KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Rames Cemilan Kriuk-kriuk Manis Dari Ketela Rambat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61eb55e436f68f00744ed010/rames-cemilan-kriuk-kriuk-manis-dari-ketela-rambat

Rames Cemilan Kriuk-kriuk Manis Dari Ketela Rambat



Rames Cemilan Kriuk-kriuk Manis Dari Ketela Rambat


Assalamualaikum

Apa kabar Agan Sista, Sahabat Kaskus di manapun berada. Semoga kabar baik senantiasa sehat dan tetap semangat.
Jumpa kembali di Thread saya yang akan ngebahas apalagi kalau bukan cemilan. Untuk cemilan yang akan saya bahas kali ini masih tetap dengan cemilan yang kriuk-kriuk manis juga rasanya.

Nama cemilan ini adalah Rsmes, mungkin di tempat Agan Sista semuanya memiliki nama yang berbeda. Cemilan ini terbuat dari ketela. Berbagai macam olahan dapat kita hidangkan dengan menggunakan bahan dari ketela atau ubi rambat ini, seperti bubur candil, ketela goreng, keripik ketela, bakpia ubi atau ketela rambat juga cemilan ini yang namanya Rames.

Teringat waktu kecil tatkala saya ke kota melihat warung bertuliskan nasi rames, yang terlintas di pikiran saya, nasi dengan lauk rames cemilan dari ketela itu, masa iya rames buat lauk hehehehe, ternyata pikiran saya salah, nasi rames adalah nasi dengan lauk campur-campur, berbeda dengan cemilan rames yang saya maksud.

Cemilan Rames ini adalah cemilan tanpa bahan pengawet, benar-benar alami, dari semua proses nya.
Pertama-tama untuk membuat rames ini bahan yang digunakan adalah ubi atau ketela rambat, harus Yang bagus memilihnya, karena ada yang busuk sedikit saja rasanya jadi pahit kemudian dicuci bersih kemudian diperet atau diiris menggunakan alat yang tajam, langsung di atas wajan yang berisi minya yang mendidih, kemudian digoreng sampai matang dan kriuk benar. Setelah selesai menggoreng baru dibesto, atau dimasak kembali dengan gul karamel, diaduk-aduk sampai rata, kemudian dibuat bulatan-bulatan seperti bola pingpong ada pula yang dibuat bulatan pipih sesuai selera.

Waktu saya berwisata ke daerah pegunungan di daerah Pagilaran, banyak sekali penjual rames ini, dikemas dalam plastik, ada juga yang dikemas dalam toples bening, sehingga kelihatan dari luarnya. Bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk keluarga saat berwisata ke daerah perkebunan teh di Pagilaran.

Rames Cemilan Kriuk-kriuk Manis Dari Ketela Rambat


Setelah dingin baru deh bisa dinikmati, ada rasa manis dan kriuk-kriuk. Cemilan seperti rames ini banyak sekali ditemukan di pasar-pasar tradisional, harganyapun tidak mahal dengan isi 10 hanya Rp 4000 saja, kalau jual eceran jatuhnya Rp 500, murah banget kan, padahal rasanya enak lho, tapi tidak dianjurkan bagi yang sakit gigi, bisa masuk sela-sela gigi lho.

Cemilan rames ini cocok juga dijadikan teman ngeteh atau pun ngopi, saat kumpul dengan keluarga. Pokoknya makanan dengan bahan alami ini jadi favorit juga deh buat acara ngumpul-ngumpul bareng teman-teman saat wisata.

Rames Cemilan Kriuk-kriuk Manis Dari Ketela Rambat


Rames Cemilan Kriuk-kriuk Manis Dari Ketela Rambat


Apa nama cemilan ini di tempat tinggal agan sista semuanya, samakan namanya rames?
Okey deh Agan Sista semuanya, sampai di sini dulu Thread Saya kali ini tentang cemilan jajanan pasar, semog suka.
Sekian Thread dari saya,
Sampai jumpa di Thread selanjutnya, jangan lupa bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta bye ... bye

Rames Cemilan Kriuk-kriuk Manis Dari Ketela Rambat




Opini Pribadi
Sumber gambar dok.pri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
enyahernawati dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Dulu pas ane kecil sering makan ini,tp baru kali ini tau kl namanya rames ya ternyata, wkwkwkemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Aku suka ini. Kremes kalo ga salah namanyaemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indri507 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 171 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 171 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Suka banget beli ini, tapi yang gk suka itu minyaknya emoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Baru tau kalo namanya Ramea , dulu sering makan tapi gak pernah tau namanya emoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Aseli waktu kecil doyan bgt sama rames ini dijual diwarung2 beli satuan, sampe sekarang pun masih ada dan masih doyan.
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan kakeksegalatahu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Arane gubi bukan sih emoticon-Thinking
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hah ? baru viral dan br tau lu yg beginian?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
ane nyebutnya carang mas, baru tau ada nama lainnya.
emoticon-Jempol
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Kalau di sunda namanya...


Duh lupa lagi..
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Enak sama kopi itu. Atau sama esteh manis emoticon-Malu
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Makanan waktu ane bocil itu
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
wenakeee emoticon-Toast
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Jajanan yg sudah lama banget ane tidak makan
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan indri507 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Baru tau ada makanan sejenis ini.
Boleh tuh Bund dicoba resepnya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Sekarang dah gede yaemoticon-Ngakak
Quote:


Pastinya
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di