KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Banjir Jakarta yang Tak Semanis Klaim Anies: 6 Jam Tak Surut, Ribuan Warga Mengungsi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e8dc2e29c37240a23ca403/banjir-jakarta-yang-tak-semanis-klaim-anies-6-jam-tak-surut-ribuan-warga-mengungsi

Banjir Jakarta yang Tak Semanis Klaim Anies: 6 Jam Tak Surut, Ribuan Warga Mengungsi

Banjir Jakarta yang Tak Semanis Klaim Anies: 6 Jam Tak Surut, Ribuan Warga Mengungsi


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto peta sebaran hujan Jabodetabek melalui akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu (19/1/2022).

Dalam unggahannya tersebut, Anies membubuhkan keterangan soal capaian penanganan banjir yang melanda Ibu Kota pada Selasa (18/1/2022).

Dia mengeklaim, penanganan banjir akibat intensitas hujan yang tinggi bisa berjalan dengan baik karena kerja cepat dan sistematis dari Pemprov DKI Jakarta.

"Alhamdulillah, berkat kesiapan dan tanggapnya jajaran Pemprov DKI Jakarta sebagian besar titik banjir kemarin sudah surut di hari yang sama," kata Anies.






Anies mengunggah beberapa foto yang menggambarkan jajaran Pemprov DKI Jakarta bekerja menangani luapan banjir di beberapa tempat. Anies menyatakan, keberhasilan penanganan banjir adalah kerja dari seluruh jajaran Pemprov DKI secara senyap dan tuntas.

"Semua dikerahkan untuk memompa dari kawasan tergenang dan dialirkan ke saluran/kanal/sungai. Surut cepat karena semua sumber daya dikerahkan. Itulah kerja jajaran DKI: senyap dan tuntas!" kata dia.

Foto dan keterangan banjir tersebut Anies unggah sekitar pukul 13.09 WIB. Ironisnya, pukul 12.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memperbarui data titik banjir semakin meluas.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta Moh Insaf mengirim keterangan bahwa ada 93 RT di Jakarta yang masih terendam banjir dengan ketinggian air 40-100 sentimeter. "Update info genangan 19 Januari 2022 sampai dengan pukul 12.00 WIB, informasi genangan saat ini ada 93 RT," kata Insaf.

Data BPBD tersebut berbanding terbalik dengan pernyataan Gubernur Anies yang menyebut banjir cepat surut dengan maksimal waktu enam jam seperti yang dijanjikan.

Titik banjir bertambah, ribuan jiwa mengungsi


Titik banjir yang meluas tidak berhenti sampai pukul 12.00 WIB. Insaf kembali memberikan data sampai dengan pukul 15.00 WIB di hari yang sama titik banjir bertambah menjadi 102 RT. Titik banjir didominasi di wilayah Jakarta Barat dengan jumlah 93 RT, sedangkan wilayah lain berada di Jakarta Utara dengan 9 RT.

Adapun titik banjir yang meluas paling banyak berada di Kelurahan tegal dengan jumlah 34 RT, Kelurahan Kamal 32 RT, Kelurahan Cengkareng Barat 19 RT, Kelurahan Kapuk 8 RT, dan Kelurahan Cilincing 9 RT. Dari Jumlah titik tersebut, terdapat 1.194 jiwa dari 310 kepala keluarga harus mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

Adapun pengungsi terbanyak berada di Kelurahan Tegal Alur sebanyak 234 kepala keluarga dan 965 jiwa, disusul Kelurahan Cengkareng Barat 45 kepala keluarga 130 jiwa, Kelurahan Kamal 23 kepala keluarga 64 jiwa, dan Kelurahan Cilincing 8 kepala keluarga 35 jiwa.

Banjir tersebut menggenangi permukiman warga lebih dari enam jam, khususnya di Kelurahan Tegal Alur. Data BPBD DKI Jakarta mencatat bahwa pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama, sudah ada 20 RT wilayah Kelurahan Tegal Alur yang terendam banjir. Ada 11 lokasi pengungsian yang disediakan untuk menampung ratusan jiwa yang terdampak bencana musiman tersebut.

Begitu juga di Kelurahan Kamal, dari pukul 06.00 sudah ada 11 RT yang direndam banjir.

Disindir "kerja senyap" karena tak ada yang dikerjakan


Klaim penanganan banjir yang diunggah Gubernur Anies yang berbeda dengan fakta data BPBD DKI disindir oleh Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. Dia sangat setuju dengan diksi "kerja senyap" yang dipilih Anies karena, menurut Gembong, tidak ada upaya yang dilakukan Pemprov DKI terkait pengendalian banjir Jakarta.

