KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sebenarnya Asuransi Menguntungkan Apa Merugikan Sih ??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e8ee89c1e25c7f8d54ffb4/sebenarnya-asuransi-menguntungkan-apa-merugikan-sih

Sebenarnya Asuransi Menguntungkan Apa Merugikan Sih ??


[youtube]

[/youtube]

Assalamu'alaikum

Saya sedikit tergerak tentang kasus ini yang ngebuat Dewakere tertarik menulis lagi. Menanggapi kasus asuransi yang sepertinya tidak ada habisnya Dewakere sendiri iseng main ke kantor agen yang menangani Dewakere sejak zaman dewakere semester 3 kuliah hingga saat ini.

Sebenarnya Asuransi Menguntungkan Apa Merugikan Sih ??

Karena jujur saja jika tidak ada asuransi biaya yang Dewakere dan keluarga ketika sakit sudah buanyak dan bahkan jika tanpa asuransi mungkin Dewakere dan Bapak Dewakere tidak akan sanggup membayar biaya rumah sakit.

Karena polemik-polemik tersebut Dewakere iseng bermain ke Kantor Agen yang membantu Dewakere dan Bapak Dewakere selama ini untuk membahas kasus yang viral di kaskus kemarin.

Dijelaskan di Video diatas keresahan dan rasa penasaran dewakere kok bisa terjadi kasus seperti itu dan sebenarnya dari pihak asuransi apakah yang terjadi. Karena malas menjelaskan mungkin agan bisa tonton saja Video dewakere dan bu viki karena bisa menambah wawasan, karena belum tentu asuransi yang salah karena bisa saja mereka tidak paham bagaimana kontrak, jasa dan hal-hal yang ditawarkan asuransi dan hanya melihat awal dan akhirnya tanpa melihat prosesnga, atau bisa juga mereka mendapatkan agen yang tidak peduli kepada konsumennya hanya ingin mendapatkan untung dari yang mereka dapatkan.

Seperti video diatas sebenarnya Dewakere kepo kok bisa ada orang yang merasa kesulitan dengan Asuransi. Padahal jika benar Dewakere sangat terbantu lho karena asuransi. Contoh sebelum tahun baru kemarin saja Dewakere sempat opname dan oprasi sedot cairan paru-paru jika tanpa asuransi mungkin saya sudah kena nominal puluhan hingga ratusan juta tetapi karena asusansi yang Dewakere ikuti semua ditanggung asusansi lho.

Kesimpulan yang saya dapat sih satu jangan asal percaya berita yang ada cari tahu dulu sebenarnya ada apa, Kedua pelajari lagi kontrak produk asuransi agar kamu tidak tertipu atau merasa tertipu dengan produk yang di tawarkan terkahir tanyakan dengan jelas kepada agen yang datang ke kamu secara detail hal-hal yang kamu tidak pahami sehingga kamu benar-benar tahu prosuk yang kamu akan beli.

Dan seperti Bu Viki jangan sampai kamu membeli produk asuransi karena kerabat, saudara atau bahkan karena mengganggu. Jadi kamu harus membeli asuransi tersebut karena paham produknya dan butuh produknya sehingga sama-sama puas.


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyvan025 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dewakere
Halaman 1 dari 5
kalo enggak ribet klaim dan aman nggak ditilap uangnya oleh salah satu pegawai asuransi ya menguntungkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daveventra710 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
oke ker, wkwk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane lebih suka menabung gan
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Kalau pernah baca KUHPerdata/BW, disitu ada dijelaskan bahwa asuransi adalah perjanjian untung-untungan dan disamakan dengan perjudian.

Kebetulan banget temen kantor ane kmrn ada ngobrol2 soal dia ketipu asuransi, katanya dia dikasih info dr agent, cukup bayar 10 thn nanti gak perlu bayar lg, tau2 ditelp sama perusahaan asuransi katanya kalo gak di top up unit link nya bisa hangus polisnya.

Kalo ane denger cerita temen ane tuh, ya salah si agent yg gak jujur2 an soal asuransi.

Jadi asuransi murni itu awalnya adalah polis yang diberikan setelah pembayaran kewajiban (premi). Menyambung ke definisi KUHPerdata/BW tsb, kenapa disebut untung2an, karena kalau selama kita pegang polis itu, kita ada klaim, maka yang untung adalah kita, tp selama polis itu kita gak ada klaim, ya perusahaan asuransi yg untung.

Itu adalah awalnya dan murninya dari asuransi.

Cuma berkembang makin ke sini, perusahaan asuransi tuh ngiming2 investasi dengan unit link, yang kalau ane pribadi gak tertarik. Kenapa krn nilai pengembangan investasi ini cenderung kecil dan ada risiko, tergantung kondisi di pasar dimana dana tsb diinvestasikan.

Kalo hitung2 an kasar, lebih besar dan bermanfaat kalau kita ikut asuransi tanpa embel2 investasi/unit link, krn dana investasinya bisa kita kendalikan sendiri, misal dalam bentuk deposito, emas, valuta asing, atau pasar modal yang notabene kita bisa tentukan sendiri ke gaya masing-masing orang.

Ditambah dengan agent yang penting dpt target, ya sudah kondisi ini makin parah.

Temen2 ane sendiri banyak yg nawarin asuransi, dan rata2 ngarahkan ke unit link, bahkan kalau ane tanya cari asuransi jiwa dan kesehatan murni, sebagian besar menjawab, kecilkan saja unit link nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sledingtekel dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
klo masih aman dan mudah buat klaim, masih terbantu kali ya dengan adanya asuransi.


