KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e8401b13c6cc771d2d0451/tradisi-unik-rusia--berendam-air-es-rayakan-hari-epiphany

Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany


Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany

Agan Sista tidak suka mandi air dingin? Bayangkan berenang di suhu bawah nol derajat. Di Rusia ada ribuan orang yang tergabung dalam klub renang es. Kebanyakan orang yang tinggal di negara-negara beriklim sedang (empat musim) mungkin tak bisa membayangkan berkeluyuran pada pertengahan Januari, periode paling dingin dalam setahun. Namun, orang Rusia bahkan cukup berani untuk berendam dalam lubang es ketika suhu di luar mencapai -20 derajat Celcius.

Epiphany atau Hari Raya Penampakan Tuhan adalah salah satu hari besar umat Ortodoks yang dirayakan di seluruh Rusia pada 19 Januari. Cuaca selama bulan ini biasanya sangat keras. Menurut mereka yang penting adalah persiapan mental. Namun menurut tradisi, malam sebelum Epiphany dan sepanjang hari raya itu, seorang Ortodoks yang taat harus berendam di dalam lubang es berbentuk salib yang disebut Yordania, sebagai lambang Pembaptisan Kristus.

Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Seorang Pendeta Orthodox Rusia memberkati air es pada Epiphany Di Gereja Tritunggal Mahakudus Di Ostankino dekat Menara TV Di Moskow, Rusia, Selasa (18/1/2022). Di seluruh Rusia, Umat Kristen Orthodox Rusia merayakan hari raya Kristen Orthodox Epiphany dengan membenamkan diri ke dalam air dingin melalui lubang yang menembus es danau dan sungai. Epiphany merayakan Wahyu Yesus Kristus sebagai inkarnasi Allah melalui Pembabtisan-Nya Di Sungai Yordan. AP/Alexander Zemlianichenko

Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Petugas penyelamat mengamati Umat Orthodox Rusia berendam di air es selama perayaan Epiphany tradisional Di St. Petersburg,Rusia, Rabu pagi, (19/01/2022). AP/Dmitri Lovetsky


Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Ribuan Pengikut Gereja Orthodox Rusia terjun ke sungai dan kolam es di seluruh negeri untuk menandai Epiphany, membersihkan diri dengan air yang dianggap suci untuk hari itu. suhu di St. Petersburg adalah -7 C(19 F). AP/Dmitri Lovetsky

Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Seorang penerjun payung Rusia mandi di air dingin selama Epiphany tradisional Di Dekat Novorossiysk, wilayah Krasnodar Rusia. Ap/Vitaly Timkiv.

Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Pendeta Orthodox melakukan Kebaktian memberkati air es sungai Tura selama perayaan Epiphany tradisional karena suhu sekitar -5 derajat(23 derajat Farenheit) Di Biara Tritunggal Mahakudus Di Tyumen Rusia. AP/Sergei Rusanov

Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Pembaptisan dalam Es
Lubang berbentuk salib dibentuk dalam es. Umat Kristen Ortodoks merayakan hari raya Epiphany tanggal 19 Januari. Menurut tradisi mereka, air menjadi suci di hari tersebut. Sehingga dengan berendam dalam air, dosa-dosa bisa dibersihkan.


Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Menyelam dalam Dingin
Tradisi tahunan ini sedemikian tenar, sampai-sampai selebriti dan tokoh politik Rusia ikut turut serta secara rutin. Mandi air dingin biasanya dilakukan setelah misa di gereja atau pada pagi hari, dengan ditemani lonceng gereja yang berdentang berulangkali. Uniknya, proses relijius ini juga diikuti oleh kaum atheis atau pecandu adrenalin yang mencari tantangan.


Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Ritual Berisiko Tinggi
Puluhan ribu petugas medis dan aparat keamanan diterjunkan untuk memantau sebanyak 9.000 kolam pemandian di Rusia. Perubahan suhu yang ekstrem seperti ini antara lain bisa memicu serangan jantung. Meski demikian sejauh ini belum ada yang membutuhkan bantuan darurat tersebut. Pemerintah juga melarang orang yang mabuk untuk ikut serta dalam upacara pemandian.


Tradisi Unik Rusia : Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany
Kolam Es di Tengah Sungai yang Membeku
Sungai dan kolam di seluruh Rusia dimanfaatkan untuk menggelar ritual tahunan tersebut. Pendeta akan memberkati kolam terlebih dahulu sebelum digunakan. Warga biasanya membuka lubang di tengah danau atau sungai yang membeku sebagai kolam, seperti pada gambar ini di sungai Lyutoga.











Sumber :

- https://id.rbth.com/discover-russia/...an-epifani-wyx

- https://www.dw.com/id/tradisi-unik-r...-es/g-37345490

- https://travel.detik.com/fototravel/...ari-epiphany/1

- https://www.dw.com/id/bagaimana-kris...-es/g-52083447
profile-picture
profile-picture
profile-picture
migi11 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ntar tambah mengkerut bre
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
menyusut atau mengeriput

emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mulustrasinya kok emoticon-Betty semua?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rustamtom dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Jadi inget pas berendam di kolam air dingin di spa yang kayak es.
Kulit rasanya kayak ditusuk2 jarum kecil2 emoticon-Takut
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Brrr.. Gak kebayang dinginnya pasti sampai menusuk kulit ya gan.. Tapi kalau udah jadi kepercayaan pasti akan rela dan senang hati melakukannya.
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Hal ini tidak bisa dilakukan bila anda khawatir BijiQ anda akan mengkerut dan kisutemoticon-Hammer2
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Diubah oleh orca82
Mulustrasi bagus di awal doang. 😄
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gw mendingan Ice Bucket challenge daripada ini

emoticon-Ngakak
ademetalah gan
Duh kaitan nya dgn agama ya jd bgung...tp ya sudah deh...pokoknya jgn sampe sakit deh haha
Tolol sih sebenernya kalau berlangsung saat ini karena masa pandemi, tapi ya itu tradisi, mayoritas warga sana anggap hal biasa....ya sutra lah ya......emoticon-Ngacir
profile-picture
pixecute memberi reputasi
rusia, negara super dinginemoticon-Wakaka
bersebelahan dengan china tapi beda banget manusianya
sama kaya eropa dan africa sebelahan tapi jomplang, eropa putih, africa hitam

china ga pernah ribut masalah perbatasan dengan rusia karena mereka sama2 komunisemoticon-Ngakak

cewe Russia cakep2 di usia muda, usia 30 udah keliatan tua
profile-picture
achmasyrur memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mandi dipuncak aja pas kemarau udah menggigil apalgi ini
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Mulustrasinya kurang
Wah..... Seru juga lihat cewek2 rusia yg wet tshirt pd musim dingin di acara tsb, gan.... emoticon-Big Grin
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Burung dan susunya membeku emoticon-Ngakak
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Epiphany ini hari raya penganut orthodoks ya bre?
Wow, dingin sekali pasti. Btw si joni gak suka kedinginan ganemoticon-Mewek
profile-picture
bajer.dinar212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di