KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ea8b4433735a231407bee2/nikmatnya-rawon-kuliner-sejak-901-masehi

Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi

Rawon - Kuliner Nusantara


Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi


Hay... hay Gan Sist
Bertemu kembali bersama nandeko di Tread spesial Kuliner Nusantara. Kali ini nandeko akan membahas kuliner yang memiliki tampilan unik, potongan daging dengan kuah hitamnya, apa lagi kalau bukan Rawon. Masakan khas Jawa Timur.

Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi
WM. Rawon Legendaris "Bu Siti"


Di perkirakan Rawon adalah salah satu hidangan tertua dalam sejarah jawa kuno yang sudah ada sejak 901 Masehi. Ini diketahui dalam prasasti Taji yang bertuliskan "rarawwan".

Namun kita tidak akan membahas asal muasal rawon, tapi nandeko akan mengajak Agan dan Sista menikmati semangkuk rawon yang nikmat dan lezat.

Rawon sendiri terbuat dari potongan - potongan daging sapi dengan bumbu - bumbu yang khas, salah satunya "kluwek".

Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi
kluwek/kepayang


Kluwek atau kepayang (kbbi) lah yang membuat kuah rawon berwarna coklat kehitaman, dalam kondisi mentah atau belum diolah, kluwek sangat beracun karena mengandung asam sianida yang jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan mabuk. Mungkin Gan,Sist pernah mendengar istilah "mabuk kepayang", nah inilah arti sebenarnya.

Menikmati rawon tentunya paling pas di temani nasi hangat dan kerupuk udang. Rasa kuah yang gurih dipadu dengan irisan empuk daging sapi dan aroma rempah rempah yang harum, menggugah selera makan kita. Bagi yang doyan pedas biasanya juga di sediakan sambal.

Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi
Rawon (Wikipedia)


Untuk menikmati Rawon juga tidak susah, karena warung - warung yang menjual rawon sudah hadir di berbagai kota di Indonesia. Gan,Sist juga bisa membuatnya sendiri, sudah ada yang menjual bumbu instan rawon, namun akan lebih afdol dan nendang jika memasak menggunakan bumbu segar racikan sendiri.

Ada lagi nih yang unik, namanya pecel rawon Banyuwangi, sesuai namanya kuliner ini mengombinasikan 2 masakan, yaitu pecel dan rawon. Penyajiannya terdiri dari beberapa sayuran yang direbus kemudian di campur denga bumbu pecel, dan terakhir disiram dengan kuah rawon. Rasanya juga tak kalah nikmat.


Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi
Pecel Rawon Banyuwangi


Nah sekian untuk thread kali ini, nandeko udah gak sabar menikmati Rawon yang sudah hadir di meja makan.

Saya nandeko
Salam Uhuy...
emoticon-Ngacir








Referensi:
Yoursay.id
kepayang (Wikipedia)

Spesial Thanks:
WM. Rawon Legendaris "Bu Siti" - Pasar Sumowono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nandeko
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
mantap banget nih.....jadi pingin makan rawon ....seger banget....apalagi dengan tauge mentahnya plus daun kemangi.
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang nasi rawon.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
Sikucrutz dan nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Masakan indo emg terkenal gan, rempah2 yg digunakan juga sgt byk.

profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Paling suka Rawon Nguling Probolinggo..

Nikmatnya Rawon, Kuliner Sejak 901 Masehi

kalo masak rawon.. paling enak dimakan di hari ke 2 atau ke 3 (rajin diangetin tiap hari)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandeko dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mynameisant
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Salah satu makanan Dewa!! 🥰
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ane penyuka rawon
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
ini sih yang biasanya disajikan buat hidangan di kondangan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Jadi inget depot rawon terkenal di jatim yang pake ehem. .ehem. . penglaris bin magicemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan nandeko memberi reputasi
katanya rawon tu sbnernya soto. jadi hitam karna kluwek nya. bener kah gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
belum pernah makan rawon, ga ada ditempat ane emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wah jadi laper liat rawon
Termasuk makanan kesukaan ane
Tp nyari rawon di jkt yg enak kek di jawa timur, agk susah
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
mantafff... btw itu lohh ikan bakar.. keknya lebih tua umurnya sejak jaman prasejarah emoticon-Hammer

_________ duh jd pengen rawon _________ emoticon-Ngacir2
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rawon nguling mantaps
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jadi pengen nyobain pecel rawon emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pecel rawon kyaknya enak gans
Jadi laperr
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di