Tapi buat ane yg pernah ngalamin sendiri hal2 yg tidak mengenakkan yg berurusan dengan asuransi, berasa kapoklah.

asuransi ini jg kan kita tau macem2 skemanya ya, blum lagi klo ada resiko ketemu agen2 yg "nakal".

Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
tergantung.. kalo dibayarin kantor si ikut2 aja..

kalo bayar sendiri mending uangnya ditabung menurut ane... asal disiplin aja..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sebenernya kalau uangnya bisa diambil semua setelah 5 tahun ya mau mau aja (meskipun tidak berbunga) ... kebanyakan janji manis di awal, pas 5 tahun kemudian uang kita tarik nilainya berkurang bahkan bisa sampai -30%, harusnya ya minimal nominalnya tetap lah... seperti orang nabung
profile-picture
profile-picture
Euronymous dan viensi memberi reputasi
Diubah oleh reaper_k1d
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Rugi kalau agan2 semuanya sehat terus sampe usia lanjut dan meninggal
profile-picture
profile-picture
Gailham dan knoopy memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ane ada pengalaman buruk soal asuransi. Yang pernah jadi sponsornya Man. City itu....

Ane investasi disana dalam waktu 5 tahun, eh udah 5 tahun, ntu asuransi bangkrut. Sampe sekarang susah banget ditagihnya!!
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
Kalau menurut saya menguntungkan ya gan..
Kebetulan saya mantan pengguna asuransi manulife..

Sekarang saya jadi fansnya BPJS..
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qsanta69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tergantung asuransinya juga, dan perusahaannya juga, kalau reputasinya bikin ribet ya susah.

Kalau mau beli asuransi, satu hal yg minimal dilakuin, semua janji harus dalam bentuk tertulis dan resmi, ga dari omongan.
Kalau dijanjiin apa2, catet janji2nya dan tanya dokumen pendukung dan harus tertulis.

Btw cuman cerita aja beberapa taun lalu, bini ane pengen ane beli asuransi jiwa, kalau ada apa2 sama ane, jadi ga gitu masalah, ga mahal sih tapi ga murah juga.

Ane nolak, ane bilang sayang duitnya, lagian ngebahas asuransi mah dah kenyang jaman dulu. Mulai lah bini ane bilang keuntungan2 dan dikasih contoh orang lain yg ngalamin.

Terus ane ambil salah satu contoh asuransi dan polisnya, dimana salah satu ketentuan jika ga bayar 3 bulan berturut2, asuransi angus.
Terus ane tanya bini ane, berapa besar sih kemungkinan ane mati cepet dibawah 3 bulan, dibawah setaun atau diatas setaun dari sakit ampe mati.

Kalau ane mulai sakit2an, dan kemudian kehilangan kerja, tagihan numpuk, kemungkinan asuransi ga dibayar, masih sakit2an lagi mungkin tagihan lain ga dibayar, ampe ane meninggal, asuransi angus, berapa besar sih kemungkinan kayak gitu.

Akhirnya bini ane setuju, sambil ngedumel, tapi kesananya mah ngerti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rahmijuniart835 dan 3 lainnya memberi reputasi
merugikan, kecuali asuransi jiwa untuk perjalanan singkat emoticon-Big Grin
kalo saya sih sebagai manusia bodoh udah ga minat karena depannya ada "asu" nya, pasti aneh aneh dah
profile-picture
profile-picture
BBte dan achmasyrur memberi reputasi
Sudah jadi member BPJS emoticon-Cool
profile-picture
c2tama memberi reputasi
banyak orang berfikir bahwa ikut asuransi itu seperti tanam modal di suatu usaha. berharap modal balik dan dapat untung juga dari hasil usaha itu.

padahal kan sudah jelas itu menabung uang jaminan untuk kesehatan, kematian, dan kecelakaan. hanya bisa dipakai saat sakit dan mesti dirawat di rumah sakit, atau wafat, dan mengalami kecelakaan yang menyebabkan cacat total dan sifatnya permanen. barulah dananya disalurkan ke nasabah yang bersangkutan. kalau pun ada ditambah investasi itu cuma sekian persen dan tak sampai 10 persen juga keuntungannya.

namanya perusahaan asuransi yang mengelola dana nasabah itu kan perlu biaya juga dalam operasionalnya. dana itu diambil sekian persen dari total dana yang telah disetor oleh nasabah setiap bulan. jelas dana nasabah terus berkurang walaupun tidak signifikan.

dana nasabah itu diputar untuk mengcover pengeluaran penyaluran dana asuransi bagi nasabah lain yang emang sedang sakit dan lainnya. begitu terus menerus berputar.

CIIMW.

mending kalau mau investasi, ya suntik dana ke usaha orang lain yang dainggap berpeluang bagus untuk maju dan berkembang ke depannya. jelas beranak.

deposito pun kena biaya administrasi, dll.

emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
achmasyrur dan johny2wong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
menurut ane merugikanemoticon-Leh Uga

dulu babe ane masukin ane ke asuransi pendidikan, ujung2nya bayar sendiri itu kuliahnya

banyak nipu, hati2

itu salesnya kalo jual sampe target dapat bonus jalan2 keluar negri, pake duit kita, bayarin dia keluar negriemoticon-Wakaka
Diubah oleh ushirota
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Di Indonesia kalau bole ane jujur susah klaimnya mau asuransi apa juga diperibet klaimnya satu satunya yg agak mudah cuman asuransi all risk mobil dan motor
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Betul skali yang agan jelaskan itu, asuransi itu sangat bermanfaat. Ini yang harus dibudayakan untuk membaca dengan teliti kontrak, manfaat, syarat dan ketentuan, dan tentu saja disesuaikan kondisi keuangan. Jangan hanya dengan modal katanya-katanya janji-janji dari oknum agen ..
profile-picture
junior_chandra memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di