KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Sumur Resapan Anies Baswedan, Sudin SDA: Untuk Konservasi Air
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ea2a92fdaadf1ba27bbc73/soal-sumur-resapan-anies-baswedan-sudin-sda-untuk-konservasi-air

Soal Sumur Resapan Anies Baswedan, Sudin SDA: Untuk Konservasi Air

Soal Sumur Resapan Anies Baswedan, Sudin SDA: Untuk Konservasi Air

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak yang menuding proyek sumur resapan Gubernur DKI Anies Baswedan sia-sia dalam mengendalikan banjir Jakarta. Hal ini mengemuka setelah banjir melanda sebagian wilayah Jakarta pada Selasa, 18 Januari 2022 lalu.

Politikus PDIP Gembong Warsono misalnya yang menyebut sumur resapan jelas tak efektif mengentaskan banjir Jakarta.

"Faktanya ada 26 ribu yang dibangun pada 2021, faktanya kan tidak menjawab persoalan banjir, itu fakta jadi bukan Gembong yang ngomong," ujar anggota DPRD DKI Jakarta itu.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat Abdul Rauf Gaffar mengatakan, pembangunan sumur resapan atau drainase vertikal bukan hanya berfungsi sebagai pengendali banjir maupun menghilangkan genangan.

"Sumur resapan itu kan bukan untuk pengendalian banjir saja. Itu untuk konservasi air. Bukan berarti menghilangkan genangan," kata Abdul Rauf seperti dikutip Antara di Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022.

Rauf menjelaskan, banjir di sembilan lokasi wilayah Jakarta Pusat pada Selasa (18/1) dipengaruhi oleh intensitas curah hujan yang tinggi, luapan air dari Kali Sunter hingga back water atau berbaliknya air.

Salah satu ruas jalan yang terdampak, yakni Jalan Jenderal Suprapto dan Jalan Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dengan tinggi genangan mencapai 70 cm.

Para petugas pun memompa hingga pukul 18.30 WIB, sebelum akhirnya jalan bisa dilalui kembali.

"Rata-rata di bawah 1 jam sudah surut, cuma memang yang di area (Jalan) Suprapto agak lama. Jam setengah 7 bisa buka satu jalur lambat," kata dia.

Ia menambahkan, kesiagaan pompa yang membuat air cepat surut. Setidaknya ada 23 rumah pompa dan 95 pompa stasioner di Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut banjir yang melanda Jakarta pada Selasa lalu karena hujan ekstrem.

Lewat akun Instagram, Anies menyebut curah hujan di Kemayoran tercatat mencapai 204 milimeter, di Teluk Gong 193 mm, di Pulomas 177 mm, dan Kelapa Gading 163 mm.

"Curah hujan di atas 150 mm adalah kondisi ekstrem. Kapasitas drainase di Jakarta berkisar antara 50-100 mm. Bila terjadi hujan di atas 100 mm per hari, pasti akan terjadi genangan banjir di Jakarta," tulis Anies.

Namun Anies mengklaim berkat kerja cepat banjir bisa segera ditangani dan surut di hari yang sama.

Dia menyebut lebih dari 100 pompa mobile diaktifkan dan belasan truk pemadan kebakaran diturunkan untuk menyedot banjir. Sebanyak 480 pompa stasioner juga dalam posisi siap, dan di daerah yang terdapat banjir dan genangan langsung diaktifkan.

"Semua dikerahkan untuk memompa dari kawasan tergenang dan dialirkan ke saluran/kanal/sungai. Surut cepat karena semua sumber daya dikerahkan. Itulah kerja jajaran DKI: senyap dan tuntas!" tulis Anies Baswedan.

https://metro.tempo.co/read/1552277/...r/full?view=ok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pantesan...

