KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Target Molor Terus dan Tak Sesuai Janji
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ee0ce148e59724e4039830/kereta-cepat-jakarta-bandung-target-molor-terus-dan-tak-sesuai-janji

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Target Molor Terus dan Tak Sesuai Janji

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Target Molor Terus dan Tak Sesuai Janji

KOMPAS.com - Tepat hari ini 6 tahun yang lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung pada 21 Januari 2016.

Saat itu, pembangunan kereta cepat yang merupakan bentuk kerja sama dengan China digadang-gadang menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

"Sampaikan salam saya ke Presiden Xi Jin Ping agar kerja sama Indonesia-China bisa diperluas ke bidang lainnya, agar kerja sama ini lebih erat," ujar Presiden dalam sambutannya.

Awalnya, proyek yang menelan biaya sekitar Rp 72 triliun ini ditargetkan rampung 2018 dan mulai beroperasi pada 2019.

Harapannya, kereta cepat Jakarta-Bandung ini dapat memberi dampak jangka pendek dan jangka panjang kepada masyarakat.

Janji tak gunakan APBN
Presiden Jokowi juga berkomitmen untuk tidak menggunakan uang APBN sedikit pun, melainkan dari investasi.

Bahkan ia menyebut lebih baik membangun kereta api di Papua, Sulawesi, dan Kalimantan, apabila pemeritah menggunakan APBN.

"Kereta cepat itu tidak memakan uang APBN, tapi dari investasi. Kalau itu uang APBN, Rp 60-70 triliun, ya saya pakai saja bikin kereta api di Papua, Sulawesi, dan Kalimantan," jelas Jokowi, dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

"Tapi ini dari investor, ya silakan, asalkan tidak menganggu anggaran APBN," sambungnya.

Sayangnya, operasional kereta cepat yang diimpikan tersebut harus molor 4 tahun dari target.

Saat meninjau Tunnel 2 proyek tersebut pada Senin (17/1/2022), Jokowi menuturkan bahwa proyek tersebut tersebut akan beroperasi pada Juni 2023.

Mundurnya operasionalisasi KCJB karena ada masalah dalam pembangunan terowongan pada Tunnel 2.

Berada di area formasi clayshale ekstrem, tanah Tunnel 2 akan mengembang jika terkena udara dan air, serta menurunkan daya dukung tanah hingga 80 persen.

Proyek ini juga sebenarnya sempat dihentikan sementara pada 2020, karena menyebabkan banjir di sepanjang Jalan Tol Cikampek.

Proyek kereta cepat menyebabkan 13 siphon (saluran air di bawah Tol Cikampek) tertutup oleh tiang penyangga proyek.

Selain memicu banjir di Tol Jakarta-Cikampek, beberapa insiden selama pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung beberapa kali terjadi seperti meledaknya pipa BBM Pertamina di lokasi proyek, protes warga karena retaknya rumah, hingga jalan rusak.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinuligga menjabarkan alasan pendanaan kereta cepat kini boleh bersumber dari APBN.

Menurutnya, proyek tersebut awalnya direncanakan memakan biaya 6,07 miliar dollar AS atau sekitar Rp 86,5 triliun.

Akan tetapi, kebutuhan dana tersebut membengkak hingga menjadi sekitar 8 miliar dollar AS atau setara Rp 114,24 triliun.

Pembengkakan kebutuhan dana itu juga dibarengi dengan kondisi keuangan para pemegang saham perusahaan konsorsium proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mengalami kemacetan akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah akhirnya menerbitkan Perpres Nomor 93 Tahun 2021 yang mengizinkan pendanaan proyek kereta cepat boleh bersumber dari APBN.

Keputusan ini pun menuai banyak kritikan, terlebih Indonesia berada di dalam krisis pandemi.

https://www.kompas.com/tren/read/202...-sesuai-janji?

