KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Education /
APA ITU PROPHETIC EDUCATION?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61eb9ef23d75d71ff47fe292/apa-itu-prophetic-education

APA ITU PROPHETIC EDUCATION?

Nama  : FARA AULIA 
Prodi   : PG PAUD
Matkul: Profesi Pendidikan 

Pendidikan dalam Islam, secara bahasa memiliki terma yang sangat varian. Perbedaan ini tidak terlepas dari banyaknya istilah yang muncul dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai sumber rujukan utama pendidikan Islam yang menyebutkan kata (kalimah) yang memiliki konotasi pendidikan atau pengajaran. Ilmu Pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas dan memuat teori tentang pendidikan Islam.

Nabi ialah seorang utusan Allah SWT pembawa ajaran agama yang dibawa rosul sebelumnya. Sebutan lain untuk nabi adalah orang yang menyampaikan berita gembira (basyir) dan pembawa peringatan (nadzir). Tugas nabi menyerukan iman kepada Allah dan mengesakanNya, Menyerukan iman kepada hari akhir dan hari pembalasan, Menerangkan syariat demi kemaslahatan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat. Sifat Nabi adalah manusia biasa yang menjalankan hidup seperti orang lain pada umumnya. Dia juga mengalami sakit, lemah, tua, dan mati. Namun nabi punya keistimewaan serta sifat yang luhur dan agung sesuai kedudukannya.

Sumber pendidikan Islam sudah jelas dan baku, yakni bersumber pada nilai-nilai wahyu (Al-Qur’an)  dan nilai-nilai kenabian (AsSunnah), ketauladanan para ahli waris Nabi-Nya (Auliya Allah dan Ulama billah). Nabi Muhammad SAW. adalah model yang paling utama dari sosok “guru” yang menyampaikan pesan-pesan ketuhanan, nilai-nilai kemanusiaan dan kerahmatan alam semesta dalam dunia pendidikan. beliau sebagai uswatun hasanah (model, contoh dari manusia yang paling lengkap dan sempurna).

Kesimpulan yang dapat di ambil ialah bahwa pendidikan dalam islam adalah pendidikan yang berkaitan dengan agama yang menyangkut tentang semua hal. Nabi adalah seorang utusan Allah SWT pembawa ajaran agama yang dibawa rosul sebelumnya.  Ketika guru atau dosen sebagai pendidik tidak menjalankan perannya dengan baik, proses pendidikan tidak akan dapat berjalan dengan efektif. Dengan demikian, tujuan pendidikan pun tidak akan tercapai. Ketika pendidikan gagal mencapai tujuannya, dengan sendirinya manusia juga gagal menjadi lebih baik.




×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di