"Ya memang senyap, Pak Anies betul itu bahasanya memang enggak ada yang dikerjakan," kata Gembong. Gembong mengatakan, tidak ada satu pun program penanganan banjir dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2017-2022 yang dikerjakan Anies.

Anies justru berfokus pada pembangunan sumur resapan yang akhirnya tidak efektif mengentaskan banjir Jakarta. "Tidak mengerjakan apa-apa, tidak ada aksi apa-apa kecuali aksi yang bersifat rutin ya gerebek lumpur itu aksi (yang dilakukan Anies). Jadi kalau pak Anies mengatakan kerja senyap ya memang betul, saya mengatakan betul 100 persen," kata dia.

Gembong juga tak heran bila titik banjir hari ini terus bertambah dari pukul 06.00 WIB hanya 31 titik banjir, pukul 15.00 WIB titik banjir bertambah menjadi 102 RT. Titik banjir yang terus meluas, kata Gembong, sebagai bukti Anies tidak mengerjakan apa pun terkait prioritas pengentasan banjir Jakarta.

"Karena selama 5 tahun memang pengentasan persoalan banjir tidak dilakukan eksekusi sama sekali sebagaimana tertuang dalam RPJMD," ucap Gembong.

kompas.com





profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
baru sadar kerjanya tidak semanis kata-katanya?

komentar terbaik ane taro di pejwan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gabener tipu2emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
Yg paling goblok, sumur resapan bukannya nyerap air malah jd mata air wkkwkwkwkkwkwkwkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mgkn mksd nya 6 jam pake kuadrat

emoticon-Leh Uga
Di alirkan ke sungai, ngelawan bacot dia sndiri dong, knp ga d masukin tanah penjelasannya
aseli muka BADAK , kagak ada malunya msh ingin nyapres emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
yg senyap lokasi banjirnya, karena penghuninya udah kabur ngungsi semuaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
Biasanya muncul koment atau meme

* jakarta dari jaman VOC sdh banjir


Atau

* gua yg kebanjiran .. napa ente yang ribut




emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Baguslah pada mulai tersadar, asal jangan lupa lagi ya...
bakal seru nih pas puncak musim hujan, walau udah dipastikan gubernur bakal ngumpet juga sih paling bemper doang kelabakan
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
Buzzerhibah masih kebanjiran, anoesnya udah klaim berhasil menangani banjir
Bingung kan mau belainnya gimanaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan Skyland999 memberi reputasi
Mungkin karena beliau mencintai segala sesuatu yang natural maka banjir itu harus surut secara natural jugak mau 6 jam kek, 16 jam kek atau 6 hari


*btw ane agak beruntung karena tempat tinggal ane gk negitu kepengaruh banjir.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
kemaren da gw bilang,
kalau ni orang ngomong,
pasti karma nya langsung di bayar kontan,
apa kate gw emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PapayaPokpok dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Banjir Jakarta yang Tak Semanis Klaim Anies: 6 Jam Tak Surut, Ribuan Warga Mengungsi



yang diurus malah alat ukur hujannya.
kapasitas saluran tidak diutak atik.


Banjir Jakarta yang Tak Semanis Klaim Anies: 6 Jam Tak Surut, Ribuan Warga Mengungsi



Permanent Head Damage mah bebas. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PapayaPokpok dan 4 lainnya memberi reputasi
Gw penasaran anis gimana ya klo marah2, secara dia ngomong 6 jam surut tapi fakta di lapangan malah kebalikannya. Klo masa bodoh dgn fakta di lapangan bnran dah gw gak tau harus disebut apa. Muka badak kayanya dah gak pantes buat anis
profile-picture
ridonculous memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kelen jangan pada protes napa emoticon-Mad emoticon-Mad emoticon-Mad

Dah bisa mandi sendiri mayit kelen???

Anggaran cair, kerjaan ga kliatan, tp tetep dpt WTP sama piagam penghargaan.

Nikmat wan abud mana lagi yg kelen dustakan?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Pen liat klo doi jd pleciden..
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Solusi ibu kota kagak banjir.

Pindah aja.

Simple.....

Moga2 terlaksana.
Ga perlu berkata2 dah

Banjir Jakarta yang Tak Semanis Klaim Anies: 6 Jam Tak Surut, Ribuan Warga Mengungsi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
suka ga suka wan abud adalah "ga bener" warga jakarta guys.

mungkin dia lagi meneliti air hujan bagaimana cara masuk nya ke tanah lebih cepat. karena sumur luapan tidak menyerap.

ane terganggu motorik nya karena ngetik ini emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
becakccd7 dan areszzjay memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di