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
duit.kolo dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
"Semua dikerahkan untuk memompa dari kawasan tergenang dan dialirkan ke saluran/kanal/sungai. Surut cepat karena semua sumber daya dikerahkan. Itulah kerja jajaran DKI: senyap dan tuntas!" tulis Anies Baswedan.


saking senyapnya:


Soal Sumur Resapan Anies Baswedan, Sudin SDA: Untuk Konservasi Air



itu bukan karena sumurnya tidak efektif bong......




Soal Sumur Resapan Anies Baswedan, Sudin SDA: Untuk Konservasi Air


itu aernya cuma lagi bingung cara masuk ke sumur resapannya karena belum diajarkan.

faham klean bong ? emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 68 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 68 balasan
Brarti sdh benar
Sumur nya utk konservasi air, bkn utk serapan air
Wartawan aja yg salah nulis berita

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
duit.kolo dan 6 lainnya memberi reputasi
"Curah hujan di atas 150 mm adalah kondisi ekstrem. Kapasitas drainase di Jakarta berkisar antara 50-100 mm. Bila terjadi hujan di atas 100 mm per hari, pasti akan terjadi genangan banjir di Jakarta," tulis Anies.

Sampai sekarang masih bingung sama seluruh gubernur Jakarta, kalau memang kapasitas drainase yang kurang memadai kenapa tidak itu duluan yang diurus. Daripada bikin proyek2 sok ngide yang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
duit.kolo dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ga anak buah, ga bos nya

Sama idiotnya emoticon-Ultahemoticon-#MAR16ERAK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 5 lainnya memberi reputasi
Udin pasang bemper, kali aja jadi anggota toge pepe mayan dapet cuanemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
masyarakat taunya jakarta masih banjir....

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
nah, kalo ini udah bener tujuannya.tapi jadinya malah kayak aboed ga punya perhatian sama sekali buat banjir kalo gitu.. emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
samsol... dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Diubah oleh nastak.beybeh
Jangan terlalu banyak berharap drun, kan udah dibilang bukan untuk menghilangkan genangan emoticon-Nyepi

Sekarang buat konservasi air, ntar lama2 dibilang sekalian buat ternak lele emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
apakah kalian tidak turut mengikuti kesenyapan yang telah Anies berikan bong?
Aer ujan tuh secara sunnatullah harusnya menguap dengan sendirinya karena cahaya matahari bong!!emoticon-Marah
emoticon-Toast emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
samsol... dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Musim hujan buat konsevasi air, dan di musim kemarau akan jadi konservasi nyamuk Aides.

Jangan kaget kalo nanti DBD melonjak ya. Kita sudah tau semua siapa penyebabnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
Bikin empang kek
Atau waduk
Sama hutan kota

Lbh masuk akal seperti itu
Sumur serapan mah akal akalan proyek
profile-picture
profile-picture
samsol... dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Jadi bukan buat pengendalian banjir emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
samsol... dan pilotugal2an541 memberi reputasi
konservasi air harusnya sejenis waduk . bukan lubang d tengah jalan. soalnya dlm jangka waktu yg lama sumur resapan yg nyerap air bisa bikin kontur tanah d bawahnya jd gembur . akibatnya ga kuat nahan beban beton dan kendaraan yg melintas .
d luar negeri tehnisnya bikin selokan dulu d bawah jalan raya. airnya d alirkan ke tempat yg rendah . bukan sumur resapan model abud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh smogal
bos nya tolol...anak buahnya ikutan tolol ... semua jadi pinter ngeles emoticon-Wkwkwk emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan samsol... memberi reputasi
Ini azab pasti nih gak salah lagi emoticon-Belgia
emoticon-Wakaka buat konservasi air ???? Bangcaad..bacot asal ndeplak kek gabener atasanya..cocoteee uapik,isine mbelgedez
udah pada baca buku pedoman banjir belom woi
Pasca banjir peer lagi

DBD
Kita tunggu saja 1,8 juta sumur resapan nya jadi!

Sebentar lagi bulan 10!
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di