Mundur lagi deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh seher.kena
Halaman 1 dari 2
proyek ga penting

abis2 in duit rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mustafakemal19 dan 7 lainnya memberi reputasi
Dan hampir ga ada yang nyinyirin, termasuk Kadrun.
profile-picture
profile-picture
gepe13 dan pamansengkuni memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kecebong = Kereta Cepat Boongan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mustafakemal19 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ayo rakyat pada donasi tuh bantu pemerintah krn rakyat indonesia suka menolong
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan adamyvon memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nganu gan, kereta jenis ini bleum ada di indonesia gan, worth banget buat "peninggalan" "kalo bisa" direalisaasikan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 2 lainnya memberi reputasi
biaya ± 1 triliun/km atau 1 miliar/m, dan masih bisa bengkak lagi, ambisi mukidi ngeblank emang bikin negara blangsak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kereta cepat itu inevitable, kedepan pasti bakalan bikin. mending bikin sekarang
apakabar project partai mangkrak yg delayed puluhan thn kyk bocimi cisumdawu dkk? akhirnya harganya mahal
profile-picture
dexvils memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
meski molor namun tetap dikerjakan gan. kalau soal tak sesuai janji ya wajar2 aja mungkin banyak kendala diluar dugaan misal pandemi covid, cuaca ekstrim global dll dsb
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini kan "proyek" kereta cepat
bukan kereta cepat
ya jelas, beda lah

mo dia "proyek" pesawat cepat kek
selama ada kata "proyek"

ya jadi lamban emoticon-Thinking

Spoiler for :
Diubah oleh andree.hehasaaa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nanti inka sama esemka kolaborasi bikin keretany
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Molor bukan karena mangkrak emoticon-Stick Out Tongue
Tapi karena kendala teknis emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo baca berita di ini trit, presiden Jokowi jelas tak lah bisa disalahkan begitu aja.

Ini masalahnya tak lebih dari kompetensi kontraktor cina komunis daratan yang sebenernya emang nggak kompatible, tapi maksain diri untuk unjuk gigi bahwa punya kemampuan.

Tak pake APBN, targetnya bisa selesai di 2018, dan operasional 2019, itu kan semua hasil kajian dari kontraktor cina komunis daratan.

Jadi sebenernya, letak permasalahannya, emang di kontraktor cina komunis daratannya yang emang nggak capable, incompetensi, tapi ambisi.


harapan kedepannya, agar lebih cermat dan teliti kalo mau kerja sama dengan cina komunis daratan, jangan sampe ditilep kayak edi tansil nilep uang negara korupsi triliunan abis itu ngabur ngabrit ngacrit ngumpet di negeri leluhur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mustafakemal19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
proyek gak jelas ini sih

untuk jakarta - bandung ada bbrp kali berhenti

emoticon-Ngakak
profile-picture
mustafakemal19 memberi reputasi
di trit beginian, kaum cebong umat kobokan pada ngumpet dan tiarap
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jauhdekat2005 dan 2 lainnya memberi reputasi
Komen TS kan "Mundur lagi deh"
Kalau ane justru tergelitik karena ingkar janjinya masalah APBN, ini ibarat belum jualan udah nanggung rugi/nombok duluan, dan hanya karena tidak mateng perencanaannya, ambisius boleh kalau uangnya banyak emoticon-Berduka (S)
profile-picture
Jalan Cinta memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yaiyalah molor mulu duitnya abis emoticon-Ngakak
enakan ketipu china emoticon-Ngakak
diketawain jepun kan sekarang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mustafakemal19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Terima kasih cina emoticon-Imlek








Jepang mantau di pojokan sambil ngakak guling-guling emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mustafakemal19 dan 3 lainnya memberi reputasi
namanya proyek kereta cepat, tapi aslinya ini proyek 4 kota satelit baru, artinya utamanya bisnis properti. dengan nempel jalan tol, ini memberi para pembeli properti akses jalan yang bagus untuk pergi ke tempat2 sekitar.
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di