dulu liat di film serial bates motel kalo gak salah , ada scene pakai detektor gitu.
Salah satu scene lie detector yg ane suka emoticon-Big Grin

https://youtu.be/F6pveBThcEw
dari postur, gaya bicara, dll juga bisa kok.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hanya pelaku dan Tuhan yang tahu gan
klo orangnya kek sir anthony hopkins di the silence of the lamb mah ga akan kedeteksi bohong sama tuh poligraf


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di