KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wagub DKI Jakarta: Terbukti Hadirnya Sumur Resapan Bikin Genangan Lebih Cepat Surut
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ee1017da5a4572a622ee73/wagub-dki-jakarta-terbukti-hadirnya-sumur-resapan-bikin-genangan-lebih-cepat-surut

Wagub DKI Jakarta: Terbukti Hadirnya Sumur Resapan Bikin Genangan Lebih Cepat Surut

Wagub DKI Jakarta: Terbukti Hadirnya Sumur Resapan Bikin Genangan Lebih Cepat Surut

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, sumur resapan bukan hanya program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saja, melainkan juga garapan pemerintah pusat.

"Jadi program ini bukan hanya menjadi program pemerintah DKI, tapi sesungguhnya sudah ada aturan Undang-Undangnya, ketentuannya, dan juga menjadi program pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR," kata Riza kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Ia pun bersikukuh bahwa sumur resapan membuat genangan air di Jakarta menjadi lebih cepat surut.

Baca juga: Menyangsikan Manfaat Sumur Resapan, Bikin Jalan Rusak, sedangkan Banjir Tetap Lama Surut

"Terbukti dengan hadirnya sumur resapan banyak sekali genangan-genangan lebih cepat surut dari yang sebelumnya," ucap pria yang akrab disapa Ariza.

Ia pun menepis anggapan sejumlah pihak yang menilai bahwa sumur resapan tidaklah efektif mengatasi banjir.

"Sumur resapan itu menurut kajian para ahli sangat baik dan efektif," lanjutnya.

Baca juga: PDI-P DKI Sebut Sumur Resapan Program Unggulan Anies Terbukti Gagal Atasi Banjir Jakarta

Sementara itu, kritikan atas efektivitas sumur resapan semakin sering terdengar kala puncak musim hujan.

Kritikan datang dari pelaku politik dan berbagai kelompok. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, misalnya. Dia menilai bahwa proyek sumur resapan tidak ada gunanya. Sebab, sejumlah wilayah di Jakarta saat ini masih terendam banjir imbas hujan lebat yang terjadi pada Selasa (18/1/2022).

"Apa yang dibuat oleh gubernur hari ini, perencanaan sumur resapan ini tidak ada gunanya," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (19/1/2022). Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan sumur resapan yang menjadi program unggulan Gubernur DKI Anies Baswedan gagal mengatasi banjir yang terjadi di Ibu Kota.

Baca juga: 102 RT Terendam Banjir Jakarta, Ketua DPRD: Sumur Resapan Tidak Ada Gunanya

Gembong menuturkan hal itu terbukti dengan masih terdapat genangan banjir selama dua hari usai hujan berintensitas tinggi di Jakarta.

"Faktanya ada 26.000 yang dibangun tahun 2021. Faktanya kan tidak menjawab persoalan banjir. Itu fakta, jadi bukan Gembong yang ngomong," kata Gembong, dikutip dari Antara, Kamis (20/1/2022).

Tak hanya politisi, kritikan juga datang dari sejumlah warga di Jakarta. Toto, seorang penghuni rumah kontrakan yang terletak di kawasan Jalan Kamboja, mengatakan bahwa banjir tetap melanda tempat ia bermukim pada Rabu (19/1/2022).

"Kalau dari pantauan saya ini tidak efektif. Kalau disebut menangani banjir, tapi masih banjir di sini," ujar Toto saat ditemui di lokasi. Toto mengatakan, banjir terakhir terjadi pada Desember 2021. Ketinggian air saat itu lebih dari satu meter. Padahal, sumur resapan sudah mulai beroperasi.

"Saat banjir, (sumur resapan) buat air menjadi cepat surut juga tidak," kata Toto. Warga lainnya, Umar, mengatakan bahwa pembangunan sumur resapan di lingkungan rumahnya itu sia-sia. Pasalnya, sumur dibangun tak jauh dari bibir sungai.

"Kalau saya bilang mubazir ya. Saat proses pembuatan lubang oleh tukang, itu sudah ada air (di sungai). Kalau sudah ada air begitu, nanti air yang baru datang meresapnya ke mana?" kata Umar.

Menurut Umar, keberadaan sumur resapan juga membuat permukaan jalan rusak. "Lebih efektif pengerukan lumpur (di sungai). Waktu itu habis pengerukan lumpur, air sungai jalannya lancar. Banjir cepat surut," kata Umar.

https://megapolitan.kompas.com/read/...lebih?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Wagub nya keren.. mau dijadikan sebagai pelengkap penderita karena gubernurnya nggak becus.. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Surut emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jihyunwoo dan samsol... memberi reputasi
Sumur resapan gini kalo tujuannya untuk menabung air tanah sih oke aja menurut gue. Tapi kalo ditaro sebagai garda terdepan untuk mengatasi banjir ya nggak. Tanah Jakarta itu lempung yang sifatnya nampung air, jadi ya bakalan lama bikin air itu meresap.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nibrashilmy2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
anjay, wagubnya makin kasar main bolanya.
udah jelas jelas gk ada gunanya untuk ngeresap air banjir.
yang udah pasti nyata cuman sangat efektif untuk menyerap alokasi apbd.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Terbukti dari hongkong... 🤦‍♂️

Kasian lama2 liat wagub. emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jihyunwoo dan 3 lainnya memberi reputasi
Wan bumper udah jadi beo emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
Teruji oleh ITB dan IPB belum? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Lebih cepat berapa detik?

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jihyunwoo dan 3 lainnya memberi reputasi
fungsi menyerap airnya gak ada, yang ada jadi jebakan betmen apalagi kalau naek motor dikala hujan dan ada genangan air... selip dikit kena pinggiran sumur resapan ya pemotor mandi air comberan... kalo pas sial tuh sumur resapan gak ada penutupnya ya wassalam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ifeliachorling dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Denial saja terus. Ciri2 org gangguan jiwa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wancritttt emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
memang menjijikkan melihat kelakuan gabener & wahgabener pilihan kadruntaik. emoticon-fuck Menjijikkan seorang pemimpin mencerminkan menjijikannya pendukungnya jg yg hidup susah, mati segan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 3 lainnya memberi reputasi
Berat kali ya tugas nya pak wagub ini.
emoticon-Hammer2
Sabar pack.
profile-picture
profile-picture
samsol... dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Enjoy bioporiemoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
Suaranya merdu, tidak ada sumbang2nya
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan samsol... memberi reputasi
"Terbukti dengan hadirnya sumur resapan banyak sekali genangan-genangan lebih cepat surut dari yang sebelumnya," ucap pria yang akrab disapa Ariza.

Mana, ada foto/videonya? Kemarin malah lihat video netijen, airnya keluar dari sumur resapan..

Ada ujicoba sebelumnya untuk membandingkan sebelum-sesudah ada sumur?
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan samsol... memberi reputasi
Best tank support of the year emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
loekirasiapa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Berarti sumur resapan lebih berguna drpd gabener
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan samsol... memberi reputasi
belum SNI, terbukti dari mana?

emoticon-Leh Uga

terbukti bemper abud emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan samsol... memberi reputasi
Diubah oleh EnzoMan
Bikin surut apa bikin mata air baru? emoticon-Big Grin

{thread_title}


Di reply post ini ada sanggahan yg kocak karena penuh kontradiktif emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Satu sisi bilang begini:

Quote:


Tapi di saat yang sama:

Quote:


Duh kok mau aja sih dibayar seceng per post buat jadi badut di kaskus.

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daddydaddydoo
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di