KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kritik Penamaan Ibu Kota Negara Baru, Natalius Pigai: Nusantara Itu Pagar Pemisah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e8b28816bbe52c33209e00/kritik-penamaan-ibu-kota-negara-baru-natalius-pigai-nusantara-itu-pagar-pemisah

Kritik Penamaan Ibu Kota Negara Baru, Natalius Pigai: Nusantara Itu Pagar Pemisah

Kritik Penamaan Ibu Kota Negara Baru, Natalius Pigai: Nusantara Itu Pagar Pemisah
Aprilo Ade Wismoyo
Rabu, 19 Januari 2022 | 13:26 WIB

Kritik Penamaan Ibu Kota Negara Baru, Natalius Pigai: Nusantara Itu Pagar PemisahMantan Komnas HAM Natalius Pigai. (Suara.com/Umay Saleh)

Suara.com - Kata Nusantara baru-baru ini sedang trending dan menjadi perbincangan banyak pihak lantaran dipilih menjadi nama ibu kota baru Indonesia. Sejumlah pihak nampak keberatan dengan dipilihnya nama Nusantara karena dianggap Jawa-sentris.
Mealnsir Hops.id -- jaringan Suara.com, salah satu tokoh yang menyoroti kata Nusantara adalah aktivis kemanusiaan asal Papua, Natalius Pigai. Melalui unggahannya di Twitter, Pigai membagikan halaman depan tulisannya yang dibuat pada tahun 2020 lalu berjudul Paguyuban 'Nusantara' itu Orang Jawa (Natalius Pigai Membongkar).
Natalius Pigai mengatakan dia pernah menulis artikel ilmiah soal Nusantara. Pigai mengatakan, di Papua banyak orang mati gara-gara kata Nusantara.
Kemudian, dengan tegas Natalius Pigai mengatakan bahwa kata Nusantara itu adalah bagaikan pagar yang memisahkan antara Jawa-Hinduisme dengan suku-suku lain dan juga Islam yang ada di Indonesia.

"2020 saya sudah nulis artikel ilmiah soal 'Nusantara'. Di Papua banyak orang dibunuh mati akibat kata 'Nusantara'. Nusantara itu pagar pemisah, disintegratif, separatis dan segregatif antara Jawa Hinduisme dan suku-suku lain dan juga Islam," cuit Pigai dikutip Hops.ID pada Rabu (19/1/2022).
Natalius Pigai mengatakan, artikel ilmiahnya soal Nusantara itu ditulis secara objektif dan bebas nilai.
Lebih lanjut, Pigai menuturkan, artikel itu ditulisnya untuk membantu penyelenggara negara meminimalisir konflik.

"Ini murni tulisan ilmiah, objektif dan bebas nilai. Tujuan tulisan ini membantu penyelenggara negara untuk meminimalisir konflik karena munculnya kelompok-kelompok milisi-milisi sipil yang didukung oleh otoritas negara yang menyebabkan kematian banyak orang di Papua," ujar Pigai.
Kata Nusantara memang sedang disorot belakangan ini usai dipilih menjadi nama ibu kota baru Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur.

Kritik Penamaan Ibu Kota Negara Baru, Natalius Pigai: Nusantara Itu Pagar PemisahDesain Ibu Kota baru Indonesia di Kaltim. [Istimewa]
Sejarawan JJ Rizal mengatakan, kata Nusantara sangat Jawa-sentris. Dipilihnya Nusantara juga dinilainya tidak mencerminkan usaha untuk menghilangkan jarak antara Jawa dan luar Jawa.
"Sebab itu, sejak zaman pergerakan, istilah Nusantara tersingkir karena Jawa-sentris," kata JJ Rizal.
Lebih lanjut, JJ Rizal mengatakan bahwa istilah Nusantara adalah cara pandang Jawa era Majapahit. Nusantara juga mencerminkan bias Jawa yang dominan.
Menanggapi sejumlah kritikan yang datang, Ketua Tim Komunikasi Ibu Kota Negara, Sidik Pramono mengatakan, pemilihan kata Nusantara sebagai nama ibu kota baru merujuk pada kesatuan wilayah yang kini bernama Indonesia.
"Nusantara merupakan sebuah konseptualisasi atas wilayah geografi sebuah negara, di mana konstituennya adalah pulau-pulau yang disatukan oleh lautan," ujar Sidik.

https://www.suara.com/news/2022/01/1...pemisah?page=2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Pagar pemisah buat pemecah persatuan kaya ente Pig
Wkwkwkekkkkk
Suwe papua punya orang kaya ente
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 6 lainnya memberi reputasi
Ya terus usulnya apa orang2 yang protes ini jangan cuma jadi bagian dari masalah, kasi usulan gitu lho. Penyakit ini dari dulu cuma kritik only kontribusi zero.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba namanya berbau papua, pasti protes juga nih orangemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Christmasemoticon-babiemoticon-Betty (S)


Baca : natalius pig gay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ingkak dan 6 lainnya memberi reputasi
ngomong apa dia?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kritik mulu ga ngasih solusi
Mending FZ ngasih solusi
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
pakai bahasa inggris, ga nasionalisme
bahasa mandarin, kacung cina.
bahasa kutai, ga mencerminkan indonesia
bahasa arab, ya ke arab2an.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makanya jadi presiden kerjaan kok ngajak makar.
Kepala pasang kondom.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
bsh komnas ham
mewek minta jatah mentri ga dikasih emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Trus pake bahasa apa?
Orang ini kenapa masih nongol sih, heran gue.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 3 lainnya memberi reputasi
natalius pig gay adalah pemisah antara manusia gay, monyet dan babi
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan serapionIeo memberi reputasi
Goblok kok gak henti2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
ooh orang komisi-komisian yak.
dikasih nama arob pasti diam.emoticon-Ngakak (S)

kasih nama new medina aje, dijamin mingkem semua.emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan serapionIeo memberi reputasi
Ajing mengongonglah yang keras.....
Kafilah mah terus jalan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 2 lainnya memberi reputasi
buat gumpalan satu ini, IKN dikasi nama Pigai City juga bakal dicari2... bukti bahwa udah sekolah tinggi aja masih bisa bego
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 3 lainnya memberi reputasi
Ya situ kasih coba sini mau namanya apa, alasannya jelasin juga yang detail dan terperinci, jangan kayak tuk buntelan kentut pake alasan tolol karena pencetusnya joko maka namain aja joko...emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 3 lainnya memberi reputasi
sdh ditetapkan
kalo mau ganti nama, 2024 menang dulu yach? emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Penamaannya emang kelihatan terlalu simple.

Tp udah sangat indonesia, mau pake nama apa lagi?
Nama komplek pemerintahan ya ga jauh2 dr itu, nusantara, garuda, merah putih, nama pahlawan....

Apa yg mau diprotes sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 2 lainnya memberi reputasi
rezim kenapa gak berani tangkap ini orang jelas2 ini orang jubirnya teroris apa mesti didandanin pake peci dulu baru bisa ditangkap ?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Masa sih?
Ane kalau denger kata nusantara yang kebayang cuma luas doang...
Ga ada kebayang pemisahan atau ekslusivitas.

Otak isinya kok pertikaian mulu emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di